Sabtu, 30 Oktober 2021

BAYUH DEWASA ALA

Bayuh saluwirin Dewasa ALA

Om Swastyastu

Malaning sasih, berasal dari kata Mala dan Sasih. Mala artinya ‘tidak baik’ dan ‘Sasih’ artinya bulan. Dalam sistem kalender Hindu-Bali atau populer dengan nama Kalender Saka-Bali, sasih yang dianggap mala adalah sasih Jyesta dan Sada.

Sebagaimana yang dimaksudkan dalam Lontar Jyotisha, karena di bulan-bulan itu ketiga unsur yakni Surya-Candra-Lintang Trenggana (Matahari-Bulan-Bintang) yang dikenal sebagai Trilingga dalam pemeneh sasih (bulan yang baik/ benar) tidak terwujud.

Trilingga disebut tidak terwujud karena di bulan Jyesta dan Sada (selama dua bulan) bintang Tenggala dan bintang Kartika ngerem (tidak muncul di langit). Kedua gugus bintang itu adalah bintang dari segala bintang, selain karena cahayanya yang paling terang, juga karena kedua bintang membawa ciri kemakmuran.

Itu sebabnya pemeluk Hindu di Bali tidak dianjurkan melaksanakan upacara-upacara Panca Yadnya pada bulan-bulan Jyesta dan Sada.

Sedangkan bulan-bulan lainnya: Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kaulu, Kasanga dan Kadasa adalah bulan-bulan yang baik untuk melaksanakan upacara, sekali lagi karena unsur Trilingga yang disebutkan di atas pada bulan-bulan itu terwujud.

Sasih Mala juga berkaitan dengan pe-ngerepet-ing sasih, yaitu bulan-bulan yang digunakan untuk ngerepet (memadukan) dalam perhitungan untuk menetapkan Hari Raya Nyepi.

Sebagaimana diketahui kalender Hindu-Bali menggabungkan beberapa system, yakni Surya pramana (tempo perputaran bumi mengelilingi matahari), Candra pramana (tempo perputaran bulan mengelilingi bumi), dan Wuku (candra pramana yang berhubungan dengan ala-ayuning dewasa = buruk-baiknya hari).

Oleh karena sistem surya pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun = 365 sedangkan sistem candra pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun = 360, maka setiap tahun akan terjadi selisih selama 5 hari atau dalam 6 tahun jumlahnya genap 30 hari (satu bulan). Pergantian sasih terjadi di saat Tilem sehingga disebut amawasanta.

Untuk selalu menyamakan unsur-unsur menetapkan tawur kesanga dalam rangka Nyepi maka pada setiap 6 tahun perlu diadakan ‘pengerepet’ yakni ‘mendobelkan’ sebuah sasih di bulan yang sama (menurut surya pramana). Sasih yang dipilih sebagai pengerepet hanya dua secara bergantian, yakni Jyesta atau Sada, karena kedua sasih itu adalah ‘mala’.

Unsur-unsur yang harus sama dalam menetapkan saat tawur kesanga Nyepi adalah:

Di hari itu tilem sasih kasanga (bulan mati pada bulan ke-9 menurut sistem candra pramana). Matahari berada pada posisi bajeging surya (di khatulistiwa menurut sistem surya pramana)

Hal ini sangat penting karena keesokan harinya adalah tahun baru Saka-Bali yang dikenal dengan Nyepi/ Sipeng tepat pada hari penanggal ping pisan sasih kadasa (tanggal 1 bulan ke-10).

Mengapa tahun baru kita di Bali pada bulan ke-10 (kadasa), bukannya pada bulan ke-1 (kasa)?

Dalam filosofi angka-angka di Bali, angka 10 sama dengan 0, dan angka 9-lah yang tertinggi. Sasih dengan angka 11 (Jyesta) dan 12 (Sada) adalah ‘mala’.Pada penanggal ping pisan sasih kadasa itulah Uttarayana (matahari beredar ke lintang utara), hari-hari yang sangat baik dalam keyakinan Hindu.

Pada paruman Sulinggih tanggal 18 September 2001 di Pura Watukaru, Tabanan, dijelaskan bahwa perhitungan pengerepeting sasih akan benar jika menghasilkan:

1. Tilem sasih katiga selalu tiba pada bulan September di saat matahari beredar menuju/ di selatan katulistiwa.
2. Tilem sasih kapitu selalu tiba pada bulan Januari ketika matahari beredar menuju/ di utara katulistiwa .
3. Tilem sasih kasanga selalu tiba pada bulan Maret ketika matahari beredar menuju/ di katulistiwa.


Banyaknya permintaan tentang Dewasa Perkawinan, membuat bangga kami selaku penulis, karena semeton Bali sudah mulai eling dengan budaya Bali yang adiluhung dan mulai sadar serta mengesampingkan pemilihan "hari upacara berdasarkan tanggal cantik".

Tetapi, dengan banyaknya permintaan tersebut, masih ada juga semeton Bali yang "terpaksa" memilih dewasa yang kurang direkomendasikan karena alasan yang cukup kuat. karenanya, untuk mengurangi dampak negatif dari dewasa ala tersebut, diperlukan sebuah ritual khusus, yang biasa disebut dengan "bayuh dewasa".

Dengan dilaksanakannya bayuh dewasa, diharapkan agar pelaksana karya yadnya serta pemilik/penyelenggara upacara yadnya terhindar dari efek negatif dewasa yang dipilihnya, dalam melaksanakan kegiatan khususnya upacara yadnya. TETAPI.. hendaknya dipahami, Bayuh Dewasa ini sifatnya hanya menghindari, memperingan efek saja, bagaikan luka parah yang baru ditolong dengan obat-obatan P3K saja, sudah barang tentu efeknya hanya sebatas mengurangi rasa sakit (duka)nya saja. harapan untuk memperoleh yang lebih baik sudah tentu kurang bisa dinikmati karena menghilangkan efek tersebut tidaklah memungkinkan.

Sebenarnya, disamping banten bayuh dewasa, dina "Subacara" sangatlah membantu meringakan efek-efek negatif dari Dewasa Ala tersebut. salah satu suber yang menjadi acuan tentang bayuh dina adalah Lontar Sunari Tiga. adapun sekilas isi Lontar adalah tentang Dewasa Ayu.

Banten Bayuh Dewasa Ala

Caru  ring paturon;
suci dene genep adanan, muwang caru ring natar, luwirnia sega 11 (solas), gelar sanga jangan sakewali, rumbah gile, sasak mentah (nasi atangkih berisi darah mentah), muwah sekul mawadah wakul, iwak pejagalan, wiwidean anut sasih, sekul segegem iwaknia amel-amel, muah seselambunan, wawidehan olah dene sangkep, sajeng aguci, pancakolika, langsub sapere  karania, payascite suci asoroh, segeh timbanan sakulak panci, iwak sate brumbun muwang sate wiring pinanggang, sahe raka sarwa galahan, genep sapere karania. 

Mantra Banten Bayuh Dewasa Ala, mantra:

sang butha kala nungku rat, sang bhuta kala wisesa, sang bhuta kala we uku, sang kala dewi menge pepet, sang kala biyantara dore waye, sang kala sri laba jaya menala, sang kala pancawara, sang kala sadwara, sang kala saptawara, sang kala astawara, sang kala nawewara, sang kala dase sengker, sang kala gni rewana, sang kala brahma, sang bhuta kala mrtiyu, sang bhuta kala penganten, sang bhuta kala kundang kasih, sang bhuta kala rumpuh, sang kala dumerana, sang kala luwiraning kala jare merana, iku tadah sajinira samedaye, same kang tineda, kasukanira kabeh, ring sanga deruwe caru balik ruwangen dina becik, manusanira akarya ayu, asungane nugeraha rahayu, alit kang sun aturaken, agung kang sude ingantukaken atma juwetanipun, anak anakaken aputu buyut, ong siddhirastu ya namah swaha.

Disamping Banten Bayuh Dewasa diatas, lengkapi juga dengan Banten Caru Bayuh Sasihnya. banten ini disesuaikan dengan sasih dilaksanakannya karya ayu.

