Sabtu, 30 Oktober 2021

Ala Ayuning Dewasa Pawiwahan.

Ala Ayuning Dewasa Pawiwahan.

I .Wewaran:

A.Triwara:
- Beteng/Sejabaning Pasah.

B.Sapta wara:
- Coma : Mangih suka
- Bhuda. : Dahat ayu. Wrdi putra.
- Weraspati. : Kinasihaning Jana
- Sukra : Suka wibuh, wirya.
-
C.Sanga wara:
- Tulus ,dadi.
D. Sadwara : Tungleh, Ingkel Wong, Ngaran , anut sadwara.
Awaya anggen dewasa Manusa Yadnya.
II.Uku sane tandados kemarginin:

A. Uku Rangda Tiaga:
- Wariga.
- Warigadian
- Pujut.
- Pahang.
- Menail.
- Prangbakat.
Yan purug ngawinang kageringan, sangsara wiadin balu.
B. Uku Tampa Guru:
- Gumbreg.
- Kuningan
- Kelawu.
- Medangkungan.
Yan purug ngawinang tan ngamolihang kaweruhan.


III. Paikelan sane tandados kemarginin:
- Ingkel wong.

IV. Ayuning penanggal: 1.2.3.5.7.10.11.13.

Penanggal:
1. Manggih dirga ayu.
2. Kasidan.
3. Akeh mesentana, bahu putra.
4. Sane lanang mepuara lampus.
5. Rahayu dirgayusa.
6. Kesangsaran kepanggih.
7. Suka rahayu.
8. Dahat ala, kageringan muang lara pati.
9. Ala mahabara, sangsara pisan.
10. Wirya guna.
11. Kirang sekaya.
12. Kamewehan.
13. Laba bukti.
14. Ngawinang sering metungkas.
15. Dahat ala katemu.

Pangelong:
Ala pisan selamine ngemangguh sangsara,kesakitan, mepuara lampus.


V.Ala ayuning sasih: Sasih ayu : 3.4.5.7.10.

1. Sharwana : Ala,Okane manggih kelaran.
2. Badrapada : Ala,Sangsara.
3. Asuji : Ala Ayu,Kabeh Sentana.
4 . Kartika : Ayu Sugih Rendah .
5. Margasira : Ayu,Tan kirang pagan kinum.
6. Puasya : Ala, Balu.
7. Magha : Ayu Dirgayusa.
8. Palguna : Ala,Kepegatan pagan kinum .
9. Caitra : Ala dahat Kegeringan.
10. Waisyaka : Ayu nulus,suka duka.
11. Jyestha : Ala keerangan.
12. Ashada : Ala kegeringan.
VI . Pakeling:
Padewasan pawiwahan sane tan amilihin sasih, ring dina
Budha paing penanggal ping 5, panca mwerta ngaran,
Keanyut denira, sealaning dewasa, pala ayu dirga yusa.

- Malih ring dina saniscara paing tanggal ping 10, sada merta,ngaran, dina ika, pewarangan ayu, arang amanggih gering.


Yan ring dina Weraspati wage penanggal ping 3,merta sedana ngaran, pada boga kepangguh .

Yan Somo paing, nuju guru penanggal ping 11 , palan nia pada tresna, mapiynag, arang amanggih gering, sealaning dina,sealaning sasih, kesapuh denira sang hyang soma, mertha wibuh, ngaran, meraga sangyang candra, rahayu dahat palannia.

Buda wage penanggal 1, suka dana , ngaran,anggen pewarangan ayu, merta bumi, ngaran Ngaran dewsa ika, urpining buana sarira, sakeng panugrahan sanghyang licin, meraga ring dina ika ,ngaran.

Mrtha Sula : Tan wenang,nangun Yadnya tatkalaning weraspati penanggal
/panglong ping7.

Dagdig krana : somo ping 1,Bhuda ping 7, weraspati ping 6,Sukra ping 2,tan patut asanggama.

Kala dangastra : Somo ping 11, bhuda ping 9, weraspati ping 8, sukra ping 7.

Kala mrtiyu : Bhuda Sinta, Weraspati Tolu, Sukra Pujut.


Kala naggung : Somo paing, Buha umanis. Mangda waspada.

Kala gumarang : Bhuda pon Pujut, Watugunung, Sukra pon tambir. Mangda waspada pisan.

Kala Ngeruda : Somo umanis sungsang, Somo paing menail. Aja nangun karya sane buat-buat.

Kala jengking : Somo pon ugu, Sukra wage uye.tan wenang nangun karya manusa yadnya.

Pati paten : Eka Sungsang nuju indra, Dwi Tambir nuju Shri. Tri Kulawu nuju Uma, Catur wariga nuju Kala, Panca Pahang nuju Yama, Sad Bala nuju Brahma, Sapta Kulantir nuju Rudra, Astha Langkir nuju Uma, Nawa Uye nuju Guru, Dasa Sinta nuju Rudra. Seraja karya ala dahat muang aja asanggama. Mangkana ne wenang Somo umanis, Budha Pon muang Sukra Pon.

Purwanin Dina : Somo Wage, Anggara Kliwon, Bhuda Kliwon, Sukra Wage, Saniscara Kliwon. Away ngangge Dewasa.

Purwanin Tang/P : Penanggal/Panglong, 6,8. Away ngangge Dewasa.

Sasih Angleweyan : Tilem ilang, Purnama dadi panglong apisan, kasinanggeh sasih meteras bhuta catus pata, tanwenang anggen dewasa. yan matemuang rare alaki rabi kedi anak nia, bine balu salah tunggal, saluring karya tan sida.

Tan wenang asang
Gama luirnia :Anggara paing, Wage. Budha Kliwon,Wrespati Paing, Saniscara Kliwon, Purwanin Dina, Purwanin sasih,Patipata, Dagdig Krana, Purnama, Tilem, Luang, Patipaten, Kala Mrtyu, Kala Ngruda, Nuju weton lanang istri.

Dina kekeran, nga :Sinta ring Anggara.
Landep ring, Somo, Anggara, Weraspati, Sukra ,saniscara.
Kerulut ring Redite, Anggara, Weraspati.
Merakih, ring Budha.
Medangkungan ring Somo, Saniscara.
Matal, ring, Sukra.
Uye, ring, Redite, Saniscara.
Menail, ring, Redite, Saniscara.
Prangbakat, ring, Somo, Sukra.
Bala, ring, Weraspati.
Ugu, ring, Sukra.
Wayang, ring, Anggara, Weraspati.
Kelawu ring, Redite, Saniscara.
Watugunung ika kabeh.


Ayua sang pandita,manugerha dewasa iki, apan tanwenang ambain, apan dewsa kakeker, antuk betara kabeh, ayua tana weruha, mapan sira tanweruha, apasang dewasa iki, tan kapuan pana kelare-lare muang sang asung dewsa, ngaran, kena pemastuning Betara, ngaran, kena pastu ring pati, salah pati, kadurga pati, matinia, sinada sara,capung,sander sesapi-sander kebiya kilap, sinating ula, sarap macan, mati dicarik, mati labuh, mati melabbuh Er, mati makekehan, mati malabuh geni, mati tepen embidan, mati kepunggal, muah kena lara, tansikut,mati salah munyi, muang salah ton, kepejahan nia tankeneng sinupat, apan kepastu antuk betara, mangkana panemunia sang pandita, muang sane mapinunas dewasa, ayua ngambahin seraja karya amitus, muang ane kelare, tanwenang tuten, sadewasa iki, ngaran.

Dina katemah Luir nia : Sinta Ring somo
landap ring somo.
Ukir ring anggara, Weraspati, sukra,saniscara
Kulantir,somo, buda. Weraspati sukra
Gumbreg ring somo
Julungwangi ring, somo, sukra
Sungsang ring anggara, weraspati.
Dunggulan ring buda
Kuningan ring anggara, weraspati.
Medangsia ring redite, saniscara.
Pujut ring redite, Saniscara.
Paang ring somo, Sukra.
Kerulut ring somo, weraspati.
Merakih ring anggara, weraspati.
Tambir ring anggara, weraspati.
Medangkungan ring anggara, sukra.
Menail ring somo, sukra.
Kelawu ring redite, saniscara.
Watuggunung ring somo, sukra.
Elingakena aja murug, ucaping sastra iki.
Yan sira maperang adewsa iki ngaran, kene tamah antuk betara kabeh, Mangkana tingkahnia kene gering salah pati, ngaran, matangnia kadi uacaping arep, tan yogia sang pandita manugerah dewsa iki.

Purwaning sasih :
Jesta nuju tanggal apisan.
Sada nuju tanggal patbelas .
Kasa nuju tanggal ping dasa.
Karo nuju tanggal ping pitu.
Ketiga nuju tanggal ping nem.
Kpat nuju tanggal ping nem.
Kelima nuju panglong ping dasa.
Kenem nuju panglong ping pat.
Kepitu nuju panglong ping roras.
Kaulu nuju panglong ping tlulas.
Kesanga nuju panglong ping Kutus.
Kedasa nuju panglong tanggal ping nem.
Iki dewasa purwaning sasih tan yogiya ambahin, eling angkena.

Nian pemarisudan, alaning watek wewaran, muang tanggal muang panglong, Uku, Kala , Sasih, Dagdig kerana, Anggen dewasa, Saluwire gawe, atiwa-tiwa wong pejah ana pemarisudan caru ika, luwire:
Itik putih Jambul maguling tumpeng adanan, magenah ring sanggah tutuan, muang tumpeng bang siya bungkul, mewadah sesayut, metapakan senden anyar, merajah brahma geni, iwak nia ayam biing luh muani, raka sarwa bang, banten ika magenah amben sanggar tutuanne, suci asoroh dena genep, iwakbawi akarang, bakaran matah, getih panjang, sajeng rateng.

Iki sesapania, Mantra: 
Pakulun sang hyang Mertiyu Kunda sira meraga pangesengan,sarwajagat, wehin manusa rahayu ngewangun sarwa karya, Iki buktin sajinira, teduh kadi sangyang amerta, amanggih ayu dirga yusa, saha ngamong gawe,ong seriya we nama swaha.





CARU SASIH

Caru sasih adalah caru palemahan yang dilakukan setiap sasih atau sebulan sekali yang bertujuan untuk mengharmoniskan alam beserta lingkungan, dimana sasih artinya bulan atau masa. 
Dengan tujuan supaya sasih-sasih tersebut memberikan pengaruh yang baik bagi kehidupan manusia.
Sebagai salah satu upaya niskala yang sangat penting dilakukan agar terhindar dari pengaruh kala berwujud seperti halnya Bhuta Dasangkara Bhumi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan alam ini.

Dan adapun jenis-jenis caru sasih antara lain :
  1. Caru sasih kasa (Srawana). 
    • Pada sasih kasa ini patut dilaksanakan pecaruan dengan sarana : pada masing-masing angkul-angkul di sebelah kiri patut mendirikan sanggah cucuk, pada snggah cucuk munggah “tumpeng tri warna”dengan warna bunga tri warna, lauknya jatah dan sate ayam putih kuning yang olahannya dijadikan 3 tanding,dibawah sanggah cucuk segehan 5 tanding, pada saat menghaturkan sebut “bhuta bregala”.
  2. Caru sasih karo, sarana yang dipakai seperti : pada masing-masing angkul-angkul di sebelah kiri mendirikan sanggah cucuk. 
    • Kemudian ngunggahang canang genten 2 tanding,lanjaran 2 katih,dagingnya sate babi sate lembat 2,sate calon 2 katih,di gantungi sujang berisi tuak dan arak,mekober kasa,di bawah segehan cacah dengan api takep,sebutannya sang bhuta amangku rat.
  3. Caru sasih ka tiga, menggunakan sarana seperti : mendirikan sanggah cucuk pada masing-masing angkul-angkul di sebelah kiri,beserta tipat mancawarna,raka-raka,canang 5 tanding,dagingnya palem udang dan gerih kepiting,dibawah segehan 5 tanding tetabuhan tuak,arak,dan api takep, persembahan memanggil sangkala prayogi.
  4. Caru sasih kapat, dengan sarana seperti : sanggah cucuk di kiri angkul-angkul,dengan tumpeng dinanan kuning,kawangen 2 buah,canang genten 5 tanding,lanjaran menyan 2 katih,dagingnya ayam putih diolah menjadi 5 tanding dilengkapi raka-raka,plawenya menggunakan daun bingin,sujang beri tuak dan arak,dibawah segehan 5 tanding bertabuh tuak raka,mempersembahkan panggil sang kala wigraha bhumi.
  5. Caru sasih ka lima,dengan sarana seperti : dengan sanggah cucuk di sebelah kiri angkul-angkul,dengan banten punjung 2,raka,canang 2,tuak 2 tekor,daging ulam wabi diolah menjadi urab merah dan putih, sate lembat dan asem,di bawah segehan 5 tanding,tabuhan tuak,arakdan toya,api takep,mempersembahkan panggil sang kala mangsa.
  6. Caru sasih ka nem, denan sarana seperti : sanggah cucuk di sebelah kiri angkul-angkul,tmpeng ireng 1 dananan,raka pisang malablab,canang 2,dagingnya ayam hitam diolah menjadi urab bang putih,sate lembat dan calon,di bawah segehan 5 tanding dengan dagingnya jeroan babi mentah,darah 1 tekor,tetabuh tuak,arak,air dan api takep,mempersembahkan panggil sang kala smayapati.
  7. Caru sasih ka pitu,dengan sarana seperti : sangah cucuk di sebelah kiri angkul-ngkul, dengan tumpeng bang dananan,raka-raka,canang apasang,dagingnya sate ayam wiring dan olahan urab bang putih,di bawah segehan 5 tanding,didepan sanggah kemulan mempersembahkan nasi punjuangan1,daging jatah babai akarang,mesate 5 katih,segehan 5 tanding,dagingnya lawar babi,tuak 1 tapan,tetabuh tuak,arak, dan air, mempersembahkan memanggil sang kala ngadang samaya.
  8. Caru sasih ka wulu, dengan sarana seperti : sanggah cucuk di sebelah kiri angkul-angkul,pada sanggah cucuk nguggahang nasi takelan,sujang dengan tuak,arak,ulam taluh bekasem,tumpeng 5 bungkul bertempat daun telunjungan,geti-geti,biyu batu,canang 1 pasang,ulam rumbah gile,kakumbuk kacang,calon agung5,tabuhan tuak, arak, dan toya,mempersembahkan memanggil sang kala dengen.
  9. Caru sasih ka sanga, dengan sarana seperti : sanggah cucuk di sebelah kiri angkul-angkul,nasi telompokn maulam taloh madadar,sujang tuak,arak magantung,raka-raka,di bawah peras penyeneng,segehan5 tanding, tetabuhan tauk,arak dan air,mempersembahkan memenggil sang kala rogha.
  10. Caru sasi ka dasa, dengan sarana seperti : sanggah cucuk di sebelah kiri angkul-angkul,mungah unjung1,raka-raka,ulam danging babi diolah menjadi urab merah putih,sate lmbat 1,calon,dibawah segehan 5 tanding,tetabuhan tuak, arak, dan air,serta api takep,mempersembahkan memanggil sang kala wijaya.
  11. Caru sasih dyestha,dengan sarana seperti : sangah cucuk d sebelah kiri angkul-angkul,mempersembahkan penek putih 1,dananan,jatah ayam sebulu-bulu,urab bang putih,sate lembat 1,sayur pepes makukus 1 tanding,di bawah segehan 5 tanding,tetabuh tuak,arak,dan api takep,mempersembahkan dengan memanggl sang kala solog.
  12. Caru sasih asadha, dengan sarana seperti : sangah cucuk disebelah kiri angkul-angkul,mempersembahkan tumpeng putih 1,dananan,raka-raka,ulam ayam putih,kelembar rumbah gile,di bawah segehan menurut urip dina angkepan,maulam lawar,tetabuhan berupa tuak,arak dan air,dan api takep,mempersembahkan dengan memanggil sang kala bhanaspati.
Demikian dijelaskan caru sasih sebagai bagian dari upacara bhuta yadnya untuk mensucikan palemahan di areal atau wilayah sekitar rumah yang pelaksanaanya berdasarkan perhitungan sasih.

BAYUH DEWASA ALA

Bayuh saluwirin Dewasa ALA

Om Swastyastu

Malaning sasih, berasal dari kata Mala dan Sasih. Mala artinya ‘tidak baik’ dan ‘Sasih’ artinya bulan. Dalam sistem kalender Hindu-Bali atau populer dengan nama Kalender Saka-Bali, sasih yang dianggap mala adalah sasih Jyesta dan Sada.

Sebagaimana yang dimaksudkan dalam Lontar Jyotisha, karena di bulan-bulan itu ketiga unsur yakni Surya-Candra-Lintang Trenggana (Matahari-Bulan-Bintang) yang dikenal sebagai Trilingga dalam pemeneh sasih (bulan yang baik/ benar) tidak terwujud.

Trilingga disebut tidak terwujud karena di bulan Jyesta dan Sada (selama dua bulan) bintang Tenggala dan bintang Kartika ngerem (tidak muncul di langit). Kedua gugus bintang itu adalah bintang dari segala bintang, selain karena cahayanya yang paling terang, juga karena kedua bintang membawa ciri kemakmuran.

Itu sebabnya pemeluk Hindu di Bali tidak dianjurkan melaksanakan upacara-upacara Panca Yadnya pada bulan-bulan Jyesta dan Sada.

Sedangkan bulan-bulan lainnya: Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kaulu, Kasanga dan Kadasa adalah bulan-bulan yang baik untuk melaksanakan upacara, sekali lagi karena unsur Trilingga yang disebutkan di atas pada bulan-bulan itu terwujud.

Sasih Mala juga berkaitan dengan pe-ngerepet-ing sasih, yaitu bulan-bulan yang digunakan untuk ngerepet (memadukan) dalam perhitungan untuk menetapkan Hari Raya Nyepi.

Sebagaimana diketahui kalender Hindu-Bali menggabungkan beberapa system, yakni Surya pramana (tempo perputaran bumi mengelilingi matahari), Candra pramana (tempo perputaran bulan mengelilingi bumi), dan Wuku (candra pramana yang berhubungan dengan ala-ayuning dewasa = buruk-baiknya hari).

Oleh karena sistem surya pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun = 365 sedangkan sistem candra pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun = 360, maka setiap tahun akan terjadi selisih selama 5 hari atau dalam 6 tahun jumlahnya genap 30 hari (satu bulan). Pergantian sasih terjadi di saat Tilem sehingga disebut amawasanta.

Untuk selalu menyamakan unsur-unsur menetapkan tawur kesanga dalam rangka Nyepi maka pada setiap 6 tahun perlu diadakan ‘pengerepet’ yakni ‘mendobelkan’ sebuah sasih di bulan yang sama (menurut surya pramana). Sasih yang dipilih sebagai pengerepet hanya dua secara bergantian, yakni Jyesta atau Sada, karena kedua sasih itu adalah ‘mala’.

Unsur-unsur yang harus sama dalam menetapkan saat tawur kesanga Nyepi adalah:

Di hari itu tilem sasih kasanga (bulan mati pada bulan ke-9 menurut sistem candra pramana). Matahari berada pada posisi bajeging surya (di khatulistiwa menurut sistem surya pramana)

Hal ini sangat penting karena keesokan harinya adalah tahun baru Saka-Bali yang dikenal dengan Nyepi/ Sipeng tepat pada hari penanggal ping pisan sasih kadasa (tanggal 1 bulan ke-10).

Mengapa tahun baru kita di Bali pada bulan ke-10 (kadasa), bukannya pada bulan ke-1 (kasa)?

Dalam filosofi angka-angka di Bali, angka 10 sama dengan 0, dan angka 9-lah yang tertinggi. Sasih dengan angka 11 (Jyesta) dan 12 (Sada) adalah ‘mala’.Pada penanggal ping pisan sasih kadasa itulah Uttarayana (matahari beredar ke lintang utara), hari-hari yang sangat baik dalam keyakinan Hindu.

Pada paruman Sulinggih tanggal 18 September 2001 di Pura Watukaru, Tabanan, dijelaskan bahwa perhitungan pengerepeting sasih akan benar jika menghasilkan:

1. Tilem sasih katiga selalu tiba pada bulan September di saat matahari beredar menuju/ di selatan katulistiwa.
2. Tilem sasih kapitu selalu tiba pada bulan Januari ketika matahari beredar menuju/ di utara katulistiwa .
3. Tilem sasih kasanga selalu tiba pada bulan Maret ketika matahari beredar menuju/ di katulistiwa.


Banyaknya permintaan tentang Dewasa Perkawinan, membuat bangga kami selaku penulis, karena semeton Bali sudah mulai eling dengan budaya Bali yang adiluhung dan mulai sadar serta mengesampingkan pemilihan "hari upacara berdasarkan tanggal cantik".

Tetapi, dengan banyaknya permintaan tersebut, masih ada juga semeton Bali yang "terpaksa" memilih dewasa yang kurang direkomendasikan karena alasan yang cukup kuat. karenanya, untuk mengurangi dampak negatif dari dewasa ala tersebut, diperlukan sebuah ritual khusus, yang biasa disebut dengan "bayuh dewasa".

Dengan dilaksanakannya bayuh dewasa, diharapkan agar pelaksana karya yadnya serta pemilik/penyelenggara upacara yadnya terhindar dari efek negatif dewasa yang dipilihnya, dalam melaksanakan kegiatan khususnya upacara yadnya. TETAPI.. hendaknya dipahami, Bayuh Dewasa ini sifatnya hanya menghindari, memperingan efek saja, bagaikan luka parah yang baru ditolong dengan obat-obatan P3K saja, sudah barang tentu efeknya hanya sebatas mengurangi rasa sakit (duka)nya saja. harapan untuk memperoleh yang lebih baik sudah tentu kurang bisa dinikmati karena menghilangkan efek tersebut tidaklah memungkinkan.

Sebenarnya, disamping banten bayuh dewasa, dina "Subacara" sangatlah membantu meringakan efek-efek negatif dari Dewasa Ala tersebut. salah satu suber yang menjadi acuan tentang bayuh dina adalah Lontar Sunari Tiga. adapun sekilas isi Lontar adalah tentang Dewasa Ayu.

Banten Bayuh Dewasa Ala

Caru  ring paturon;
suci dene genep adanan, muwang caru ring natar, luwirnia sega 11 (solas), gelar sanga jangan sakewali, rumbah gile, sasak mentah (nasi atangkih berisi darah mentah), muwah sekul mawadah wakul, iwak pejagalan, wiwidean anut sasih, sekul segegem iwaknia amel-amel, muah seselambunan, wawidehan olah dene sangkep, sajeng aguci, pancakolika, langsub sapere  karania, payascite suci asoroh, segeh timbanan sakulak panci, iwak sate brumbun muwang sate wiring pinanggang, sahe raka sarwa galahan, genep sapere karania. 

Mantra Banten Bayuh Dewasa Ala, mantra:

sang butha kala nungku rat, sang bhuta kala wisesa, sang bhuta kala we uku, sang kala dewi menge pepet, sang kala biyantara dore waye, sang kala sri laba jaya menala, sang kala pancawara, sang kala sadwara, sang kala saptawara, sang kala astawara, sang kala nawewara, sang kala dase sengker, sang kala gni rewana, sang kala brahma, sang bhuta kala mrtiyu, sang bhuta kala penganten, sang bhuta kala kundang kasih, sang bhuta kala rumpuh, sang kala dumerana, sang kala luwiraning kala jare merana, iku tadah sajinira samedaye, same kang tineda, kasukanira kabeh, ring sanga deruwe caru balik ruwangen dina becik, manusanira akarya ayu, asungane nugeraha rahayu, alit kang sun aturaken, agung kang sude ingantukaken atma juwetanipun, anak anakaken aputu buyut, ong siddhirastu ya namah swaha.

Disamping Banten Bayuh Dewasa diatas, lengkapi juga dengan Banten Caru Bayuh Sasihnya. banten ini disesuaikan dengan sasih dilaksanakannya karya ayu.

Caru Bayuh Sasih, banten carun sasih:

Sasih Kasa; bantenia tumpeng 4 (papat) dadi atanding, iwak daging bawi matah, tuak yeh.
sasih Karo; caru tumpeng 1 (siki) dadi atanding, iwak jatah calon 7 (pitu), tuak yeh
sasih katiga; caru tumpeng 6 (nenem) dadi atanding, iwak uyah agegem
sasih kapat; caru tumpeng 3 (telu) dadi atanding, iwaknia basang-basang, daging mentah, tuak yeh
sasih kalima; caru tumpeng 9 (siye) dadi atanding, iwaknia daging matah, bawang jae, tuak yeh
sasih kaenem; caru tumpeng 8 (kutus) dadi atanding, iwaknia jatah calon tan winalik bakarnia, tuak yeh
sasih kapitu; caru nasi sokan, iwaknia daging matah, calon, bawang jae, tuak yeh
sasih kaulu; caru tumpeng 2 (dadua), iwaknia getih atakir, daging atakir, bawang jae, tuak yeh
sasih kesanga; caru panca sata tumpeng 2 (dadua), tuak yeh
sasih kedasa; caru tumpeng 10 (dasa) dadi atanding, iwaknia asu bang bungkem, olah dene agenep, tuak yeh
sasih jesta; caru asu sinamleh, nasi biyu, tuak yeh
sasih sadha; caru sarwa genap, sahe makuah, tetampigung abesik, liwet satungkeban, jangan dadap, antok laje, genah ring sanggah suku tunggal, wadahnia ancat-ancat, tuak yeh berem mawadah cambeng, gantung-gantungan. tlas.

Kramaning mecaru

Jesta apareb teriwit kereta te, ayunia penanggal ping 5 (lime), sang hyang peretiwi tumurun, apareb sang manasije, bhuta kang umiring, bhuta guledag, bhuta kasuluhan, bhuta weda, bhuta terompong kajarnia, gering manusa pejen, ajejaga ring lawang, asesangran. CARU; sesayut wangun urip kang ring lemah, liwat tenget papecel, kulume, jangan asem, pencak kacang, terong kuning, antok cabe gawe, sajeng.
Sasih Sadha meparab, mapetinjak aturu, ayunia acaru tanggal apisan, sang hyang  sadasiwa tumurun, aparab sang hyang makaredwaja, bhuta kang umiring: bhuta areala, bhuta pubaka, bhuta gelem, bhuta geger, bhuta turu, bhuta tiga sakti, lara makweh mawi ajejaga asesang garan ring lawang. CARUtumpeng putih, kukumbu kuluban, antiganing bebek winasuhan dening bersih, tasik kang ring lemah, liwet kacang ijo, sakon ramen, iwaknia terong papece, sambel cabe gue, sajeng tan sine rasen.
Sasih Kasaaparab seranesinare namah, ayuning acaru penanggal ping 10 (dasa), sang hyang iswara tumurun, aparab sang hyang antanu, bhuta kang umiring: bhuta tibeyek, bhuta tumanggung, bhuta kala binarak, bhuta sasegi, bhuta merikadang, kajarnia gering sadina rong dina pejah, ajejaga asanggaran ring lawang CARUtumpeng putih kuning adanan, iwak sate pinanggang abesik, liwet kacang, pecel sate, gerang asem, pencok bukal, sajeng tinaringan.
Itulah caru banten bayuh dewas ala, apapun kegiatannya bila bertepatan dengan dewasa ala (buruk) seperti bersamaan kegiatannya dengan: tali wangke, titi buwuk, pati pate, gni rewana, kala mertiyu, ingkel wong, kala dangastra, kala ngaruda, pemacekan, carik agung, dagdig karana, uku nyalah wadi, pangunyan tan rahayu palelawangan ale, sasih tan patumpek, wuku tanpa guru, intinya semua dewasa ala, hendaknya dibuatkan banten bayuh seperti diatas.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Banten Bayuh saluwirin Dewasa ALA. hendaknya diketahui pula, bahwa banten bayuh dewasa ini baiknya di"anteb" oleh seorang Pemangku Gde/Pinandita Wiwa atau di puput oleh sulinggih

Om Santih Santih Santih Om

#tubaba@griyangbang#

Kamis, 28 Oktober 2021

Keputusan Pesamuhan Agung

Parisada Hindu Dharma Indonesia

Nomor: 07/Kep/P.A.Parisada /VII/2005

Tanggal 13 Juli 2005.

BHISAMA SABHA PANDITA

PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT

Nomor : O4/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/V/2005

Tentang

PEDOMAN PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI

A. KEDUDUKAN DAN FUNGSI DIKSA

Eksistensi diksa dalam ajaran agama Hindu adalah salah satu pengamalan Dharma yang memiliki sifat

mengikat dan wajib dilaksanakan oleh seluruh Umat Hindu. Dengan demikian diksa merupakan dasar

keyakinan agama Hindu sekaligus hukum moral yang wajib diyakini, dijunjung tinggi, ditaati serta

dilaksanakan dalam rangka menegakkan Dharma. Hal ini dinyatakan dalam mantram Atharvaveda XII.

1.1 dan Yajurveda XIX. 36, sebagai berikut:

"Satyam brhad rtam ugram diksa ya topo brahmayajna prithivim dharyanti"

(Sesungguhnya Satya, rta, diksa, tapa, brahma dan yajna yang menyangga Dunia).

"Vratena diksam apnoti, diksayapnoti daksinam, daksinam sraddham apnoti sraddhaya satyam apyate

"

(Dengan melaksanakan brata, seseorang mencapai diksa, dengan diksa seseorang memperoleh daksina

dan dengan daksina seseorang mencapai sraddha, melalui sraddha seseorang mencapai satya)

Usaha menyucikan din melalui diksa sebagai salah satu perwujudan Dharma diamanatkan pula oleh

Vrhaspatittatva seloka 25 yang merupakan kewajiban setiap umat Hindu yang dijabarkan melalui

tujuh pengamalan Dharma, yaitu: sila, yajna, tapa, dana, pravrjya, diksa dan yoga.

Melalui keyakinan terhadap kebenaran diksa ini, mengantarkan umat memahaini Veda dan melalui

diksa pula umat Hindu meiniliki kewenangan belajar dan mengajarkan Veda. Dengan deinikian diksa

meiniliki kedudukan sebagai institusi yang bersifat formal. Melalui pelaksanaan diksa seseorang

menjadi Brahmana, "janmana jayate sudrah samskarairdvija ucyate" semua orang lahir sebagai sudra

melalui diksa/dvijati seseorang menjadi Brahmana).

Dari penjelasan tersebut maka pelaksanaan diksa memiliki tujuan untuk menyucikan diri secara lahir

maupun bhatin sebagai sarana atau jalan untuk mentransfer pengetahunan ketuhanan (Brahmavidya)

meialui media Guru Nabe atau Acarya, sekaligus sebagai pembimbing moral dan spiritual. Dengan

melaksanakan diksa umat Hindu disebut Sadhaka atau Pandita yang meliputi berbagai nama abhiseka

seperti : Pedanda, Bhagawan, Mpu, Dukuh, Danghyang, Acarya, Rsi, Bhiksuka, Vipra, Sadhu,

Brahmana, Brahmacari, Sannyasi, Yogi, Muni dan lain-lain yang memiliki kewenangan melakukan

bimbingan Dharmopadesa maupun Lokapalasraya kepada umat.

Kemudian mengenai makna diksa dvijati adalah merupakan proses transendensi dan sakralisasi menuju

pencapaian kesadaran penyatuan dengan Brahman. Selain itu diksa dvijati tidak hanya sebagai inisiasi

formal, melainkan menunjukan adanyajalinan hubungan yang bersifat pribadi dan mendalam antara

Guru Nabe (Acarya) dengan murid (sisya). Lebih jauh lagi Atharvaveda XI. 5. 3. menguraikan bahwa

saat pelaksanaan diksa dvijati seorang Guru Nabe atau Acarya seakan-akan menempatkan murid

(sisya) dalam badannya sendiri seperti seorang ibu mengandung bayinya, kemudian setelah melalui

vrata murid dilahirkan sebagai orang yang sangat mulia (dvijati). Dengan demikian pelaksanaan diksa

dvijati merupakan transisi dan gelap menuju terang, dan avidya menuju vidya.

Dalam lembaga diksa dvijati kedudukan Guru Nabe begitu sentralnya, yakni memiliki hak prerogatif

terhadap sisya-nya. agar tidak terjadi pengingkaran terhadap sasana/dharmaning kawikon. Maka demi

menegakkan Dharma berdasarkan ketentuan sastra, seseorang yang akan menjadi Pandita wajib

mengangkat Guru Nabe (manavaguru), Guru Vaktra, Guru Saksi, selain Siddha Guru ataupun Divya

Guru.

B. PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI

Mengingat pemahaman Umat Hindu di Indonesia tentang ajaran agamanya berimplikasi pula terhadap

eksistensi lembaga diksa maka Sabha Pandita memandang perlu meninjau ketetapan Sabha Parisada

Hindu Dharma Indonesia II Nomor: V/Kep/PHDIJ68 tentang Pandita, serta keputusan seminar

kesatuan Tafsir terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu ke-14 tahun 1986/1987 tentang Pedoman

Pelaksanaan Diksa yang kurang mengakomodasikan dan memberikan kebebasan terhadap umat untuk

memilih system diksa dvijati selain yang telah diputuskan dalam seminar tersebut diatas. Padahal

sesuai kenyataan warga-warga tertentu khususnya di Bali telah memiliki mekanisme diksa dvijati yang

telah ditetapkan dalam Bhisama leluhurnya. Lebih-lebih dikalangan Sampradaya-sarnpradaya juga

meiniiki mekanisme yang berbeda-beda. Maka untuk itu Sabha Pandita menetapkan penyempurnaan

pedoman pelaksanaan diksa dvijati, sebagai berikut:

1. Lembaga diksa dvijati sebagai dasar sraddha dan hukum moral dalam agama Hindu adalah

bersifat wajib, maka Sabha Pandita mengakui berbagai system diksa dvijati yang ada, sepanjang

konsepnya mengalir dan ajaran Veda.

2. Memberikan keleluasaan serta kebebasan kepada umat Hindu yang bermaksud menekuni

spiritual menjadi Pandita, untuk memilih sistem diksa dvijati yang akan dilaksanakan sesuai

ketentuan aguron-guron yang diikuti sepanjang dilandasi oleh atmanastusti.

3. Tugas pencerahan dan bimbingan Dharmopadesa merupakan tanggung jawab semua potensi

umat Hindu secara profesional, maka Sabha Pandita mendorong lahirnya para Pandita yang

representatif, berwawasan universal dan membimbing umat dalam pencerahan rohani.

4. Pelaksanaan diksa dvijati untuk menjadi Pandita merupakan hak pribadi umat Hindu, maka

segala persyaratan khusus dan mekanisme pelaksanaan diksa dvijati, atribut serta abhiseka

kepanditaan sepenuhnya diserahkan kepada system aguron-guron yang diikuti oleh calon

diksita.

5. Dalam proses pelaksanan diksa dvijati Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat berkewajiban

memberikan dukungan administrasi dalam rangka diksa pariksa dan rekomendasi setelah

pelaksanaan diksa pariksa yang dipimpin oleh Guru Nabe atau yang ditunjuk, serta menerbitkan

sertifikat setelah ada pernyataan dari Guru Nabe.

Demikian pedoman ini ditetapkan sebagai tuntunan bagi seluruh umat Hindu, baik secara perorangan

maupun kelembagaan.

Ditetapkan di: Denpasar

Pada Tanggal: 7 Mei 2005.

PIMPINAN PESAMUHAN SABHA PANDITA

PERISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT

Ketua Dharma Adhyaksa

Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa

Wakil Dharma AdhyaksaSabha Pandita,

Ida Pandita Mpu Jaya Dangka Suta Reka

Rabu, 27 Oktober 2021

KATATWANING GENTHA DAN PINANDITA WIWA

  1. 1. OM SWASTYASTU Ketattwaning Genta Oleh: Jero Mangku Gde I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S.,M. P.d
  2. 2. • Lontar Dharmaning Kusuma Dewa dan Lontar Lingganing Kusume Dewa menyebutkan : “Nihan Pawekasing batara, ring pemangkun ida, yan rawuh patatoyan ida ring madia pada, kena pamangkun ida angasrening betara, angagem bajra patatoyan, maka weruh ikang mangku, kawit kertaning betara, yanora ngagem bajra, nora weruh ring kepamangkuan, angora-ora, angiya-ngiya sira, angasa- asa, nora kayun ida turun, apan sira tan meling ring kawit-kawitan kandaning pamangku”.  
  3. 3. BENTUK GENTA
  4. 4. CARA MEMEGANG genta
1. WINDU AMETENG (Ada 2 Sikap) 
a. Anyekung Lingga (Agem-ageman Sulinggih) 
b. Anyekung Sastra Sangha (Gagelaran Bhawati dan Pinanditha Wiwa) 
2. SAET MINGMANG (Ada 3 Sikap) :
a. Saet Dwimingmang

b. Saet Trimingmang

c. Saet Pancamingmang

3. DHARMADHATU (Ada 2 Sikap) :
a. Dharmadhatu Akasa

b. Dharmadhatu Pertiwi

  1. 5. Tehnik menyuarakan genta • Tabuh Suki, Tabuh Kelih, Brahmara Mangisep Sari, Lembu Mangan Dukut, Bhima Kroda, Gelagah Puhun, Sad Rasa dan Tembang Komoning. 
  2. 6. DISKRIPSI GENTA • Kelahiran Genta • Kitab Mahabrata (Santi Parwa) • Kitab Mahabrata (mandala 100) • Lontar Prakempa • Lontar Kundalini • Wisnu Purana
  3. 7. KITAB MAHABRATA (SANTI PARWA) Dua orang Pendeta dari sorga yaitu Bhagawan Narada dan Parwata datang kekerajaan bernama sanjaya untuk memenuhi undangan akan mengadakan korban suci (yadnya), agar raja Sanjaya mempunyai Putra. Setelah yadnya dilaksanakan, raja berputra dua orang.
  4. 8. Karena kesaktian kedua pendeta tersebut Bhatara Indra menjadi iri hati, lalu merubah wujud Genta kedua Pendeta menjadi dua ekor harimau untuk membunuh kedua putra raja. Pada saat itu pula kedua Pendeta itu datang, berkat kesaktian mereka kedua putra raja Sanjaya hidup kembali
  5. 9. KITAB MAHABRATA (MANDALA 100) • Diceritrakan Dewa Indra berperang melawan Wredasura. • Dewa Indra kalah. • Dewa Indra menghadap Dewa Brahma. • diberi petunjuk mendapatkan salah satu tulang rusuk Bhagawan Dadachi.
  6. 10. • Tulang rusuk itupun didapatkannya dan dijadikan Genta hingen hiasan angkus pada bagian ujungnya. • Dengan senjata ini wredasura dapat dikalahkan.
  7. 11. L0NTAR PRAKEMPA • Suara genta = inti alam. • Suara ini berasal dari suara alam (Prakempa ) yang lahir dariYoga Sang Hyang Tri Wisesa.
  8. 12. dan ada lagi wijaksara yakni di purwa rupanya putih aksaranya Sang, di tenggara rupanya dadu alksaranya nang, di selatan rupanya merah aksaranya Bang, di barat daya rupanya jingga aksaranya Mang, di barat rupanya kuning aksaranya Tang, di barat laut rupanya hijau aksaranya Sing, di utara rupanya hitam aksaranya Ang, di timur laut rupanya biru aksaranya Wang, di tengah ardah rupanya manca warna aksaranya Ing, dan di tengah urdah rupanya sarwa warna aksaranya Yang.
  9. 13. Suara yang ada dari masing- masing arah adalah : • Timur : dang • Tenggara : udang • Selatan : ding • Barat daya : uding • Barat : deng • Barat laut : udeng • Utara : dung • Timur laut : ndeng • Tengah : ndang
  10. 14. Suara-suara tersebut di atas digabungkan menjadi sepuluh suara yaitu panca suara patut pelog dan panca suara patut selendro. Dari sinilah ada tujuh suara yang merupakan inti sari dari percampuran sepuluh suara yaitu : ding, dong, deng, ndung, dang, dung. ndang. Ini sebenarnya suara yang sejati keluar dan berasal dari ciptaan Sang Hyang Bhuwana yang dinamai Suara Genta Pinara Pitu.
  11. 15. LONTAR KUNDALINI Diceritrakan perjalanan Dewi kundalini, bertemu dengan Mahayogi. Dengan kesaktian Dewi Kundalini berhasil masuk ke tubuh Yogin setiap kali Dewi Kundalini melewati candra yang ada dalam tubuh Sang Yogin selalu didengarnya suara halus. Adapun suara-suara halus itu tiada lain dari Suara Genta Pinara Pitu.
  12. 16. WISNU PURANA Ketika kelompok Asura Mandhena berkuasa, mereka tak segan-segan membuat keonaran di alam. Setiap akan menjelang senja selalu matahari dimangsanya, sehingga dunia ini menjadi gelap. Akhirnya Dewa Brahma beserta para Pendeta melakukan pemujaan dengan memercikkan air suci keangkasa.
  13. 17. Air suci itu berubah menjadi sebuah Genta. Genta ini dapat menumpas para Asura Mandhena. • Dari sumber metologi di atas, Genta pada mulanya dibuat berdasarkan penafsiran Genta Pinara Pitu dan di dalam Dewa-Dewa Hindu Genta di bawah oleh Dewa Indra dan Iswara.
  14. 18. HIASAN GENTA
  15. 19. HIASAN ARCA WISNU
  16. 20. ARCA BHATARA GURU
  17. 21. HIASAN LEMBU
  18. 22. HIASAN KAMBING
  19. 23. HIASAN NAGA
  20. 24. HIASAN SIWA DI ATAS LEMBU
  21. 25. HIASAN BAJRA (PETIR)
  22. 26. HIASAN GARUDA
  23. 27. HIASAN GANAPATI
  24. 28. Bahan Genta • Campuran Emas-Perunggu untuk Genta Utama • Campuran Perak-Perunggu untuk Genta Madya • Campuran Kuningan- Perunggu untuk Genta NIsta
  25. 29. Fungsi Genta • Sebagai sarana pemujaan • Sebagai simbol • Sebagai kulkul • Sebagai uter • Orag • Lonceng

KETATTWAN PINANDITA WIWA.
Dipetik dari Pustaka Sesananing Pinandita Wiwa.

I.  Tata Cara Menjadi Pinandita Wiwa.

Adapun tatacara untuk bisa "ngayah" sebagai Pinandita di Pemerajan, Panti, Pura Kahyangan Desa,  Pura Kahyangan Jagat, wajib mensucikan diri dengan cara mendapat pewintenan dari seorang sulinggih selaku Dhang Guru Nabe yang sudah mencapai tingkatan Yogi Agung. Pewintenan tersebut wajib mengikuti tata cara agama (Hindu Bali) yang berlaku, merajah (ditulisi) huruf huruf suci (bijaksara) di badan (angga sarira).

Kalau sudah demikian baru boleh melakukan kewajiban sebagai "pinandita/pemangku agelung sangka-anyangkul putih/busana mamolos", berhak melaksanakan semua ajaran dalan lontar Kusumadewa, berhak menyelenggarakan upacara Dewa Yadnya di pura (tempatnya ngayah menjadi pemangku/pinandita) sebab sudah mendapat anugerah  dari Sang Hyang Aji. Kalau tidak demikian (tidak melalui proses pewintenan tersebut diatas), berdosa orang itu kehadapan Dewa Betara Hyang.

II. Catur Bandana Dharma Pemangku/Pinandita.

Keberadaan seorang pemangku/pinandita diatur oleh sikap hidup yang disebut Catur Bandana Dharma Pemangku, yaitu :

(a). Awewehi aran (menambah nama).
Ingat untuk menambahkan  pungkusan "Mangku/Pinandita" pada namamu.
Contoh: dari nama semula I Gede Baba menjadi Jero Mangku Gde I Gede Baba. Dari Gusti Japa menjadi Gusti Mangku Japa. Dari Dewa Kutem menjadi Dewa Mangku Kutem. Dari Ida Bagus Ludi menjadi Ida Bagus Mangku Ludi.
Catatan: dalam lontar Sesananing Pemangku hanya ada aturan menambahkan kata "Mangku" pada nama asli. Tidak ada aturan mengganti nama bagi seseorang yang sudah menjalani pewintenan menjadi pemangku

(b). Magentos Wesa (berganti atribut/pakaian).
Wajib memakai pakaian putih-putih atau satu warna/memolos, pakai destar "agelung sangka", sebab sudah jauh dari indria/duniawi.

(c). Amari sesana (berganti sikap hiup).
Setiap tingkah lakunya hendaknya seperti orang tua.
* Tidak boleh membentak.
* Tidak boleh berkata kasar.
* Tidak boleh mengucapkan kalimat tanpa makna.

(c). Guru Susrusa (hormat dan bhakti pada guru)
** Wajib memiliki guru seorang sulinggih (biasanya gurunya adalah Dhang Guru yang memberi pewintenan) yang memberi tuntunan secara "sekala" (di dunia nyata) agar tingkah lakunya tidak mengakibatkan hal hal yang tidak baik.
** Wajib bhakti dan tunduk pada setiap petunjuk Dhang Guru.
** Tidak boleh "nguncarang" (mengucapkan) wedha-mantra bila belum mendapat perkenan dari Dhang Guru.
** Tidak boleh membantah petunjuk Guru.
** Tidak boleh membanggakan / menyombongkan diri.
** Tidak boleh berperilaku sebagai balian enggengan.
** Tidak boleh memikul barang dan sejenisnya.
** Tidak melakukan segala jenis perjudian.
** Tidak boleh bergaul dengan penjahat.
** Kalau seorang pemangku berperkara, tidak boleh melakukan sumpah. Yang diperbolehkan adalah "madewa saksi". Kalau ada pemangku melaksanakan sumpah, hilanglah Sang Hyang Pustakawidhi dari dirinya, harus diberhentikan sebagai pemangku. Sebab sudah jadi "tapakan" (pengikut) butha kala, terkena tulah pamidi, disalahkan/dikutuk oleh Betara.
** Kalau ada pemangku "nyulubin" (lewat di bawah) tali perlengkapan (mengembalakan) ternak (termasuk tali yg dipakai mengikat ternak), "pangringkesan" mayat, cuntaka/kotor pemangku tersebut, wajib kembali maprayascita seperti upacara dahulu. Kalau tidak demikian, Dewa Betara menjadi tidak senang. Akibatnya timbul penyakit dikalangan masyarakat pekraman.
** Jika seorang pemangku tapakan Widhi sudah melakukan pewintenan dengan tingkat Mapahayu Agung, ketika meninggal tidak boleh dikubur/ditanam. Tapi wajib di plebon. Kalau tidak demikian, berbahaya sekali, bumi ini (dalam wilayah desa pekraman yang bersangkutan) dilaknat oleh  Sang Penguasa Bumi.
Catatan : Mapahayu Agung adalah upacara dimana sanggar suryanya disebut Sanggar Aung. Banten yang munggah disana adalah Catur mukti atau catur rebah, ditambah sorohan banten ardhanareswari (dewa dewi) dan perlengkapan lainnya.

III. Asuci Laksana (Melaksanakan Penyucian diri).
Caranya, setiap hari baik/rerahinan, wajib mengheningkan diri, menyucikan angga sarira, melakukan puja mantra (sesuai dengan panugrahan  Dhang Guru ketika mawinten), serta mohon tirta swambha Dhang Guru dan tirtha gocara (tirta yang didapat dengan cara memohon pada betara) di pura tempat "ngayah" jadi pinandita/pemangku, sebagai pelebur kotoran di angga sarira.

IV. Brata Pemangku.

1. Pada saat hari Purnama /Tilem melakukan brata dengan makan nasi putih memakai lauk kacang kacangan  dan garam.

3. Tidak boleh makan daging babi yang sudah beranak. Kalau sudah satu tahun  tidak makan daging babi, lanjutkan dengan brata makan nasi putih dengan lauknya berupa bunga (yang biasa dipakai banten). Lamanya tiga hari.  Brata ini disebut Brata AMURTI WISNU.

3. Kalau sudah berhasil melaksanakan brata Amurti Wisnu, dilanjutkan dengan melaksanakan brata makan nasi putih dengan lauk sambal, tidak boleh minum air. Lamanya sebelas hari. Bata ini disebut RAJANING BRATA (Raja dari semua jenis prata) sebagai cara untuk menghilangkan segala jenis kekotoran didalam diri. Pahalanya, semua dewa "sih" dan semua bhuta kala tunduk,  hormat dan segan .

                   
#tubaba@griyangbang//munuhdruwenkidalangtangsub#

Senin, 25 Oktober 2021

MANTRA PEGAT SOT

Mantra Sesapan Pamegat Sot

Om Awighnam astu
Atur nghulun I Anu ....... (wasta sane mesosot) ring paduka bhatara, bhatara ring Pamarajan ..... (Nganutin genah soang-soang), Bhatara Siwa Ditya, Bhatara Giri Jagatnatha makadi Sanghyang Tri Purusa Saksi, kasaksinanya de nira Sang Hyang Trayo Dasa Saksi, Nini Citra Gotra, Kaki Citra Gotra, Tumut Sang Bhuta Galungan, Sang Lumanglang rahina wengi, sira amukti ujar-ujaring manusa. Hana sauh atur nghulun I Anu ...... ring paduka Bhatara ring ......... duk nghulun kari maurip, wenten atur nghulun ring paduka Bhatara, lamun parisentana anaking nghulun sida ngamolihang karya, irika sauh atur nghulun ring paduka Bhatara, nghulun sanggup maturan upakara yadnya Panilapatian miwah Tebasan Pegatsot kadulurin antuk saupakarania jangkep, warga sari awengi kantos maka rahina, mangke Ida Hyang Catur Dasa Pitara sampun nunggal kalawan Siwa ring kamulan tengah, mangkin nghulun anaur kadi atur nghulun nguni. I Dewa tan kari miutangang, nghulun tan kari mautang, pegat saprantasan tan kinucap malih. Mangkin tembenya ring tanggal masehi: 25 Maret 2022, rahina Sukra, Keliwon, Watugunung, titi tanggal panglong ping 8 sasih Kedasa, rah 12 tenggek 3 Caka 1944 yusaning loka.


Om Awighnam astu
Atur nghulun I Anu..... ri paduka Bhatara, Bhatara Siwa Ditya, Bhatara Siwagni, Bhatara Giri Jagatnatha, makadi Sanghyang Tri Purusa Sakti, Sanghyang Lumanglang ring rahina wengi, Bagawan Panyarikan, makadi Bhatara Gana, gaduh bhuta tiga, pangawaking patiking jagat, wruh ingulah hala ayu, amukti ujar ujaring manusa, maka saksyaning nghulun anawur sosot upakara Panilapatian majeng ring Sang Catur Dasa Pitara ring pamrajan......... , nguni hana hanata atur titiyang maturan aturan Upacara Panilapatian adandanan, maruntutan saupakaraning jangkep, pras papegat, kaatur ring Bhatara ring mrajan alit, mangke nghulun anaur sakadi ature nguni, Dewa tan kari miutangang, nghulun tan kari mautang, wus pegat saparantasan tan kaucap malih, duk manaur ring tanggal masehi: 25 Maret 2022, rahina Sukra, Keliwon, Watugunung, titi tanggal panglong ping 8 sasih Kedasa, rah 12 tenggek 3 Caka 1944 yusaning loka.

Om, Sang Sapuh Gulungan, Sang Brima Doleng, Sang Bedawang Petak, Sang Bedawang Bang, Sang Bedawang Jenar, Sang Bedawang Ireng, Sira anodyaning penauran tityang(ipun) antuk guling, Sang Bedawang Amanca Warna, sira angetok akna kancing sira Sang Ananta Boga, engelesana hutang tityang(ipun), teka keles, teka keles, teka keles, tan angangon ingesti teka pegat, rampung seperantasan, tan ana inucap malih. Hutang sinaungan amrtha sodana, tumpeng tunggal dwi sri, tri purusa, catur Dewa Panca Warna, Sapta Perana, Asta Kala, ingsun angaturaken Pegat Sot…..anawur hutang denira. Asing kirang asing luput geng rena sinampuraken.

 
  • Mantra : Om Panca warna bhawet Brahma,Wisnu saptewara waca, Sadwaraicwra dewacca, Astawara Ciwojnejah. Wrhaspati pinaka wit, Soma pinaka bungkah, Anggara pinaka godong, Buddha pinaka kembang, Sukra Pinaka woh, Sanisccara pinaka kulit, Redite pinaka warna.  
  • Om sarwa pras pranajanam, Sarwa karya praciddha ya ciddhi bhawantu ya namo namah swaha.
Sorowan
  • Mantra : Om, Pakulun Sang Hyang Picatur muka. Dewa byuha sira bhagawan ratangkup sira tapuke pakulun, angeseng ipenala, makadi lara rogha, sot sukata, gempung moksah hilang tanpa sesa, denira sanghyang Siwa picatur muka dewa byuha.
  • Om Sidhirastu astu tat astu swaha.
  • Om pukulun bhatara Siwa, Sada Siwa, Parama Siwa, manusanira angaturaken upakara panilapatian,  anyaluk tirtha mahening, Sarayu, Saraswati, maka pangeleburan sarwa mala, maka amrtaning sarwa mahurip, siddhi siddha asung anugraha de bhatara Yang Mami.
  • Om Sang,Bang,Tang,Hang,Hing, Nang, Mang,Sing,Wang,Yang, Ang,Ung,Mang (+ apsu dewa)

UPACARA OTONAN

UPACARA SATU OTONAN

1. Sebagai langkah pertama bagi Manggala sama dengan buku pedoman di depan.

2. Dipercikan tirtha panglukatan dan tirtha Prayascita sama dengan mantra upacara tiga bulanan (nyambutin)

3. Ngastawa Sanghyang Tiga Wisesa, ambil genta dan kembang 
    Mantra : Om Ang Sang Hyang Jagat Wisesa, metu sira sang Bayu alungguha sira ring bungkahing adnyana
    sandhi, 
    Om-Om Sri Jagad guru paduka ya namah swaha.  

4. Mantram bebanten yang ada seperti pras pengambyan, sorowan , dan yang lainnya :
    Pengambeyan 
  • Mantra : Om Panca warna bhawet Brahma,Wisnu saptewara waca, Sadwaraicwra dewacca, Astawara Ciwojnejah. Wrhaspati pinaka wit, Soma pinaka bungkah, Anggara pinaka godong, Buddha pinaka kembang, Sukra Pinaka woh, Sanisccara pinaka kulit, Redite pinaka warna.  
  • Om sarwa pras pranajanam, Sarwa karya praciddha ya ciddhi bhawantu ya namo namah swaha.
5. Sorowan : 
  • Mantra : Om, Pakulun Sang Hyang Picatur muka. Dewa byuha sira bhagawan ratangkup sira tapuke pakulun, angeseng ipenala, makadi lara rogha, sot sukata, gempung moksah hilang tanpa sesa, denira sanghyang Siwa picatur muka dewa byuha.
  • Om Sidhirastu astu tat astu swaha.
6. Pengelepas Awon 
  • Mantra : Pakulun bhatara Brahma, bhatara Wisnu, bhatara Iswara, si anu angelepas awonipun ring bhatara tiga, pakulun anyuda ta letehipun teka sudha – teka sudha – teka sudha, lepasa malanipun.
7. Bebangkit  
  • Mantra : Om aryadika siddhi, sarwa karya maha nirmala ya namah swaha.
  • Om pakulun bhatari Durgha, bhatari Ghana, bhatari Brahma, sang Yama Raja, sang Gudug Basur , sang Pulung, sang Ganapati, sang Dengen, sang Raksasa, sang Wil, sang Pisaca, sang Detya, sang Danawa, sang Bhutawulu Singa, sang Dewa Yoni Sakti, mapupul ta kita kabeh saksinen bhaktin ingulun rikita.
Gelar Sanga
  • Mantra : Om Durgha bhucari ya namah, Om Kala bhucari ya namah, Om Bhuta bhucari ya namah.  
7. Tri Bhuana
  • Mantra : Om Parama siwa tanggohyam, siwa tatwa parayanah, Siwasya pranata nityam, candi saya namastute. Niwedyam Brahma wisnusca, bhoktra dewam maheswaram, sarwa wyadi nalabhate, parama siwa labhate. Jayarte jaya maphuyet, ya sakti ya samapnoti, Siddhi sekalamaphnuyet, parama siwa labhate. Om Nama siwa ya namah swaha.
8. Pawitranin bebanten/suci
  • Mantra : Om Asucirwa sucirwapi, sarwa kama gatopiwap, Cintawet dewa isanam, sabahya byantara suci. Apawitram pawitrowah, sarwa gangho gatopiwa, Jametri pundari kaksah, sabahya byantara suci.
9. Muktiang banten ring bhatara
  • Mantra : Sama dengan G.5. pada Pedoman di depan
10. Mohon panugrahan
  • Mantra : Om anugraha manoharam, dewa datha nugrahakam, hyarcanam sarwa pujanam, nama sarwa nugrahakam. Dewa dewi maha sidhi, yajnanga nirmalatmaka, Laksmi sidhisca dirghayuh, nirwighna sukha wrddhisca.
11. Gunting Rambut Ambil Tunjung Rujit di Siwadwaranya
  • Mantra : Om Sryam bhawantu, Om Sukham bhawantu, Om Purnam bhawantu,
  • Ambil Cincin permata mirah, pucuk daun alang-alang sebanyak lima buah kemudian gunting rambutnya. 
  • Mantra : Om Yatapya sakal panam, suci iksu maha nidhi, Papa klesa winasayet, bakar mantra uttamam.
  • Mantra Cincin : Om Eng Tejo Sakalpanam, sucika tri mahaniddhi, papa klesa winasayet takara mantra uttamam.  
      Mantra Alang-alang : 
  • Om Kusa sri kusa wijnanam piwitram papa nasanam, papa klesa winasayet , takara mantra uttamam.
       Gunting rambut didepan mantra; 
  • Om, Sang sadya ya namah, hilanganing papa klesa petaka.
       Gunting rambut di kanan mantra; 
  • Om, Bang Bamadewa ya namah, hilanganing lara rogha wighna.
       Gunting rambut di belakang mantra; 
  • Om, Tang Tatpurusa ya namah, hilanganing satru musuh.
       Gunting rambut di kiri mantra; 
  • Om, Ang Aghora ya namah, hilanganing sasab merana.
       Gunting rambut di tengah mantra; 
  • Om, Ing Isana ya namah, hilanganing sasab merana.
       Gunting rambut di tengah mantra; 
  • Om, Ing Isana ya namah,hilanganing sebel kandel sidhan sang pinatik

13. Sembahyang bersama si bayi

14. Ngayab banten / sesaji Piotonan
  • Mantra : Pukulun kaki Prajapati nini Prajapati, kaki Citragotra, nini Citragotra, ingsun aneda sih nugrahane ri kita, samuta, ulapi, atmane si ….. menawi wenten atmanipun anganti ring pinggiring samudra, ring tengahing udadi naweg ulihakena ring awaknia si …..depun tetep mandel , kukuh pageh uripipun (dilanjutkan dengan ayu wreddhi).  
16. Menurunkan si bayi / menginjak tanah
  • Mantra : Pakulun kaki citragotra nini citragotra, ingsun minta nugrahe nurunaken rare ring lemah turun ayam, ameng-ameng sarwa kencana, katur maring Bhatari anungkurat, Bhatari wastu, Bhatari kendep, mekadi kaki Citragotra, nini Citragotra, iki aturan ipun soroh atos, amete urip waras dirgayusa tan keneng geged wewedian, asungane aweta urip, teguh timbal abujangga kulit, kulit tembaga, otot kawat, abalung wesi, anganti metungked, angantos watu mekocok, ulihakene pramanania maka status dua lapan maring raga walungane sijabang bayi,
  • Om tebel akasa, tebel pertiwi, mangkana tebel kukuh atma yusane rare si jabang bayi.  
17. Kemudian si bayi ditutup dengan keranjang, kemudian si bayi medagang, dilanjutkan ngambil ikan yang
       masih hidup didalam tempatnya berisi air, cincin emas permata mirah.  

18. Nyimpen genta, ngelebar peras daksina kemudian ditutup dengan prama santi.

      Tambahan : Nunas Tirta Surya;  
  • Om pukulun bhatara Siwa, Sada Siwa, Parama Siwa, manusanira anyaluk tirtha mahening, Sarayu, Saraswati, maka pangeleburan sarwa mala, maka amrtaning sarwa mahurip, siddhi siddha asung anugraha de bhatara Yang Mami.
  • Om Sang,Bang,Tang,Hang,Hing, Nang, Mang,Sing,Wang,Yang, Ang,Ung,Mang (+ apsu dewa)
      Kemulan;  
  • Om Janardhana maha wara nadi, tirthantu greyate, Gangga, Saraswati,Sindhu,Narmada, Swetapati, Wipase, Wisnawa nadi, para apapa pramodyate namastute, Kesawa Dewah sarwa tirtha Janardhana.
  • Om hrang hring sah Bhatara Giri Putri, Siwa Bhumi maha sakti ya namah swaha. ( + apsu dewa)
       Kawitan;  
  • Om, Pakulun srdhah Bhatara Siwa murti saktyem, anibakaken tirtha kamandalu kundi manik, maka suklaning buwana alit, suklaning buwana agung, maka huriping buwana alit, maka huriping buwana agung , amuburana sarwa ujar ala, ipen ala,tuju tluh teranjana, kalukat, kalebur denira bhatara Siwa Murti Saktyem, siniratan mencur, muncar sinuncar, angilangaken dasa mala, papa klesa,tri malaning jadma manusa kabeh, moksah hilang punah, kalukat dening tirtha Bhatara Siwa Murti Sktyem. 
  • Om siddhi rastu ya namah swaha. ( + apsu dewa) ( Bidja Md, Manggala Upacara,1990)

       Melaspas Naur sesangi 
  • Om, Sang Sapuh Gulungan, Sang Brima Doleng, Sang Bedawang Petak, Sang Bedawang Bang, Sang Bedawang Jenar, Sang Bedawang Ireng, Sira anodyaning penauran tityang(ipun) antuk guling, Sang Bedawang Amanca Warna, sira angetok akna kancing sira Sang Ananta Boga, engelesana hutang tityang(ipun), teka keles, teka keles, teka keles, tan angangon ingesti teka pegat, rampung seperantasan, tan ana inucap malih. Hutang sinaungan amrtha sodana, tumpeng tunggal dwi sri, tri purusa, catur Dewa Panca Warna, Sapta Perana, Asta Kala, ingsun angaturaken Pegat Sot…..anawur hutang denira. Asing kirang asing luput geng rena sinampuraken.

       P E N U T U P  
  • Demikianlah Brosur Pedoman Manggala Upacara ini dapat kami himpun dengan harapan dapat memberikan manfaat kepada umat Hindu dalam melaksanakan ajaran agamanya secara baik dan benar. Di samping itu kami menyadari sepenuhnya akan keterbatasan kemampuan yang ada pada kami, maka kami mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca.
        Om Santih, Santih, Santih, Om  

MANTRA PANYENGKER

MANTRA UNTUK MEMBENTENGI RUMAH DARI AURA TIDAK BAIK


Sarane Uyah lan Areng sembarangakena ring umah utawi pekarangan,


Mantra :

Ong Wetan Umahkune segara,

Ong Kidul Umahkune segara,

Ong Kulon Umahkune segara,

Ong Lor Umahkune segara,

Ong Beten umahkune segara muncar,

Ong Duwur Umahkune waja mekobet, Muksah hilang gumi kabeh, Katon dening, Desti Leyak, Teluh, Trang Jana, maling, sarwa makira - kira hala, teka pada beku , teka kolok, kalebok maring samudra, teka pada nembah , teka pada asih, teka asih - teka asih - teka asih.

Om Hung Hrah Phat astraya namah, Om Atma Tatwatma suddha mam swaha, Om Om ksama sampurna ya namah, Om Sri Pasupatiya Hum Phat, Sriyambhawantu sukhambhawantu purnambhawantu.

Om Brahma Wisnu Iswara dewam, Jiwatmanam tri lokanam, sarwa jagat pratisthanam, suddha klesa winasanam.

Om yad iha ghoram yad iha kruram, yad iha papam tat santam tat siwam, sarwamastu tad astu nah.


#tubaba@griyangbang//sadkertha//pangraksakarang#

Minggu, 24 Oktober 2021

BHISAMA SABHA PANDITA

BHISAMA SABHA PANDITA TAHUN 2005 
MERUPAKAN PESANAN KELOMPOK PANDITA SAMPRADAYA ISKCON & SAI BABA AGAR BISA MASUK DALAM TUBUH PHDI PUSAT

MELALUI
BHISAMA SABHA PANDITA PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT 
Nomor: 04/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/V/2005
t e n t a n g
PEDOMAN PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI

Saya mencoba mengkaji dan menganalisa mengapa para para pandita yang lahir dari Diksa Massal, yang mana tidak bisa dipungkiri mereka adalah simpatisan Sampradaya asing khususnya organisasi transnasional Sai Baba dan Hare Krishna (ISKCON) bisa demikian kuatnya sehingga bisa mengkerdilkan keberadaan Sulinggih Hindu Dharma Indonesia yang merupakan pemilik modal simbolik sebenarnya dari PHDI itu sendiri sesuai dengan sejarah proses berdirinya Parisada Hindu Dharma Indonesia tahun 1959.

Menurut pendapat saya secara pribadi, BHISAMA SABHA PANDITA PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT Nomor: 04/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/V/2005 t e n t a n g PEDOMAN PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI ini dijadikan landasan utama untuk pandita yang berafiliasi dengan sampradaya asing Sai Baba & Hare Krishna (ISKCON)  berkembang secara massal dan menguatkan posisinya di PHDI , padahal Bhisama ini baru di tataran filosofis, sementara kerangka berfikir belum muncul yang harusnya berdasarkan Desa Kala Patra, sehingga tata laku dan tata sarana ritual mereka menjadi kacau, di mana kita bisa lihat sulinggih dari kelompok Organisasi Transnasional Sampradaya Sai Baba, pakemnya tidak jelas , Sebentar jadi Hotri, di lain sisi juga jadi Pemuput Banten.

Salah satu Mantra Homa Yadnya Hindu Bali "Om sariram kundam ityuktam, Triantah Karanan Idanam, Saptomkara Mayo Bahnir, Bhojadantu Udinditah Ang Astra Kala Agni Rudra Ya Namah" 

Menurut Putu Agus Yudiawan Poetoe Agus Yudiawan , Mantram ini biasanya digunakan saat Sulinggih akan menguncarkan Weda yg dikenal dengan Dagdig Karana. Mantram ini pula sebagai pembakar segala indriya sehingga seorang Sulinggih menjadikan dirinya sebagai Siwa terlebih dahulu sebelum memimpin upacara yadnya. Homa Yadnya yg dilaksanakan Hindu Bali menempatkan badannya sebagai tungku perapian bagi "Api Rahasya atau Siwa Gni". Siwa Gni inilah yg akan membakar Panca Indriya dengan menggunakan Budi, Ahamkara, Manah dan Tri Guna sebagai kayu bakarnya. Lalu tujuh Ongkara atau sapta atma atau tujuh cakranya sebagai api yang menyala terus menerus dan biji bijian sebagai yang dibakar dalam Siwa Gni. 

Segala upacara yadnya Hindu di Bali adalah perwujudan atau simbolisasi dalam diri karena Buana Agung dan Buana Alit adalah sama. Hal ini dapat kita lihat dari makna banten yaitu raganta twi (buana alit) dan anda buana (buana agung). Sehingga proses pembelajaran dalam diri (raganta twi) dan diluar diri (anda buana) akan selaras. 

Akan sangat berbeda dengan Agni Hotra ala organisasi transnasional sampradaya Sai Baba dengan menggunakan Dewa Agni sebagai penghubung kepada Tuhan. Disinilah letak perbedaan tafsir antara Agni Hotra versi organisasi transnasional sampradaya Sai Baba dengan Hindu Bali. Mereka kedalam diri sunya dan keluar diri berwujud, jadi antara Buana Agung dan Buana Alit di mana perwujudan atau simbolisasi ritualnya tidak selaras. 

Dalam Bhagawad Gita jelas dikatakan "Aku berada di luar dan didalam diri setiap insani...". Keseluruhan upacara yadnya Hindu Bali tentang perjalanan roh atau mengenal jati diri yaitu dari sunya kembali ke sunya. Dalam Bhagawad Gita dijelaskan jelas dalam Bab II.28 berbunyi "mahluk mahluk mulanya tak berwujud, berwujud ditengah tengah dan tak berwujud kembali pada akhirnya, wahai Bharata (Arjuna). Apa yang mesti diratapi ?" Jangan anggap remeh upacara yadnya di Bali karena semuanya sudah selaras dengan mantranya. 

Artinya antara mantra, aksara, mandala, wariga, tattwa, sila, acara dan atmanastuti saling terkait, selaras dan saling menjelaskan. Keseluruhan pakem hirearkis diatas terbungkus dalam Panca Yadnya implementasi dari Panca Sradha.

Pertanyaannya sekarang apakah Sulinggih Veda Poshanam Ashram (VPA) yang menggunakan Agni Hotra sebagai ritual utamanya sama dengan ageman Tri Sadhaka (Sang Siwa, Sang Bodha, Sang Bhujangga) sehingga mereka berhak mepuja dan muput di pelinggih padmasana dan pura pura umat Hindu Dharma Indonesia yang memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ Bhatara Siwa Yang Esa dengan ista dewatanya, di mana semua proses pendirian padmasana dan pura pura tersebut menggunakan upacara mulang dasar dan pedagingan berdasarkan tradisi Hindu di Bali ?. 

Apakah mereka menggunakan Caru kurban binatang mulai dari Eka Sata, Panca Sata hingga Tawur Eka Dasa Rudra ? 

Apakah mereka mengikuti ajaran Siwa Sidhanta/Siwa Buddha sejak Mpu Kuturan yang telah menyeragamkan religi dengan konsep Tri Murti ?. 

Dan banyak lagi pertanyaan lainnya sehingga selaras dari jnana hingga Catur Dresta dalam Hindu Bali. Hindu Bali tak mengenal ritual khusus menTuhankan Manusia, menyembah patung atau gambar atau foto atau hasil karya manusia. Apalagi foto Sai Baba yg dimuliakan, disucikan, bahkan disembah bak Tuhan Yang Maha Esa dengan ritual Arathi oleh pengikut Sai Baba di seluruh dunia . 

Hindu Bali sesuai dengan mantram dalam Yajur Weda 32.3 "natasya pratima asti.." artinya "Tuhan tidak berwujud". Kemudian Yajur Weda 40.9 berbunyi "andatama pravisanti ya asambhuti mupaste.." dan dilanjutkan dengan "andhatama pravisanti ya shambuti mupaste.." artinya mereka memasuki kegelapan bila menyembah unsur unsur alam dan tambah memasuki kegelapan bila menyembah hasil karya manusia". 

Dan yang paling penting adalah ketika seorang Sulinggih akan muput karya akan menjadikan dirinya Siwa terlebih dahulu. Bagaimana mungkin Siwa memuja photo Sai Baba yang seorang manusia ??? 

Sangat tidak sesuai dan kontradiksi. Dari sini saja sudah jelas apa yg dipraktekkan oleh Sulinggih Veda Poshanam Ashram (VPA) sangat bertentangan dengan ageman sulinggih Hindu Bali yaitu Tri Sadaka yang merupakan hubungan vertical ke atas dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sedangkan konsep Sarwa Sadaka sebenarnya di pergunakan dalam konsep horizontal/ke samping di mana sulinggih semua pesemetonan/semua soroh berhak memimpin upacara selama sang sadaka menggunakan tiga (3) ageman sulinggih Hindu Bali tersebut di atas. 

Boleh boleh saja VPA mengklaim tidak berafiliasi dengan organisasi transnasional sampradaya manapun tetapi faktanya semua sulinggih VPA yang bergelar “ AGNI ”adalah bhakta Sai Baba. Mereka menggunakan mantra mantra diluar dari stuti stava Sulinggih Hindu Bali dan tidak selaras atau terkait antara mantra, yantra dan tantra. 

Satu lagi pertanyaan jika melihat tata cara ritualnya, TATTWA apa yang digunakan oleh Veda Poshanam Ashram (VPA)  dan Apa FORMAT Ritualnya ?. 

Sebab ritual yg dilaksanakan oleh VPA, satupun antara mantra, yantra dan mandalanya tidak saling terkait satu sama lain atau tidak selaras sama sekali. (@ Putu Agus Yudiawan)

PERTANYAAN TERAKHIR : PEDOMAN GARIS PERGURUAN PARAMPARA VEDA POSHANAM ASHRAM (VPA), KATANYA BERASAL DARI GARIS GAYATRI SAVITRI – BRAHMARSI VISVAMITRA, MOHON DI JELASKAN SECARA DETAIL GARIS GURU PARAMPARA DARI BRAHMARSI VISVAMITRA HINGGA SAI BABA ATAU  VEDA POSHANAM ASHRAM ???

Gerakan organisasi transnasional Sai Baba "mengutak-atik" dan mau merombak tatanan masyarakat Hindu Dharma Indonesia khususnya Pakem Hindu Bali yang telah mapan dan bertahan (ajeg) semenjak berabad abad lalu yang dianut komunitas besar Hindu di Bali, bahkan sudah ada contoh di mana Photo Sai Baba di gantung di Padmasana (tempat pemujaan untuk  Ida Sang Hyang Widhi Wasa bagi umat Hindu di Indonesia ) di salah satu ashram Sai Baba di Denpasar dan menempatkan Siwa Linggam di bawah Photo Sai Baba . 

Organisasi Transnasional Sampradaya Sai Baba dengan Veda Poshanam Ashramnya (VPA) sering mengubah- ngubah tatanan upacara sekehendaknya lepas dari literatur- literatur sastra yang di gunakan oleh umat Hindu di Bali dan Nusantara ( Khususnya tidak sesuai dengan lontar Pelutuk Bebanten dan Tutur Rare Angon sebagai pedoman Bebanten dalam tradisi Hindu di Bali ), persoalan ini tidak hanya bersifat teologis lagi, tapi persoalan gerakan "merecoki" kedamaian agama Hindu yang mengakar di Bali dan Nusantara. 

Realitas ini sudah menimbulkan benturan karena sebagian besar masyarakat Hindu Bali baik yang tinggal di Bali maupun di luar Bali sudah merasakan ada gangguan ketenangan dalam beragama.

Untuk itu ke depannya, Bhisama PHDI bisa diputuskan manakala Bhisama menjadi kebutuhan umat Hindu Dharma Indonesia secara menyeluruh, bukan karena pesanan kelompok tertentu seperti Bhisama Sabha Pandita PHDI Tahun 2005 ini
***************************************************************************
Lampiran: Keputusan Pesamuhan Agung Parisada Hindu Dharma Indonesia Nomor: 07/Kep/P.A.Parisada /VII/2005 Tanggal 13 Juli 2005 

BHISAMA SABHA PANDITA PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT Nomor: 04/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/V/2005
t e n t a n g
PEDOMAN PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI
Atas Asung Kertha Waranugraha Hyang Widhi Wasa Pesamuhan Agung Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat

A. KEDUDUKAN DAN FUNGSI DIKSA 
Eksistensi diksa dalam ajaran agama Hindu adalah salak satu pengamalan Dharma yang memiliki sifat mengikat dan wajib dilaksanakan oleh seluruh Umat Hindu. Dengan demikian diksa merupakan dasar keyakinan agama Hindu sekaligus hukum moral yang wajib diyakini, dijunjung tinggi, ditaati serta dilaksanakan dalam rangka menegakkan Dhanna. Hal ini dinyatakan dalam mantram Atharvaveda XII. 1.1 dan Yajurveda XIX. 36, sebagai berikut: 

"Satyam brhad rtam ugram diksa ya topo brahmayajna prithivim dharyanii" (Sesungguhnya Satya, rta, diksa, tapa, brahma dan yajna yang menyangga Dunia). 

Vratena diksam apnoti, diksayapnoti daksinam, daksinam sraddham apnoti sraddhaya satyam apyate" 
(Dengan melaksanakan brata, seseorang mencapai diksa, dengan diksa seseorang memperoleh daksina dan dengan daksina seseorang mencapai sraddha, melalui sraddha seseorang mencapai satya) 

Usaha menyucikan diri melalui diksa sebagai salah satu perwujudan Dharma diamanatkan pula oleh Vrhaspatittatva sloka 25 yang merupakan kewajiban setiap umat Hindu yang dijabarkan melalui tujuh pengamalan Dharma, yaitu: si la, yajna, tapa, dana, pravrjya, diksa dan yoga. 

Melalui keyakinan terhadap kebenaran diksa ini, mengantarkan umat memahaini Veda dan melalui diksa pula umat Hindu meiniliki kewenangan belajar dan mengajarkan Veda. Dengan deinikian diksa meiniliki kedudukan sebagai institusi yang bersifat formal. Melalui pelaksanaan diksa seseorang menjadi Brahmana, "janmana jayate sudrah samskarairdvija ncyate" semua orang laliir sebagai sudra melalui diksa/dvijati seseorang menjadi Brahmana). 

Dari penjelasan tersebut maka pelaksanaan diksa memiliki tujuan untuk menyucikan diri secara lahir maupun bhatin sebagai sarana atau jalan untuk mentransfer pengetahunan ketuhanan (Brahmavidya) meialui media Guru Nabe atau Acarya, sekaligus sebagai pembimbing moral dan spiritual. Dengan melaksanakan diksa umat Hindu disebut Sadhaka atau Pandita yang meliputi berbagai nama abhiseka seperti : Pedanda, Bhagawan, Mpu, Dukuh, Danghyang, Acarya, Rsi, Bhiksuka, Vipra, Sadhu, Brahmana, Brahtnacari, Sannyasi, Yogi, Marti dan lain-lain yang memiliki kewenangan melakukan bimbingan Dharmopadesa maupun Lokapalasraya kepada umat. 

Kemudian mengenaimaknadiksa dvijati adalali merapakan proses transendensi dan sakralisasi menuju peneapaian kesadaran penyatuan dengan Brahman. Selain itu diksa dvijati tidak hanya sebagai inisiasi formal, melainkan menunjukan adanya jalinan bubungan yang bersifat pribadi dan mendalam antara Guru Nabe (Acarya) dengan murid (sisya). Lebih jauh lagi Atharvaveda XI. 5.3 menguraikan bahwa saat pelaksanaan diksa dvijati seorang Guru Nabe atau Acarya seakan-akan menempatkan murid (sisya) dalam badannya sendiri seperti seorang ibu mengandung bayinya, kemudian setelah meialui vrata murid dilahirkan sebagai orang yang sangat mulia (dvijati). Dengan demikian pelaksanaan diksa dvijati merupakan transisi dan gelap menuju terang, dan avidya menuju vidya. 

Dalam lembaga diksa dvijati kedudukan Guru Nabe begitu sentralnya, yakni memiliki hak prerogatif terhadap sisya-nya. agar tidak terjadi pengingkaran terhadap sasana dharmaning kawikon. Maka derai menegakkan Dhanna berdasarkan ketentuan sastra, seseorang yang akan menjadi Pandita wajib mengangkat Guru Nabe (manavagurn), Guru Vaktra, Guru Saksi, selain Siddha Guru ataupun Divya Guru.

B. PELAKSANAAN DIKSA DVIJATI
 Mengingat pemahaman Umat Hindu di Indonesia tentang ajaran agamanya berimplikasi pula terhadap eksistensi lembaga diksa maka Sabha Pandita memandang perlu meninjau ketetapan Sabha Parisada Hindu Dharma Indonesia II Nomor: V/Kep/PHDU68 tentang Pandita, serta keputusan seminar kesatuan Tafsir terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu ke-14 tahun 1986/1987 tentang Pedoman Pelaksanaan Diksa yang kurang mengakomodasikan dan memberikan kebebasan terhadap umat untuk memilih system diksa dvijati selain yang telah diputuskan dalam seminar tersebut diatas. Padahal sesuai kenyataan warga-warga tertentu khususnya di Bali telah memiliki mekanisme diksa dvijati yang telah ditetapkan dalam Bhisama leluhumya. Lebih-lebih dikalangan Sampradaya-sampradaya juga meiniiki mekanisme yang berbedabeda. Maka untuk itu Sabha Pandita menetapkan penyempumaan pedoman pelaksanaan diksa dvijati, sebagai berikut: 

1. Lembaga diksa dvijati sebagai dasar sraddha dan hukum moral dalam agama Hindu adalali bersifat wajib, maka Sabha Pandita mengakui berbagai system diksa dvijati yang ada, sepanjang konsepnya mengalir dan ajaran Veda. 

2. Memberikan keleluasaan serta kebebasan kepada umat Hindu yang bermaksud menekuni spiritual menjadi Pandita, untuk memilih sistem diksa dvijaii yang akan dilaksanakan sesuai ketentuan aguron-guron yang diikuti sepanjang dilandasi oleh atmanastusti. 

3. Tugas pencerahan dan bimbingan Dharmopadesa merupakan tanggung jawab semua potensi umat Hindu secara profesional, maka Sabha Pandita mendorong lahimya para Pandita yang representatif, berwawasan universal dan membimbing umat dalam pencerahan rohani. 

4. Pelaksanaan diksa dvijati untuk menjadi Pandita merupakan hak pribadi umat Hindu, maka segala persyaratan khusus dan mekanisme pelaksanaan diksa dvijati, atribut serta abhiseka kepanditaan sepenuhnya diseralikan kepada system aguron-guron yang diikuti oleh calon diksita. 

5. Dalam proses pelaksanan diksa dvijati Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat berkewajiban memberikan dukungan administrasi dalam rangka diksa pariksa dan rekomendasi setelah pelaksanaan diksa pariksa yang dipimpin oleh Guru Nabe atau yang ditunjuk, serta menerbitkan sertifikat setelah ada pemyataan dari Guru Nabe. 

Demikian pedoman ini ditetapkan sebagai tuntunan bagi seluruh umat Hindu, baik secara perorangan maupun kelembagaan. 

Ditetapkan di : Denpasar 
Pada Tanggal : 7 Mei 2005 

PIMPINAN PESAMUHAN SABHA PANDITA PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PUSAT 
Dharma Adhyaksa

Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa 

Wakil Dharma Adhyaksa, 

Ida Pandita Mpu Jaya Dangka Suta Reka

Sabtu, 23 Oktober 2021

KIDUNG HYANG SINUHUN RING KAHYANGAN DHARMA SMERTI

KIDUNG DHARMA SMERTI

SIANG DALU SRADA BHAKTI
PANGENING DARMA SEDANA
SUCI ENING RING SREDAYA
SADU BUDI SATYA DHARMA
YASA KERTINE PAGEHANG
HYANG SINUHUN SATYA UGI
LUGRAHA SADYA RAHAYU
SUKA WIRYA AYU WERDI


Om awignam manggala

Pralanggya ngayap pakulun

Sang sinanggah hyang sinuhun

Siwa Putra Prama Daksa


Mugi ledang singgih bhatara

Manyapsap dosaning hulun

Metu saking tri kaya

Tan ketaman baya kewuh


Aksi haturan kahula

Asep menyan majegau

Bhaktin kahulane tan lung

Aneda wara amertha

Ring bukpada hyang sinuhun

Ngawisesa tri buwana

Ring Kahyangan Dharma Smerti iku


Byakawone mangkin katur

Pemangkune ngastawayang

Panampatan penyade mangku

Pengiring pada mesaksi


Panglancangane sutri malih

Sami pade ngagem dupa

Pengacine sampun

Sabda rahayu dulurin


Paklemigiane katur

Nunas wara nugrahane

Ring ida sang hyang sinuhun

Siwa Putra maha yakti


Sarwa bhuta-bhuti

Sami sampun katuran laba

Mangda sida rahayu

Ngastawa ida hyang widhi


Pabyakawon mangkin katur

Peras elise margiang

Panglukatan anggen nurut

Pabresihan sanjiwani


Kasurya margiang rihin

Ring kahyangan pangubengan

Dharma Smerti iku

Pupute di jaba sami


SINGGIH RATU SANG HYANG SINUHUN,
KAULANE MANGKIN
NUNAS TIRTHA MAHASUCI
TIRTHA AMERTA KANG SINANGGUH,
PANGURIP SRAWE TUMUWUH
SANJIWANI YA ARANIYA
DASA MALA WUS SINANJUT
DADIA LUKAT  TANPA MALA
ATI SANTA PARISUDA

#tubaba@griyangbang#


Jumat, 22 Oktober 2021

PIDATO

Om Swastyastu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua, 

Shalom

Namo Buddhaya, dan 

Salam Kebajikan


Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Saat ini 209 negara di dunia termasuk negara kita Indonesia sedang menghadapi tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi korona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang. Dan kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam kesempatan ini, saya sampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada semua dokter, semua perawat, dan seluruh tenaga medis yang telah berjuang di garis depan dan terus berjuang hingga kini.

Dan mereka yang telah menjalankan peran penting tanpa pamrih: TNI, Polri, para relawan yang telah melaksanakan tugas di luar rumah untuk kita semua, atas nama masyarakat dan negara, saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya karena apa yang Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara lakukan merupakan pengorbanan yang luar biasa.

Kita sedang melalui krisis COVID-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat kondisi krisis dan setelahnya pun.

Untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan pembelajaran lewat online menggunakan alat-alat baru dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun.

Orang tua untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif, dan menimbulkan empati kepada para guru-guru yang tadinya mungkin belum ada.

Guru, siswa, dan orang tua juga sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan hanya suatu hal yang bisa dilakukan di sekolah. Tapi pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga pihak ini. Dan tanpa ada kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin bisa terjadi.Bapak dan Ibu yang kami banggakan, kita sebagai masyarakat juga belajar mengenai betapa pentingnya kesehatan, betapa pentingnya kebersihan, dan betapa pentingnya norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat kita.

Untuk generasi penerus bangsa tetap semangat belajar di tengah pandemi ini.

Dan tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan/berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, pakailah masker saat keluar rumah.

Ketika kedisiplinan kuat itu kita lakukan, astungkara kita akan kembali pada situasi dan kondisi normal dan dapat bertemu dengan saudara, bertemu dengan teman, bertemu dengan kerabat dan tetangga dalam situasi yang normal. Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja.


Terima kasih.

Om Shanti, Shanti, Shanti Om

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua, 

Shalom

Namo Buddhaya, dan 

Salam Kebajikan