Sabtu, 27 Februari 2021

UPACARA PAWIWAHAN

UPACARA DAN UPAKARA PAWIWAHAN
Olih : I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd
Upacara di rumah pengantin lelaki :
1. Mareresik
2. Mapiuning di Sanggah Surya
3. Upacara suddi-widani (jika salah satu agama lain) 
4. Mabeakala
5. Mapadamel
6. Metapak oleh kedua orang tua, berterimakasih dan mohon doa restu.
7. Mejaya-jaya
8. Ngaturang ayaban
9. Natab peras sadampati
10. Pemuspaan / Sembahyang
11. Nunas wangsuhpada / bija

Beberapa Tetandingan Banten Pawiwahan disebutkan sebagai berikut :
1. Banten Sesayut Plekempa
2. Banten Salah Ukur
3. Banten Panca Petika
4. Banten caru patemon
5. Banten Sesayut Purna Asih
6. Tetandingan Banten Sesayut Patemon
7. Tetandingan Tatebasan Bayakala 8. Pakala-kalan Pawiwahan, dll


Tetandingan Banten Sesayut Plekempa puniki kaanggen ring upakara pawiwahan, kawentenan nyane kalih soroh. Inggih punika;
  • Medasar antuk tetempeh kekalih, susunin taledan padha asiki, medaging nyuh masibak, 
  • nyuh masibak punika degingin nasi, nasin nyane maaru antuk toyan cendana, duwur nasi ne dagingin penek padha asiki. 
  • Makarya nasi sawatara 3 kelo, sisan nyane genahang ring tetempehe maka kalih, tetempehe asiki nasin nyane megaris (mapah) dados 9 garis, sane malih asiki nasi ne magaris (Ma-pah) pitu (7), medaging kacang hijo menyahnyah tur maintuk jantos halus, sambehang ring duwur nasine, bayem lalan 16 katih maseduh, genahang ring garis (pah-pahan) nasi ne punika, 
  • lawar bawi anggen pepesan sekadi geti-geti 16 besik, taler magenah ring garis nasine punika, malir lawar bawi anggen brengkes 16 besik genahang ring sor nyuhe sane medaging nasi, sate leklet 16 katih, sate asem 16 katih takir medaging rerasmen 16 takir, sami punika genahang ngiterin nyuh sane medaging nasi punika.
Putih taluh medadar megenah ring muncuk nasi peneke, macongger antuk sekar tunjung putih, magenah ring tetempehe sane medaging nasi magaris 9.
Kuning taluh medadar genahang ring nasi peneke macongger sekartunjung barak utawi kuning, magenah ring tetempehe sane medaging nasi magarais pitu (7), anggen maka ciri hulon nyane, genahang don selasih niyik acarang, taler ring duwur nasine ring tetempehe dagingin sekar mewarna manut warnanning pangider-ideran.

#Tetandingan Banten Salah Ukur
Kewentenan tetandingan banten salah ukur puniki, keanggen ring pakala-kalan pawiwahan, medasar antuk :
  • Taledan, medaging tumpeng putih 12 bungkul, 
  • Maulam bebek mabetutu asiki (l) lan ayam mabetutu asiki (l), magenah bilang samping utawi ngapit tumpeng, 
#Tetandingan Banten Panca Petika
Tetandingan banten panca petika puniki keanggen ring pawiwahan. Banten Panca Petika (Pegat Semaya Pati) kawentenan nyane kalih soroh, inggih punika;

Asiki: Medasar antuk dulang susunin aled gde asiki, medaging kulit peras bunter maserana antuk   busung  9 lembar, medaging beras tampelan, raka woh-wohan dena jangkep, medaging Cawu kekalih (2),
sane asiki medaging nasi pulungan mewarna kuning 7 pulung, Cawu sane malih asiki medaging nasi putih 5 pulung, Cawu punika maaled antuk kalakat suddhamala, kojong rangkadan 2 medaging rerasmen, ayam putih tulus mapanggang, ayam putih syungan mapanggang asiki, sampyan metangga/sampyan Peras.
Sane malih asiki: Medasar antuk dulang, duwur nyane susunin aled gde asiki, duwur alede susunin kulit peras mesarana antuk ron 5 bidang, medaging beras, tampelan, benang, tumpeng poleng asiki (putih-selem-putih-selem-putih), limas antuk ron medaging nasi penek putih padha asiki, magenah bilang samping tumpeng, suyuk antuk ron medaging bubuh putih asiki, suyuk antuk ron medaging bubuh barak asiki, maulam ayam ireng mapanggang, raka woh-wohan dena jangkep, penyeneng alit asiki pras alit asiki, daksina l, canang pahyasan, sampyan nyane sampyan Pengambian.

#Tetandingan Caru Patemon
Kewentenan tetandingan banten caru patemon puniki kepah dados papat luir ipune :
  1. Banten Magenah ring samping nyane sirep, kawastanin Banten Pepradangan, lwir nyane: Katipat bantal genep dadi atanding, nasi kepel mawadah don talujungan,ulam nyane hati magoreng 3 tebih matusu,tuwak asujang jinah 11 keteng.
  2. Banten Magenah ring tebenan nyane sirep, Banten nyane sarwa matah. Beras agemel, getih matah atakir, sedah tampinan.
  3. Banten Magenah ring duwur nyane sirepBanten Sesayut atanding: Madasar antuk aled sesayut, susunin tumpeng kuning asiki, tumpeng putih asiki, maulam ayam putih tulus mapanggang, raka woh-wohan dena jangkep, panyeneng alit, pras alit, sampyan nagasari, canang burat wangi lenga wangi 12 tanding.
  4. Banten Salwiring Dina patemon, medasar antuk taledan masarana antuk don pandan, matatakan kalakat suddhamala, medaging nasi palupuhan, maulam baking gegending, mwang basang, mapencok balulang, taluh matah, emba dena jangkep jangan asem, susuin rwaning pulet, rwaning don bingin, metali benang tri datu, sesantun nyane anut uriping panca wararaka woh-wohan dena jangkep, sedali porosan 13, kawangen 13, tulung barak 13, sesari 225, genep sopakaraning sesantun.

#Tetandingan Banten Sesayut Purna Asih
Tetandingan Banten Sesayut Purna Asih puniki keanggen ring pawiwahan, medasar antuk dulang susiming wastra selem lan kuning merajah Smara Ratih, susuning aled sesayut antuk busung nyuh gadang maplekir maileh, medaging beras, ketan, injin, medaging nasi pangkonan asibak ireng asibak kuning, medaging tumpeng ireng 4 bungkul, tumpeng kuning 7 bungkul, canang sari, canang pangrawos, canang gantalsekar selem lan sekar kuning, tulung apasang, ayam ireng mepanggang, ayam putih syungan mapanggang, genahang manut tumpeng nyane, sami winangun uripartha 225, jangan bayam luhur atanding, sambel mica ginten, tabya bungkut atakir, sesawur maurab emba atakir, kalungah nyuh gadang 1, lis senjata antuk busung, penyeneng alit, pras alit, sampyan Nagasari, canang pahyasan, tatebus ireng lan kuning.
Tetandingan Banten Tatebasan Sesayut pamlepehan puniki anggen ring Negteg Pulu ring kamanusan, medasar antuk aled sesayut mesibeh,
  • medaging beras acatu, 
  • matatakan kampil anyar, 
  • base tampelan 5 siki,  
  • tumpeng barak l. maulam sere barak, 
  • panyeneng alit, 
  • pras alit, salaran saha tegen tegenan antuk tebu cemeng, 
  • kalungali nyuh gadang l,  
  • lis peselan, padma, isuh-isuh jinah 225,  
  • daksina 1, benang atukel, 
  • raka woh-wohan dena jangkep, 
  • coblong 1, payuk pere 1, sampyan nagasari, canang - pahyasan.

PITRA YADNYA DUDONAN ATMA WEDANA (NYEKAH)

PITRA YADNYA DUDONAN ATMA WEDANA (NYEKAH) HANYA UNTUK SANG PANDITA. PINANDITA ATAU PEMANGKU BELUM DIPERKENANKAN UNTUK MELAKSANAKAN UPACARA PITRA YADNYA.

 1. Mpungku, glaraken argha-patra (asurya sewana), jangkep saparikramanya, saha akarya tirtha pangresikan sami, mwah tirtha manut sakabuatan ring yadnya, abhusana jengkep saparikramaning sang Pandita amuja.

2. SURYA STAWA:
 Saptongkara-mantra, Anantasana, Catur-iswrya, Padmasana, Utpeti, Sthiti, Pungu dening Catur-sandhya, Ksipta-puja, Siwi karana, Tri-tattwa, Udakanjali, Asta-puja, Aditya-stawa, Toya tarpana, Catur-tarpana, Siwa-amrtha-mantra, Sembah Kuta-mantra, Stawa Bhatara Surya.

 3. LINGGA-STAWA:
 Om, Pranamya sirase Lingam, Dewya-linggam Maheswaram,
 Sarwa Dewati-dewanam, Tasmai linggam ya wai namah.

 Om, Om, Atma-lingga ya namah.
 Om, Om, Siwa-lingga yanamah.
 Om, Hrang-Hring-Sah, ParamaSiwa-lingga-dipataye namah
 swaha.

4. AKASA-STAWA. PRETHIWI-STAWA.

5. GIRIPATI-STAWA.
 Om Giripati Dewa-dewi, Loka natha jagat-pati
 Sakti manta maha-wiryam, Jñana-manta Siwãtmakam.

 Om, Iswara dibya-caksu, maha-padma namo namah,
 Ghora-ghore maha-suksma, adhi-dewa namo namah.
 Om, Paramestha-paramesthi, Paramartha namo namah,
 Adhi-karanam ewanca, Nang-karane namo namah.
 Om, Maha-rodhram maha-suddham, sarwa wighna winasanam,
 Maha-kruram maha-tattwam, Adhi-dewa ya namo namah.

 Om, Mahadewa Sangkarasca, Siwa Sambhu bhawastute,
 Maheswara Brahma Rudrasca, Siwa Isana ya wai namah.

 Om, Namaste bhagawan Agni, Namaste bhagawan Hari,
 Namaste bhagawan Isa, Sarwa bhaksa Uttasanam.

 Om, Tri-warna bhagawan Agni, Brahma Wisnua Maheswaram,
 Saktikam postikan caiwa, Raksanañca bhicarukam.

 Om, Anujñanam kretta-lokam, So-bhagyam priya-dharsanam,
 Yat-kancit sarwa karyani, Siddhir ewa ca samsayah.

 Om, Brahma Prajapati sresthah, Swayambhu waradam guruh,
 Padma-yoni catur-waktram, Brahma sakayam ucyate.

 Om, Iswara Uma-dewisca, Mahesora Laksmi-dewi,
 Brahma Saraswati-dewi, Rudra Santani-dewi.

 Mahadewa Saci-dewi, Sangkara Warahi-dewi,
 Wisnu-dewi Sri-dewi, Sambhu-dewa Uma-dewi.

 Siwa-aditya Candra-dewi, Sunya-Siwa ta pujitam,
 ArdhanareSwari-arcanaya namo namah swaha.


6.      PRENAMYA-DEWA. UPAHREDAYA, UDAKANJALI.
MATUR PIUNING RING ATMA WEDANA.
AGLAR PECARUAN; Jangkep saparikramaning pecaruan.

10. NGILI-ATMA:
Adegakna ring Puspa lingga;
Saptongkara-atma.
Padmasana, Anantasana. Utpeti, Sthiti,
Dewa pratistha, Siwi-karana, Tri-tattwa.
Upahredaya, Udakanjali.

 11. Kunapa-bhiseka
OM, Ah-Khah-Ang-Ah, OM-Ang. OM, Brahmane namah.
OM, Ang-Khah-Ang-Ah, OM-Ung. OM, Waisnawe namah.
OM, Ang-Khah-Ang-Ah, OM-Mang. OM, Iswara ya namah.
OM, Pitra bhyah swadah. OM, Matra bhyah swadah.
OM, Pitamahe bhyah swadah. OM, Matamahe bhyah swadah.
OM, Prapitamahe bhyah sadah. OM, Pramata mahe bhyah swadah.

 12. Catur-Dewa-Atma.
OM, Namowah Pitara Ghana ya namah swadah.
 (Ring Murdhi/sirah).
OM, Namowah Pitaro Pita ya namah swadah.
 (Ring Mukha/rahi).
OM, Namowah Pitaro Wasa ya namah swadah.
 (Ring Hredaya/hati).
OM, Namowah Pitaro Sukla ya namahswadah.
 (Ring Sarwa-angga).

Tibani tang sekar ping tiga maring adegan sawa.
OM. Prajapati ya namah swadah. (Ring Hulu/sirah).
OM. Pitamahe bhyo namah swadah. (Ring Bhrumadhya/lelata).
OM. Mata-mata mahe bhyo namah swadah. (Ring hati/hredaya).

(Sangkepi) (Patanganan).

13. Brahma-rahasya.
OM, Ang, Brahma-dewani wretaya, Sarwa-atma sarwa pãpa-klesa,
 Catus pataka winasa ya namah swadah. (Ring Sukukiwa).
OM, Ang, Wisnu-dewa pratisthaya, Sarwa-atma sarwa pãpa-klesa,
 Catus pataka winasa ya namah swadah. (Ring Suku tengen).
OM, Ang, Iswara-dewa widya ya, Sarwa-atma sarwa pãpa-klesa,
 Catus pataka winasa ya namah swadah (Ring Sarwa -angga).
OM, Ang, Sakti Rudra-dewata ya, Sarwa-atma sarwa pãpa-klesa,
 Catus pataka winasa ya namah swadah. (Ring Sirah tengen).
OM, Ang, Mahadewa satyatitha ya, Sarwa-atma sarwa pãpa-klesa,
 Catus pataka winasa ya namah swadah. (Ring Sirah kiwa).
OM, Ang, Param-tejo sa-niskala-atmanam, Kewala pada samsthita ya,
 Nila-anjanya namah swadah.

 (Sangkepi) (Patanganan).

14. Pungu Pitra.
(Ayan. Bag, Jag, Pit, Swa, Tis).
 OM, Ayantu Pitaro-dewam, Ayantu-pitaro Ghanam,
 Ayantu Pitaro sarwam, Saganah sapari warah,
 waradah bhawantu swadah.

 OM, Bagyantu Pitaro-dewam, Bagyantu pitaro-Ghanam,
 Bagyantu Pitaro sarwam, Saganah sapari warah,
 waradah bhawantu swadah.

OM, Jagrantu Pitaro-dewam, Jagrantu pitaro-Ghanam,
 Jagrantu Pitaro sarwam, Saganah sapari warah,
 waradah bhawantu swadah.

 OM, Pitantu Pitaro-dewam, Pitantu Pitaro-Ghanam,
 Pitantu Pitaro-sarwam, Saganah sapariwarah,
 waradah bhawantu swadah.

 OM, Swagancantu Pitaro-dewam, Swagacantu Pitaro-Ghanam,
 Swagacantu pitaro sarwam, Saganah sapariwarah,
 waradah bhawantu swadah.

 OM, Tistantu Pitaro-dewam, Tistant Pitaro-Ghanam,
 Tisthantu Pitaro sarwam, Saganah sapariwarah,
 waradah bhawantu swadah.

(Sangkepi). (Patanganan).

 15. Pitra-stawa.
OM, Swaha swadah ca pujas ca, Tri-widah Pitaras-tatha,
 Pita-pita mahaś caiwa, Tatasca Prapita mahah.

 OM, Mata-mata mahas ca pi, Prapita maha samjñakah,
 Pitaras tarpanyaste, Hyapa- sawyodaka-dibhih.

 OM, Śiwam-api Pitra-rupam, Pitra-kanam hitartham,
 Trinayana rwesabangkam, Loke samhara-kale.

 OM, Tam-ajam-atulam-ekam, Wiswa samraksa-nartham,
 Bhuwana sraja-manam, Tam Bahma rupam-namami.

 OM, Namah Pitra watsalaya, Sarwa wira kara satawelaya,
 Sarwa wira phala kaya, Siddhi predhana ya namah swadah.

 OM, Somapah nama wiprani, Ksatriya hawir bhujah,
 Waisyanam madhyapah nama, Sudrantu sukha linah ya namah swadah.

 ( Sangkepi). ( Patanganan ).

16. Sang Pitra, Mapetik, Anglukat Pitra, Dyuskamaligi ring Pitra, Abhasma mwang karowistani, Maweh pajaya-jayan mwang pawisik ring Pitra.
Mantrani Dyuskamaligi; OM, SangHyang Yati-pegat, pegat rampung sarining wisesa, Tepung tawar hangilangaken sebel kandel, trimala, panca mala, dasa-mala, satus pãpa patakaning sarwa atma winasa ya namah swadah.

17. Sang Pitra muspa ring Bhatara Lingga.

18. Ida Bhatara Lingga tedun, mapurwa daksina :
Om, Swetambara-dharam dewam, Swetan ca-pi- pita mahah,
 Pitram-api ri treptyanam, Iswara dewa namamy-aham.
 Om, Raktambara-dharam dewam, Raktan ca- pi- pita-mahah.
 Pitram api ri treptyanam, Brahma-dewam namamy-aham.
 Om, Pitambara-dharam-dewam, Pitan ca- pi -pita mahah,
 Pitram-api ri treptyanam, Mahadewa namamya-aham.
 Om, Wiswambara-dharam-dewam, Wiswanca-pi-pita mahah,
 Pitram api ri treptyanam, Dharma-dewa namamy-aham.
 Om, Panca-pita-mahe bhyo namah swaha.
 Om, Pitra-samanta-anugata-wara-wisunya swaha.
 Om, Dewa Pitara pratistha ya namah swaha.

19.     Guru-stawa, saha Kawitan- stwa.
20.     Dewa-Pitara-stawa.
Om-kara-aksara wijatam, Dipta pawakam-mandhalam,
 Pitra guhya Prajapati, Brahma Pitara namamy-aham.

Hung-kara-aksara wijatam, Saracchandra su-nirmalam,
 Pitra usnisa Siwa twam, Wisnu Pitara namamy-aham.

Ah-kara-aksara wijatam, Naksatra-dewa mandhalam,
 Pitra maha-suksma-jñanam, Taya Pitara namamy-aham.

 Om, Om, Pitra-ksama sukha ya namah swaha.
 Hung, Hung, Pitra-ksama purna ya namah swaha.
   Ah, Ah, Pitra-sunya ya namah swaha.

21.     Catur-weda-stawa.
22.     Amanah Toya, akarya tirtha padudusan;
Mantra-tirtha padudusan;
 Om, Salilam wimalam toyam, atoya tirthasya bhojanam,
Subhiksaya samataya, Dewanam lisa nasanam,

Om, Pawitram Gangga tirthasya, maha-bhuta maho-dadhi,
Wajrapani maha-tirtham, papa-nasanam kali-nadhi.

Om, Pomyana priya sa-nityam, Adadhi-tire priyam tatha,
Sarwa Dewati-dewaya namaste ya namo namah.

Pajayan-jayan tirtha Padudusan;
Om, Tirthayam tirtha-pawitram, Gangga-ranu toya-ghanam,
 Purusam naga-wasukim, Agni-hredaya toyanam.

 Om, Ya warnam tejo-toyanam, Na-sthiti ma-rupa-taya,
 Nirmalam Nama Siwaya, Taya-karanam asinam.

 Om, Gandhari tejo pawitram, Karanam wajro bhiksukam,
 Jaladhi tasik ghorayam, Toya nirmalam pawitram.

Ri kala ngemargian Padudusan, enter antuk pangastawan ”Wai Camani-stawa”:   
Om, Dewarcanam sarwa-dewam, Arghyantu camanam-dewam,
 Ahyastu Dewati-dewah, Sarwa mala suddha-nityam.

Om, Dewa-dewai maha-siddhi, Suddha-pratisthanam-diwyam,
 Pawitram tirtha-amrthanca, Sarwa-dewa pratisthanam.

Om, Dewarcanam Utpattis tu, Asthiti trepti-karanam,
 Bhojanam laksanam-yuktam, Ong-kara-dewa tarpanam.

Om, Bhuktyantu suksma-karanam, Antyesti purusa-mantram,
 Siwãmretha anugrahakam, Sangkara Dharma-laksanam.

Om, Hrang, Puspa ya namah.
Om, Hrèng, Gandha ya namah.
Om, Hrung, Wausad widyayai namah.
Om, Hreng, Hung, Dhupebhyo namah.
Om, Hrong, Wausad Dipèbhyo namah.
Om, Rah-phat-astra Siwãnggaya namah swaha.
Om, Hrang, Hring, Hrung, Hrèng, Hrong, Brahmãnggaya namah.

23.     Ngonèk banten ring Panyekahan.
24.     Ngastawayang banten Catur;
 Om, Ang, Brahma catur mukha gopta, Rakta warna catur-bhujam,
 Rakta-bhuktam Brahma raktam, Raktãsana Brahma rupam.

 Om, Ung, Wisnu catur bhuja gopta, Kresna warnam catur-bhujam, Kresna-bhuktam
Wisnu-rupam, Kresnãsanam kresna rupam.

 Om, Mang, Iswara catur-bhujam, Tri-nayana sweta-warnam,
 Sweta-bhuktam sweta-warnam, Swetãsanam Iswara-rupam.

 Om, Ong, Mahadewa pita warnam, Catur-bhuja Rudra-rupam,
              Mahadewa pita-bhuktam, Pitãsanam Mahadewa.

25.     Ngastawayang Pulagembal;
Om, Prathamantu mahadewi, Dwiyantu mahadewi,
 Trityantu Sangkara-dewi, Caturti wresabha dwajam,
 Panca misula pinica, Saktinca Kala manam,
 Nawami Dewa-dewasah, dasa-parwa yeka-priyah,
 Dwi-dasa-sewa murtyante ya namah swaha.

26.     Ngastawayang Sekar-taman;
Om, Ghana-ghana-pati sweta warnam uma dewi,
 Rakta warnam Saraswati, Pita warnam Saci-dewi,
 Kresna warnam Sri-dewi ya namah swaha.

27.     Ngastawayang Bebangkit:
Om, Aryãdhika maha-siddhi, sarwa karya maha nirmalam ya namah swaha.
Om, Pukulun Bhatari Durga, Bhatara Ghana, Bhatara Brahma, Bhatara Yamaraja, Sang Wudugbasur, sang Had, sang Wil, sang Detya, sang Dengen, sang Raksasa, sang Bhuta Kala Ngadang ring marga agung, sang Bhuta Kala Drembhamoha ring pajagalan, sang Bhuta Kala Wingsaya ring pajuden, sang Bhuta Kala katung ring pasar agung, mapupul ta sira kabeh, tingali bhaktininghulun, padha kenak ta sira alungguha, anutaken lungguhnya soang-soang, padha amukti saturan manusan nira, hangaturaken sorohan Bebangkit saha saruntutan nya kabeh ……

28.     Upasaksi ring sang Hyang Triyo-dasa-saksi.
29.     Ngayab ring Surya. Saha ring sor sanggar Surya.
30.     Ngayab ka luhur. ring Sangge, Saha ring Damar kurung.
Catur pamuktyan:
Om, Dewa-dewi maha-siddhyan, Yadnyikanam phalam-idam,
 Laksmi siddhisca dirghayur, Nirwighna tu sukha wredhi.

Om, Adyame saphalam bhuktam, adyame saphalam tapah,
 Adyame sa-phalam jnanam, Tatah-punyam sureswaram.

Om, Pujitam parama-diwyam, Dhupa-dipa niwedyanca,
 Sarwa phalam pahyasanam, Mudgalam tambulanca-pi.

Om, Bhojayet Dewati-dewah, Seswari ca warapradah,
                Prayojanam na-samsayet, Maraneka twam-murtibhih,

Om, Bhuktyantu Dewanca, Bhuktyantu Dewasca,
 Bhuktyantu sarwa to Dewa-dewanca.
 Bhuktyantu Sri-Lokanatha,
saganah sapari warah,
 Sawarga sadasi-dasah.
Om, Bhukti trepti-laksana ya namah swaha.
Om, Ksama sampurna ya namah swaha.

31.     Ngayab ring Dewa Pitara:
Om, Bhojyantu Pitaro-dewam, Bhojyantu ca-pi-pita-mahah,
 Bhojyantu Prapita mahah, Saganah sapariwarah,
 sawarga sadasi-dasah.

Om, Bhuktyantu Pitaro-dewam, Bhuktyantu ca-pi-pita-mahah
 Bhuktyantu Prapita mahah, Saganah sapari warah,
 Sawarga sadasi-dasah.

Om, Treptyantu Pitaro-dewam, Treptyantu ca-pi-pita-mahah,
 Treptyantu Prapita mahah, Saganah sapariwarah,
 Sawarga sadasi-dasah.

Om, Ksamantu Pitaro-dewam, Ksmantu ca-pi-pita mahah,
 Ksmanantu prapita mahah, Saganah sapariwarah,
 Sawarga sadasi-dasah.

Om, Bhukti trepti-paripurna ya namah swaha.
Om, Anmg, Ksama-sampurna ya namah swaha.

32.     MUSPA;
Sembah puyung.
Muspa ka Surya.
Muspa ka Giripati.
Muspa ring Tiga-Guru (Kawitan).
Muspa Ring Sang Dewa Pitara.
Muspa ring Bhatara Samodaya.
Sembah Puyung.

33.    Ksama swa mam jagat-natha.

 Esuknya atetangi mwang maweh Pralina.
34.           Mpungku, abhusana jangkep, glarakena saparikramaning sang Pandita amuja.
35.          Puja Pitra/Dewa-Pitara-Stawa:
Om-kara-aksara wijatam, Dipta pawakam-mandhalam,
 Pitra guhya Prajapati, Brahma Pitara namamy-aham.

Hung-kara-aksara wijatam, Saracchandra su-nirmalam,
 Pitra usnisa Siwa twam, Wisnu Pitara namamy-aham.

Ah-kara-aksara wijatam, Naksatra-dewa mandhalam,
 Pitra maha-suksma-jñanam, Taya Pitara namamy-aham.

 Om, Om, Pitra-ksama sukha ya namah swaha.
 Hung, Hung, Pitra-ksama purna ya namah swaha.
 Ah, Ah, Pitra-sunya ya namah swaha.

36.     Pamuntul Marga;
 Om, Tulup pundu manik muncar, Les-ser, Ah-Ang.
Om, Hrang, Hring, Sah, Parama Siwãditya ya namah.
Trinayana, catur bhuja, Brahma-rupa ya.
             Om, Lingga murti ya namah.
             Om, Ayantu Pitaro-dewam, Ayantu ca-pi-pita mahah,
                        Ayantu Prapita mahah, Saganah sapariwarah,
                        Sawarga sadasi-dasah ya namah swaha.

             Om, Margantu Pitaro Dewam, Margantu ca-pi-pita mahah,
                        Margantu Prapita mahah, saganah sapariwarah,
                        Sawarga sadasi-dasah ya namah swaha.

             Om, Swargantu Pitaro-dewam, Swargantu ca-pi-pita mahah,
                        Swargantu Prapita mahah, Saganah sapriwarah,
                        Sawarga sadasi-dasah ya namah swaha.

             Om, Moksantu Pitaro-dewam, Moksantu ca-pi-pita mahah,
                        Moksantu Prapita mahah, Saganah sapariwarah,
                        Sawarga sadasi-dasah ya namah swaha.

             Om, Sunyantu pitaro-dewam, Sunyantu ca-pi-pita-mahah,
                        Sunyantu Prapita mahah, Saganah sapariwarah,
                        Sawarga sadasi-dasah ya namah swaha.

            (Sangkepi). (Patanganan).

37.     Panglepas Atma;
Om, Sunya-nirmalam moksanam, Wyoma-akaSa Siwalayam,
 Swarga dipam-mani swetam, Dewa Pitara Pratistham.

Om, Rawi soma hutas endrah, Kesawo Brahma ewa ca,
Iswara-dewah sarwete, Pada-sthah sapta-bhedakah.

Om, Paran sang Dewa Pitara amilihana swarga nira,
 Ring swarga loka, Surya loka, Candraloka, Agniloka,
 Ring Brahmaloka, Wisnuloka, Iswaraloka.

38.     Pamralinan;
 Om, Dwa-dasãnggula-samsthanat, Wimuktah Paramam-Siwah,
             Sunyam-ewam param-kyati, Jñatawyo moksah ity-atah.
             Om. Ang, Ati-sunya ya namah.
             Om, Ang, Parama-sunya ya namah.
             Om, Ang, Parama-nirbhana-sunya ya namah.
             Om, A, Ta, Sa, Ba, I, Wa, Si, Ma, Na, Ya, Ung-Ang-Mang, Ah-Ang

39.     Amangolih sang agawe hayu :
 Om, Amangolih sang agawe hayu, lawan sira sang amilepas,
 Ama amangguhaken sukha rahayu, luputing ila-ila upadrawa sekala-niskala, padha amangguhaken dirghayusa paripurna yowana aweta urip.
 Om, Sri ya wai namah swaha.

40.    Ksama swa mam Jagat-natha.

PUPUT.


NGASKARA

UPACARA PENGASKARAN


Ngaskara (askara=penyucian=pebersihan) adalah penyucian roh dari Atma Petra (roh orang baru meninggal) menjadi Pitara. Ketika kematian terjadi, prakerti (badan kasar) terpisah dg atma (roh) (antahkarana sarira) tapi masih diikuti oleh suksma sarira (alam pikiran, perasaan, keinginan, nafsu). Karenanya roh perlu dibersihkan dg askara (inisiasi). Oleh krn itu roh yang tidak diaben puluhan tahun akan berubah jadi Bhuta Cuil (roh yg tidak bersih) yang mengganggu kehidupan manusia
Pelaksanaan Ngaben harus diikuti upacara Pengaskaran untuk mengembalikan unsur Panca Maha Butanya secara sempurna, sehingga kesucian dari Sang Petra terus ditingkatkan, dari Petra menjadi Pitra, pitra menjadi Dewa Pitara, kemudian dari status Dewa Pitara menjadi Hyang Pitara atau Betara Hyang. Contoh puja masing-masing status tersebut adalah:
Status Petra: Om Tigantu Atma Petras ca, Tigantu Atma Petranam,  Tigantu Atma Petra, Sarwa yn Swadah.
Status Pitara: Om Jagrantu Pitara Ganem, Jagantu Pitara Ganem, Jagrantu Pitarah, Sarwa yn Swadah
Status Hyang Pitara: Ong Ayantu Pitara Dewa, Ayantu cariman pujam, Ayantu I A Se Te I, Siprathisto siprathisto, yn swadah, Ong nama wah pitaro suksma yn swadah. Ong namo wah pitara turya yn swadah. Ong nama wah pitaro ktan, yn swadah.

Pengabenan sepatutnya disertakan “Pengaskaran” (Samskara Atma Preta) baik Utama, Madya, Nista. Prinsipnya Petra itu harus diproses agar menjadi sifat pitara, kemudian disucikan lagi menjadi Dewa Pitara, disucikan lagi menjadi Hyang Pitara (Betara Hyang), agar bias distanakan di Pemerajan (Hyang Kemulan). Jika tidak melaksanakan Pengaskaran berarti belum sempurna penyucian terhadap Sang Petra, hal inilah yang dapat merusak jagat.

Upakara dasar Pengaskaran adalah sebagai berikut:
Upakara surya paling kecil memakai banten “Ardha Nareswari, Banten pebersihan, Banten Dyus Kamaligi, Banten pisang jati, Banten kerayunan, Banten Peguruyagan, dapat diganti dg banten Guru Piduka, Banten Penebusan, Banten Penebusan alit, Banten pengadang-ngadang, Laban Kalika, Caru ayam brumbun, Laban rare, Laban kawah, Laban Cikrabala dan Kingkarabala (tetandingan balung Gegending dan Ketupang

Sarana Pengaskaran
  1. Bale Pawedan (Pamiosan) untuk pandita. Jika di mrajan, Bale Piasan bisa digunakan untuk Pamiosan pandita. Dibuat leluhur.
  2. Banten pengajuman kajang, banten pemerasan.
  3. Sanggah surya: daksina, sesantun, suci 2 soroh, pejati, peras, pengambean, sesayut ardenareswri, rayunan putih kuning, rantasan, pesucian, klungah nyuh gading (dikasturi).
  4. Banten di sor sanggah surya: pejati dan suci asoroh, gelar sanga, segehan cacahan.
  5. Banten arepan sawa: banten ayaban (pemereman), uel kurenan, sesantun, suci, banten saji, panjang hilang matah lebeng, banten pengadang-ngadang, bubuh pirate putih kuning, nasi angkeb, penek catur warna, caru beten kolong sawa, diyuskamaligi, pejati, eteh-eteh pemetikan (gunting, blayag, tunjung putih), pemanahan, caru siap brumbun (caru tapakan sawa).
  6. Banten pengresikan: Prayascita, Bayekawonan, durmanggala, lis bale gading, pengulapan.
  7. Banten arep sulinggih: daksina gede, sesantun alit, suci asoroh, pejati, peras, pengambean, pemanisan, segehan warna lima asoroh.

MAKNA BERBAGAI SIMBUL PENGASKARAN
1.    Tirta Pengentas: Pe = pegat, ngen = ngen-ngen = trena, tas = hangus. Tirta Pengentas untuk memutuskan dan menghilangkan Tresna agar kembali kepada kekuatan amertha yaitu ke Siwa Merta.
2.    Tirta Pemanah artinya: toya berasal dari sindhu atau hindu atau windhu artinya kosong atau sunya. Pemanah artinya: pe dan manah = alam pikiran. Tirta Pemanah = untuk mengembalikan  Panca Maha Butha berdasar ketulusan hati.
3.    Toya Penembak: pe = pemutus; nembak = pembuka jalan. Tirta Penembak: untuk memutuskan agar terbentuk jalan ke Sunya Mertha.
4.    Pengawak Adegan: simbul dari Panca Maha Butha. Wakul simbul pertiwi, sampian simbul akasa, kwangen simbul apah, tongkat adegan simbul bayu, prerai simbul teja.
5.    Tiga Sampir: untuk memendak toya pemanah dan memendak daun beringin. Tiga sampir sebagai simbul tiga sosok apsari: Widyadari Nilotama, Widyadari Supraba, Widyadari Ken Sulasih. Ketiganya utusan Dewata untuk membawakan tirtha pawitra sebagai tirta penglukatan.
6.    Baju antakesuma: sebagai simbul kekuatan pelepasan dalam proses pengembalian Panca Maha Butanya kepada sumbernya dalam arti mengandung konsep Moksartham Atmanam.
7.    Payung Pagut: untuk mendak toya pemanah atau mohon daun beringin, sebagai simbul Bale Salunglung yaitu stana para Dewata mengadakan peparuman untuk memberikan keputusan kepada setiap mahluk di dunia yang Beliau kehendaki sesuai dengan kodratnya.
8.    Puspa Lingga: pada upacara pemukuran yang menjadi obyek penyucian adalah badan puspa lingga. Setelah Panca Maha Butha disucikan, kemudian distanakan di pengawak adegan. Tapi setelah menjadi puspa lingga, Panca Maha Buta menjadi Panca Tan Matra dan dibuatkan simbul sbb:
a.    Tangkai sekah dari bambu buluh gading sbg simbul Ganda Tan Matra
b.    Daun beringin sbg simbul Rasa Tan Matra
c.    Jemeknya (mirahnya) sebagai simbul Rupa Tan Matra
d.    Menurnya sbg simbul Sabda Tan Matra
e.    Namenya sbg simbul Sparsa Tan Matra.
9.    Kwangen Pengerekan (ngereka). Kwangen penyolasan untuk mengisi persendian berisi 225 uang kepeng (jumlahnya 9 artinya pranawa/pralina). Gegaleng 250 dijumlah menjadi 7 artinya sebagai simbul sapta sunia.
10. Daun beringin. SH Widhi pd waktu menciptakan seisi alam bermanifestasi menjadi SH Prajapati. SH Prajapati bermanifestasi menjadi SH Kalpa Wrksa dengan pangkal pohonnya berada di alam sorga, sedang ujungnya berada di alam semesta (Phon Beringin Sunya Mertha). Kalpa Wrksa ini bermanifestasi kea lam semesta sebagai:
a.    Ranting (bangsingnya) menjadi sarwa denawa, danuja dan sarwa raksasa
b.    Daunnya bermanifestasi menjadi kekuatan Panca Maha Butha
c.    Batang pohon bermanifestasi menjadi kekuatan urip dari semua mahluk
d.    Cabangnya menjadi karma dari semua mahluk dunia
e.    Bunganya menjadi sarwa dewa, sarwa dewata sbg kekuatan Betara di ala mini.
f.     Buahnya menjadi hukum Rta nya SH Widhi
g.    Setetes air yang gemerlapan di ujung daunnya sbg percikan atma ke  alam semesta ini (Lontar Praja Pati Tattwa).
11. Kekecer: sarananya: tangkai bambU, seuntai padi, bulu ayam, bulu angsa, kain sutra. Digunakan pd waktu jenasah diberangkatkan ke setra , kececer ditancapkan setiap 9 meter sambil menghaturkan banten peras jalan. Sebagai pembuka jalan dan mengandung konsep Moksrtam Atmanam. Padi = pada= padang = galang apadang. Bulu angsa = angesah artinya telahpergi. Bulu ayam = simbul panca maha butha. Kain sutra = panca maha butanya telah disucikan shg berwujud lebih halus.

URUTAN UPACARA PENGASKARAN
Upacara pengaskaran (Inisiasi) memisahkan pengaruh suksma sarira terhadap antah karana sarira (roh). Inisiasi dilakukan terhadap adegan (simbul atman atau roh atau purusa atau antah karana sarira) dengan melaksanakan dwijati terhadap roh yang meninggal, bukan jasadnya. Dwijati ditandai dengan acara pemetikan adegan.
Urutan upacara pengaskaran adalah sebagai berikut:
  1. Ngeringkes kajang, digulung oleh pemangku dg penglingsir dan keluarga. Letakkan kembali di Bale Pengajuman.
2.    Sang Pemuput melakukan:
a.    Ngarga Tirta
b.    Surya Sewana
c.    Ngangge Giri Pati Stawa
d.    Ngangge Brahma Stawa. Dll
3.    Untuk pengabenan welaka tingkat madya dan kanista boleh menggunakan tirta sudah puput (wiweka jnana).
4.    Mujanin pedudusan selengkapnya
5.    Tirta yang dibuat Sang Pemuput:
a.    Manah toya (jika belum manah toya ditempat toya). Membuat tirta pemanahan (manah toya) 3X pd tirta jun (air klebutan) dengan panah dan bunga teratai.
b.    tirta pareresik, tirta pengajum kajang, tirta pengringkes kajang, Tirta pasupati kajang dan pasupati adegan.
c.    tirta penembak. Air (tirta) ini dicari oleh keluarga pada tengah malam di air klebutan.
d.    tirta pebersihan, tirta saji, tirta pemerasan, tirta pengentas, tirta pralina, tirta penyaeb, utik gni pemrelina (Korek api dan kayu api khusus dipakai nyulut api pertama di pemuhunan).
  1. Memercikkan tirta ke kajang dan adegan.
7.    Ngutpeti Dewa Damar Kurung sampai selesai
8.    Ngutpeti Butha Petra
9.    Nguweci Desa, lalu mesirat keluhur dengan astra Sriyambhawantu.
10. Puja ngumpulang Dewa termasuk Hyang Prajapati
a.    Aturin Dewa Pratista
b.    Aturin udanjali dan pedudusan selengkapnya
11. Puja “Banten Penebusan” sampai selesai pemuktiannya
12. Lukat Sang Atma Banda”, ngeseng rebegeding atma petra dening puja “Merta Karani”
13. Angesahakna sang atma petra saking banten krayunan, surupakna maring adegan, didasari dengan puja pengupeti atmapetra, dan rangsukakna mantra “Unapa Bhiseka” selanjutnya disambung dengan Puja Ayantu Atma Petra paweha “Diyus Kamaligi”, lanjut Puja TigantuTisthantu, lalu henengakna sang atma.
14. Lanjut “memuja keluhur”, ngaturang “puja pejaya-jaya” kehadapan Bethara dengan “Pradnya Paramitha”.
15. Nama Pengaksaran. Tuduhan sang Atma dening idep, muspa ring Betara SuryaSang Hyang Prajapati, Betara Guru, dan kehadapan Betara Siwa Dharma untuk memohon penugrahan sebagai sisya pengaskaran serta memohon Nama Pengaskaran.
16. Penapakan: Memanggil sang atma untuk dibersihkan. Berikan wangsuh pada nilah, nyuwun kehadapan Betara Siwa Dharma kasinanggeh Dang Guru, kemudian ditapak dengan penuntun Surya (Sapta Ongkara) tidak dengan kaki sang pemuput, hanya dengan kekuatan jnana.
17. Mepetik. Ambil “pengerebodan” tiwakin kepada adegannya, kemudian mengambil gunting, bunga tunjung putih, lalang seset mingmang (panca mustika) idep megunting rambutnya secara panca muka, kenyataannya secara simbul megunting ampyagnya sebanyak 5 kali. Bekas guntingannya dimasukkan kedalam blayag dan diisi kwangen. Kemudian diberikan eteh2 pedudusan selengkapnya.
18. Kemudian dautaknya sang atma maserana bunga kalpika, melaksanaka Puja Pengesengan, agar menjadi ongkara sungsang nunggal kelawan sang pemuput mengaran ongkara madumuka. Seolah-olah sudah menunggal sang Sisya kelawan dangguru. Kemudian berikan tirta penglukatanpebersihan dan puja pejaya-jaya, puja Pitra Byahnama pitrarangsukan mantra ke jero, jaya-jaya dengan Mantra Swaha Swada, pengidepnia sudah disaksikan oleh para leluhurnya yang telah berstana di pisang jati , selanjutnya mesirat di pisang jati.
19. Kemudian nguncarang Puja Gangjantu, Jagrantu, dan nguncarang Puja Dewa Pitara Pratistha, pangidepnia sang pemuput, disuruh Dewa Pitara mengingat sanak keluarganya, disinilah baru disertakan membaca Mpu Plutuk Aben dan Pustaka Adhi Parwa.
20. Selanjutnya Sang Pemuput mesirat keluhurNgaturang Dewa Buktem, serta Muktiang ke Dewa, kemudian mujanin Saji Dewa Tarpanapemuktian saji kepada Dewa Pitara.
21. Selanjutnya mujanin banten bebangkit (kalau ada). Kalau tidak ada, hanya banten pengadang-ngadangnya saja, sampai selesai pemuktian.
22. Nguncarang Puja Pemerelina Butha.
23. Malih mesirat keluhurjaya-jaya ring Betara ngangge Puja Indrani Kesama Jagatnatha.
24. Selanjutnya keluarga dituntun pengubaktiannya kehadapan:
a.    Sang Hyang Surya
b.    Sang Hyang Prajapati
c.    Sang Hyang Siwa Dharma
d.    Dewa Pitara
25. Terakhir Sang Pemuput memberikan pewisik kpd Dewa Pitara. Dilanjutkan Puja Pengelepas Dewa Pitara agar kembali ke Sangkan Paraning Dumadi. Kalau upacara pengabenannya memakai upacara matetangi, maka tidak memakai puja pengelepas, hanya memakai puja pesimpen.
  1. Hanya Pandita yang sudah medwijati dan mapulanglingga yang diperkenankan muput pengaskaran. Pinandita ekajati tidak wenang ngaskara. Apabila dilanggar maka „nyumuka”.
  2. Setelah pengaskaran dilanjutkan dengan „pejayan-jayan”  dan pebaktian seluruh keluarga.
  3. Dilanjutkan Pemerasan dan tarpana saji, dimana adegan dan kajang mengelilingi banten pemerasan diikuti oleh sanak keluarga semua termasuk cucu dan buyut.

UPACARA MEBUMI SUDHA


 Upacara pembersihan dan
penyucian ditempat pengesengan sawa berdasar nista, madya, utama. Tujuannya
menyucikan tempat pengesengan dengan tirta Kahyangan Tiga, tirta Kawitan, Tirta
Pengentas. Tirta ini tidak kena kecemeran. Dilakukan pada semua jenis
pengabenan



UPACARA PEMRELINA DAN MEWANGUN SEKAR
TUNGGAL DI SETRA.


Setelah adegan atau jenasah selesai
dibakar, arangnya ditutupi pelepah daun pinang (papah buah) yang daunnya sudah
disurat bergambar “Cakra”. Kemudian disiram dengan Toya Pemanah. Kmudian arang
tulang diambil satu persatu menggunakan sepit atau cincin permata mirah
Windhusara, diletakkan dalam kukusan. Dibersihkan lagi dengan air kumkuman.
Selanjutnya dilakukan “pangerekan” diatas “Panca Layuan” serta disucikan lagi
dengan eteh2 pesucian. Kemudian arang tadi digilas  diatas sebuah
sesenden, kemudian dibungkus menjadi sekah tunggal.

Makna berbagai uparengga yang
digunakan adalah:

1.    Penutup pelepah
daun pinang: makna kembalinya ke unsur2 Panca Maha Butha dan penumadiannya
nanti tergantung buah karmanya.

2.    Toya Pemanah
yang dipakai: bukan toya penembak.

3.    Arang diambil
dengan cincin mirah: sarana pengentas agar unsur Panca Maha Buthanya cepat
kembali ke sumbernya Sang Pencipta. Cincin mirah sebagai simbul kekuatan Siwa.
Sepit sebagai simkbul kekuatan Ardha Candra sebagai simbul kekuatan nada.
Setelah selesai. Wiku melaksanakan upacara pengiriman, sekah dihanyut.
Sebelumnya dilakukan meprelina dimana sekah tunggal dikelilingkan di Pengesengan
dengan arah prasawya (kekiri) kemudian baru nagkil ke Pemuput (wiku) untuk
memohon restu.



SAWA MEKINGSAN DI GENI DAN MEKINGSAN
DI PERTIWI (MEPENDEM).


Perlu menggunakan tirta Pekingsan,
karena bila sudah menggunakan tirta Pekingsan maka sewaktu-waktu dapat
melaksanakan upacara pengabenan. Namun jika tidak menggunakan tirta pengentas
pekingsan maka  tidak diperkenankan  ngaben sebelum setahun dipendem
(Lontar Yama Purana Tatwa).



UPACARA
PEMUKURAN/PENYEKAHAN/PENGRORASAN


Mukur asal katanya Bhuk (alam
bawah), Ur atau urdah (swah loka). Mukur adalah proses penyucian lanjutan dari
unsur2 Panca Mahabuta agar manjadi status Dewa untuk dikembalikan kealam
kedewataan shg disebut Dewa Pitara dan pada puncak kesuciannya disebut Hyang
Pitara.

Uperengga pada Damar Kurung
mempergunakan simbul Kupu-Kupu Dedari (seekor kupu2 berkepala widyadari)
sebagai simbul wahanyanya Hyang Pitara pulang kesumbernya. Ini terlihat dari
puja Penglepasan Pitra memohon kepada Sang Kepupu Wong. Demikian
juga pada upacara pengabenan, damar kurungnya berisi simbul burung garuda
berkepala raksasa sebagai wahanya Dewa Pitara. Puja Penglepasannya memohon
kepada Kaki Badra Lim  (manuk Raja) untuk mengantar Dewa Pitara ke
sumbernya.



UPACARA PENGLIWETAN


Upacara pemukuran disertai upacara
Pangliwetan. Pengeliwetan mengandung maksud dan tujuan Pengeluweran yaitu
mengembalikan unsur2 Panca Maha Butha, unsur Rokh dan unsur atmanya kealam
masing2 yaitu: unsur Panca Maha Buthanya ke Prakerthi Tattwa (kekuatan
acetana), sedangkan unsur rokhnya kembali ke Purusa Tattwa dan unsur atmanya
kembali ke alam Parana Nirbana (kealam moksa). (lontar Tattwa Jnana).


Dalam proses Ngeliwet, dibuatkan bubur nasi yang berasnya diseruh sebanyak 11
kali (simbul dari alam Siwa. Angka 11 jika dijumlah menjadi 2 (simbul Windu
Sunia) atau alamnya Siwa. (Lontar Tutur Saraswati). Bubur ini dicampur dengan
menyan, madu, empehan (lontar Pengerorasan), bukan telur goreng dan bawang
goreng. Menyan sebagai simbul Sang Hyang Brahma (mengembalikan unsur Panca Maha
Buthanya), madu sebagai simbul kekuatan Sang Hyang Wisnu (mengembalikan unsur
rokhnya), empehan sebagai simbul kekuatan SH Siwa (mengembalikan unsur Atmanya.
Setelah bubur kental kemudian dikepal-kepal 108  buah sebagai simbul titik
puncak kekuatan Pralina (Tattwa Samkhya) dari angka 108 menjadi 9 merupakan
angka sakti Hindu (titik lebur), sedangkan angka 0 merupakan simbul Windhu
Sunia.



UPACARA NILAPATI

Upacara Nilapati adalah upacara
ngeluwuirang Hyang Pitara atau Dewa Hyang setelah pemukuran atau penyekahan.
Nilapati asal katanya Nila (hitam) yaitu Wisnu sebagai simbul kehidupan setelah
kematian. Upacara Nilapati adalah suatu upacara untuk menstanakan Dewa yang
berada dalam alam kehidupan yang tidak nyata.



INDIK PEDEWASAN PENGABENAN

Ada hari (dina) yang biasanya
dihindari dalam pengambilan dewasa atiwa-tiwa atau pengabenan. Pelanggaran
terhadap pengambilan dewasa dipercaya akan menimbulkan hal-hal yang fatal dalam
kehidupan sosial. Beberapa hari yang dihindari adalah.



Was Penganten. Tidak boleh dipakai hari penguburan dan ngaben. Pahalanya
dapat mengakibatkan kematian berturut-turut dalam satu banjar dan keluarga yang
ditinggalkan tidak putus-putusnya kegeringan.



Semut Sedulur. Juga tidak boleh. Pahalanya tidak putus-putusnya ada
penguburandalam satu desa dan keluarga yang ditinggalkan tidak putus2nya
menemukan kesusahan.



Catus Pemanggawan. Pada perhitungan hari ini tidak diperkenankan penguburan
atau ngaben. Kasureksa De Betara Yamadipati tan sida sang Pitra ngemangguhin
swargania.



Kala Gotongan. Tidak diperkenankan karena sang Pitra tidak habis-habisnya
menemui sengsara di alam bakha.



Hari Purnama, Tilem, Piodalan
Kahyangan Jagat. Tidak diperkenankan  karena hal
ini disebut Amundung Kesucian Sang Hyang Siwa Butha, Sang Pitra tan urungan
kesinamberaning gelap sengsara kang pitra (lontar Yama Tatwa Wariga).



Pedewasan Sejeroning Pitung Rahina. Kurun waktu 7 hari dari meninggalnya, dapat dipakai salah
satu harinya namun tetap melihat larangan-larangan hari seperti diatas,
ternyata dalam kurun waktu 7 hari tersebut ada hari yang dilarang asal tidak
Was Penganten, masih bias memakai hari yang lain berkisar dalam tujuh hari
tersebut. Tapi kalau larangan harinya lebih dari satu dan kepepet, carikan
pedewasan diluar perhitungan tujuh hari tersebut,  (Lontar Aji Janantaka).
Jika  melkasanakan penguburan atau ngaben dalam kurun waktu tersbut dari
tidak ada larangan hari maka dewasa tersebut dikatakan jalan Sang maninggal
sangat utama sekali.



UPACARA NGAJUM KAJANG

Ngajum = memuji. Ngajum dalam kaitan
ngaben adalah menghias atman orang yang akan diaben. Panjang kajang 1,5 – 2
meter (sedepa astamusti), ditulis dengan aksara suci (Mudre). Aksara kajang
terdiri dari Sodasaksara yaitu gabungan Ongkara, dwiaksara, triaksara serta
dasaksara. Kajang adalah selimut orang yang meninggal yang dibawa menuju kealam
sorga. Oleh sebab itu aksara2 modre dalam kajang memiliki kaitan erat dengan
tattwa2 agama, khususnya ajaran kedyatmikan seperti tutur Kelepasan dan ajaran
Kemoksan yaitu ajaran untuk mencapai tujuan akhir menuju Sang Pencipta. Ngajum
kajang dilakukan sehari sebelum pembakaran. 



Sarana yang digunakan untuk ngajum
kajang adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan tempat untuk ngajum kajang berupa bale atau     meja.
  2. Kain putih sebagai dasar pengajuman kajang
  3. Selembar kain cepuk
  4. Kajang klasa
  5. Kajang pemijilan
  6. Kajang sari
  7. Ukur/wukur (uang kepeng yg dirangkai sbg manusia     disebut ukur Deling, ukur balung menyerupai tulang). Wukur adalah tempat
         pekoleman atma.
  8. Jarum sekitar 3 lusin (tergantung banyaknya keluarga yg     ikut)
  9. Kwangen
  10. Sekar Ura
  11. Rurub Sinom
  12. Rantasan
  13. Minyak wangi


BEBERAPA JENIS KAJANG

  1. Kajang Klasa: kajang dari sulinggih untuk alas kajang     utama atau kajang pemijilan.
  2. Kajang Pemijilan atau Kajang Utama: kajang yang dibuat     sulinggih, ditaruh paling atas. Kajang ini yang akan diajum bersama ukur.
  3. Kajang Sari: kajang dari dadia atau keluarga terdekat.     Ditaruh dibawah kajang utama.
Kajang menurut pemakainya (soroh).

  1. Kajang  Brahmana : untuk sulinggih
  2. Kajang Kesatria: untuk raja2
  3. Kajang Jaba: untuk walaka (diluar untuk pandita dan     raja)
  4. Kajang soroh: atau kajang sesuai kawitan masing-masing.     Kajang ini selanjutnya menjadi Kajang Utama.
Urutan penempatan ukur, kajang,
cepuk dan kain putih

  1. Kasa putih (paling bawah)
  2. Kasa putih
  3. Kasa putih
  4. Kain cepuk
  5. Kajang Klasa
  6. Kajang pemijilan (paling atas)
  7. Ukur (diatas kajang pemijilan)


UPAKARA NGAJUM KAJANG

  1. Ayaban tumpeng lima
  2. Sesayut alit
  3. Suci
  4. Daksina gede (satu)
  5. Banten sorohan
  6. Banten pemelaspas
  7. Sesayut pasupati
  8. Pesucian


TATA CARA UPACARA NGAJUM KAJANG DAN
PEMERASAN

1.    Pengabenan Sawa
Prateka (ada jenasah) ditaruh dibersihkan dimandikan ditaruh di semanggen. Sawa
Prateka (tanpa jenasah), dilakukan upacara ngendagh dan ngangkid. Jika tidak
diketahui kuburnya dilakukan upacara ngulapin

2.    Sebelum
pengajuman, lakukan upacara pengulapan dg sanggah Urip (tempat roh yang
dipanggil akan diaben). Sanggah urip dibuat dari daun kelapa dumala, ditaruh
pada adegan, ditaruh disebelah jenasah yang akan diaben di semanggen.

3.    Ngajum kajang
di natar mrajan disaksikan leluhur dan Dewa Pitara, dipimpin sulinggih. Kajang
dan adegan tidak kena kesebelan. Adegan adalah simbul atma dan ”atma tan kekeng
kesebelan karena atma percikan dari Brahman.

4.    Kajang adalah
selimut kebesaran dari atma yang akan dibawa ke sorga.

5.    Adegan dan
kajang bukan bagian dari raga sarira (badan kasar/prakerti) yang kena
kesebelan, melainkan bagian dr  Antah Karana Sarira (purusa)yang bebas
dari kesebelan.

6.    Pemerasan dilakukan
di luar merajan, karena ada upacara simbolis sang atma turun ke alam manusia.

7.    Setelah kajang
selesai di ajum maka Sulinggih mulai memuja pasupati kajang, kemudian
dilanjutkan ngaskara dan upacara mepetik.

8.    Dilanjutkan
dengan Pemerasan. Diikuti oleh seluruh keluarga sebatas buyut. Adegan dan
kajang diarak mengelilingi upakara pemerasan sbg simbul Sang Hyang Atma turun
ke dunia manusia bertemu dg keluarga.

9.    Selanjutnya
adegan dan kajang diletakkan diatas peti jenasah,

10. Menunggu pemberangkatan ka
setra.



URUTAN JALANNYA NGAJUM KAJANG

  1. Siapkan sebuah asagan (bale, meja) dg kasur kecil,     tikar dan bantal. Tikar dirajah Padma ditengah padma ditulis aksara
         Ongkara Mertha dan Aksara Rwa Bhineda. Diatas bale2 diisi leluhur.
         Disamping bale ditaruh banten: ayaban tumpeng 5, sesayut alit, suci,
         daksina gde, sorohan, banten pemelaspas, peras pemelaspas, sesayut
         pasupati, pesucian.
  2. Siapkan sarana Ngajum Kajang: kain putih, selembar kain     cepuk, kajang klasa, kajang pemijilan, kajang sari, ukur, jarum, kwangen,
         sekar ura, rurub sinom, rantasan, minyak wangi.
  3. Letakkan kain kasa 1,5 – 2 m diatas tikar sbg alas     kajang sekaligus sbg pembungkus
  4. Diatasnya kain cepuk. Diatas kain cepuk ditaruh Kajang     Klasa
  5. Diatasnya kajang sari (bila ada) (kajang dari dadia     atau dari teman2)
  6. Diatasnya kajang Pemijilan (dari sulinggih). Kajang     Pemijilan ini kajang inti (kajang utama) yang akan di Ajum.
  7. Ukur. Untuk laki2: Seleh (sisi pis bolong yang berisi     dua huruf) menghadap keatas. Untuk wanita Kerep (empat huruf) menghadap
         keatas. Membuat ukur harus memperhatikan Seleh dan Kerep.
  8. Ngajum dimulai dg menusukkan jarum pada kajang melalui     lubang uang kepeng sehingga ukur menyatu dg kajang seperti dijarit.
         Diawali oleh penglingsir (pemangku/pinandita) menusuk pada bagian kepala.
         Yang lebih muda dari yang diaben tidak boleh menusuk pd bagian kepala.
  9. Dilanjutkan pebersihan dg air kumkuman, keramas, sisig,     minyak wangi, boreh miik seperti memandikan orang meninggal. Lanjut
         menghias kepala ukur dengan bunga.
  10. Memasang kwangen seperti upacara nyiramang layon, di     kepala 1, ulu hati 1, kedua siku, bahu, pergelangan tangan, pangkal paha,
         lutut, pergelangan kaki.
  11. Ditabur sekar rura diatas ukur, semprot minyak wangi.     (sekar rura: macam2 bunga, kembang rampe, boreh miyik).
  12. Memasang rurub sinom (dari blangsah pinang) sebanyak 3     buah (kepala, badan, kaki).
  13. Menaruh rantasan diatasnya dan canang sari diatas     rantasan.
  14. Pemangku memercikkan tirta penglukatan, pebersihan,     prayascita.
  15. Melaspas kajang.
  16. Sulinggih memberi tirta Pengajuman (tirta pasupati     kajang) dan Tirta Saji. Bersamaan dengan pemujaan sulinggih membuat
         tirta2: pengajuman kajang, tirta penembak, tirta pengentas, tirta prelina,
         tirta penyaeb, tirta penganyutan dan lain-lain.
  17. Setelah ngetisang tirta pengajuman, tirta pasupati kajang,     rurub sinom dan rantasan diambil sementara lalu dilanjutkan ngeringkes
         kajang. Kain putih tiga lembar paling bawah sebagai pembungkus. Sama
         seperti ngeringkes jenasah, laki: kain pembungkus sisi kananmenutup,
         wanita: pembungkus sisi kiri  menutup. Pembungkus diikat dengan
         benang tukelan dan tali rotan di tiga tempat, kepala, dada dan kaki.
         Ketiga ikatan itu disambung dengan benang memanjang. Rurub sinom kembali
         dipasang.
  18. Setelah Ngaskara Adegan selesai, dilanjutkan upacara     pemerasan. Kajang dan adegan dipanggul mengelilingi banten pemerasan
         sebanyak tiga kali diikuti oleh sanak keluarga.
  19. Kajang ditaruh diatas peti jenasah di Bale Semanggen.     Nantinya akan dibawa ke setra untuk dibakar.

Jumat, 19 Februari 2021

Kumpulan Gayatri Stawa

Ganesa Gayatri
OM EKADANTAYA VIDMAHE, 
VAKRATUNDAYA DHIMAHI, 
TANNO DANTIHA PRACODAYAT

Semoga kita mewujudkan Sri Ganesa; tuntunlah hamba bermeditasi pada Dewa berkepala Gajah, yang melepaskan segala rintangan; Semoga Dewa yang bergading satu menerangi hamba.


Durga Gayatri

OM KATYANYAI CA VIDMAHE, 
KANYAKUMARYAI CA DHIMAHI, 
TANNO DURGA PRAODAYAT

Semoga hamba mewujudkan Katyanyai yaitu sakti (Siwa); tuntunlah hamba bermeditasi pada kanyakumari, dewi kegadisan dan semoga Durga mencerahi kami.

Brahma Gayatri

OM PARAMESVARAYA VIDMAHE, 
PARATATTVAYA DHIMAHI, 
TANNO BRAHMA PRACODAYAT

Semoga hamba mewujudkan Brahma tertinggi, bimbinglah hamba bermeditasi pada prinsip kebathinan dan semoga Brahma mencerahi hamba.



Narayana Gayatri

OM NARAYANA VIDMAHE, 
VASUDEVAYA DHIMAHI, 
TANNO VISNUH PRACODAYAT


Semoga hamba mewujudkan Narayana pemimpin Surgawi, bimbinglah hamba bermeditasi pada roh yang bersemayan di semua mahluk, semoga Sri Visnu mencerahi kami.



surya maha awal gayatri

om raditya hradyam punyam
sarwa satru vinasanam
jaya waham jappenityam
akshyam parama siwa om


gayatri brahma

om bhur bwah swah
wedatmanam chay widmahi
niragarbha chay dhimahi
tano brahma pracodayat


gayatri wisnu

om bhur bwah swah
arayana chay wiidmahe
wasudewa chay dhimahi
tano wisnu pracodayat


gayatri iswara/siwa

om bhur bwah swaha
satpurusa chay widmahi
mahadewa chay dhimahi
tano rudra pracodayat


gayatri saraswati

om bhur bwah swah
wag dewiya chay widmahi
kamaprada chay dhimahi
tano dewi pracodayat

"Om Mahalakshmyai cha vidmahe
Vishnu patnyai cha dhimahi
Tanno Lakshmihi prachodayat"


gayatri laksmi

om bhur bwah swah
katyayana chay widmahi
wisnupatni chay dhimahi
tano laksmi pracodayat


gayatri durga

om bhur bwah swaha
katyayana chay widmahi
kanyakumari chay dhimahi
tano durgih pracodayat


gayatri ganesha

om bhur bwah swaha
ekadanta chay widmahi
wakratundha chay dhimahi
tano danti pracodayat


gayatri gangga

om bhur bwah swah
tri ratha gaami chay widmahi
rudra pathaye chay dhimahi
tano gangga pracodayat

om bhur bwah swah
bhageerthaye chay widmahi
wisnu pathaye chay dhimahi
tano gangga pracodayat



pembersihan yama datang dari mati
oom yama dewa yadimahi
dyoyonah pracodayat


mahalaxmi astakam
mantra 8 kali diucap

Namastetu Mahaamaaye 
Shree peetthey Surpoojitey
Shankha chakra gadaa hastey
Mahaalaxmi Namostutey
Namastey Garooda roodheyKola asura bhayankariSarva paapa harey DeviMahaa Laxmi Namostutey
Sarvagyey Sarva-Varadey
Sarva-dushta Bhayankaree
Sarva-dukha harey Devi
MahaLaxmi Namostutey.
Sidhee- Budhee pradey Devi,Bhakti Mukti pradaayanee,Mantra-Moortey sadaa Devi,MahaLaxmi Namostutey.

Aadi-Anta rahitey Devi,
Aadi- Shakti Maheshwari,
Yogajey Yogasambhutey,
MahaaLaxmi namostutey.
Sthoola Sukshma Mahaa roudreyMahaaShakti MahodayeyMahaa paapa harey Devi,MahaLaxmi Namostutey
Padma Aasan Sthitey Devi,
Para Brahma Svaroopini,
Parmeshi Jagan Maatar,
MahaLaxmi Namostutey.
Shwet Aambar dharey Devi,Nana Alankaara Bhooshitey,Jagat Sthitey Jagan Matar,MahaLaxmi Namostute.


Mantra-Mantra memuja Ganesha
1.Om Gam Ganapatayae Namaha
Mantra ini dipergunakan untuk memulai sesuatu yang baru, seperti memulai perjalanan, mengadakan usaha baru, buka kantor baru, penandatanganan kontrak-dagang baru, sehingga pelaksanaan usaha tidak menemui hambatan-hambatan.

2. Om Namo Bhagabatae Gajaanaaya Namaha
Mantra ini untuk meminta kehadiran Ganesha, dan akan dapat dirasakan kehadirannya.

3. Om Shri Ganeshaaya Namaha
Mantra ini untuk meningkatkan daya-ingat (terutama pelajar dan mahasiswa) untuk mencapai tingkat lebih tinggi dalam belajar.

4. Om Vakratundaaya Hum
Mantra ini sangat kuat untuk menghambat dan menghilangkan pikiran-pikiran buruk, baik untuk pribadi maupun untuk manusia di tingkat nasional maupun internasional bahkan tingkat universal. Sering dipergunakan untuk mengusir setan. Dapat juga untuk penyembuhan penyakit yang berkaitan tulang belakang (dari bawah ke atas) dan penyakit dipaha. Untuk itu harus diucapkan 1008 kali (bukan 108 kali !).

5. Om Kshipra Prasadaya Namaha
Mantra ini bersifat “instant” (cepat sekali). Mantra ini diucapkan, ketika ada bahaya atau kesulitan yang sudah tidak bisa diatasi sendiri.

6. Om Shreem Kleem Glaum Gam Ganapatayae Vara Varada Sarva Janamah Vashanamanaaya Svaha
Mantra ini mengandung bermacam-macam benih mantra. Tujuannya adalah untuk mohon berkat dan untuk penyerahan diri.

7. Om Sumukhaaya Namaha
Mantra ini sesungguhnya memiliki banyak arti, tujuannya menjadikan manusia menjadi cantik, baik (tubuh dan spritual) dan untuk hal-hal lain yang baik. Dengan sering mengucapkan mantra ini, akan menimbulkan rasa kasih-sayang.

8. Om AekadanTaaya Namaha
Mantra ini akan sangat membantu kepada mereka yang ingin “memusatkan” pikiran dan perasaan dalam bermeditasi. Jika dilakukan terus menerus, maka keinginan dapat dicapai.

9.Om Kapilaaya Namaha
Mantra ini untuk menyembuhkan manusia yang sedang sakit, karena mantra ini menciptakan warna dan tubuh anda, dan warna-warna itu dapat “disalurkan” kepada yang sakit untuk disembuhkan.  Mantra ini juga dapat dipergunakan untuk memohon agar keinginan seseorang dapat tercapai.

10. Om Gajakaranakaaya Namaha
Anda dapat mengucapkan mantra ini dimana saja. Penggunaan mantra ini adalah untuk dapat mendengarkan suara-suara dari alam gaib, baik dari berbagai jenis makhluk halus maupun dari mereka yang sudah meninggal. Mantra ini dapat membantu
“membuka” cakra (7 cakra) dan 72000 nadi (saluran-saluran kecil). Mantra ini cocok untuk mereka yang ingin maju di bidang pengembangan kebatinannya.

11. Om Lambodharaaya Namaha
Mantra ini digunakan untuk “menyatukan” diri anda dengan jagat-raya (alam semesta). Anda menjadi manunggal dengan alam-semesta dan menghasilkan rasa-damai tingkat tinggi, anda merasakan menjadi alam-semesta. Mantra ini sangat cocok dipergunakan mereka yang melakukan “olah batin”.

12. Om Vikataaya Namaha
Mantra ini membantu manusia mengetahui dan merasakan bahwa dunia material adalah maya dan ada “sesuatu” dalam diri sendiri yang lebih nyata dan abadi.
Kesadaran yang diperoleh dari mantra ini, adalah dapat menjauhkan diri dari “keterikatan duniawi” dan menemukan ketenangan batiniah. Dunia hanya sebuah drama dan setiap orang menjadi pemeran tertentu dalam setiap kehidupannya di dunia yang fana ini.

13. Om Vighna Nashanaaya namaha
Mantra ini untuk mengatasi kesulitan pribadi dan hambatan-hambatan dalam diri sendiri. Kesulitan dan hambatan tsb. Dapat “dibebaskan” dengan mantra ini.

14. Om Vinayakaaya Namaha
Mantra ini dipergunakan untuk melancarkan segala macam pekerjaan/usaha. Anda akan dapat menguasai dan memecahkan masalah dengan baik serta membuat “masa keemasan”.

15 Om Dhumraketuvae Namaha
Mantra ini untuk membantu menciptakan perdamaian dunia, terutama jika pengaruh komet Halley sedang melanda dunia yang berarti banyak pertumpahan darah (keributan-keributan) di seluruh dunia. Mantra ini baik sekali untuk para pemimpin.

16. Om Ganadhyakshaaya Namaha
Mantra ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit secara massal (beramai-ramai). Mantra ini menyembuhkan penyakit, jika diucapkan bersama-sama banyak orang.

17. Om Bhalachandraaya Namaha
Mantra ini menyembuhkan penyakit pada diri sendiri. Mantra ini mengaktifkan cakra yang berada di tengah-tengah kening. Cakra ini bersimbol bulan-separoh dan letaknya di tengah-tengah kening. Simbol tsb. Melukiskan pengembangan, ketenangan, dan kedamaian.

18. Om Gajaananaaya Namaha
Mantra ini untuk memperoleh kesadaran- tertinggi, kesadaran tak terbatas. Mantra ini sangat cocok untuk mereka yang memperdalam olah-batin.