Rabu, 28 Juli 2021

Mandi Weda

WISATA SPIRITUAL
MANDI WEDA/MELUKAT 
DI GRIYA AGUNG BANGKASA
WUJUD PENYUCIAN JIWA DAN RAGA

Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd
Sucikan jiwa dan Raga anda dengan MELUKAT suatu bentuk upacara penyucian dengan  (tirta) Air suci atau mandi weda tradisional Bali yang sudah di Doakan  oleh   Ida Sinuhun Siwa Putri Parama Daksa Manuaba, GRIYA AGUNG BANGKASA di Bongkasa yang akan menjernihkan pikiran dan Indra Anda disertai Puja Mantra dan meditasi yang di pimpin  oleh Ida sinuhu putri,  upacara ini memiliki manfaat pada tingkat fisik emosional  dan spiritual. 
Dalam mengikuti upacara, harap mengenakan pakian tradisional Bali (kebaya lengan panjang sarung dan selempang serta pakian ganti untuk acara berikutnya / meditasi).

Wisata spiritual meliputi:
1.      Wisata religi; perjalanan wisata terkait dengan sistem kepercayaan (agama tertentu) misalnya: mengunjungi tempat-tempat suci, tempat-tempat bersejarah, makam-makam orang suci.

2.      Wisata meditasi; mengunjungi tempat-tempat yang hening, tenang dan damai untuk penenangan diri, penjernihan pikiran misalnya goa-goa alam,pura/candi, ashram.

3.      Wisata olah raga spiritual; latihan senam yoga.
1.      Purposeful spiritual tourist, yaitu wisatawan yang pertumbuhan spiritual pribadinya menjadi alasan utama berkunjung dan wisatawan ini memiliki minat yang sangat kuat.

2.      Sightseeing spiritual tourist, yaitu wisatawan yang pertumbuhan spiritual pribadi menjadi alasan utama berkunjung, namun pengalaman spiritualnya lebih rendah.

3.      Casual spiritual tourist, yaitu wisatawan yang pertumbuhan spiritual individu merupakan motivasi yang umum untuk juga memiliki pengalaman spiritual yang rendah.

4.      Incidental spiritual tourist, yaitu wisatawan yang menjadikan pertumbuhan spiritual individu bukanlah unsur pengambilan keputusan berwisata, namun dalam perjalanan tidak sengaja menikmati liburan spiritual.

5.      Serendipitious spiritual, yaitu wisatawan yang menjadikan pertumbuhan spiritual pribadi bukan sebagai unsur yang mempengaruhi keputusan berwisata, namun mereka mendapatkan pengalaman spiritual mendalam setelah perjalanan.


Sabtu, 17 Juli 2021

FILOSOFI KALPIKA dan KAROWISTA/SIROWISRA

Kalpika terbuat dari daun pucuk kembang arjuna diisi bunga yang dilipat sedemikian rupa. Lima lipatan menjadi tiga susun lipatan sehingga terbentuk satu kalpika utuh merupakan sebuah proses pengringkesan pancaksara menjadi tri aksara dan kalpika itu menyimbolkan eka aksara/om kara itu sendiri. Sehingga kalpuka adalah lambang dari pancaran kekuatan Tri Lingga dan Tri Murti dalam mengendalikan pikiran yang biasanya digunakan pada banten anggen rikala mapetik dan pada saat mewinten khususnya pawintenan saraswati sehingga pikiran ini siap untuk menerima ilmu pengetahuan.