Caru Bayuh Sasih, banten carun sasih:

Sasih Kasa; bantenia tumpeng 4 (papat) dadi atanding, iwak daging bawi matah, tuak yeh.
sasih Karo; caru tumpeng 1 (siki) dadi atanding, iwak jatah calon 7 (pitu), tuak yeh
sasih katiga; caru tumpeng 6 (nenem) dadi atanding, iwak uyah agegem
sasih kapat; caru tumpeng 3 (telu) dadi atanding, iwaknia basang-basang, daging mentah, tuak yeh
sasih kalima; caru tumpeng 9 (siye) dadi atanding, iwaknia daging matah, bawang jae, tuak yeh
sasih kaenem; caru tumpeng 8 (kutus) dadi atanding, iwaknia jatah calon tan winalik bakarnia, tuak yeh
sasih kapitu; caru nasi sokan, iwaknia daging matah, calon, bawang jae, tuak yeh
sasih kaulu; caru tumpeng 2 (dadua), iwaknia getih atakir, daging atakir, bawang jae, tuak yeh
sasih kesanga; caru panca sata tumpeng 2 (dadua), tuak yeh
sasih kedasa; caru tumpeng 10 (dasa) dadi atanding, iwaknia asu bang bungkem, olah dene agenep, tuak yeh
sasih jesta; caru asu sinamleh, nasi biyu, tuak yeh
sasih sadha; caru sarwa genap, sahe makuah, tetampigung abesik, liwet satungkeban, jangan dadap, antok laje, genah ring sanggah suku tunggal, wadahnia ancat-ancat, tuak yeh berem mawadah cambeng, gantung-gantungan. tlas.

Kramaning mecaru

Jesta apareb teriwit kereta te, ayunia penanggal ping 5 (lime), sang hyang peretiwi tumurun, apareb sang manasije, bhuta kang umiring, bhuta guledag, bhuta kasuluhan, bhuta weda, bhuta terompong kajarnia, gering manusa pejen, ajejaga ring lawang, asesangran. CARU; sesayut wangun urip kang ring lemah, liwat tenget papecel, kulume, jangan asem, pencak kacang, terong kuning, antok cabe gawe, sajeng.
Sasih Sadha meparab, mapetinjak aturu, ayunia acaru tanggal apisan, sang hyang  sadasiwa tumurun, aparab sang hyang makaredwaja, bhuta kang umiring: bhuta areala, bhuta pubaka, bhuta gelem, bhuta geger, bhuta turu, bhuta tiga sakti, lara makweh mawi ajejaga asesang garan ring lawang. CARUtumpeng putih, kukumbu kuluban, antiganing bebek winasuhan dening bersih, tasik kang ring lemah, liwet kacang ijo, sakon ramen, iwaknia terong papece, sambel cabe gue, sajeng tan sine rasen.
Sasih Kasaaparab seranesinare namah, ayuning acaru penanggal ping 10 (dasa), sang hyang iswara tumurun, aparab sang hyang antanu, bhuta kang umiring: bhuta tibeyek, bhuta tumanggung, bhuta kala binarak, bhuta sasegi, bhuta merikadang, kajarnia gering sadina rong dina pejah, ajejaga asanggaran ring lawang CARUtumpeng putih kuning adanan, iwak sate pinanggang abesik, liwet kacang, pecel sate, gerang asem, pencok bukal, sajeng tinaringan.
Itulah caru banten bayuh dewas ala, apapun kegiatannya bila bertepatan dengan dewasa ala (buruk) seperti bersamaan kegiatannya dengan: tali wangke, titi buwuk, pati pate, gni rewana, kala mertiyu, ingkel wong, kala dangastra, kala ngaruda, pemacekan, carik agung, dagdig karana, uku nyalah wadi, pangunyan tan rahayu palelawangan ale, sasih tan patumpek, wuku tanpa guru, intinya semua dewasa ala, hendaknya dibuatkan banten bayuh seperti diatas.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Banten Bayuh saluwirin Dewasa ALA. hendaknya diketahui pula, bahwa banten bayuh dewasa ini baiknya di"anteb" oleh seorang Pemangku Gde/Pinandita Wiwa atau di puput oleh sulinggih

Om Santih Santih Santih Om

#tubaba@griyangbang#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar