Selasa, 01 Februari 2022

UPACARA PANGUPA AYU

UPACARA PANGUPA AYU (WARAK KERURON, NGELANGKIR DAN NGELUNGAH)
Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd

WARAK KERURON

Ketidaktahuan ataupun rasa malu membuat banyak pasangan yang pernah melakukan aborsi, akhirnya memilih membawa sebel atau kekotoran tersebut sepanjang hidupnya.

 Kesebelan itu sebenarnya bisa ditebus (ditebusin) dengan cara melakukan upacara Warak Keruron atau Pangupa Ayu.

Disebutkannya,  dalam Lontar Tutur Lebur Gangsa dan Sundari Gama, atman telah bersemayam dalam janin sejak usia dua minggu kandungan atau berbentuk gumpalan darah yang melengkung seperti Tokek. Sejak usia dua minggu kandungan, janin itu sudah bernyawa. Artinya, jika ia digugurkan, haruslah kita mempersiapkan upacara yang layak, bukannya setelah gugur lalu dibuang ke laut dan dianggap selesai. Jasadnya memang hilang di laut, tapi atman bayi itu tetap mengikuti ayah ataupun ibunya kemana pun, meskipun ayah dan ibunya akhirnya tidak menikah ataupun tinggal bersama.

Maka dari itu, orang tua janin yang gugur atau diaborsi harus bertanggung jawab kepada sang bayi, baik secara sekala maupun niskala. Secara sekala, jika bayi itu gugur bukannya dihanyut ke laut, tapi ditanem (dikubur) dengan banten matanem yang layak, dan prosesinya sesuai Desa Kala Patra.

Lalu, tanggung jawab secara niskala, yaitu pada atman janin itu, tetap harus dilakukan prosesi khusus untuk mengantarkan atmannya ke alam Swargan agar dia bisa bereinkarnasi kembali.

Prosesi khusus itu disebut upacara Warak Kruron atau Pangupa Ayu. Upacara ini menggunakan Segehan Rare sebagai inti prosesi. Upacara ini tidaklah mahal, intinya adalah mengembalikan atmannya agar tidak di mercepada ngrubeda atau menimbulkan masalah. 

Selain menggunakan Segehan Rare, upacara Warak Kruron juga menggunakan Sasayut Guru Piduka, Banten Ngulapin, Sanggah Cucuk, dan beberapa kelengkapan lainnya. 

Prosesi intinya dilakukan di laut atau segara. Namun, sebelum memasuki proses inti, pelaku aborsi dan keluarganya harus melaksanakan Guru Piduka terlebih dulu di Sanggah Kamulan. 

Prosesi Guru Piduka di Kamulan tak harus dilakukan secara besar, prosesi itu bisa saja dilakukan sederhana dengan menggunakan Pajati, Tipat, Prasita, Sasayut Guru Piduka, Tumpeng Guru, Kojong Rangkadan, dan Sampian. 

Cukup hanya menyediakan banten inti dan dipuput pemangku pun sudah puput, yang penting nunas tirtha suwambha ring Ida Sulinggih dan si ibu - ayah yang melakukan aborsi harus matur piuning memohon maaf dan pengampunan serta dilukat dengan air bungkak gading dan tirtha suwambha.

Selain maturan Guru Piduka di Sanggah Kamulan, ayah dan ibu yang melakukan aborsi juga harus melakukan Pacaruan Sapuh Awu di tempat mereka melakukan aborsi. 

Ada tiga tahap yang dilakukan dalam upacara Warak Kruron ini. Pertama, upacara di Sanggah Kamulan masing-masing, dan prosesi Macaru Awu di tempat aborsi yang jadi bagian dari Guru Piduka. Ada juga upacara di perempatan agung yang menggunakan kasa sebagai perantara, dan terakhir prosesi puncak di laut. 


Upakara warak karuron

Sane patut keupakarain warak karuron inggih punika yening wenten belingane ulung wau metuuh 1 sasih ngantos 3 (tigang) sasih, sampun merupa sekadi tuke.

 Pemargi upakara :
1.   Ring kemulan (rong 3)
Banten : pejati saha segehan tetabuhan
2.   Ring natar
Banten : caru abrumbunan
3.   Ring gumuk rare
Banten : nasi maulam bawang jahe, uyah areng, pejati, suci.
4.   Ayaban
a. Peras pengambean
b. Sayut pemiak kala
c. Sayut lara melaradan
d. Sayut pabersihan
e.  Pengulap
f.  Prastiste duur menggala
g. Bia kawon


NGELANGKIR

Upacara ngelangkir diperuntukkan kepada bayi yang meninggal sebelum pusarnya terputus.

Upakara ngelangkir

Sane patut keupakarain inggih punika si jabang bayi sane seda/mati wau lekad ngantos sedurung kepus pungsed sampun merupa sekadi tuke

Pemargi upakara :
1.   Nunas tirta ring praja pati
Banten : daksina, peras, sode, suci, beras kuning, samsam.
2.   Upakare pengendag bambang
Banten : pejati genep asoroh, segehan bang, saha tetabuhan
3.   Upakara pakeling ring pura dalem miwah praja pati
Banten : pejati asoroh, segehan bang, saha tetabuhan
4.   Ayaban sawa
Banten : pengawak penyeneng, punjung putih kuning, beras catur warna.



Ngelungah adalah upacara atiwa - tiwa bagi anak-anak yang berumur di atas tiga bulan dan belum tanggal giginya, bila meninggal dunia maka diaben dengan upacara ngaben Ngelungah ini.
Kalau bagi anak yang belum berumur tiga bulan, bila meninggal almarhumhanya dikubur saja. 
Namun, anak yang berumur diatas tiga bulan dan sudah tanggal giginya almarhum diaben seperti orang dewasa demikian disebutkan ngelungah ini dalam sumber kutipan konsep panca yadnya dan filosofi nilai dalam kelangsungan hidup menurut umat hindu yang tata cara dari ngelungah ini disebutkan sebagai berikut :
Upakara ngelungah

Sane patut keupakarain ngelungah inggih punika rare sane seda/mati sampun mayusa 12 (roras) dina/hari tur sampun ketus pungsed ngantos sadurung ketus gigi. Punika patut kaupakarain  ngelungah ten dados ka aben nanging dados karorasin.
Sarane pengentas rare / ngelungah :
1.   Bungkak nyuh gading (kasturi merajah dasa bayu)
2.   Kusania 33 katih
3.   Dukut (padang) lepas
4.   Ruangin (don) bingin


Banten :
a. Ring dalem miwah prajapati
Suci, pejati, peras, daksina, segehan tetabuhan
b. Ring gumuke
Suci, pejati, peras, daksina, sode, bubuh pirata, rantasan putih kuning, nasi putih kuning, samsam, beras kuning, beras catur warna (mewadah ceper) segehan saha tetabuhan

Jadi prosesinya bisa dilakukan secara masal sekaligus untuk upacara pangupa ayu (warak keruron, ngelangkir dan ngelungah).

#tubaba@griyangbang//upacarapangupaayu#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar