Kamis, 02 Januari 2020

UPACARA WARAK KERURON atau PENGEPAH AYU (keguguran)

Upacara Warak Keruron atau Pengepah Ayu (Keguguran)
Oleh : IDA SINUHUN SIWA PUTRI PERAMA DHAKSA MANUABA dan I GEDE SUGATA YADNYA MANUABA

Om Swastystu semeton sareng sami,
IDA SINUHUN SIWA PUTRI PRAMA DAKSA MANUABA, maosang indik daging LONTAR TUTUR KAMAREKA sebagai berikut : Upacara WARAK KERURON LAN PENGEPAH AYU  (Keguguran) ini mungkin sangat jarang kita dengar dan jarang pernah kita lihat implementasinya karena berbagai alasan. Tetapi, sebagai umat Hindu yang percaya dengan keberadaan Sang Hyang Atma hingga sangatlah penting untuk melaksanakan upacara terhadap si cabang bayi yang mengalami keguguran (keruron), meskipun belum berwujud, agar tidak menyebabkan kekacauan (ngrubeda) dalam keluarga, melalui upacara yang disebut dengan upacara  "Pengepah Ayu" akibat keguguran (Warak Keruron) atau mengugurkan kandungan (Dhanda Bharunana).

1. Proses pelaksanaan upakara ini dilaksanakan di laut/segara. Akan tetapi, sebelum pelaksanaan upacara di laut, pertama kali wajib mengadakan upacara Pakeling dan nunas tirta ring  Kemulan, untuk dibawa ke laut, dengan upakara :

2. Berikut, upakara di pinggir laut/di pasir pantai, dilakukan dengan prosesi :

a. Membuat pempatan agung menggunakan kain (kasa) putih.

b. Nanceb sanggah cucuk : upasaksi ke Surya munggah banten daksina, katipat pras, punjung serta runtutannya dan ring sor sanggah : segehan gede asoroh.

c. Di natar segara, di perempatan kain putih, bantennya sebagai berikut :

  3.Banten untuk ngulapin roh bayi : sorohan, pengulapan-pengambeyan, peras, daksina, ketipat dan  Banten yang dipakai untuk roh bayi : bunga pudak, bangsah pisang, kereb sari, punjung dan banten bajang.

4.Banten untuk pengeskara , kelungah nyuh gading disurat ong kara (genah ngadegan roh bayi), kemudian dilakukan pemujaan (mengembalikan kepada sanghyang sankan paraning dumadi) roh bayi tersebut kemudian dilakukan pebaktian bagi roh bayi tersebut untuk kembali ke asalnya. Setelah itu klungah nyuh gading dan  banten yang digunakan dihanyutkan pejati,asapunika urain sekilas ring 
     
UNTUK PENDAFTARAN HUBUNGI NO HP. 081936287278 / 081353057625 a.n I Gede Sugata Yadnya Manuaba (Tubaba).
Acara niki di laksanakan ring rahina RADITE/MINGGU, wage, wuku klurut tgl 29 MARET 2020  saking galah 8 pagi sampun mulai nyantos puput. 

Tempat di pantai sanur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar