Senin, 11 Januari 2021

SIWALATRI "Dari Kegelapan (Ratri/Latri/Malam/Covid 19) Menuju Terang kembali (Siwa)"

SIWALATRI
"Dari Kegelapan (Ratri/Latri/Malam/Covid 19) Menuju Terang kembali (Siwa)"


Om Tryambhakam Yajamahe, Sugandhim Pushtivardhanam, Urvarukamiva Bandhanan, Mrityor Mukshiya Ma amritat.

Om Sembah Sujud kepada Dewa Siwa yang bermata tiga, Yang mengayomi dan menebarkan keharuman pada kehidupan kita. Semoga Beliau membebaskan kita dari penderitaan, dan kegelapan menuju cahaya abadi.

Sehari sebelum Tilem Sasih Kepitu atau Prawaning Tilem Kapitu (ketujuh) umat Hindu di Bali memperingati Hari Raya Siwalatri. Dari cerita-cerita di masyarakat Hindu Bali, malam sehari sebelum Tilem Kepitu dipercaya sebagai malam paling gelap dari seluruh malam dalam setahun ini (Penanggalan Caka., Pada malam yang paling gelap ini dipercaya Dewa Siwa melakukan Yoga Semadi untuk keselamatan dan kesejahteraan alam semesta beserta isinya. Beredar juga cerita di masyarakat Bali bahwa pada malam Siwalatri jika bisa “jagra” dengan tetap sadar atau tidak “tidur” dan melakukan tapa tertentu maka dosa-dosa orang yang melakukan tapa brata Siwalatri maka dosanya bisa dihapuskan, sehingga banyak yang menyebutkan malam Siwalatri sebagai malam peleburan dosa

Benarkah kepercayaan itu? 

Benarkah dosa yang kita perbuat bisa dilebur dengan hanya begadang pada malam Siwalatri seperti dalam ceritra Sang Pemburu Lubdaka? 

Kalau tidak terus apa sih sebenarnya makna dari perayaan Siwalatri? 

Bagaimana cara pelaksanaan Siwalatri ini

Sehari sebelum Tilem sasih Kapitu atau yang sering di sebut prawaning tilem kapitu, umat hindu memperingati Hari Siwalatri. Jika di urut dari asal katanya, Siwa itu dapat diartikan sebagai Penghancur Kegelapan sebagai simbolis Cahaya/Terang dan Ratri/Latri itu dapat diartikan gelap. Kegelapan akhir-akhir ini diakibatkan oleh adanya Covid 19. Sehingga Siwalatri dapat diartikan bahwa yang Terang telah menjadi gelap dan yang gelap menjadi terang kembali. Saya menggunakan ilustrasi tersebut untuk menggambarkan kondisi perjalanan kita sebagai manusia. Dalam diri manusia bersemayam Tuhan beserta sifat – sifat Ketuhanan, namun seiring perjalanan hidup, kegelapan dan ilusi duniawi membuat manuasia semakin lupa akan asal dan jati diri.

Dalam Siwalatri Kalpa dijelaskan bahwa bagaimana Sang Hyang Atma kelangen, begitu terpesonanya dengan segala kenikmatan yang diperoleh dari panca indria walaupun semua keindahan dan kenikmatan tersebut bersifat semu dan palsu. Semakin hari pikiran semakin memberi ruang gerak yang semakin leluasa kepada panca indria, sehingga akhirnya jiwa menjadi dikendalikan oleh panca indria. Mata selalu ingin melihat sesuatu yang bagus, senang melihat wanita cantik atau lelaki tampan. Hidung selalu mencari bau yang harum, lidah selalu ingin makan makanan enak, telinga selalu ingin mendengar suara yang merdu, dan kulitpun selalu ingin sentuhan lembut. Karena begitu hebatnya pengaruh kenikmatan duniawi sehingga akhirnya sang jiwa terbelenggu dalam kesibukan untuk selalu mengejar keinginan panca indria sampai lupa akan asal dan jati diri sebagai manuasia.

Kenapa Siwalatri dilaksanakan pada Prawaning Tilem Kepitu? 