Penggunaan Kalpika yang umumnya diikatkan di kepala dan terbuat dari daun kembang pucuk dalam bahasa Bali sebagaimana disebutkan dalam artikel budaya-lokal12, Kalpika yang berbentuk segitiga yang merupakan, 
  • Simbol Trilinggaalam semesta ciptaan Sang Hyang Widhi seperti halnya :
    • bulan, 
    • bintang, dan 
    • matahari. 
    • dll

  • Kemudian ada juga unsur-unsur Tri Murti dan juga bunga berwarna kuning sebagai simbol Mahadewa dan adapun sarana bunga sebagai simbol Tri Murti tersebut sebagaimana dijelaskan yaitu sebagai berikut :
    • Bunga berwarna putih sebagai simbol Siwa
    • Bunga berwarna merah simbol Brahma
    • Bungan berwarna biru atau hijau sebagai simbol Wisnu.
Sedangkan Karawista terbuat dari 3 (tiga) helai ilalang/ ambengan disebutkan dalam salah satu memiliki sarat makna. 
  • Satu ujungnya diikat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah lingkaran kecil dengan ujung pucuknya tegak ke atas. 
  • Pada simpulnya diselipkan helai bunga warna merah dan putih.
Saat dikenakan, simpul bunga tepat di tengah dahi. Sedangkan tiga helainya ditarik kebelakang. 2 helai di sisi kanan dan satu helai di sisi kiri untuk diikatkan belakang kepala. 
Simpul karawista yang membentuk lingkaran adalah perlambang windu dan ujungnya yang menyatu dalam satu titik adalah nada sehingga menjadi perlambang aksara suci Om. Warna hijau ilalang, bunga merah dan putih melambangkan Tri Murthi : Brahma, Wisnu, Siwa. Sungguh perlambang suci nan indah dan agung.
Kalpika dan Karawista biasanya juga dikenakan saat orang yang mejaya-jaya berbagai upacara pembersihan diri seperti mewinten, tiga bulanan, mebayuh oton, upacara pernikahan, dan lain-lain. Mengikat karawista di kepala merupakan simbul pengikatan diri agar pikiran terpusat pada yang dipuja yaitu Hyang Widhi.
Bhagawad Gita IX, 34 menulis "Pusatkan pikiranmu hanya pada Ku biarlah kesadaranmu ada pada Ku, setelah itu engkau akan hidup di dalam Ku dan ini tak perlu disangsikan lagi"
Tiap kali kita melaksanakan upacara penyucian diri karawista diikatkan di kepala, kita diingatkan akan makna yang terkandung dalam sloka Gita, untuk selalu memusatkan pikiran pada Hyang Widhi. 
Selain mempunyai kekuatan mistis setelah mendapatkan doa dan puja mantra Sulinggih, karawista memberi makna mendalam nan indah, agar kita selalu ingat menyatukan pikiran yang beraneka dan berubah-ubah dengan cepat untuk menjadi satu saat memujaNya.
Tanpa disadari karawista telah membahasakan sloka gita tersebut dalam estitika bentuk dan sarat makna.
    #tubaba@griyang bang#

    DAGING LONTAR CARCAN CARU

    LONTAR CARCAN CARU
    Om Awignamastu, iti pratingkahing caru, iti caru nista nga, sata manca rupa, asu bang bungkem, bebek bulu sikep, nga, manca sanak caru ika, wnang tinulupi sangka, maswara sangka, geger bhuta bhuti kala dengen, setaning awak, setaning jurang, setaning pempatan, setaning sema pati wnang ngrebutin caru, maswara katipluk, geger wiring ngon-ngon, angrebut tabuhan ikang caru, maswara genta uter, geger dewata nawa sanga, anodyaning bhuta-bhuti angrebut caru, mwang angayab sarining empang asebit sari ring sanggaran agung. iti mewasta caru nista yan tunayan ring punika Tanana caru, segehan wastanya, yan maweweh kambing mwang angsa manca klud nga, karya ika, nga madya, nanging sami ngajak suci, sorohan sami mahadan bantene, wyadin nista madya utama pateh bebantene maweweh ulam, maweweh banten, ulam nikel, banten nikel, malih maweweh bawi butuhan, mwang banteng, balik sumpah nga, karya ika utamaning sudra, nistaning ikang wesya, malih maweweh kebo 1, lebur gentuh nga, karya ika madyaning wong wesya, sami mahedan, malih maweweh kebo tatiga nga yadnya mesapuh-sapuh karya ika, utamaning wong wesya, nistaning ratu, malih maweweh kebo lalima, manca wali karma karya ika, sami ngeyed yadnya, nga, madyaning sang ratu, nistaning dalem, malih maweweh kebo 26, sami ngeyed eka dasa ludra nga, ika, utamaning ratu, madyaning dalem, malih maweweh kebo 46 nga baligya bhumi nga, karya ika landuh ikang jagat, meseh pengalihan yan makebo 26 ring pasih kangin 2 mangeyed, ring pasih kelod 2 mangeyed, ring pasih klod kangin 2 mangeyed, ring pasih klod kauh 2 mangeyed, ring pasih kauh 2 mangeyed, ring pasih kaja kauh 2 mangeyed, ring pasih kaja kauh 2 mangeyed, ring pasih kaja 2 mangeyed, ring pasih kaja kangin 2 mangeyed, ring madya 2 mangeyed, ring basukih 2 mangeyed, ring sapta patala 2 mangeyed, ring luhuring akasa 2 mangeyed, ring kentel gumi 2 mangeyed, sami mangeyed bantene, pemargi eka dasa ludra nga, sarwa dadua pemargine, eka dasa ludrane di kebo yen makebo 46 ring pasih kaler 5, mangeyed, ring pasih kangin 5 mangeyed, ring pasih kelod 5 mangeyed, ring pasih kauh 5 mange-yed ring danu 5 mangeyed, ring basukih 5 mangeyed, ring sapta patala 5 mangeyed, ring luhuring akasa 5 mangeyed, ring kentel gumi 5 mangeyed, ring basukih 1 mangeyed, wewehing ikang caru nawa gempang, krana mangunda ngunda kinucaping kala catur, kala madu mrana, kala durga maya, durga nga, desti, maya nga kaleweran, kale nga kali, waran nga madukan, madukan magenep-genep, nga, mapek apan sampun katicap sanghara jagate, wnang mpeke kertine ring gumi, mwah ring pura-pura makreti, mwah ring karang paumahan mareresik, tur mecaru tigang tahun, mwang ring sawah nigang tahun, mapangresikan guling pebangkit, mwang bale otonin. Malih yan caru manca sanak sata manca rupa, asu bang bungkem, bebek bulu sikep sama ngajak suci, matetedan nga, asu klod kauh gnahnya, ingolah ketengan 33 dadi akarang, bayuanya 3, katikanya sami 3, bebek bulu sikep klod kangin gnahnya. Ingolah ketengan 88 dadi akarang, bayuanya 8, katikanya sami 8. Angsa kaja kangin gnahnya, ingolah ketengan 66 dadi akarang, bayuanya 6, katikanya sami 6. Kambing kaja kauh gnahnya, ingolah ketengan 21 dadi akarang, bayuanya 1, katikanya sami 1. Sata brumbun di tengah gnahnya, ingolah ketengan 8 dadi akarang, bayuanya 8 katikanya sami 8. Sata putih syungan kauh gnahnya, ingolah ketengan 7 dadi akarang, katikanya sami 7. Sata wiring klod gnahnya ingolah ketengan 9, bayuanya 9, katikanya sami 9. Sata puti kangin gnahnya ingolah ketengan 5 dadi akarang,  bayuanya 5, katikanya sami 5. Sata ireng kaja gnahnya, ingolah ketengan 4 dadi akarang, bayuanya 4, katikanya sami 4. Malih yan caru manca sanak tan milu kambing angsa, yan sareng kambing angsa caru manca klud, nga, caru ika. Mapek catur bebantene, ana catur muka, catur rebah tur mapula gembal, nga, ring tengah gnahnya. Batan bantene ring tengah natahe merajah yama raja, duur punika medaging nkasa malih merajah yama raja, raris gnahin banten, yan maweweh bawi butuhan mwang banteng balik sumpah nga, karya ika. Pamaden, malih pamaden bawi butuhan paksi kokokan, kauh gnahnya ingolah ketengan 17 dadi akarang, bayuanya 7, katikanya sami 7. Pemaden banteng paksi kukur, klod gnahnya, ingolah ketengan 99 dadi akarang, bayuanya 9, katikanya sami 9. Pemaden kuluk bebek blang kalung, klod kauh gnahnya, ingolah ketengan 33 dadi akarang, bayuanya 3, katikanya sami 3. Pemaden kidang bebek putih jambul, kangin gnahnyaingolah ketengan 55 dadi akarang, bayuanya 5, katikanya sami 5. Pemaden kebo bebek selem, kaja gnahnya, ingolah ketengan 44 dadi akarang, bayuanya 4, katikanya sami 4. Pemaden kambing ayam grungsang, kaja kauh gnahnya, ingolah ketengan 11 dadi akarang, bayuanya 1, katikanya sami 1. Pemaden angsa sata bwak bulu gadang, kaja kangin gnahnya ingolah ketengan 66 dadi akarang, bayuanya 6, katikanya sami 6.  Tur tekep-tekepan anutang jatah maka sami rauhing sata, asu, bebek, pateh anuting jejatah, tekep-tekepane nga, ade mapaguruan ring kambing, nga, ade mapaguruan ring kebo, nga, apan sampun manggih cantula, ala pekaranganya, cacad manggih cacad, tan sida karya, apan mecaru ngaran nyampat, gnah caru ayu nga, puput carune alit ngantos agung. Iti pemanes karang luirnya, saluiring karang panes, sane ngadakang panes karang luirnya kepanjingan glap, mwang puun wnang ngadegang palinggih padma, palinggih ida sang hyang indra blaka, yan tan ngadegang palinggih ika tan pegat mati lara, ping 10, ping 15 carunin tan sida caru apan ida sang hyang indra blaka anadi hyang kali maya, manadi kala desti, malih yan ana taru empak mwah pungkat malih punggel pateh panese, tanpa temahi lara, malih yan puun kagni baya nga, yan ana pakubuan nkeni ketamplig karipu baya nga, panes mwah yan ana sanggah pungkat mwah pawon mwah jineng pungkat tanpa sangkan kalebon amuk nga, yan ana sakeng pegawe pungkate tan ana memanes karang sakewanten punika cacad, tan wenang ningangge, wnang gentosin sami-sami, yan ana wong mentik ring bebaturan sahika wong baya nga, pateh panese, yan ana lulut metu ring pekarangan, kalulut baya nga, yan ana getih kanten ring pekarangane, mwah pakubwanya tanpa sambodana sangkanya, keraja baya nga, yan ana samangkana apang sampun langkung ring 40 lemeng mangden puput mecaru. Yan langkung ring 40 lemeng mageng nagih carune, ika kenget akna.malih yan ana karang ntumbak rurung, tumbak jalan, tumbak jelinjing tumbak tukad, miwah pangkung pateh panes karange nga, sang hyang durga maya ngawe panese, mwang nglaranin, wnang ngadegang padma palinggih ida sang hyang durga maya. Malih yan ana karang namping pempatan, mwang namping pura namping bale banjar panes punika, malih yan ana tabwan ring pakubwanya tabwan sirah, tabwan kunyit nyawan  pateh panes karang ika, yan ana lelipi ring pekaranganya mwah tuke pateh panes karang ika, mwah yan ana ingon-ingon patik wenang salah rupa wetunya, panes karang ika, wnang tugel bulunya ring samudra kamandanya tumus dening rwaning welatung talinan antuk budur buangan ring panyowidi, ring umah glarana panca tahur, mwah yan ana asu mwang bangkung manak tunggal mwah manak di duur panes karang ika, mwah yan ana taru salah pati ring pekaranganya mwah manusa salah pati ring pekaranganya pateh panese apan manusa menyama sareng kayu, mwah ngidih urip ring kayu, mwah amertha, malih nasi mwang baktinin, sami-sami taru ajak mati mwang turuin, sami taru jatinya, dawning ana taru jati. Mwah yan agegingsiran padengenan, mwang lumbung, brahma kandang malih lampah, sasane sampun marginin sata, mwang wewangunan sampun salah wangun, mwang salah linggih, mwang pakubwan yan wahan mwang wuwuhin pateh cacade naga sesa nga, tan pegat mati lara yan ana bale masuk adegane ring legungane dongkang mekeem nga, cacad, mwah baleen matestes mileh sami panese, apan manusa lawan kayu pada silih patenin, sang rsi bhujangga amuputang caru ika.

