Minggu, 30 Agustus 2020

AJI PANUSANGAN

Sang Hyang Aji Panusangan Sasikepan Pandita Wiwa (Tan Keneng Kasebelan)

Pangleburan letuhan sarira, tan keni sebelen saluwuing magelah ring prajamandala, wenang sekama-kama apan Sang Hyang Mantra luwih utama, yan tasak ngerangsukin mantra iki, saksat mawinten ping telu, gelarana siang ratri

Mantra: 
Idepaku anganggo Aji kotamah,
Amangsa-amangsung aku tan pabersihan,
aku pawaking setra suka kang akasa,
suka kang peretiwi, 

Tan ana aku keneng kasebelan,
kaletehan, kaletuhin, papa, klesaning rat kabeh, 
apan aku teke abersihin awak sariranku,
teka bersih, teka bersih, teka bersih, 
Jeng poma, poma, poma,
Ang-Ah.

Pawisik Dewi Maya Asih.

(Pinuja kene desang Sedaka ndiata).

Ong tat purusa ya namah,

Sekari prabwa sang Hyang mantra,
Menge iki kabaan denika manjing te kita,
Kepanggung de sang Hyang maha Meru,
Peresada mas manik,
Asta dasa walu welas saginira, ijero sada,
Kehanan Bhatare peremana,
Catur duara, pat lawangnia,
Kakemit dening dewata,
tanembah ring betara Dharma,
Utpeti Stiti Pralina, i telas mangkana,
Iki pilih ikang babaan sekayunta,
Yan saka wetan duara kayunta,
Undiakenang mantra,
Sarwa sadia ya namah swaha,
Sekari prebawa Sang Hyang Mantra,
Menge ikang baban denika.
Yan sekidul duara keayanta,
Undiakenang mantra Ong bang tat purusa ya namah swaha.
Sekari perebawa Sang Hyang mantra menge ikang babaan denika.
Yan sekepancina duara kayunta,
Undiakena ikang Mantra Ong Ang Aggora ya namah swaha,
Sekatri perebawa Sang Hyang Mantra, menge ikang babban denika.
Yan sake lor duara kayunta,
unia kenaMantra Ong Ang Agora ya namah swaha,
Sekari perebawa Sang Hyang Mantra,
menge babaan denika tumata kita ijero,
nda tan kapangging betara Dharma sire,
apan acintya swabawanira,
uniakenang mantra Ong Ing I senaya namah swaha,
Sekari perebawa Sang Hyang mantra, Upeti Stiti Prelina.
Yatika ngilangakena papa tiga luirnya:
Ong I-ta-sa-ba- I, perelina ika,
Ong ya-na-ma-si-wa.
Ong na-ma-si-wa-ya.
Ong wa-si-ma-na-ya
Ong Mang Ung Ang,
Ong Ang Ung Mang,
Ong Ung Ang mang. ,
Pangredana Para dewa semua
Ong peletak, peletik,
Ong teluh adhi senduh Hyang nini dewata kabeh,
Mangerenga suara arum abangkit,
Ong teka pira menangis,
Sang Hyang Meraja Hyang Betari Kunti
ih wih ih nah jeng. (Gambar, 1986: 60-62).

Melapas Wewangunan Utama, Madya dan Nista.

Utama.

Maguling pebebangkit, genep sekramaning bebagkit, suci (2), daksina gede, sesantunia genep, pengulapan, rantasan pasucian peras lis, tepung tawar isuh-isuh, secarik tetebusan, tatimpug, sopekarania penglukatan, sibuh peepek, kukusan anyar, segehan manca rupa metabuh luak, arak berem, muah maduluran tumpeng putih kuning, iwak ayam putih kuning (luh muani) pinanggang spelakan, raka-raka sekeweang, ika pinaka labaan banas patining taru mangkana kramania.

Madya.

Masuci (2) kewala mapula gembal, maekar taman, prayascita luwih, sesayut pengambeyan, pengulapan solasan dua likur, gerang, kurenan, tumpeng guru miawak bebek putih maguling, muang tempeng putih kuning, iwaknia ayam putih kuning luh muani sapelaken pinanggang raka sate weang, daksina gede mesatun genep, arta (1700), rantasan pasucian muang selan-lanin panglukatan, kukus anyar, sbuh pekek, peras, lis, tepung capak, isuh-isuh bun rerakih muang tetebus, gelar sanga segaan manca warna, tetabuh tuak, arak berem, taekp api mangkana yan madya.

Nista.

Masuci abesik, (1) prascita luwih, sesayut pengambean, pangulapan, solasan dualikur, gereng sesantun den agenep, muang sepakramaning panglukatan, dena sangkep, kukus anyar, sibuh pepek, srantasan muah pasucia, peras lis, tepung tawar, isuh-isuh bun, rerakih tebusan, muah dulurana tumpeng putih kuning dena ageng, iwaknia ayam putih kuning luh muani spelekan pinanggang, raka-raka sakewenang, ika pinaka tadahan banaspatining sarwa taru, aywa papeka, amurug, pewangunira Begawan Wiswakarma.

Pemelaspas nasin Peralatan.

Nasin kandik mebe ancruk; nasin timpas muang belakas mebe balang,
Nasin paet mabe sibatah. Nasin pengotok mabe paya, nasin siku-siku mabe kelentong kelor, nasin sepat mebe pelas, nasin penyerutan mebe pakis (pangi), nasin pengutik mebe kecai, nasin undagi-undagi, nasi liamng pujung mebe kawisan, sahe tuak arak berem. Pemelaspan Utama, Madya, Nista puniki dulurana.

Pengurip Bangunan.

Ih sang Hyang Indra angreka,
Saluwiring ginawe rerajahan,
Ong Ang Mang Brahma Wisnu Iswara, angadakaen bayu sabda idep, Siwa sada siwa Perama siwa, anguripaken saluwiring sarwa ginawe, dumanis cayane sarwa wijaya, Ah Ah Ah.
Ong Yang perama Wisesa,
Siwa-Sadasiwa Peramawisesa,
anguripana sarwa tumuwuh,
anguripana buana kabeh, purwa,
genian daksina, neruti, pancima, wiyabya,
utara, ersania, masya, sor luwe,
pada kaurip denira Sang Hyang Perama Wisesa,
mamupul dadi sawiji,
matemahan sang Hyang Ayu narawati asri
apasang amereta, bumiwana urip, jeng,
Ong seri bagia namah swaha.
Ong bumi ginawe bumi,
Sudha bumi, sudha ayu,
Yudha nirmala, dewa metu ilang,
Cobenem sudha mala,
Neher sarira tuuh,
Ong sarwa karya;
Peresidha namah swaha.

Pesimpenan.

Ibu paduka betari kapendem,
Wusamono denira kelangkahan kedekan,
Wusano demira kelambukan,
Lawan kumereb, wusano denira kesingan kawuyuhan,
Wusano denira keenden kariyanan,
Mangke ibu pakulun,
Daweg nyeneng pakulun awewedaka,
Alenge wangi, asinjang akampuh,
Anak paduka betari,
Angaturan alinggih maring padmasana,
Amuktyasari atinggal sari,
Uduh bapa anak ingsun,
Nora ana karya sira,
Angewruhakena iringsun,
Ah-Ih, ater dening dewa laya.

Mantram Arca muang mapendem Pedagingan Meru.

Ong sang Hyang Ibu pertiwi jati
Mekadi Sang Syang Akasa,
Sang Hyang aditya Candra lintang trenggana,
Ulun aneda kerta nugraha,
Nugraha ripadanira pakulun,
Manusanira angadekakenne wewangunan,
Arca meru arrcana,
Pangiyang-ngiyangan nira Sang Huyang Trisandia,
Mauluning jana pada,
Ong-Sang-Bang-Tang-Ang-Ing-Nang-Mang-Sing-Wang-Yang.

Katiban Durmanggala

Iki pecarun karang katiben durmanggala, nanceb sanggah tutuan, muang suci abesik, jangkep saisin suci, pebangkit asoroh jangpet abesik, muang panca sata, itik putih kalungabesik muah asu bang bungkem abesik, sami winangun urip sami anut ring sesatenia, purwa (5), daksina (9), pascima (7), utara (4), madya (8) muang itik kalung ring madya genahnia, satenia kutus ping lima (40), asubang bungkem, satenia lima ping siya (45) kelod kauh genahnia, saba sanga genep caru madurga ngaran.
Pakulun kaki betara Kala,
Paduka Betari Durga,
Rah kaki betara Gama,
Sang Hyang Panca muka,
Ayo sira nyangkala-nyangkali pekarangan punnanu,
Apan sampun ngaturana caru kebeya kalan,
Amuktya te sira,
Sama suka risanga deruwe caru kebaya kalan,
Amuktya te sira, sama suka ringsanga deruwe caru,
Teka-waras-teke-waras-teke-waras jurang luah wenang.

Puja Mawinten

Ong Siwa nugraha,
Nirmala ya namah,
Manusa Sang Hyang amit,
Angaturana pawintenanne punanu,
Katureng pada betara-betari,
Sakawisayan ipun,
Amanca, amunis, undagi,
Amangku widi,
Tan ketamana upadrawa de betara yang mami,
Kelawan sang mawitenang kejenenganga
De Sang Hyang triya dasa sakti,
Muah Kaki Begawan penyarikan,
Sang Citra Gopta, sami sira anjenengana,
Ong Ang kesama sampurna ya namah.

Ananggap Dana

Ong Siwa data siwa bokta,
Drwyamet siwatmakem,
Ubaya siwa dam buyat, jata bota setatan.
Adyo mesa palem butem,
Adnyane sepalem juyanem,
Adya mesa palem tapem,
Adnyana sepalem juyanem,
Dulura ayu werdi, muah dirga yusa.

#tubaba@lontar tutur menget//ki dalang tangsub//griyang bang#

Rabu, 26 Agustus 2020

CARU

Caru adalah kurban suci, yang dalam sejarahnya caru (tawur) ini disebutkan diawali dari terjadinya kekacauan alam semesta yang mengganggu ketentraman hidup sebagai akibat dari godaan-godaan bhuta kala, sehingga Hyang Widhi Wasa menurunkan Hyang Tri Murti untuk membantu manusia agar bisa menetralisir dan selamat dari godaan-godaan para bhuta kala itu sehingga mulailah timbul banten “Caru” sebagaimana disebutkan dalam mitologi caru ini. 

Dan dijelaskan pula bahwa, Caru (Mecaru; Pecaruan; Tawur) adalah suatu upacara yadnya yang bertujuan untuk keharmonisan bhuwana agung (alam semesta) dan bhuwana alit agar menjadi baik, indah, lestari sebagai bagian dari upacara Butha Yadnya,

Dengan demikian, upacara mecaru adalah aplikasi dari filosofi Tri Hita Karana, seperti yang disebutkan dalam Lontar Pakem Gama Tirta, agar terjadi keharmonisan.

Upacara pecaruan ada yang dilakukan dalam bentuk kecil sehari-hari, disebut Nitya Karma, sedangkan upacara pecaruan disaat tertentu (biasanya lebih besar) disebut Naimitika Karma.

Jenis-jenis Caru dan Tawur

Lontar Dewa Tattwa membedakan jenis-jenis Caru dan Tawur sebagai berikut:
  1. Yang diadakan bila ada kejadian tertentu misalnya: bencana, bencana alam, hama penyakit, gerhana matahari, huru-hara, perang, dll.
  2. Yang diadakan: sehari-hari, hari tertentu, sasih (bulan) tertentu, dan warsa (tahun) tertentu.
  3. Yang diadakan disuatu tempat: pekarangan, rumah, purasanggah, Banjar, Desa, seluruh pulau (Bali), seluruh dunia, danau, laut, hutan, gunung, dll.
  4. Mengikuti upacara pokok Panca Yadnya.
Dalam Lontar Dewa Tattwa dibedakan pula antara Caru dan Tawur.

Yang termasuk Caru : 
  • Eka Sata,
  • Segehan Panca / Manca Warna
  • Panca Sata, 
  • Panca Sanak, 
  • Panca nak-madurga, 
  • Ngeresigana. 
Yang termasuk Tawur: 
Semua beburon / hewan sebelum diupacarai dimandikan terlebih dahulu kemudian dikenakan kain menurut warna pengider disertai kalungan uang kepeng manut urip.

Alat-alat yang ikut diupacarai: blakas, golok, taledan, lumpyan, pane, lesung, tungku, talenan, payuk, ilih, siut, sendok, katikan sate, cubek. Juga disertai lakar base genep.

Penggunaan hewan dalam Caru dan Tawur (Lontar Sudamala dan Lontar Kala Tattwa)
  • Ayam manca warna, masing-masing untuk: putih – Bhuta Janggitan, biying – Bhuta Langkir, siungan – Bhuta Lembu Kania, hitam – Bhuta Taruna, brunbun – Bhuta Tiga Sakti
  • Ayam biying kuning, untuk Bhuta Jingga **)
  • Ayam ijo, untuk Bregala-Bregali, Bebai
  • Ayam Ijo, untuk  Bhuta Ijo ***)
  • Ayam klawu, untuk Bhuta Ireng ****)
  • Ayam wangkas, untuk Bhuta Lambukan *)
  • Angsa putih, untuk Korsika
  • Asu bang bungkem, untuk Bhuta Hulu Kuda
  • Banteng, untuk Bhuta Ijo ***)
  • Bawi palen,untuk Mahakala
  • Bebek belang kalung, untuk Panca Mahabhuta
  • Bebek bulu sikep, untuk Bhuta Lambukan *)
  • Godel, untuk: Gargha, Kapragan, Mrajapati.
  • Kambing coklat/kuning, untuk Maitri, Kamala-Kamali, Kala Sweta, Banaspati
  • Kambing coklat, untuk Bhuta Jingga **)
  • Kambing selem, untuk Kurusya, Banaspati Raja
  • Kambing sewarna, untuk tapakan Bhatara Di Sanggah Tawang
  • Kebo yusmerana, untuk Bhuta Ireng ****)
  • Kidang, untuk Kalika-Kaliki, Yaksa-Yaksi, Dengen, Anggapati
  • Manjangan, untuk Bhuta Ijo ***)
  • Penyu (punggalan), sampelan kebo, sampelan kambing, untuk pelengkap catur niri
  • (Tanda bintang artinya ada Bhuta yang sama memerlukan beberapa binatang kurban untuk di-“somya”)

Olahan hewan (beburon) menurut Lontar Dharma Caruban
  • Kinelet melayang-layang: kepala, kaki, ekor, dan kulit utuh.
  • Winangun urip: letak hewan tertelungkup dan ada unsur-unsur tulang rusuk, tulang punggung, tulang kaki dan tulang ekor.
  • Urab/Reramesan barak dan putih: berisi daging, lidah, hati, lemak, kulit, darah (kalau reramesan barak) Getih matah: darah segar yang ditampung di sebuah kau ketika menyembelih hewan, diiisi lontar nama hewannya.
  • Sate (jejatah) lembat, asem, dan calon disebut Trinayaka sebagai persembahan tubuh hewan termaksud yang suci dengan aksara Ang – Ung – Mang.
  • Gayah: punggalan bawi, winangun urip, mejatah katikan senjata Dewata Nawa Sanga, ditambah mejatah katikan-katikan: bagia, orti, surya, candra, tunjung, cempaka, pidpid, sapudaki, konta, japit dumi, oret-oret, satuh, don, jerimpen, ancak, penyeneng, sandat, endongan, satuh, bingin.

Bahan-bahan Upakara dalam Pecaruan
(Lontar Sudamala)
Bahan-bahan upakara dalam pecaruan terdiri dari tiga jenis:
  • Mataya; bahan dari tumbuh-tumbuhan: daun, bunga, buah, pohon, biji-bijian, umbi-umbian, arak berem, tuak.
  • Mantiga; hewan yang lahir dua kali (melalui telur): ayam, bebek, angsa, burung.
  • Maharya; hewan yang lahir satu kali (tidak melalui telur) dan berkaki empat: babi, sapi, kerbau, kambing, anjing.
Penempatan hewan caru mengacu pada kedudukan Panca Korsika dan Bhuta, disesuaikan dengan warna bulu hewan itu. Hal ini juga disebutkan dalam ephos Mahabharata, ketika Dewi Kunti hendak mengorbankan Sahadewa untuk “nyupat” Panca Korsika.

Makna simbol warna dalam Upacara Pecaruan (Lontar Dewa Tattwa)
Warna-warna: bulu hewan, kober, tumpeng, kelungah, dangsil, sanganan, nasi, beras, bunga, benang, dll mengikuti warna pengider:
  • Sweta (putih), 
  • Dumbra (merah muda), 
  • Rakta (merah), 
  • Rajata (oranye), 
  • Pita (kuning), 
  • Syama (hijau), 
  • Kresna (hitam), 
  • Biru (abu-abu), 
  • dan sarwa suwarna (campuran)
Warna-warna itu selain sebagai identitas Dewa-Dewa yang menjaga keseimbangan, juga sebagai simbol berbagai sifat yang ada dalam diri manusia:
  • Putih: suci; 
  • Merah-muda: kesucian yang ternoda oleh kemarahan; 
  • Merah : marah; 
  • Oranye: marah karena nafsu tak terpenuhi; 
  • Kuning: nafsu; 
  • Hijau: serakah; 
  • Hitam: iri-hati; 
  • Abu-abu: iri-hati yang terselubung.
Dari 9 warna yang ada, hanya 1 (warna putih) sebagai simbol sifat baik yang bisa dikalahkan oleh warna lain simbul keburukan.

Oleh karena itu warna putih dibanyakkan dengan tepung beras yang dirajah pada banten Rsi Gana.

Dengan demikian sifat-sifat buruk manusia diusahakan di-”somiya” melalui pecaruan sehingga Asuri Sampad (sifat keraksasaan) dapat berubah menjadi Daiwi Sampad (sifat kedewataan)

Urip Wewaran pada caru dan tawur 
(Lontar Warigha Bhagawan Gargha)

Penggunaan urip wewaran / neptu pada caru dasarnya adalah panca wara, karena sesuai dengan mitologi panca korsika, yakni: :
  • Umanis urip 5 di timur, 
  • Paing urip 9 di selatan, 
  • Pon urip 7 di barat, 
  • Wage urip 4 di utara, 
  • dan Kliwon urip 8 di tengah. 
Jumlah urip panca wara = 33 juga sesuai dengan jumlah Dewa menurut Satha Pata Brahmana dimana para Dewa diyakini berperan menjaga keselamatan bhuwana agung.

Penggunaan urip pada tawur pada dasarnya membentuk padma bhuwana (lingkup bhuwana agung menurut pengider-ider) maka digunakan asta wara, dimana urip panca wara diatas ditambah dengan:
  • Guru urip 8 di tenggara, 
  • Rudra urip 3 di barat daya, 
  • Kala urip 1 di barat laut 
  • dan Sri urip 6 di timur laut. 
Jumlahnya = 18 dimana secara matematis total digit: 1 + 8 = 9 (jumlah pengider-ider dewata nawa sanggha)
Urip Wewaran tersebut digunakan dalam banten caru / tawur untuk antara lain jumlah :  tumpeng, reramesan, sate, tangkih, jinah, dll. Demikian dijelaskan dalam Dokumen Forum Diskusi Jaringan Hindu Nusantara. 

Penggunaan binatang kurban pada caru, sebagaimana disebutkan dalam salah satu komentar forum diskusi Bhakti Manawa Wedanta, penggunaan binatang ini sangat menentukan nama dan tingkatan banten caru tersebut. Misalnya caru Eka Sata menggunakan ayam brumbun atau lima warna. Caru Panca Sata menggunakan lima ekor ayam.

Pemakaian binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai sarana upacara Yadnya telah disebutkan dalam Manawa Dharmasastra V.40. Tumbuh-tumbuhan dan binatang yang digunakan sebagai sarana upacara Yadnya itu akan meningkat kualitasnya dalam penjelmaan berikutnya. 


Manusia yang memberikan kesempatan kepada tumbuh-tumbuhan dan hewan tersebut juga akan mendapatkan pahala yang utama. Karena setiap perbuatan yang membuat orang lain termasuk sarwa prani meningkat kualitasnya adalah perbuatan yang sangat mulia. Perbuatan itu akan membawa orang melangkah semakin dekat dengan Tuhan. 

Karena itu penggunaan binatang sebagai sarana pokok upacara banten caru bertujuan untuk meningkatkan sifat-sifat kebinatangan atau keraksasaan menuju sifat-sifat kemanusiaan terus meningkat menuju kesifat-sifat kedewaan.

Dalam memaknai caru, menurut “lontar Carcaning Caru” jenis-jenis caru adalah Caru ayam berumbun ( dengan satu ekor ayam ), Caru panca sata ( caru yang menggunakan lima ekor ayam yang di sesuaikan dengan arah atau kiblat mata angin ), Caru panca kelud adalah caru yang menggunakan lima ekor ayam di tambah dengan seekor itik atau yang lain sesuai dengan kebutuhan upacara yang di lakukan, dan Caru Rsi Gana.

Banten caru berfungsi sebagai pengharmonis atau penetral buwana agung (alam semesta), di mana caru ini bisa dikaitkan dengan proses pemlaspas maupun pangenteg linggihan pada tingkatan menengah (madya). Usia caru ini 10-20 tahun, tergantung tempat upacara. Penyelenggaraan caru juga dapat dilaksanakan manakala ada kondisi kadurmanggalan dibutuhkan proses pengharmonisan dengan caru sehingga lingkungan alam kembali stabil.

Demikianlah caru ini disebutkan dan dilaksanakan untuk keharmonisan alam semesta ini.

Kata Melukat adalah berasal dari bahasa jawa kuno yaitu lukat yang artinya bersih, melukat yang simpel bisa kita laksanakan pada mata air /aliran sungai di laut atau pertemuan laut dan sungai kalau di bali biasanya dekat pura segara atau di beji.
Jika ada pemangku atau sulinggih lebih gampang bilang saja sama mangkunya ingin melukat karena ada beberapa pura yang melukatnya dilakukan oleh pemangku langsung.
Kalau sendiri sangat mudah sekali sembahnyang dulu di dekat mata air atau aliran air itu mohon pensucian agar air tersebut diberi daya kekuatan untuk membersihkan sarira kita.
Setelah itu jika waktu sembahyang tadi mengahturkan air percikan air tersebut ke air yang mau kita gunakan untuk melukat / mandi ....setelah selesai lakukan muspa / sembahyang lagi. Demikian dikutip dari salah satu komentar forum diskusi jaringan hindu nusantara.
Juga dijelaskan dalam adat dan budaya, melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Upacara Melukat ini dilaksanakan pada hari baik dan merupakan adat tradisi yang sudah dilakukan oleh umat Hindu di Bali secara turun temurun dan masih terus dilakukan sampai saat ini.
Adapun makna dari upacara Melukat ini, dalam setiap diri manusia mempunyai sifat buruk dan kotor, jadi sifat itu yang harus disucikan dan dibersihkan kembali.
Ada berbagai cerita kenapa upacara melukat ini dilakukan:
  • Kisah Dewi Uma yang dikutuk dan menjelma menjadi mahluk menyeramkan, ditempatkan di setra gandamayu dan diberi nama Ra Nini, lalu muncul Batara Guru yang menyusup ke dalam diri Sadewa untuk menyucikan Ra Nini, dan mengembalikan Dewi Uma dalam wujudnya semula. Kemudian Dewi Uma mengajarkan cara membersihkan segala noda dan kejahatan.
  • Kisah Bima saat diutus Drona/Dorna  untuk mendapatkan air suci, lalu taktik Duryodana untuk menjebak Bima namun Bima justru bertemu dengan Mahadewa dalam wujud anak kecil yang menuturkan kerahasiaan air suci atau kesucian sebuah tirtaitu.
  • Kisah Meng Bekung yang menemukan telor raksasa saat dia pergi kehutan lalu di bawa pulang ke rumah, saat direbus untuk dijadikan lauk, telur tersebut menetas bukannya matang/masak dari telur yang menetas itu keluar seorang  manusia berbadan setengah ular, lengkap dengan sisiknya ternyata telor raksasa tersebut adalah perujudan rasa malu Sang Hyang Siwa dan Dewi Uma, yang melakukan hubungan asmara di langit, untuk menutupi rasa malu akibat perbuatan mereka keduanya menjelma menjadi ular bermahkota dan meninggalkan sebutir telur. Saat terjadi petaka/musibah dikerajaan tempat Meng Bekung berasal dan sudah tidak dapat diatasi dengan cara apapun lalu seorang Rsi mendapatkan wangsit untuk melakukan persembahan dan korban tersebut adalah  manusia setengah ular, atas perintah dari Rsi tubuh manusia ular tersebut dipotong-potong  untuk di jadikan ‘caru’ (korban), lalu potongan tubuh itu dibuang ke berbagai penjuru arah mata angin. Usai melakukan upacara itu tiba-tiba Sang Hyang Siwa muncul dan mengembalikan wujud manusia setengah ular itu menjadi utuh yang menjelma menjadi lelaki tampan dan kemudian memberi petunjuk mengenai prinsip pecaruan jagat.

Dari kisah ini lalu muncul nama daun sudamala, daun pohon yang terkena noda darah dari manusia ular saat potongan tubuhnya dilempar ke berbagai arah mata angin, lalu kain sudamala yaitu kainBali yang digunakan sebagai alas saat tubuh manusia setengah ular dipotong potong, kemudian pisau yang digunakan untuk memotong manusia ular itu dikenal dengan sebutan tiuk sudamala. Daun, Kain sampai tiuk (pisau) sudamala hingga kini menjadi perlengkapan wajib saat ruwatan jagat, pecaruan agung, dan upacara pelukatan.
Dalam upacara Melukat dipersembahkan beberapa sesajen, seperti : prascita dan bayuan. Sementara proses Pelukatan bisa dilakukan di : griya, pantai, tempat pemujaan di rumah.
Adapun Proses upacara ini:
  • Upacara dipimpin oleh seorang Pemangku, kemudian sesajen yang telah disiapkan diberikan mantra-mantra.
  • Orang yang akan yang akan di upacarai terlebih dahulu di mantrai oleh pemangku.
  • Setelah Proses pemantraan selesai orang yang diupacarai tersebut percikan/disiram dilukat (dibersihkan) dengan air buah kelapa gading. (buah kelapa gading untuk upacara ini, diambil yang masih muda dan baru berisi air saja).
  • Setelah mandi air kelapa gading, alangkah baiknya juga yang bersangkutan melakukan ritual mandi tempat yang mengandung mata air atau air alami seperti laut, danau, sungai atau tempat tempat pemandian yang diyakini bisa membawa berkah juga dapat membersihkan diri baik lahir maupun batin.
Dengan upacara Melukat ini, umat Hindu di Bali percaya dan mengharapkan seluruh hal hal yang bersifat kotor atau negatif terutama yang berada dalam diri dan pikiran, agar kembali bersih, suci dan  berisikan hal-hal yang positif untuk melanjutkan hidupan di masa yang akan datang.
Melukat menyucikan diri, ketenangan jiwa, pikiran dan kedamaian hati adalah hal yang paling dicari oleh seluruh umat manusia di muka dunia ini. Namun bila semua itu tidak didasari dengan keyakinan  bahwa Tuhan yang Maha Esa yang memberikannya maka tidak berarti apa apa.
Upacara Melukat ini sering laksanakan secara beramai ramai, baik oleh sekolah, jawatan, pemerintahan atau pun masyarakat setempat dan diadakan ditempat tempat bersejarah, pura pura, tempat pemandian, laut atau pantai yang ada di Bali, dan merupakan kegiatan wisata adat yang banyak menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara untuk menyaksikannya.
Dalam upacara mewinten, melukat juga dilakukan untuk pembersihan diri dari yang akan diwinten dengan sarana air kelapa muda (klungah) yang telah dijadikan Tirtha oleh pendeta / pinandita melalui doa, puja dan mantra weda. Selanjutnya dipercikkan ke ubun-ubun dan badan.


CARU/TAWUR
TAWUR/CARU sebagai korban orang yang punya caru\, sebagai penebus hukuman orang yg berdosa ataupun pertanda buruk, malapetaka, dan isyarat yang kurang baik (Kala Tattwa)

Jenis-jenis caru :
1.       Caru Eka Sata
2.       Caru Panca Sata
3.       Caru Rsi Ghana
4.       Caru Penolak Mrana/ Gering Tempur
5.       Caru Panca Sanak Madurgha
6.       Caru Bhuta Yadnya Medana-dana/ Gempong Asu
7.       Caru Panca Sanak Agung
8.       Caru Panca Wali Krama
9.       Caru Panca Kelud
10.   Caru Walik Sumpah
11.   Caru Tawur Gentuh
12.   Caru Tawur Agung
13.   Tawur Eka Dasa Rudra

Pada tetandingan caru biasanya diikuti dengan segehan ataupun tumpeng  dengan warna maupun jumlah yang sesuai dengan urip pengider-idernya. Adapun table pengider-ider antaralain :

NO
ARAH MATA ANGIN
NAMA
DEWA
WARNA
URIP
WUKU
1
UTARA
UTTARA
WISNU
HITAM
4 (A)
UKIR, DUNGULAN, TAMBIR, WAYANG
2
SELATAN
DAKSINA
BRAHMA
MERAH
9 (SA)
WARIGA, PUJUT, MENAIL
3
TIMUR
PURWA
ISWARA
PUTIH
5 (BA)
TOLU, LANGKIR, MATAL, DUKUT
4
BARAT
PASCIMA
MAHADEWA
KUNING
7 (TA)
SINTA, JULUNGWANGI, KRULUT, BALA
5
TENGAH
PADMA
SIWA
BRUMBUN
8 (YA)

6
TIMUR LAUT
AIRSANYA
SAMBU
BIRU
6 (WA)
KULANTIR, MEDANGKUNGAN, KELAWU
7
TENGGARA
GNEYAN
MAHESWARA
DADU
8 (NA)
GUMBREG, MEDANGSIA, UYE, WATUGUNUNG
8
BARAT DAYA
NEIRITI
RUDRA
ORANGE
3 (MA)
WARIGADEAN, PAHANG, PRANGBAKAT
9
BARAT LAUT
WAYABYA
SANKARA
HIJAU
1 (I)
LANDEP, SUNGSANG, MERAKIH, UGU

I.                   CARU EKA SATA

Jenis-jenis caru eka sata :
a.       Caru ayam brumbun/Pengruwak  (berwarna putih-merah-kuning-hitam)
b.      Caru Dengen ( menggunakan ayam putih nulus
c.       Caru Preta ( menggunakan ayam biying atau bulunya merah )
d.      Caru Ananta Kusuma ( menggunakan ayam putih siyungan atau bulunya putih namun paruh dan kakinya kekuning-kuningan
e.      Caru Bicaruka ( menggunakan ayam ireng mulus )

Penggunaannya :
1.       Menyertai Piodalan
2.       Perombakan suatu tempat/hutan
3.       Pembongkaran atau peletakan batu pertama untuk suatu bangunan suci
4.       Permulaan menggunakan suatu bangunan seperti rumah, bale, banjar, pura dll

Tetandingannya ;
Tahap 1. Mempersiapkan Olahan ayam
1.       Sebelum menyembelih binatang korban untuk caru/tawur, didahului dengan mantra :
“ Om pasu pasa ya wihmane sira ceda ya dimahi, tanne jiwah pracodaya”
Artinya, Om Hyang Widhi Wasa, hamba menyembelih hewan ini, semoga rohnya menjadi suci.

2.       Hewan tersebut dikuliti (dalam keadaan kering/jangan diseduh dg air panas) sehingga kepala. Sayap, kaki dan ekornya masih melekat dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya ( dibuat blulang ayam/walung malayang-layang)

3.       Dagingnya diolah menjadi :
-          Urab-uraban antara lain : urab barak, urab putih, gegecok
-          Berbagai jenis sate, antaralain : lembat, asem, dan calon
Ketiga jenis sate dan urab-uraban disebut Trinayaka yaitu symbol jasmani binatang tersebut yang aksaranya Ang, Ung, Mang
4.        Dari hasil urab-uraban dan sate tersebut diatur menjadi beberapa tetandingan, yaitu ;
a.       Karangan
Alasnya        :               sebuah taledan
Isinya          :                  urab barak, urab putih, sate lembat 2 bh, sate asem 2 bh, sate calon 2 bh, lalu dilengkapi dengan nasi sokan, berisi lekesan.
Sampyan     :               sampyan nagasari
Gambar :


b.      Kawisan
Alasnya        :               sebuah taledan
Isinya          :                  urab barak, urab putih, sate lembat 2 bh, sate asem 2 bh, sate calon 2 bh, lalu dilengkapi dengan nasi pangkonan (setengah bundar dg dialasi daun ), berisi lekesan.
Sampyan     :               canang genten



c.       Bayuhan
Alasnya        :               sebuah taledan
Isinya            :              urab-uraban, sate tiap jenis 1 bh, dibuat tetandingannya sejumlah  urip pangideran, nasinya menggunakan tumpeng danan 2 bh dengan  warna dan jumlah set tumpeng danannya  sesuai urip pengideran , dilengkapi garam dan sambal serta raka-raka.
Sampyan     :               sampyan metangga/peras

d.      Ketengan
Alas                :               taledan kecil berisi tangkih sejumlah urip pengiderannya
Isinya            :              nasi sasah sesuai dengan warna pengidernya dilengkapi dengan urab-uraban dan sate tiap jenis 1 bh.
Sampyan     :               canang genten
Gambar :




Tahap 2. Tetandingan banten tambahan :
a.       Segehan cacahan
Sejumlah urip dan warna pengideran, dengan menggunakan alas taledan, dilengkapi ulam bawang jahe dan garam serta adeng, diatasnya dilengkapi canang genten
Gambar :
b.      Cau danan
Bentuk jejahitannya seperti kapu-kapu, dibuat bergandengan sejumlah urip pengiderannya, masing-masing berisi nasi sesuai warna arah, dilengkapi dengan kacang-saur dengan sebuah sampyan plaus
Gambar :

c.       Tulung sangkur
Alasnya ceper  berisi tulung sangkur sejumlah urip pengiderannya, berisi nasi  warna sesuai arah, dilengkapi dengan kacang-sauh, dilengkapi sampyan plaus  

Gambar :


d.      Takep-takepan
Takep-takepan berisi tatukon (base tampelan,beras,benang,uang kepeng) sejumlah urip pengiderannya
Gambar :


e.      Kalakat
Anyaman bamboo berbentuk bujursangkar sebagi alas laying-layang hewan korban
Gambar :

f.        Daun talujungan
Ujung daun pisang yang digunakan pada sanggah cucuk, dan sebuah lagi diatas kelakat sebagai alas layang-layang
g.       Sebuah kwangen
Yang berisi uang kepeng sesuai dengan jumlah urip pengiderannya
h.      Sanggah pesaksi Sanggah Surya)
Dihias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan serta diisi beberapa banten
Gambar :

i.         Sanggah cucuk
Dihias dengan janur pada pinggirnya secara berkeliling, lalu lamak, daun talunjungan, gantung-gantungan
Gambar :

j.        Sengkwi
Dianyam sejumlah urip pengiderannya, dipakai sebagai alas caru
Gambar :


k.       Kain berwarna
Warnanya sesui dengan pengiderannya, diletakkan diatas sanggah cucuk
l.         Tetimpug
Terdiri atas 3 ruas bambu utuh lalu diikat menjadi satu, yang diletakkan nantinya diatas dapur darurat (3 bh bata tersusun) lalu dibakar agar mengeluarkan suara letusan 3 kali
Gambar :


Gambar :

m.    Sapu
Sebagai alat pembersih
Gambar :
n.      Tulud
Sebagai alat untuk mendorong-dorong sisa sampah

Tahap 3. Tata cara Pengaturan Susunan Caru
1.       Pada arah timur laut ditancapkan sanggah pasaksi, dimana hulunya menghadap timur laut.
Hias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan
Letakkan didalam sanggah beberapa banten yaitu; Suci, pejati
Letakkan dibawah pada depan sanggah berupa banten Gelar sanga

2.       Di sebelah barat Sanggah Pasaksi ditancapkan sanggah cucuk yang sudah dihias dan dilengkapi dengan tikar kecil.
Pada bawah sanggah cucuk digantungkan sujang atau cambeng berisi tetabuhan seperti arak, berem, tuak dan toya
Letakkan banten didalam sanggah cucuk antaralain : tumpeng danan, tadah sukla, canang lengawangi

3.       Dibawah sanggah cucuk, pada natar/natah dipasang sengkwi memakai anyaman 8 sebagai jumlah urip tengah, diatasnya berturut-turut disusuni karangan, kawisan, bayuhan, ketengan, segehan cacahan, cau dandan, takep-takepan, tulung sangkur, kalakat sudamala dengan alas daun talujungan, laying-layang ayam brumbun, sebuah kwangen berisi uang sesari 8 kepeng dilengkapi nasi wong-wongan berwarna brumbun.

4.       Disebelah-menyebelah diletakkan banten tumpeng yaitu :
Tumpeng putih 5 buah di timur
Tumpeng merah 9 buah diselatan
Tumpeng kuning 7 buah di barat
Tumpeng hitam  4 buah di utara
Dengan dilengkapi dengan rerasmen, raka-raka dan sampyan tumpeng
5.       Pada bagian hulunya layang-layang diletakkan banten suci, daksina, peras
Sedangkan banten caru lainnya yang menyertai diletakkan pada sekelilingnya berupa : penyeneng, sorohan, sasayut pengambeyan, pangulapan, ajuman, tipat kelanan, sanggahurip, segehan agung

6.       Didepan pemimpin upacara diletakkan tebasan durmenggala, pabersihan, tabuh-tabuh, dupa, tirta caru, tirta pabyakalan.
Byakala dan prayascita diletakkan agak terpisah didepan pemimpin upacara

7.       Tetimpug diletakkan ditempat yang agak aman dekat tempat upacara diatas dapur darurat



II.                 CARU PANCA SATA

Kekuatan perlindungan dari caru Panca Sata sesuai dengan penjelasan Kala Tattwa yaitu selama satu tumpek (35 hari)
Perlengkapannya sama dengan caru eka sata namun dibuat 5 tanding dasar caru dimana warna dan jumlah segehan dllnya sesuai dengan pengidernya

Tata cara pengaturannya :
1.       Pada arah timur laut ditancapkan sanggah pasaksi, dimana hulunya menghadap timur laut.
Hias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan
Letakkan didalam sanggah beberapa banten yaitu; Suci, pejati
Letakkan dibawah pada depan sanggah berupa banten Gelar sanga

2.       Di sebelah barat Sanggah Pasaksi ditancapkan 5 bh sanggah cucuk yang sudah dihias dan dilengkapi dengan tikar kecil.
Pada bawah sanggah cucuk digantungkan sujang atau cambeng berisi tetabuhan seperti arak, berem, tuak dan toya anyar
Letakkan banten didalam sanggah cucuk antaralain : banten peras, tulung sayut, ajuman/soda

3.       Dibawah masing-masing sanggah cucuk, pada natar/natah dipasang sengkwi memakai anyaman sebagai jumlah urip pengidernya, diatasnya berturut-turut disusuni karangan, kawisan, bayuhan, ketengan, segehan cacahan, cau dandan, takep-takepan, tulung sangkur, kalakat sudamala dengan alas daun talujungan, laying-layang ayam (dg warna sesuai pengider-ider), sebuah kwangen berisi uang sesari sejumlah kepengnya sesuai urip pengider-ider  dilengkapibanten tumpeng dimana jumlah dan warna tumpeng sesuai dengan pengider-ider.

4.       Pada bagian hulunya layang-layang diletakkan banten suci, daksina, peras
Sedangkan banten caru lainnya yang menyertai diletakkan pada sekelilingnya berupa : penyeneng, sorohan, sasayut pengambeyan, pangulapan, ajuman, tipat kelanan, sanggahurip, segehan agung

5.       Didepan pemimpin upacara diletakkan tebasan durmenggala, pabersihan, tabuh-tabuh, dupa, tirta caru, tirta pabyakalan.
Byakala dan prayascita diletakkan agak terpisah didepan pemimpin upacara

6.       Tetimpug diletakkan ditempat yang agak aman dekat tempat upacara diatas dapur darurat

III.              CARU RSI GHANA

Terdiri atas :
1.       Rsi Ghana Alit dimana masa perlindungannya 6 bulan
2.       Rsi Ghana Agung dimana masa perlindungannya 6 tahun

Digunakan bila didalam satu pekarangan mengalami:
a.       Salah satu keluarga mengalami salah pati atau ngulah pati
b.      Salah satu bangunan disambar petir
c.       Kemasukan orang gila
d.      Bangunannya kejatuhan pohon besar hingga cacat
e.      Kebanjiran atau dihanyutkan banjir besar
f.        Menjadi tempat orang mengamuk, perang, berkelahi
g.       Kebakaran
h.      Kemasukan binatang besar
i.         Kemasukan bhuta kala
j.        Suasana keluarga memanas dan keruh

A.      Rsi Ghana Alit

Tata cara :
1.       Nanceb sanggah tuttwan
Upakaranya terdiri dari : suci, rantasan, uang sesari 1700
Pada depan natar atau halamannya merajah Padma astadala sebagai tempat Caru Rsi Ghana
Didahului dengan membuat lubang ditanah lalu ditaburi tepung untuk membuat rerajahan Padma AstaDala
Gambar rerajahan :



Pada arah timur aksara sucinya Sa =
Pada  arah selatan aksara sucinya Ba =
Pada arah barat aksara sucinya Ta =
Pada arah utara aksara sucinya A =
Pada arah tenggara aksara sucinya Na =
Pada arah barat daya aksara sucinya Ma =
Pada arah barat laut aksara sucinya Si =
Pada arah timur laut aksara sucinya Wa =
Di madya atau tengah-tengah aksara sucinya Ya =

2.       Tetandingan Rsi Ghana
a.       Alasnya menggunakan tamas agak besar berisi nasi pangkonan 9 bh dialasi plawa/daun nagasari yang masing-masing berisi rerajahan aksara suci, sebagai berikut :
-          Plawa di timur dirajah Ong =
-          Plawa di selatan dirajah Ang =
-          Plawa di barat dirajah Reng =
-          Plawa di utara dirajah Si =
-          Plawa di tenggara dirajah Ga =
-          Plawa di barat daya dirajah Na =
-          Plawa di barat laut dirajah Ba =
-          Plawa di  timur laut dirajah Wa =
-          Plawa di tengah dirajah Ma =

b.      Lalu pada masing-masing nasi pengkonan ditancapi setangkai bunga teratai dan diberi ulam seekor itik/bebek putih yang diolah selengkapnya tanpa memakai sate/jajatah

c.       Caru pada halaman/natar memakai caru Panca Sata Malayang-layang dengan masing-masing dialasi kelabang maikuh sesuai dengan urip dan warna pengider-ider
Kelengkapan caru lainnya yaitu : sesayut pengambyan, pangulapan, prayascita luwih, tumpeng agung maulam guling itik putih, daksina, dan kelimanya memakai uang sasari 5555, sebuah pane anyar berisi nasi ketengan sesuai jumlah urip pancawara
Nasi pujungan masing-masing 1 bh.

d.      Khusus untuk caru yang ditengah, dilengkapi suci 1 soroh, sesayut durmenggala, panca kelud, peminyak kala, pemangguh pamali

e.      Di sanggah Kemulan terdiri atas : suci 1 soroh selengkapnya

f.        Untuk pemimpin upacara : suci 1 sorog, penglukatan, peras lis, tatimpug yang nantinya jika sudah selesai upavcara harus ditananm di natar/halaman merajan

g.       Kepada yang ngerajah natar, upakaranya berupa daksina dengan sesari 125
Kepada yang negrajah daun plawa/nagasari diberi daksina dengan sesari 77


B.      RSI GHANA MADYA

Kegunaannya untuk pamarisudhaning karang panas dan sanggar atau tempat suci seperti Pura Kahyangan Tiga, Panggulan/empelan, tegalan serta sawah

Tata cara pengaturan :
a.       Mendirikan sanggar tutwan memakai penjor tiying gading berisi 2 kober rerajahan Ghana membawa bajra dan satu lagi Ghana membawa Gada, dilengkapi dengan daun beringin satu cabang ditempatkan diarah timur laut serta daunnya yang merajah Cakra ditempatkan didepan sanggar tuttwan.
Upakaranya : suci 2 soroh lengkap, tumpeng adanan, peras, daksina berisi sesari 1700, canang lengawangi buratwangi.

b.      Pada natar atau halaman merajah padma asta dala, aksara suci rerajahannya :


c.       Selanjutnya diletakkan caru Rsi Ghana berupa sega atau nasi pangkonan 9 buah dialasi tamas yang besar.
Pada masing-masing nasi pangkonan dialasi daun nagasari marajah aksara suci :


Pada nasi masing-masing ditancapi bunga tunjung dengan ulamnya memakai seekor itik diolah lengkap tanpa sate/jajatah.

d.      Carunya menggunakan Caru Panca Sata ayam melayang-layang winangun urip dialasi sengkwi. (sama dengan susunan caru panca sata seperti diterangkan diatas)
Upakaranya terdiri dari : tumpeng adandanan ditengah daksina gede berisi sesari 500, masing-masing dilengkapi dengan bayuhan, peras, penyeneng, sesayut pengambean.
Untuk sanggah cucuk yang ditengah disertai suci 1 soroh, gelar sanga, nasi segau, tepung tawar, lis bebuu, tebasan prayascita luwih, durmenggala, prayascita, sebuah pane anyar, kukusan, dangdang, sibuh pepek, tatimpug, sujang masing-masing 4 bh dan pada sanggah cucuk berisi tuak, arak, berem, toya anyar.

e.      Upakara pada tempat pemujaan : 1 soroh suci lengkap, sarana penglukatan, daksina berisi sesari 1100.

f.        Daksina sang ngerajah natar, uang sesarinya 125
Daksina sang ngerajah daun nagasari, uang sesarinya 100

C.      RSI GHANA AGENG

Tata cara pengaturannya :
a.       Sama dengan Rsi Ghana Madya, carunya menggunakan caru Panca Sata Ayam melayang-layang ditambahkan dengan Caru Asu Bang Bungkem yang diletakkan ditengah-tengah caru Panca Sata.
Khusus pada caru asu bang bungkem melayang-layang harus dialasi dengan sengkwi maikuh.
Olahan dagingnya dibuatkan urab barak-urab putih, sate lembat, sate asem, sate calon agung, dan ulam karangan.
Pengaturan tetandingannya  :
                Sate lembat, sate asem  masing-masing 33 biji dijadikan 33 bayuhan lalu dijadikan 3 sengkwi, dilengkapi dengan ulam karangan 1, calon agung sesuai dengan jumlah urip pengiderannya. Nasi/sega 33 dan takep-takepan, lis, sanggahurip masing-masing
Canang brakatmanca desa, rantasan 5 warna , sekar/bunga 5 warna, jun pere berisi toya anyar manca desa, alas-alasan, pasucian, isuh-isuh, nasi segau, tepung tawar, benang tetetbus, rarakih masing-masing

b.      Pada tempat pemujaan untuk pemuput upacara : suci 1 soroh, penglukatan, samsam, bija kuning, soda, peras, lis, bebuu, nasi segau, tepung tawar, sesarik, alas-alasan, benang tetebus 5 warna

c.       Upakara di sanggar tutwan : daksina berisi uang sesari 5500, peras , sesayut, pengambyan, prayascita luwih, nasi segau, tepung tawar, sebuah pane anyar, kukusan, pangedangan, sebuah sibuh pepek.

IV.              CARU PENOLAK MRANA ATAU GERING TEMPUR

Digunakan bila terjadi :
1.       Tertimpa reruntuhan pohon yang besar
2.       Kemasukan orang mengamuk
3.       Kemasukan gelap
4.       Terjadi kebakaran
5.       Segala jenis kekotoran atau kadurmenggalaan

Tata cara pengaturan :
a.       Mendirikan sanggar tutwan
Upakaranya :
-          Suci 2 soroh lengkap
-          Tumpeng adandanan, rantasan saperadeg
-          Tubungan putih 7 buah, tubungan ijo 7 buah dialasi limas
-          Bungkak nyuh gading makasturi
-          Canang daksina berisi sesari 1700

b.      Di sor sanggah Surya
Gelar sanga

c.       Pada laapan atau asagan , upakaranya babangkit asoroh maguling babi
d.      Pada natar/halaman :
-          Sebagai dasar menggunakan caru panca sata ayam manca warna lengkap
-          Tambahan untuk caru yang ditengah : suci asoroh jangkep, prayascita luwih, tebasan durmenggala, sasayut panca kelud, paminyakkala, pamangguh pamali, lis, sanggahurip, dilengkapi canang berkat masing-masing pada kelima tempat itu, rantasan manca warna serta sega manca warna.
-          Pada caru asu bangbungkem seganya 33 lengkap dengan takep-takep dan jun pere berisi toya untuk kelima tempat, berisi alas-alasan, pasucian, isuh-isuh, nasi segau, tepung tawar, tetebus dan rarakih
e.      Pada tempat pemujaan , upakaranya :
-          Suci 1 soroh
-          Soda, peras
-          Penglukatan, samsam, wija kuning, lis bebuu, segau, tepung tawar, sasarik, tetebus panca warna


V.                CARU PANCA SANAK MADURGHA/CARU PANCA SANAK TAWUR MADIA
Digunakan pada :
-          Kahyangan
-          Pengulun setra
-          Pura Dalem
Tata cara pengaturannya :
a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
b.      Untuk caru di tengah / madya dilengkapi dengan Bawi butuhan/kucit butuhan/babi jantan.
c.       Caru ini tidak menggunakan bebangkit walaupun akan ngusaba di sawah
d.      Caru ini dapat digunakan tetapi nasi caru pada amanca desa/lima tempat memakai sega punjungan 33 sesuai dengan warna pengideran kendatipun dipakai pada Padudusan Alit
e.      Bila caru ini akan digunakan di desa-desa , harus memohon tirta pamuput caru di pura Dalem, Kahyangan Pengulun setra dan bila digunakan di sawah maka wajib memohon tirta pamuput caru di Pura Bedugul Pangulun Sawah







VI.              CARU BHUTA YADNYA MEDANA-DANA/GEMPONG ASU
Digunakan pada upacara Padudusan Alit
Memakai bebangkit asoroh
Digunakan pada :
-          Parahyangan
-          Sanggar Kabuyutan
-          Ring Tani-tani
-          Ngalinggihang Dewa ring Sanggar Parahyangan yang disebut upacara Wrhaspatikalpa Alit
Tata cara pengaturannya:
a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru panca sata selengkapnyapada caru yang ditengah/madya dilengkapi dengan caru itik belangkalung melayang-layang dialasi kelabang maikuh, dagingnya diolah menjadi urab barak-urab putih, jajatah lembat, asem, dijadikan 88 bayuhan ditengah letaknya. Calon agung diatur sesuai dengan jumlah urip pengideran pada kelima tempatnya.
b.      Jenis upakaranya Caru Panca Sanak Madurgha
c.       Pada arah barat daya ditambahkan caru asu bang bungkem melayang-layang bayuhan 33









VII.           CARU PANCA SANAK AGUNG
Dapat digunakan pada :
-          Desa-desa
-          Parahyangan Puseh, Desa, Bale Agung dan parahyangan lainnya

Tata cara tetandingannya :
a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru Pnaca Sata selengkapnya dan pada caru ditengah/madya dilengkapi dengan banten suci satu soroh lengkap
b.      Runtutannya :
-          Di timur angsa, kinelet ring urip, dagingnya olah dadi 50 tanding
-          Di selatan, banteng winangun urip, dagingya olah dadi 90 tanding
-          Di  barat, asu bang bungkem, dagingnya olah dadi 70 tanding
-          Di utara, kambing winangun urip, dagingnya olah dadi 4o tanding
-          Di tengah, bebek belangkalung winangun urip, dagingnya olah dadi 80 tanding
Saha lembat, asem, sami pada ngawa karangan pada 1 sowang-sowang mwang calon agung. Segehannya nganut ke bayuhannya nganut rupa manca desa, pada ngawa suci, sorohan, saupakaraning caru genep kadi nguni
c.       Apabila caru Panca sanak agung ini digunakan pada upacara Padudusan Agung ataupun alit, dilengkapi dengan tepung putih seperti pada Yamaraja. Angsanya sebagai tapakan ida Bhatara di sanggar tawang. Kebo atau kerbau sebagai tapakan Ida Bhatara ring Paselang.
d.      Pada upacara Padudusan patut manutwarna . pada panggungan didepan Ida Sang Hyang Widhi, patut memakai Bagia Pulakerti




VIII.         CARU PANCA WALIKRAMA
1.      CARU PANCA WALIKRAMA ALIT
Tata cara pengaturan tetandingannya :
a.      Dasarnya menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
b.      Runtutannya :
-          Lawa ring urdha, purwa bebek putih winangun urip, dagingnya olah dadi 55 bayuh, karangan 1, calon agung nganut uriping pangideran manca desa
-          Daksina asu bang bungkem winangun urip, dagingnya olah dadi 99 bayuh
-          Uttara bawi butuhan winangun urip, dagingnya olah dadi 44 bayuh
-          Madia bebeek belangkalung, dagingnya olah dadi 88 bayuh pada ngawa jejatah lembat, asem,karangan mwang calon
-          Bebangkitnya ring tengah 1 soroh dena genap pada ngawa sorohannya kadi nguni mwang sadulurannya kabeh



2.      CARU PANCA WALIKRAMA MADYA
Pada dasarnya sama dengan Panca Wali Krama Alit, tambahannya pada arah barat dengan banyak winangun urip, dagingnya olah dadi 77 bayuhan
Seluruh caru Panca Wali Krama baik itu kecil hingga ageng harus dilengkapi dengan :
-          Sesayut durmenggala
-          Prayascita luwih
-          Sesayut panca kelud
-          Sesayut peminyak kala
-          Pemangguh pemali agung alit



3.      CARU PANCA WALIKRAMA AGENG
Tata cara tetandingannya :
a.      Sebagai dasarnya caru Panca Sata selengkapnya
b.      Runtutannya :
-          timur – sapi
-          Selatan – menjangan
-          Barat – kidang
-          Utara – kebo
-          Madia – kambing belang
Dilengkapi rerajahan :
-          Timur – lembu
-          Selatan – nasaning naga
-          Barat – mong
-          Utara – garuda
Demikian rerajahan kendaraannya
Untuk rerajahan penjor berupa senjata :
-          Timur – bajra
-          Tenggara – dupa
-          Selatan – gada
-          Barat daya – moksala
-          Barat – nagapasa
-          Barat laut – angkus
-          Utara – cakra
-          Timur laut – trisula
-          Tengah – semua senjata pengiderannya


IX.              CARU PANCA KELUD ATAU PANCA RUPA
Digunakan saat upacara “Ngalinggihang Dewa ring Parhyangan, agung alit, upacara pamungkah, pakiyisan agung/alit, mapadudusan agung/alit/madya

Tata cara pengaturan :
a.      Dasarnya menggunakan caru panca sata selengkapnya
b.      Runtutannya :
-          Tenggara :             bebek bulu sikep melayang-layang, dagingnya olah ketengan menjadi 88 tanding karangan 1 sami pada ngawa suci dandanan
-          Barat daya :          asu bang bungkem melayang-layang, dagingnya olah ketengan dadi 33 tanding, karangan 1
-          Barat laut :           kambing melayang-layang, dagingnya olah ketengan dadi 11 tanding, karangan 1
-          Timur laut :           angsa melayang-layang dagingnya olah dadi 66 tanding, karangan 1
-          Tengah      :           itik belang kalung melayang-layang, dagingnya olah dadi ketengan 88 tanding, karangan 1
c.       Banten ring sanggar :
-          catur rebah mapulogembal 1, genahang ring tengah
d.      tanahnya merajah Yamaraja, diatas rerajahan letakkan kain kasa putih lalu isi tepung putih marajah yamaraja kemudian isi banten seperti caru-caru lainnya



X.                CARU WALIK SUMPAH
1.      CARU WALIK SUMPAH NISTA
Digunakan di Desa, Gaga dan sawah
Tata cara tetandingannya :
a.      Sebagai dasarnya caru PancaSata selengkapnya
b.      Runtutannya :
-          Meghadap ke barat daya letaknya asu bang bungkem olah gebnepwinangun urip dadi 33tanding mawadah sengkwi, seganya mawadah daun talujungan
-          Menghadap ke timur letaknya angsa, olahannya dadi 55 tanding
-          Ring sanggar tawang, caru tulung dandanan, mwah ginawe dangsil, pisang Ghana adegakna ro, misis sumbu 5, pada masrembeng
-          Sane ring pucak :
Banten penek bang sanunggal, iwak sata wiring pinanggang, sampyan andong bang, maduluran sarwa pala bungkah pala gantung
-          Ring sakwehing sumbu ika pada maka lelima, kasoring pucak, caru tipat ketan pada makelanan sowing-sowang, mwang raka-raka, pucang sirih, maplawa andong, paku pipid, sakweha maplawa mangkana, mapenjor madaging saolihe ring sawah, majontek kelapa kulitan pada maduang bungkul, genahakna ring arepan sanggar tawang
-          Ring genahe mecaru, maduluran :
Sasayut agung,sasayut katututan, pengambyan, peras, penyeneng, lis 2, salwiring sawah pada ngusaba, wus kasiratin tirta mwah melis, wus punika tepung tawarin, wus mangkana siratang tirta ring kumba, wus punika tatabang kang sawah, sasayut pengambyan, peras, penyeneng.
-          Mwang caru ring sanggar
Karuhun tinrapana mwang dangsil ika tirtakna. Ikang caru ring sanggar tawang ring luhur, katur ring Bhatara Sri, ikang caru ring sor, ring sarwa bragalaning sawah. Sasayut pengambyan katur ring Bhatara Sri, peras , penyeneng, lis mwang jerimpen katur ring iringan Bhatara Sri, mukyaning pari.
-          Mwang ring Desa nira guling babangkit bawi asoroh lan sadulurannya sawang gayah, penek petang dasa bungkul, magenah ring laapan
-          Ring angawe tirta, caru, suci adandanan, peras sanunggal, lis 3, mangkana kramanya wang asasawahan pabresihan pari
-          Nihan kramaning amalik sumpah ring carik, ring desa, ring karang paumahan, genep salanlaning banten, asagan, guling babangkit, celeng gayah salampitan, gelar sanga, jangan sakawali
-          Mwang ring sanggar ring arep Sang amuja : banten suci dandanan, peras, lis
-          Ring tanggun bale agungnge genah asagane, ring caru takep-takepane anut watek mawadah sengkwi 5, sajeng sabrerong, peras, lis, byakaon. Mwang asu bang bungkem ebatannya genep. Daksinanya, beras 3 catu gede sajangkepnya, lawe satukel arthanya 1700, peras gayah, jinah 500, guling 1 , ayam 6, bebek 3, tekaning cucukan, jun pere 1, kumbha carat anut watek, klungah 5 amanca warna, isuh-isuh, genep, takep-takepan, anut watek, celeng 9 ping 5, bebek 7 ping 5, siap 5 ping 5, sudang taluh 3 ping 5, uyah areng 1 ping 5, tibakna ring sengkwi 5.
-          Soroh ring klungah :
Nyuh sudamala 9, nyuh mulung 11, nyuh gading 7, nyuh bejulit 5, nyuh bulan 3, mwang jinahnya anut caratnya, matali benang tridhatu, yeh anakan tibakna ring jun.
-          Yan amalik sumpah ring carik :
Amujua rumuhun ring ulun carik, klungah ika paro, ka ulun carik, ka Bale Agung 3, ring Tilem Amalik Sumpah.
Yan ring Purnama, ring Bale Agaung kramaning banten kadi nguni, mathani aluh ngaran, raris nglebarang. Ika wenng magawe, swantahing nagara, apan nganut niti karma kadi nguni.
Banten ring pengulun carik asoroh, saha guling babangkit, mwang catur kumbha, pane, kren, pangedangan, mwang takep-takepan, wawalungan, makadinya, kebo, purwa 50, gneyan 80, daksina 90, neriti 30, pascima 70, wayabya 10, uttara 40, ersanya 60, madya 80


2.      CARU WALIK SUMPAH MADYA
Tata cara pengaturannya :
a.      Sebagai dasar menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
b.      Runtutannya :
-          Timur : angsa winangun urip dagingnya olah dadi 55
-          Selatan : sampi winangun urip. Dagingnya olah dadi 99
-          Barat daya : asu bang bungkem, dagingnya olah dadi 33
-          Barat : kambing winangun urip, dagingnya olah dadi 77
-          Utara : celeng plen winangun urip, dagingnya olah dadi 44
-          Madya : bebek belang kalung winangun urip, dagingnya olah dadi 88
c.       Pabangkitnya 1, ketengannya nganut dik widik, pangkonannya nganut dik widik, sorohan, kawisan, karangan, glar sanga, cawu pangrekan
d.      Banten ring panggungan : babangkit agung asoroh

Selasa, 25 Agustus 2020

Melayani Orangtua (Nabe) Bukanlah Beban tapi Kehormatan

"Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran]"

Melayani Orangtua (Nabe) Bukanlah Beban tapi Kehormatan

Ajaran tentang bakti kepada orangtua lebih-lebih Nabe sudah terasa usang pada jaman sekarang. Padahal sejatinya bakti kepada orangtua tak boleh dimakan oleh waktu. Karena ayah bagaikan langit dan ibu bagaikan bumi.

Kurangnya rasa hormat kepada orangtua (Nabe) yang melahirkan kita menjadi petunjukkan keseharian. Masih muda sudah suka membantah. Dimarahi orangtua sebagai anak bisa lebih galak. Diminta membantu banyak alasannya.

Ketika orangtua sudah memasuki usia senja, maka dianggap menjadi beban. Menyusahkan. Tidak sedikit orangtua yang bagaikan bola ping pong. Ditepuk ke sana dan ke sini. Anak-anak tidak mau repot melayani karena menyusahkan.

Pemandangan yang menyedihkan menandakan tak memiliki budi sebagai anak. Padahal melayani orangtua yang telah melahirkan dan membesarkan kita adalah merupakan kehormatan. Bakti pada orangtua adalah yang utama bagi mereka yang mengerti dan memiliki budi. Merupakan keberuntungan sebagai seorang anak. Lebih-lebih sebagai anak Dharma, karena berkat orangtua (Nabe) seseorang bisa hidup dalam kehidupan kedua kalinya.

Sebagai anak bila tak hormat pada orangtua bukan hanya membuat mereka bersedih masa tuanya. Tapi langit dan bumi pun ikut bersedih. Telah melukai semesta.

Di luar kita melayani orang lain dengan penuh senyuman. Begitu hormat pada boss yang memberikan gaji setiap bulannya. Di rumah kita begitu mesra sama suami atau istri.

Namun terhadap orangtua yang sudah mulai pikun justru kita kehilangan senyuman, rasa hormat, dan kemesraan. Orangtua seakan tak berharga lagi.

Ya ampun..... Hyang Widhi....., takutkanlah kami akan sifat yang tercela ini. Apa yang tak pantas dan tak berkenan bagi-Mu. Semoga melayani orangtua menjadi kehendak kami sebagai balas budi yang tak terkira orangtua kami.

#tubaba@griyang bang//Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis#

Senin, 24 Agustus 2020

Lontar Yadnya Sunia Prakerti

Lontar Yadnya Sunia Prakerti
Samangkana kalinganika sira sang Brahmana pandita wruh ring ka brahmacarya nira, pagehing dharma susila, anandanga, kaswetambara nira, amolahaken kasteswaryanira, agegwana sanghyang Paramarta, twi tutwa ya, sang panita minakawit, ya sangkaning sangkan, ya paraning paran, apan sang Brahmana pandita, makawak ikang sinangguh utpeti, stiti praline, an mangkana sadnya bhatari yan ring manusa twi nika, marmaning sang brahmana pandita juga wenang mutusaken ikang sarwa Yadnya-Yadnya ring paraloka,ngaran angayoni, ngaran angajengi swaraja karya, Yadnya-Yadnya, kirti-kirti, punya-punya, dana-dana, tapa-tapa, yasa-yasa, brata-brata, ri salwiring ulah parakreti.

Iki kabeh wenang diniksan de sang brahmana pandita, apan sira sang brahmana pandita maka putusing ulah parakreti, nimita sang brahmana pandita sinanggeh sang putus. Putusa nga. Subal. Kunang yan durung diniksan de sang brahmana putus, ri salwiring Yadnya-Yadnya swaraja karya, kirti-kirti nikang wang ring para loka tan sida putus, nga. Puput, tan wenanang watek Dewa Bhatara ananggapi ikang Yadnya mangkana, kalinganya ikang sarwa kala bhuta juga wibuh karepnira amukti bebanten, pareng lawan sawunduk warganya prasama lilingse ring manusa, kapiragan, angaku-aku Dewa, angaku Bhatara, angaku sakti wisesa, ambodo ikang angaling-alingi ulat nikang wang bakti ring Bhatara mwang ring sarwa Dewa, apan abirama polah nikang kala alilingse ring janma, angaku Dewa luwih, moha murka karepa amangan anginum, awiwidhi an, umolah angigel awija-wijah, saha dulur ri imia-imia, angucap-ucap lan waneh atatangisan, kweh paripolahnya, amruguli wang bodo, twi tan wruh ing kalingan.

Ana malih yan ring karya ayu, ri padewa aran, ring pura ring sanggah parhyangan, makadi ring payadnyan; ana sira Sanghyang Panca Resi rumakseng kana, Sanghyang pancasiwa pasanggahanira sira wenang maka pamurnaning sarwa cuntaka ri sang adrewe karya, lwirnya karma magelakena wenang astitiakena ananceb sanggah tutuan alit 5 kwehnya, amanca desa unggwanya, ring panyamuhan dewasanya. Ikang ring prwa ring wates papageran ring purwa unggwanya bebantenya daksina, suci, sodan, peras ajuman, katipat kelanan, iwaknya ayam putih pinanggang, canang sagenep, tadah sukla . Sang aturi, sira Bhagawan Kosika, Mam Namah wswaha swaranya.

Ikang ring daksina, genah pangastitiyanya ring dapur panyucian, bantenya sama kadi arep kupatnya iwak ayam wiring pinanggang, katur ring Bhagawan Garga, Am Namah swaranya.

Ikang Pascima genahnya ring lebuh, ring sanding pangubengan, bantenya pateh, kupatnya iwak ayam putih siyungan pinanggang. Katur ring Bhagawan Metri, Om Namah swaranya.

Ikang utara, genahnya ring sumur, yan tan hana sumur wenang ring gohaning angamet toya nggwanya, bantenya sama kadi arep, kupatnya iwak ayam ireng pinanggang, katur ring Bhagawan Pursya (?), Um namah swaranya.
Ikang ring madya genahnya ring tengahing natar bantenya sama, kupatnya iwak ayam brumbun pinanggang, katur ring Bhagawan Wrehatnala, Yam namah swaranya.

Iki panglukatanya Sanghyang Panca Siwa pangilang sarwa cuntaka mwang letuhing dina, sadana toya anyar samsam beras kuning, sekar warna lima, lalang lembaran 5 katih, padang lepas 11 katih sagi-sagi: peras daksina, sodan, ajuman panyeneng, sorohan, lis, artanya 527 . Iki pujanya: Ma. Om siwa puja karyem seni, sarwa papa klesa punyam, sarwa wignam winasyanti, pataka cuntaka nasanam. Tungtungana sarwa blikam. Maka pamurnaning pemarisudanya,ma.Om sarwa blikan pritiwi, Brahma, Wisnu, Iswara, anaking Dewaputra, sarwa wastu, sang prauyeng, sarwa doh, suda mala, suda papa suda pataka, suda sawiraning dasamala, suda roga, suda danda upadrawa, bayu-putrastu namah swaha. Om Siwa sampurna ya namah swaha. Ri wusing pinuja, siniratakena ring saiderin pakaranganya mwang ring upasubaning karyanya.

Iki pangalang-alang dewasa sang amangun karya, kayatnakena denta, alanya anerus tekeng putu buyut, ameda-meda amignanya mwang alpayusa palanya, lwirnya anut sasih, maka pamarisudanya juga gelarakena rumuhun, kala dewasaning anyambut gawe pangruhunya, wenang yeki maka pamrayascitanya, lwirnya: carukena rumuhun ikang sarwa mentah, tadah pawitra, bubuh pirata mwang prayascitta. Teher ri karyanya, ika carukena ikang sarwa rateng duluranya kadi arep , tan sah peras daksina, sodan, lis sorohan sehetan; lwirnya yan ring sasih 1, tan ana ngalangana, terus rahayunya.

Iti mantra gagelaran Sang angraksa karya, angramangaken pustaka yeki krama minta nugraha rumuhun ring bhatara Siwa Dharma, Siwa Nirmala, makadi ring Bhatari Saraswati, dena wenang kita rumaksa karya, tan keneng sapa tulah pamidi, twin matatengeran, angelaraken saluwirin gaman-gaman iki mantra stutyakena rumuhun,  saha ngarepaken sesantun, peras, ajuman, soda, punjung, rayunan, canang lenga wangi burat wangi, panyeneng, sorohan, lis, arta 700. Ma. Om Siwa anugraha nirmala, sarwa karya guna suda nirmala namah, Om Saraswati paramasidya ya namah swaha.

Wus mangkana, tumuli aturakena ikang banten ika kadi lagi, tepung tawar, lis rumuhun, sirati tirtha pabersihan, ayabakena ring Bhatara Siwa nirmala, ma: Om hyang angadakaken sari, hyang angaturaken sari, hyang amukyaken sari, teka asari, tinggal asari pawitraya namah swaha, Om Dewa boktra sri Jagat guruya namah swaha.

Iki kramanya sang atapeni, nga. Sira sang anukangin banten, ayuwa wong sudra jadma angawaki tukang banten , tan wenang, baya kena soda dera Bhatara, makadi dera Bhatari, balik sang Maha Patni juga wenang umadegaken tukang, agelar kramanya Sanghyang Tapeni . Kang durung wang sudiksa, tan wenang apanya wang kari rumaketing camahning panca wimala, palanya kroda sira Bhatara kasudha tirtha sang Pandita, maka pamlaspas banten.

Ngadegang Widhining Tukang
Guruning Tukang Hyun kadenda wang adruwe, apan tan manut kramanya, sarwa papa laraning bebantenya ika, kawastu de Bhatara anadi Bhuta Kala, ika angregani setata, kena gering kepati-pati sira, mwang sasar temahanya, ri wekasan, mangkana ala tinemunya.

Yan ya wus abener kramanya, tekeng jejahitanya anadi dewa, apupul dadi widhi rahayu, karananing widhi widana ngaranya ikang babanten.
Kunang yan tan Sang Wiku patni agawe banten, sapuputnya banten ika, wenang pinrastista rumuhun de sang Pandita sira juga sunga tirtha maka palaspas banten ika. Samangkana yogya gelarakena rumuhun, tinuta warahing aji. Ayuwa langgana sira amarugu, ila estu palanya. Nahan ta karuhunakena krama tapeni, duk angengkab karya bebanten, ring penyamuhanya akarya sesanganan adegakena widhi ning tukang rumuhun, Bhatari Uma sira maka widening tukang, maka sajna sanghyang Tapeni ana pariwaranira watek apsari, maaran Dewa Pradnya, Dewa Kedep, Dewa Wastu. Ika maka guruning tukang atanding banten ika astitiakena rumuhun dening sopakaraning daksina panuntun mwang peras, canang wangi-wangi, soda ajuman katipat kelanan, canang raka, rayunan muncuk kuskusan, iwak sarwa suci, sari arta sakotama, iti mantra pangastutinya uncarakena,

Ma. Om Parwati twam nama swami, Rudra patni tapa sidhi, dewa wyatam sudha swamam, sthanugraha karanam. Om Gori Uma natha syami. Rudra deha Dewa sidhi, yasa swamam gunawati, bhakti nugraha karanam Om hrang, hring sah Bhatari Uma Dewaya namah swaha. Pukulun paduka Bhatari Tapeni, sira Dewa Pradnya, Dewa Kedep, Dewi Wastu, ingsun aminta sih kretanugraha sira bhatari, amangun widhi widana ulun asing kirang sampun tan agung sinampura sira ri pinakeng ulun makadi ri sira sang amangun yadnya swarajakarya, apan ana Sanghyang Tribuwana maka pangardiyaning sarwa pasubhaning babanten, Sanghyang Weda wruha amituduh ikang sarwa pinuja, Sang Sidha Resi ana rapatana pakulun.
Tumuli aturi babanten soda rayunan, Ma. Om Pukulun paduka Bhatari Sudewi, ingsun angaturaken panjiwa mwang sari, yogakena ta pakulun amuktya sari amerta, Om Ung Ang Ah, amerta sanjiwani namah. Ayabakena.

Mwang ana pariwaranira watek bhuta, ngaran Ni Bhuta Kencak, Ni Bhuta Swadnya, Ni Bhuta Pancad, ika kang juru karya gupuh, wehana labanya, sega telung pangkonan iwak sakawenang, ikang nampi karangan, mwang bebakaran, iki sesapanya : Ih dewa Sang Bhuta Pancad, Sang Bhuta Kencak, Sang Bhuta Swadnya, iki bukti sajinira, wus sira amuktya sari, atulung sira ring ulun anyambut Bebanten maka rupa reka anggan Bhatara gawe, tuduhan ta ulun, warahan karya bener, sakawruhanta, poma-3x.

Wus mangkana angawiti sira akarya, den ambek suci juga, aywa sabda gangsul, wak prakasa, mwang cemer, tinemah kita de Bhatari, balik sabda rahayu juga ucap menak maka ucapanta, apan ri sedengta akarya babanten ya ika kalanta angajum rupa warna mwang pawangganing sarwa Dewata-Dewati, Bhatara mwang Bhatari. Ika nimitaning widhi widana aranya, ikang sarwa bebanten, apanya dadi lingga, dadi saksi, dadi cahya, dadi cihnaning wang astiti bhakti ring widhi panunggalnya ya ring raga sarira juga stananing widhi anuksma, ring bumi unggwaning astuti, unggwaning astungkara, unggwaning Umastawa sira.

Karananing widhi widana nga. Widhi , nga. Bhatara; wi, nga suksma; dana, nga sakala nyalantara; kalinganya ikang bebanten juga pinakareka rupa warnanira Bhatara, rinekani rupa kadi tingkahing kawongan, pada sowang-sowang. Ayuwa sira sang tukang angangapus-apusi tatandingan, amunjuk lungsur, angurang-ngurangi, angalebih-lebihi, tan manuta ri warah mami Bhatari Tapeni, umungguh ing Empu Lutuk apan saksat anguwah-uwuhi raga sarira, ala dahat pala tinemunya, ri kapatyani, lewih papa narakanta kadenda de Yama Bala, dumadi sira wekasan, wetu salah rupa, wetu mala katuna lebih ring sarira, mangkana temahanya.

Iti mantra amlaspasi sarwa bebanten sapuputnya tinanding sedana toya winadahan payuk anyar, Ma. Om Brahma tirtha ya namah, Om Wisnu tirtha ya namah, Om Mam Iswara tirtha ya namah, Om Siwa tirtha ya namah, Om Sadasiwa tirtha ya namah, Om Paramasiwa tirtha ya namah, sahitya sarwa Bhutanam, sarwa wisya sarwa boja, sarwa papa winasaya, apawitra pawitrayam, Om Am Brahmaya namah, Om, Um Wisnuya namah, Om Mam Iswaraya namah, Om Amkaro Bhagawan Brahma, tatwa jnanam mahotamam andeham paraham paraham guhyam, swasti-swasti mahatmanam, Om Um karo Bhagawan Wisnu , Dewanam sarwa busanam tanurawegara twate, hari dewam namostute. Om Mam karo Bhagawan Isa, Iswara, Parameswaram, dadami amertatmakam, grhniswaya namah, swaha.
Mwah iti pangurip bebanten: OM SAM, BAM, TAM IM, SRI Gurubyo namah, nama Siwaya, Sri adiguru byo namah, AM, UM MAM, OM sri paramadiguru byo namah; Tlas.

Idep umawak sanghyang Tribhuana kang banten, denta puja mwah ri pangadeganira ma. OM KAM KAM GAM GAM GAM namah swaha, CAM-CAM JAM, RAM, LAM, WAM namah, OM UM namah, OM REM namah OM LEM namah, OM UM namah, OM UM namah. Telas.

Mwah iki prmalinan banten, ma. Om Tripurusa byo namah, Om sapta kabukti byo namah om nawagraha kabukti byo namah, om, Suksma wali Hyang namah, om Taya namah swaha, Om pritiwi apah, teja, bayu, akasa, om windu om sunya Taya swaha.- Iti pujan panggungan, mwang pras-prasan, tlas.

Iki mantran sorohan alit, ma. Om pukulun sanghyang siwapi-caturmuka, dewabyuha, sira ta bhagawan Ra Tangkup, sira ta pukulun , angeseng lara roga, makadi ipen ala, sot sata, gempung muksah ilang tan pasesa, denira sanghyang Siwapi caturmuka dewa byuha Om sidhir astu ya namah swaha.

Malih panutup pujan banten ring lahapan, nga. Ring panggungan, ma. Pukulun sira Sanghyang Dharma den elinga sira ri palungguhanira sowang-sowang amuktya sari, atinggala sari, jumeneng pukulun, sira tan keneng sari.-Telas.