Jika ada yang bertanya, kenapa Siwalatri dirayakan pada prawaning tilem kapitu? kenapa bukan sasih yang lain? Prawaning Tilem atau sehari sebelum tilem merupakan malam yang paling gelap dan sasih kepitu merupakan lambang sapta timira, jadi Ida Mpu Kuturan memilih Prawaning Tilem Kepitu sebagai hari perayaan Siwalatri untuk mengingatkan kita bahwa kita yang berasal dari Tuhan (siwa) telah masuk kejurang kegelapan (ratri/latri) karena pengaruh tujuh sifat kemabukan (pitu). Sifat Ketuhanan beserta segala kemampuan luar biasa yang menyertainya yang ada pada diri manusia semakin hari semakin dalam terkubur karena manusia telah lupa diri, manusia telah dirasuki sapta timira, tujuh kegelapan atau sifat kemabukan yaitu ;

1. Surupa yang mana manusia mabuk akan rupa yang cantik dan tampan, padahal ini sifatnya hanya sementara, sekarang cantik maka lima atau sepuluh tahun lagi semua itu akan hilang, namun sangat banyak yang masih memburu hal tersebut. 

2. Dhana yaitu kita yang takabur dan mabuk oleh kekayaan, sekarang ini bisa dikatakan mereka yang punya uang yang berkuasa, namun inipun hanya semu, tidak ada uang yang bisa menjanjikan kebahagiaan. 

3. Guna artinya lupa diri karena merasa diri lebih pintar sehingga merendahkan orang lain, namun pengetahuan itu ibarat samudera yang tanpa batas

4. Kulina adalah orang yang merasa diri lebih tinggi kedudukannya karena faktor keturunan, 

5. Yowana yaitu lupa diri karena masa remaja, 

6. Kasuran yaitu sifat sombong karena mabuk kemenangan dan 

7. Sura karena mabuk minumam keras. Hal ini menjelaskan kepada kita bahwa karena pengaruh ikatan duniawi yang kuat manusia telah melupakan asal muasalnya. Karena kuatnya keinginan duniawi maka manusia akan menemuai klesa yaitu kekotoran, menuju ke papa yaitu kegelapan jiwa dan pikiran yang pada akhirya akan bermuara kepada dosa.

Siwalatri merupakan momentum bagi kita untuk introspeksi diri (dimasa covid 19), bertanya dalam keheningan jiwa, “betulkan saya adalah percikan sinar suci Tuhan?” jika betul apakah sifat dan perilaku kita sudah mencerminkan hal tersebut?. 

Malam Siwalatri hendaknya dijadikan sebuah momentum untuk merenung alias introspeksi diri karena sangat jarang kita punya waktu untuk berbicara dengan diri sendiri. Saat Siwalatri hendaknya kita sadari semua kekeliruan dan kebodohan kita sebagai manusia dan jadikan itu sebagai sebuah bara semangat untuk memulai kehidupan yang lebih baik sehingga terang yang telah menjadi gelap bisa kembali bersinar terang.


Siwalatri dan Penebusan Dosa 

Banyak yang beranggapan bahwa Siwalatri adalah malam peleburan dosa, anggapan ini muncul mungkin karena pemahaman yang kurang tepat tentang cerita sang lubdaka yang katanya adalah pembunuh namun terbebas dari dosa karena bergadang saat malam Siwalatri.  

Dalam ajaran Hindu tidak ada peleburan dosadosa adalah hasil perbuatan (karma) yang harus tetap ditebus oleh akibat (phala). 

Dalam Siwarati umat manusia berusaha untuk sadar kembali tentang jati dirinya sehingga terhindar dari papa (kegelapan pikiran dan jiwa) seperti yang tertuang dalam puja tri sandya 

Om papo’ham papakarmaham papatma papasambhavah”  yang pada akhirnya akan menghindarkan manusia dari segala perbuatan dosa. 


Sang Lubdaka  Seorang Pembunuh Binatang 

Banyak yang bertanya, bukankah membunuh itu dosa? Dalam ajaran Agama Hindu khususnya di Bali, memang diperbolehkan membunuh binatang. Hal ini termuat dalam lontar Werthi Sesana. Ada dua hal yang diperbolehkan dalam membunuh binatang, yang pertama untuk upacara yadnya dan yang kedua untuk di makan alias dikonsumsi. Jika kita membandingkan dengan cerita Lubdaka, dalam sastra disebutkan bahwa Sang Lubdaka tersebut melakukan pembunuhan binatang hanya untuk dimakan, tidak untuk upacara yadnya. Dalam Bhagawadgita disebutkan bahwa segala sesuatu bersumber dari Tuhan, sehingga apapun yang kita makan harus kita persembahkan terlebih dahulu, jika makan tanpa persembahan maka itu sama artinya dengan kita mencuri dan itu adalah dosa. Dalam cerita dikatakan bahwa Sang Lubdaka berburu binatang tanpa melakukan persembahan, hanya mengutamakan nafsu untuk makan saja, sehingga Sang Lubdaka telah melakukan perbuatan mencuri. Oleh karena itu, umat Hindhu khususnya di Bali selalu diharuskan melakukan persembahan berupa yadnya sesa sebelum makan. Dalam sastra Hindu, banyak tatwa – tatwa yang terkandung dalam cerita yang dijadikan tuntunan dalam menjalankan kehidupan, namun demikian cerita atau tatwa tersebut harus di telaah dan dipahami lebih dalam sehingga maksud atau inti dari cerita itu dapat kita petik. Dalam cerita Lubdaka dikatakan bahwa Lubdaka adalah seorang pembunuh binatang namun saat bergadang pada malam Siwalatri sang Lubdaka mendapat sebuah pencerahan dari Tuhan. Sang Lubdaka sebagai pembunuh binatang, hal dapat kita artikan sebagai seseorang yang telah mampu membunuh sifat – sifat kebinatangannya, sehingga saat dia sadar (terjaga / tidak tidur) akan hakikatnya sebagai Siwa (setiap manuasia bersumber dari Tuhan / Siwa) yang telah diliputi maya dan kegelapan (ratri/latri) maka saat itulah kesadaran akan kesejatian sebagai seorang manusia mulai bersinar. Dalam cerita para penglingsir kita, Lubdaka juga diartikan sebagai Lud (melepaskan) dan Daki (kekotoran). Jadi Siwalatri merupakan sebuah momentum guna menyadarkan diri akan hakikat kita sebagai manusia yang sesungguhnya mempunyai sifat-sifat Tuhan (Siwa).Dan hendaknya kesadaran tersebut tidak hanya pada Hari Raya Siwalatri saja, tetapi setiap hari kita harus terjaga dan sadar.


Pelaksanaan Siwalatri 

Pelaksanaan Hari Raya Siwalatri intinya lebih dipusatkan kedalam diri sehingga lebih ditekankan pada pelaksanaan brata dan tapa melalui kontemplasi atau merenung untuk melihat ke diri sendiri. Dalam Agama Hindu ada tingkatan Nista, Madya dan Utama dalam melakukan upacara atau yadnya yang bisa dipilih sesuai kemampuan, begitu pula tingkatan brata dalam melaksanakan Siwalatri.


Ada tiga jenis brata Siwalatri, 

1. Upayasa (puasa) yaitu brata tidak makan dan minum

2. Monabrata yaitu puasa tidak berbicara dan 

3. Jagra yaitu tidak tidur. 

#Dalam tingkatan nista Upayasa dilaksanakan selama 12 jam yaitu mulai jam 6 sore sampai jam 6 pagi keesokan harinya. 

#Tingkat Madya dilaksanakan selama 24 jam yaitu dari pagi hingga pagi keesokan harinya, dan 

#Tingkat Utama dilaksanakan selama 36 jam yaitu dari pagi hingga sore keesokan harinya.  

Begitupun tingkatan bratanya, tingkat nista hanya jagra, tingkat madya upayasa dan jagra, dan utama melaksanakan ketiganya.

Mengawali hari raya Siwalatri sebaiknya dimulai dengan melukat dan bersembahyang di pagi harinya, lalu jalankan brata sesuai kemampuan dan malamnya lakukan perenungan akan hakikat dan jati diri kita sebagai manusia. Sehingga nantinya kita yang diliputi kegelapan pikiran dan jiwa bisa sadar dan kembali menjadi terang.

Selamat Merayakan Hari Siwalatri. 

Semoga Dewa Siwa Selalu memberkati kita dari kegelapan (wabah Covid 19) menuju cahaya terang (Siwa).


#tubaba@griyang bang#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar