Senin, 03 Agustus 2020

Upacara Magedong-gedongan

Upacara megedong-gedongan

( Garbhadhana samskara )

Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd

Latar belakang :
Salah satu harapan seseorang yang telah berumah tangga adalah memiliki putra yang suputra, dimana dalam satra disebutkan sumber kebahagian didalam rumah tangga apa bila dapat memiliki putra yang suputra dan merupakan kewajiban dari orang yang sudah berrumah tangga untuk menumbuhkan putra, dengan dapat menumbuhkan putra pasangan suami istri itu disebut Pitra atau orang tua .

Tujuan :
Upacara magedong-gedongan bertujuan untuk memohon dengan saran ritual agar janin yang telah terbentuk menjadi janin yang semakin sempurna dan kelak lahir menjadi anak yang suputra. Dalam sastra hindu dalam Kitab Manawa darma sastra disebutkan juga ada upacara yang disebut dengan Garbha homa atau Garbha dana samskara tujuan upacara ini agar pertemuan suami istri sebagai pertemuan yang suci. dan mengasilkan sesuatu yang suci seperti salah satunya adalah anak yang suputra.

Pagedong - Gedongan adalah upacara untuk mensucikan sthula sarira yang dilaksanakan pertama kali sejak tercipta sebagai manusia.

Upacara pegedong - gedongan ini sebagai salah satu dari manusa yadnya pada saat janin dalam kandungan atau masa kehamilan ibu berusia 6 bulan kalender bali yang sebagaimana disebutkan Ida Pandhita Mpu dalam artikel forum diskusi jaringan hindu nusantara, upacara manusa yadnya ini selambat-lambatnya dilaksanakan 
pada saat bayi dalam kandungan kandungan berumur 7 bulan, yang bertujuan untuk menyucikan janin dalam kandungan, agar nantinya terlahir anak / putra yang Suputra. 
Upacara Pagedong-gedongan di laksanakan setiap terjadinya suatu kehamilan pada si ibu.
Tentang tatanan Upacara dan Upakaranya, sebagai berikut;

PALET I : SOROHAN BANTEN PANGRESIKAN.
  1. Banten Bayakaon.
  2. Banten Tatebasan Prayascitta.
  3. Banten Tatebasan Durmangala.
  4. Banten Lis-amu-amuan utawi Lis bale gadhing.
  5. Banten pangulapan.
  6. Panglukatan sang mobot muncuk don mingin, muncuk don Bunut bulu, muncuk don sulasih miyik, sekar tinjung katut daun nyane padha 3 muncuk.

PALET II : SOROHAN BANTEN UPASAKSI RING 
SANGGAR SURYA.
  1. Daksina alit..............2 soroh.
  2. Suci asoroh maulam bebek.
  3. Banten Ajuman/rayunan putih kuning.
  4. Banten peras asoroh. penyeneng alit.
  5. Ketipat kelanan, canang, pasucian.
  6. Caniga dena jangkep.
  7. Kalungah nyuh gadhing kinasturi 1.

PALET III: SOROHAN BANTEN MUNGGAH RING KAMULAN.
  1. Daksina alit............2 soroh.
  2. Suci asoroh maulam bebek.
  3. Banten Ajuman/rayunan asoroh.
  4. Banten peras gde utawi peras alit.
  5. Penyeneng alit, Katipat kelanan.
  6. Canang. Pesucian, saha caniga dena jangkep.

PALET IV : SOROHAN BANTEN AYABAN:
1. Daksina saha suci asoroh.
2. Banten pejati asoroh.
3. Banten ayaban sanisthan nyane tumpeng sya.
4. Banten Sesayut Tulus dadi.
5. Banten Sesayut Katututan.
6. Banten Sesayut pamahayu Tuwuh.
7. Banten Pangladan Dedari.
8. Banten Pagedong-gedongan matah.
9. Banten Pagedong-gedongan.

PALET V : SOROHAN BANTEN RING PASIRAMAN:
(Upakara ditempat Permandian ibu yang mengandung) :
1. Jun baru yang berisi air dari sumber mata air, diisi bunga 9 warna .
2. Banten pejati asoroh .
3. Caru pagedong-gedongan : alasnya daun talas yang diatasnya diisi dengan nasi wong-wongan yang berbentuk bayi dengan warna : Kepala dari nasi warna hitam, tangan dibuat dari nasi putih, dadanya dari nasi kuning, tulang panggul sampai lutut nasi merah dan dari lutut sampai kaki nasi kuning perutnya dari nasi berumbun. lauk pauknya bawang jahe uyah areng. Sampian dari banten ini terbuat dari daun endong merah, sirihnya dauh talas, apuhnya dari abu dan pinangnya dari buah beluluk dilengkapi dengan banten sorohan alit ( peras tulung sayut ), setelah caru tersebut diaturkan pada saat membuangnya disungai kepala nasi wong-wong tersebut menghadap kehilir dengan maksud agar kelak bayi tersebut lahir dengan normal lahir dari kepala.

PALET VI : SOROHAN BANTEN PENYANGGRA:

1. Banten Ring ajeng sang muput.
2. Banten Panuwuran sang muput.
3. Banten penuwuran tukang putru.
4. Banten arepan tukang putru.

PALET VII : INDIK TATANING TETANDINGAN BANTEN;

BANTEN PAGEDONG-GEDONGAN.

Banten Pagedong-gedongan masarana antuk bale pagedong-gedongan, masarana antuk daun rontal, taler wenten sane mekarya bale pagedong-gedongan sekadi kawentenan Bale gadhing. Ring sajroning Bale Pagedong-gedonan punika medaging:
  1. Kalungah nyuh gadhing megambar rare,masurat Ongkara.
  2. Lak-lak tape a ceper.
  3. Isin ceraken(basan ubad).
  4. Rerujakan.
  5. Lindung saha ulam mas, makaput antuk don kumbang.
  6. Buluh tiying gadhing matemos.
  7. Nyahnyah gringsing.
  8. Carang dapdap macanggah tiga.
  9. Benang selem pinaka panuntun.
  10. Bale Pagedong-gedongan nyane medaging canggah menek canggah tuwun bilangsampin, ring luhur nyane medaging Padma.

TETANDINGAN BANTEN PAGEDONG-GEDONGAN MATAH
(Pinaka pangemiting manik ring sajroning garbha)
Medasar antuk paso,medaging beras,kelapa,benang putih, ketan, injin, pisang
matah, sudang, tingkih, pangi bija ratus, gegantusanplawa pesel-peselan, base
tampelan, tingkah tetandingan nyane kadi tetandingan sesantun/daksina.
TETANDINGAN BANTEN PANGLADAN DEDARI.
Banten Pangladan Dedari kawentenan nyane kalih soroh, inggih punika;
Sane asiki, medasar antuk taledan medaging tumpeng kuning 2 bungkul, ulam nyane
ayam putih syungan mapanggang, raka woh-wohan sejangkep nyane, sampyan nagasari, sesedep tepung tawartatebus benang kuning.

Sane malih asiki; medasar antuk aled, medaging tumpeng 2 bungkul, maulam ayam putih mapanggang, raka woh-wohan genep, cawu mumbul, sampyan Nagasari,
canang pahyasan tatebus benang putih.

TETANDINGAN BANTEN SESAYUT KATUTUTAN
Medasar antuk aled Sesayut, medaging nasi klopokan asiki, tinumpangan nyuh
masisir,tekaning rerasmen genep, di samping nyane kaputan basan ubad, pamor
akapitan, canang pahyasan, penyeneng alit, pras alit, sampyan Nagasari.

TETANDINGAN BANTEN SESAYUT TULUS DADI
Medasar antuk aled/kulit Sesayut, medaging nasi penek barak asiki, nasi penek selem
Asiki maulam ayam biying mapanggang, raka woh-wohan jengkep, sedah anut uriping
dina, pagutan jinapit tunggal, penyeneng alit, pras alit, sampyan Nagasari, canang
pahyasan, tatebus barak lan selem.

TETANDINGAN BANTEN SESAYUT TULUS HAYU.
Medasar antuk aled Sesayut/kulit sesayut,medaging nasi putih kuning jinapit
tunggal, maulam ayam putih syungan pinanggang, raka woh-wohan jangkep,
Penyeneng alit, Pras alit sampyan Nagasari, canang pahyasan, tatebus putih kuning.

TETANDINGAN BANTEN SESAYUT PAMAHAYU TUWUH.
Medasar antuk aled Sesayut/kulit sesayut, medaging nasi penek asiki, ka-apit antuk
tumpeng tri-warna, [putih,barak,selem], maulam ayam saules nyane (ayam srawah),
pinanggang, raka-woh-wohan dena genep, Panyeneng alit, Pras alit, sampyan
Nagasari, canang pahysan, tatebus tri-warna (tri-dhatu).

TETANDINGAN NASI WONG-WONGAN.
Matatakan antuk tetempeh susunin daun byah-byah. Nasi wong-wongan sirah nyane
mawarna selem, tangkah lan tangan nyane mawarna putih, weteng nyane mawarna
brumbun, bokongan saha paha mewarna barak, batis nyane mawarna kuning, medaging
porosan antuk don byah-byah, awu (abu) mawadah takir pinaka apuh,
buah beluluk atakir.

Dalam beberapa tingkatan upakaranya, sebagaimana juga disebutkan dalam siwagama, pagedong - gedongan ini terdiri dari beberapa tingkatan upakara yaitu :
  • Upakara yang kecil terdiri dari byakala dan prayascita ( untuk pebersihan ), serta sesayut pengambiyan, peras, penyeneng, dan sesayut pemahayutuwuh ( untuk tataban ). 
  • Tingkatan upakara pagedong - gedongan yang lebih besar  terdiri dari byakala, prayascita dan panglukatan untuk pabersihan sedangkan untuk tataban sama untuk tingkatan kecil ditambah / dilengkapi banten pagedongan matah. 
Mantra untuk tirtha, menggunakan bija dan melukat dalam manggala upakara pagedong-gedongan ini disebutkan diucapkan sebagai berikut ;

Dipercikan tiga kali di kepala,
Om Budha pawitra ya namah
Om Dharma maha tirtha ya namah
Om Sanggya maha toya ya namah
Diminum tiga kali,
Om Brahma pawaka ya namah
Om Wisnu amertha ya namah
Om Iswara jnana ya namah
Diraup tiga kali di kepala,
Om Siwa sampurna ya namah
Om Sadhasiwa paripurna ya namah
Om paramasiwa suksma ya namah
Melukat, mantra :
Om Salilam wirnalem toyem, toyem tirthasya bajanam Subhiksa ya samataya, dewanam lisana-sanam.
Makurah, nginum, meraup (sebanyak tiga kali), mantra;
Om Pawitram gangga tirthaya, mahabhuta mahodadi Bajra prani maha tirtham, papasanam kalinadem

Sehingga dengan upacara pagedong - gedongan inilah disebutkan sthula sarira manusia disucikan.

    # Tempat pelaksanaan upacara megedong-gedongan :

    - Pelaksaaan upacara ini dilakukan di dalam halaman rumah
    - Membuat tempat permandian darurat
    - Upacara dipimpin oleh pinandita atau orang yang tertua dirumah tersebut dan memahami tatacara pelaksaannya.


    # Proses Pelaksanaan Jika dipimpin oleh Pinandita :
    1) Jro Mangku atau pinandita proses persiapan sesuai dengan sesana dari awal sampai mohon tirta pengelukatan dan pebersihan termasuk mengaturkan banten byakaon, durmanggala, pengulapan, prayascita dan melakukan pengeresikan dengan sarana tersebut diatas dari pengelukatan banten sampai menyucian tempat lokasi upacara dan tempat permandian darurat yang dibuat untuk upacara tersebut. Di dalam tempat permandian darurat tersebut disediakan sebuah tempayan berisi air kumkuman caru magedong gedong juga sudah diletaknya ditempat permandian tersebut.
    Setelah selesai melaksanakan pengeresikan, Jro mangku melakukan puja pangastuti kehadapan Dewa Surya sebagai saksi dari pelaksanaan upacara tersebut dan Dewa Tiga Guru Sakti dan para Dewa yang berstana disanggah kemulan juga kepada para leluhur.
    Selesai melakukan puja pengastuti dilanjutkan dengan mengaturkan samskara kehadapan para dewa yang diturunkan sebagai saksi seperti : mengahaturkan wangsuh pada, tigasan, pesucian, sajeng sari, sajeng pemendak, tarpana tirta, dan puja penjaya-jaya.
    Setelah mengaturkan tarpana pemendakan dilanjutkan dengan mengahaturkan upakara yang dihaturkan baik kehadapan Dewa Surya maupun Ista Dewata yang berstana disanggah kemulan dilanjutkan dengan mengaturkan banten ayaban dengan banten pagedong-gedongan.


    2) Setelah persembahan tersebut selesai baru upacara samskara dari proses permandian istri yang mengandung dilokasi tempat permandian darurat tersebut. Jika sebelumnya sudah mandi besar permandian tersebut dapat dilaksanakan secara simbolis dengan mencuci wajah ( meraup ), cuci tangan dan cuci kaki setelah itu mengaturkan caru pagedong-gedongan yang sudah diletakkan ditempat permandian tersebut dengan Puja yang diantar oleh jro mangku.
    Selesai mengaturkan caru magedong-gedong tersebut istri yang hamil dan suaminya melaksanakan penyucian dengan natab banten byakaon durmanggala, dan prayascita yang diawali dengan metepung tawar, mesapsap, setelah itu dilanjutkan dengan mesesapuh sebagai simbolis menghilangkan mala.
    Tahap berikutnya Si Ibu dan suami mengambil sarana upacara mengedong-gedongan seperti, si ibu menjunjung tempat rempah-rempah (Ceraki) tangan kanannya menjinjing daun talas yang berisi air dan ikan yang masih hidup. Untuk si suami tangan kiri memengang benang hitam dan ranting daun dapdap, tangan kanan memegang tombak dari bambu, keduanya melakukan berkeliling tiga kali setelah benang yang diikat ujungnya dimasing ranting daun dapdap dipentangkan lalu dilewatkan oleh si ibu sebanyak tiga kali, setelah tiga kali si suami menusuk bawaan si ibu yang dijinjing yaitu daun talas yang berisi air dan ikan hidup hingga tumpah semuanya.
    Setelah tahapan upacara diatas Jro mangku/pinandita melakukan pengelukatan kepada si ayah dan si ibu yang melakukan megedong-gedongan, dilanjutkan dengan persembahyangan dipemerajan mohon keselamatan metirtha, mebija dan mesesarik .
    Sesudah acara persembahyangan selesai si ibu natab banten ayaban dari natab banten sesayut pamahayu dan sesayut tulus dadi, dilanjutkan natab banten pengambian (puja pengambian) terakhir natab banten peras ditambah puja ayu werdhi . Setelah selesai natab banten peras si ibu ngelebar banten peras tersebut dengan merobek jejahitan kulit peras dan menaburkan beras, uang dan benang yang terdapat dibawah kulit peras.
    Dengan selesainya pengelebaran peras berakhirlah upacara mengedong-gedongan dan jro mangku sudah boleh melakukan puja penyineban.
    Untuk caru megedong-gedongan tersebut yang berisi nasi wong-wongan rare (anak-anak) dihanyutkan ke sungai dengan posisi saat menghanyukan kepala nasi wong-wongan menghadap ke hilir.

    Semoga Ida Sang Hyang Widhi senantiasa melindungi wanita-wanita yg sedang mengandung agar selamat dan sehat selalu. Dan semoga terlahir putra-putra suputra.

    #tubaba@griyang bang#


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar