Jumat, 18 Februari 2022

AYABAN TUMPENG

Tumpeng

Tumpeng adalah suatu wujud bebanten / tetandingan banten dalam upakara yadnya, sebagai sarana persembahan dalam kelompok Tetandingan Banten ayaban.
Dimana makna tumpeng yang berbentuk kerucut dalam penggunaanya disebutkan melambangkan Gunung Mahameru yang merupakan konsep alam semesta ini.
Berikut merupakan bahan-bahan yang diperlukan dan susunan tumpeng dalam penggunaan upacara yadnya di Bali :

Tataning Banten ayaban tumpeng lima:
  1. Banten Peras tumpeng nyane 2 (kalih).
  2. Banten Pengambian tumpeng nyane 2 (kalih).
  3. Banten Dapetan tumpeng nyane 1 (asiki).
  4. Banten Gebogan.
  5. Banten Sesayut.
  6. Banten Hyunan/rayunan.
  7. Banten Taterag.

Tataning Banten Ayaban Tumpeng Pitu:
  1. Banten peras tumpeng nyane 2 (kalih).
  2. Banten Pengambian tumpeng nyane 2 (kalih).
  3. Banten Dapetan tumpeng nyane 1 (asiki).
  4. Banten Guru tumpeng nyane 1 (asiki).
  5. Banten pengiring tumpeng nyane 1 (siki).
  6. Banten Gebogan.
  7. Banten Sesayut.
  8. Banten Hyunan/rayunan.
  9. Banten Taterag.

Tataning Banten Ayaban Tumpeng Sya:
  1. Banten peras tumpeng nyane 2 (kalih).
  2. Banten pengambian tumpeng nyane 2 (kalih).
  3. Banten Dapetan tumpeng nyane 1 (siki).
  4. Banten Guru tumpeng nyane 1 (siki).
  5. Banten Penyeneng tumpeng nyane 3 (tatiga).
  6. Banten Gebogan.
  7. Banten Sesayut.
  8. Banten Hyunan/rayunan.
  9. Banten Taterag.
 Tataning Banten Ayaban Tumpeng solas:
  1. Banten Peras tumpeng nyane 2 (kalih).
  2. Banten Pengambian tumpeng nyane 2 (kalih).
  3. Banten Dapetan tumpeng nyane 1 (siki).
  4. Banten Guru tumpeng nyane 1 (siki).
  5. Banten Penyeneng tumpeng nyane 3 (Tetiga).
  6. Banten Pengiring tumpeng nyane 1 (siki), mekarya kalih soroh.
  7. Banten Gebogan.
  8. Banten Sesayut.
  9. Banten Hyunan/rayunan.
  10. Banten taterag.
  11. Jerimpen tegeh asiki.

Tataning Banten Ayaban tumpeng 25, udel kurenan(abungkul).
  1. Banten Peras tumpeng nyane 2 (kalih). Mekarya kalih soroh.
  2. Banten Pengambian tumpeng nyane 2 (kalih). Mekarya kalih soroh
  3. Banten pengapit/dederek tumpeng nyane 2 (kalih, mekarya kalih soroh)
  4. Banten Dapetan tumpeng nyane 1 (siki).
  5. Banten Guru tumpeng nyane 1 (siki).
  6. Banten Penyeneng tumpeng nyane 3 (Tetiga).
  7. Banten Pengiring tumpeng nyane 1 (siki), mekarya kalih soroh.
  8. Banten udel tumpeng nyane 1 (siki).
  9. Banten Kurenan tumpeng nyane 5 (lima).
  10. Banten Gebogan.
  11. Banten Sesayut.
  12. Banten Hyunan/rayunan.
  13. Banten jaja Sasrodan.
  14. Banten Nasi Pajegan.
  15. Banten Ulam Pajegan.
  16. Banten Sesanganan.
  17. Banten Jerimpen tegeh.
  18. Banten Taterag mekarya kalih soroh.

Contoh Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7
Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7

Salah satu upakara mengenai Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7 

Banten Ayaban Tumpeng 5, Terdiri dari:

1.   Peras: 2 tumpeng
2.   Pengambean: 2 tumpeng
3.   Dapetan : 1 tumpeng
4.   Gebogan
5.   Sesayut
6.   Rayunan
7.  Teterag

Makna masing-masing banten tersebut adalah:

1. Peras

Kata “Peras” berarti “Sah” atau “Resmi”, dengan demikian penggunaan banten “Peras” bertujuan untuk mengesahkan dan atau meresmikan suatu upacara yang telah diselenggarakan secara lahir bathin.

2. Pengambean

Pengambean berasal dari akar kata “Ngambe” berarti memanggil atau memohon. Banten Pengambeyan mengandung makna simbolis memohon karunia Sang Hyang Widhi dan para leluhur guna dapat menikmati hidup dan kehidupan senantiasa berdasarkan Dharma di bawah lindungan dan kendali Sang Hyang Widhi dan para Leluhur.

3. Dapetan

Banten dapetan disimbolkan sebagai wujud permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi agar dikaruniai atau dikembalikan kekuatan Tri Pramana termasuk kekuatan Tri Bhuwananya.

4. Gebogan

Gebogan merupakan simbol persembahan dan rasa syukur pada Tuhan/Hyang Widhi. Gebogan atau juga disebut Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan dan bunga.

5. Sesayut

 banten sesayut berasal dari kata “sayut” atau “nyayut” dapat diartikan mempersilakan atau mensthanakan, karena sayut disimbulkan sebagai lingga dari Ista Dewata, sakti dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

6. Rayunan

Rayunan juga sering disebut sebagai Ajuman/Sodan/Ajengan, yang mana dipergunakan tersendiri sebagai persembahan ataupun melengkapi daksina suci dan lain-lain.

7. Teterag

Mengenal Otonan Tumpeng Pitu dan Jalannya Upacara Otonan

Otonan merupakan hari kelahiran bagi umat Hindu yang datang serta diperingati setiap 6 bulan atau 210 hari sekali. Perhitungan ini didasarkan pada Sapta Wara, Panca Wara serta Wuku. Tentunya penetapan otonan berbeda dari ulang tahun yang didasarkan pada kalender Masehi. Upacara otonan bagi umat Hindu Bali memang begitu penting karena upacara ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk memperingati kelahiran seseorang, menyucikan diri seeorang, mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, leluhur, orangtua serta kerabat.k Upacara otonan ini juga merupakan bentuk ungkapan syukur atas karunia yang diberikan oleh Sang Hyang Widhi.

Sarana Dalam Upacara Otonan Tumpeng 7
Dalam pelaksanaan upacara otonan, biasanya akan dipergunakan beberapa jenis sarana salah satunya yang terdapat dalam otonan tumpeng pitu. Dimana tumpeng pitu atau tumpeng 7 ini merupakan banten otonan yang lebih sederhana. Secara lebih jelasnya dalam tumpeng 7 tersebut terdapat sarana banten yaitu banten pejati asoroh, banten pengambean satu soroh, banten gebogan alit satu, banten peras satu soroh, banten soda satu soroh dan banten dapetan satu rangkai. Sesuai dengan namanya, otonan ini memakai 7 tumpeng yang terdiri atas 2 tumpeng pengambean, 2 tumpeng peras, serta 3 tumpeng rangkai dapetan.

Bila tumpeng 7 ini dipakai dalam upacara Dewa Yadnya maka ditambahkan banten sesayut yang terdiri dari sesayut pabersihan, sesayut sida sampurna, sesayut siwa sampurna, pamiak kala, tebasan, bayakawonan, banten prayascita, penyeneng teterag dan segehan agung. Sedangkan untuk manusa Yadnya ditambahkan sesayut paersihan, sesayut sidapurna, sesayut atma rauh, sesayut pamiak kala, penyenang teterag, segegan manca warna dan bayakawonan.

Pelaksanaan Upacara Otonan
Pada hari dilaksanakannya otonan, bayi, anak maupun seseorang sesudah membersihkan lahir dan batin kemudian upacara dilakukan di Balai tempat upacara. Dalam upacara tersebut terdapat tata cara yang bertugas sebagai pemimpin upacara, pandita, pemangku atau yang dituakan dan panandita. Sedangkan orang yang dituakan tersebut mengambil posisi lalu memohon Tirtha Panglukatan serta menyucikan upakara yang akan dipakai dalam otonan.

Persembahan upakara Byakala dilakukan di dekat pintu rumah atau di halaman lokasi upacara. Kemudian yang diupacarakan harus menghadap ke Banten Byakala sesudah diucapkan doa dengan kedua telapak tangan mengarah ke bawah. Kemudian pemimpin upacara mempersembahkan banten peras, ajuman, dan pengambean kepada Sang Hyang Widhi, Dewata serta Leluhur. Lalu memohon persaksian maupun mohon wara nugrahanya serta mohon Tirtha Wangsuhpada sambil mengucap sehe atau mantra.

Orang yang akan diupacarakan otonan bersama keluarganya dipersilakan melakukan persembahyangakn bersama untuk memohon keselamatan, panjang umur serta sehat sejahtera. Sesudah persembahyangan, upacara dilanjutkan dengan Ngayab Dapetan dan Banten Lara Malaradan oleh pemimpin upacara disertai doa mantra memohon agar sembuh jika ada penyakit dalam tubuh maupun jiwa. Bila tidak terdapat penyakit maka bisa menghadapai hidup lebih tegar.

Selasai ngayab tersebut upacara dilanjutkan dengan Ngelebar sesajen untuk dipersembahkan pada Sang Hyang Widhi serta leluhur. Orang yang diupacarakan dan keluarga terdekatnya bisa menikmati banten dapetan dan banten lara malaradan maka berakhirlah upacara otonan ini. Pelaksanaan upacara otonan ini terkadang memiliki perbedaan di beberapa bagian seperti ngayab sayur lara Malaradan atau dapetan yang bisa dilaksanakan sebelum acara persembahayangan maupun Matirtha.

Itulah tadi penjelasan mengenai otonan tumpeng pitu dan prosesi pelaksanaan upacara otonan yang bisa menambah wawasan anda. Upacara otonan bisa dilaksanakan secara sederhaan dan tidak harus mewah karena yang terpenting adalah makna dan manfaatnya yang dilandasi oleh ketulusan dan kesucian hati.

Banten Ayaban Tumpeng 7
Terdiri dari :

1.      Banten peras: 2 tumpeng
2.      Bnten Pengambian:2tumpeng
3.      Banten Dapetan: 1 tumpeng
4.      Banten Guru: 1 tumpeng
5.      Banten pengiring: 1 tumpeng
6.      Banten Gebogan.
7.      Banten Sesayut.
8.      Banten Rayunan.
9.      Banten Taterag.

Tambahannya hanya pada guru dan pengiring selebihnya sama dan sudah dijelaskna pada ayaban tumpeng lima.

1. Banten Guru
Untuk Banten Guru, mohon maaf admin belum dapat referensi.jika ada yang paham boleh sharing dan dilengkapi penjelasannya dikolom komentar.

2.Banten Pengiring

Banten pengiring adalah sesajen yang alasnya adalah sebuah taledan/tamas, kemudian secara berturut-turut diisi pisang, buah-buahan, tebu, kue, dua buah tumpeng, sampian tangga dan canang genten.

Banten Ayaban Tumpeng Sie terdiri dari 9 bungkul atau tumpeng sembilan. Ayaban sering digunakan oleh masyarakat Banten Hindu sebagai sajian keagamaan.  Ayaban Tumpeng Sie memiliki 9 bungkul yang diatur dengan posisi sedemikian rupa. Bentuk awal ayaban tumpeng sie tak jauh berbeda dengan Sesayut. Anda bisa menggunakan tatakan untuk merangkai satu bungkul ayaban.

Cara Menata Ayaban Tumpeng Sie

Untuk membuat ayaban tumpeng 9, maka Anda harus menata bahan-bahan pada satu tatakan terlebih dahulu. Posisi bahan-bahan untuk Ayaban juga harus sesuai. Namun tidak perlu khawatir jika Anda masih belum bisa membuat dan menatanya dengan benar. Untuk memudahkan, berikut langkah membuat ayaban tumpeng sie yang bisa dicoba sendiri

  1. Siapkan tatakan yang terbuat dari anyaman janur. 
  2. Tabur sedikit beras di bagian dasar tatakan
  3. Letakkan tiga gulungan benang bali diatasnya. 
  4. Tambahkan  tiga helai daun janur kuning yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada bagian atas gulungan benang

Setelah dasar Ayaban siap, maka Anda bisa mulai menata bahan-bahannya. 

  1. Letakkan jajanan pada tepi bawah tatakan
  2. Masukkan buah-buahan seperti dua buah pisang, jeruk, dan apel pada sisi bagian atas tatakan.
  3. Isi kembali tatakan dengan jajanan. Anda bisa memilih jenis jajanan yang ingin dimasukkan. Bisa berbentuk kue basah seperti bolu kukus, atau ditambah dengan jajanan kering seperti snack atau kerupuk.
  4. Letakkan dua buah tumpeng kecil pada bagian tengan tatakan.
  5. Tambahkan daging ayam rebus di bagian bawah jajanan.
  6. Letakkan Sampyan Peras di atas bahan-bahan yang sudah ditata sebelumnya

Jenis Bungkul Pada Banten Ayaban Tumpeng

Ayaban tumpeng memiliki 9 bungkul dengan nama yang berbeda-beda. Bentuk dan ukuran masing-masing bungkul juga berbeda. Pada Ayaban Tumpeng terdapat sembilan nama bungkul yang digunakan. Nama-nama bungkul pada ayaban tumpeng sie antara lain

  1. Banten Peras
  2. Banten Pengambean
  3. Banten Dapetan 
  4. Banten Guru
  5. Banten Penyeneng
  6. Banten Gebogan
  7. Banten Sesayut
  8. Banten Rayunan
  9. Banten Teterag

Letak Posisi Banten Ayaban Tumpeng Sie

Posisi ayaban tumpeng menggambarkan simbol tertentu. Oleh karena itu Ayaban Tumpeng tidak bisa diletakkan sembarangan. Bungkul pertama diletakkan di bagian atas sebagai simbol kepala. Setelah itu pada bagian bawah letakkan bungkul dengan ukuran yang lebih kecil sebagai simbol emam. 

Letakkan bungkul lagi di bagian samping kiri. Pada bagian kanan letakkan Banten Peras. Kedua bungkul ini merupakan simbol penjaga. Kemudian pada bagian tengah letakkan bungkul Banten Teterag.  Pada bagian bawah kanan ditempatkan lagi Banten Dapetan tumpeng 1 dan tumpeng 2. Kedua bungkul ini dikenal sebagai simbol Tri Permanen Jagat. 

Bagian bawah lagi letakkan lagi Dapetan Pengiring sebanyak 2 buah. Jangan lupa untuk menata kembali susunan tiap bungkul jika tidak rapi. Setelah itu letakkan empat jenis sesayut pada urutan bawah lagi antara lain Sesayut Pebersihan, Sesayut Sidapurna, Sesayut Siwa Sampurna, dan Tebasan Pemiak Kala. Anda juga bisa menambahkan Sesayut lain sesuai dengan tujuan acara.


Post


1. Banten Peras: 2 tumpeng 2. Banten Pengambian: 2 tumpeng 3. Banten Dapetan: 1 tumpeng 4. Banten Guru: 1 tumpeng 5. Banten Penyeneng: 3 tumpeng 6. Banten Pengiring (2 soroh): 1 tumpeng 7. Banten Gebogan. 8. Banten Sesayut. 9. Banten Rayunan. 10. Banten Teterag. 11. Jerimpen




Penjelasan:

1. Banten Peras

Kata “Peras” berarti “Sah” atau “Resmi”, dengan demikian penggunaan banten “Peras” bertujuan untuk mengesahkan dan atau meresmikan suatu upacara yang telah diselenggarakan secara lahir bathin.

2. Banten Pengambean

Pengambean berasal dari akar kata “Ngambe” berarti memanggil atau memohon. Banten Pengambeyan mengandung makna simbolis memohon karunia Sang Hyang Widhi dan para leluhur.

3. Banten Dapetan

Banten dapetan disimbolkan sebagai wujud permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi agar dikaruniai atau dikembalikan kekuatan Tri Pramana termasuk kekuatan Tri Bhuwananya. Selain itu, Banten ini mengandung makna seseorang hendaknya siap menghadapi kenyataan hidup dalam suka dan duka. 4. Banten Guru ( Admin belum mengetahui penjelasanya )

5. Banten Penyeneng

Penyeneng memiliki makna permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi, agar dianugerahi kehidupan baik untuk bhuwana agung dan bhuwana alit dalam keseimbangan/keselarasannya. Banten penyeneng ini berfungsi untuk mendudukan atau menstanakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Ida bhatara di tempat yang telah disediakan.

6. Banten Pengiring

Banten pengiring adalah sesajen yang alasnya adalah sebuah taledan/tamas, kemudian secara berturut-turut diisi pisang, buah-buahan, tebi, kue, dua buah tumpeng, sampian tangga dan canang genten.

7. Banten Gebogan

Gebogan merupakan simbol persembahan dan rasa syukur pada Tuhan/Hyang Widhi. Gebogan atau juga disebut Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan dan bunga. Umumnya gebogan dibawa ke pura untuk rangkaian upacara panca yadnya.

8. Banten Sesayut

Sayut disimbulkan sebagai lingga dari Ista Dewata, sakti dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sedangkan menurut sumber yang lain mengatakan, Untuk menahan, mencegah orang agar terhindar dari mala, gangguan yang merusak, kemalangan, atau penyakit maka dibuatkanlah sesaji atau sejajen yang disebut sesayut.

9. Banten Rayunan

Rayunan juga sering disebut sebagai Ajuman/Sodan/Ajengan, yang mana dipergunakan tersendiri sebagai persembahan ataupun melengkapi daksina suci dan lain-lain.

10. Banten Teterag

Banten Teterag merupakan banten yang digunakan dalam upakara Yadnya dan difungsikan sebagai bentuk penyucian buana agung dan buana alit.

11. Jerimpen

Banten jerimpen merupakan simbol permohonan kehadapan Tuhan beserta manifestasiNya (Asta Aiswarya) agar Beliau memberikan keputusan berupa anugrah baik secara lahiriah maupun bathiniah. Oleh karena itu jerimpen selalu dibuat dua buah dan ditempatkan di samping kanan dan kiri dari banten lainnya, memakai sampyan windha (jit kokokan), windha berasal dari kata windhu yang artinya suniya, dan suniya diartikan Sang Hyang Widhi. Dua buah jerimpen mengandung maksud dan makna sebagai simbol lahiriah dan bathiniah.




Upakara ayaban ancak bingin (tumpeng 17)


Terdiri dari:

*Ulun banten

1. Daksina gede : 1 soroh

2. Pejati. : 1 soroh

3. Suci. : 1 soroh

4. Sangga urip. : 1 soroh

5. Sorohan alit. : 1 soroh

6. Pisang agung. : 1soroh

7. Sayut pajegan. : 1 soroh

8. Penyolasan. : 11 tanding

*Pengawak ancak bingin tumpeng 17 dibagi menjadi 11 tanding terdiri dari:

1. Pengambean tumpeng 2

2. Pengulapan. tumpeng 2

3. Pewayanan tumpeng 2

4. Kurenan. tumpeng 2

5. Pengiring. tumpeng 2

6. Dapetan. tumpeng 1

7. Ancak. tumpeng 2

8. Bingin. tumpeng 2

9. Sodan penek 2

10. Peras. tumpeng 2

11. Sodan penek 1

* Jerimpen 1 pasang

* Sanganan tebog ancak bingin

* Sate bunga anak bingin

* Penyeneng teterag

* Gebogan

* Sesayut

* Banten pebersihan

1. Byakala

2. Durmanggala

3. Prayascita

4. Pengulapan

5 . Banten lis gede

*Caru eka sata ayam brumbun








Tidak ada komentar:

Posting Komentar