    Iki carun dewasa maka dirgayuning dewasa caruana juga kang dewasa, amangana sira ila-ila dahat tumuta saluiring dewasa, carunya sageneping bebanten, suci asoroh, guling itik 1, mwakwakan, pras penyeneng, katipat kelanan, ayam mepanggang, pagoyatan pasepan, daksina 1, lawe satukel, pirak 1727, sahika katur ring sang hyang saraswati lingnya maka dewasa, nga, sasih anut sapta wara, ring dina ra, carunya sga slasahan, 4 tanding, lawar merumbah gile, sagneping bebantenan, sagi artha 555 dadiang awadah, mantra : Ong, Ong, Ang, Ang, A, Ang, AH, AH, Dang Dang Swa swa ya namah. Yan ring ca, carunya tumpeng pnek sga gurih  isehan melema cendana, maclek bawang, maclek kacang, pencok kacang kecahi, meplalah sambel tingkih sagneping bebanten sagi artha 444 dadiyang awadah, mantra : Ong sang bhuta mingmang, sang bhuta leh Ang, Ang A namah. Yan ring A carunya tumpeng penek 2 bungkul ayam biing, pinanggang, sagneping bebanten, sagi artha 333 dadiyang awadah, mantra : Ong, Ong Ang, Ang namah swaha. Yan ring bhuda carunya suci asoroh, guling itik 1, ayam pinanggang, sagneping bebanten sagi artha 777, dadiyang awadah. Mantra : A, Ah, Ong swaha ya namah. Yan ring wre, carunya penek abungkul iwak ayam brumbun, pinanggang sagneping bebanten sagi artha 888 dadiyang awadah, mantra : Ong, Ong si ya namah. Yan ring su, carunya suci tambar asoroh, untek lampadan sagneping bebanten sagi artha 666 dadiyang awadah, mantra : Ong, Ang, Ong Sa ya namah. Yan ring sa, carunya suci makembur sagneping bebanten, ulamnya sarwa bija,  sagi artha 999 dadiyang awadah, mantra :Ong ya Mang, Wang, Ah, Ah. Iti carun patemon saluiring dina sega palupuhan, balung gagending mwang base mapencok balulang, taluh matah emba dena gnep, jangan asem, metatakan rwaning pandan, metatakan klakat sudamala, rwaning pullet mwang bingin, metali benang tri datu, sesayutnya anut ring uriping pancawara, mwang rah ayamnya medaging sedah porosan 13, kwangen 13, tulung barak 13, sesari jinah 225, gnep saupakaraning sesantun. Malih caru patemon, wnang sanding aturu, bantenya pemandangan atanding luirnya, katipat, bantal, sagenep dadi atanding, malih sega kepel mewadah don telujungan, iwaknya ati magoreng, 3 tebih, masuluh twak asujang, jinah 11 keteng. Malih carun betennyane mesare, sarwa matah, beras agegem, getih matah alimas, sedah tampinan magenep. Malih duur nyane mesare, sesayut atanding matumpeng penek 2 bungkul, putih kuning, iwaknya ayam putih tulus mepanggang, daging sesayut sagenepnya, canang burat wangi, lenga wangi 12 tanding. Iti caru patemon isaka 1907 sasih karo tanggal ping 3, ware redite wage, wariga, irika dewasanya tlas sinurat.waryan tusaning wirumangansara mwang-kurang lewihnya kapajange de sang sudramasa apanulihing nirguna alpa sastra lihu mamur hinan ipun, dreben Ketut Bungkling, Rangdilangit, Bangkasa, katedun antuk I Gede Sugata Yadnya Manuaba, Griya Agung Bangkasa, Bongkasa, Abiansemal, Badung. 


    Nihan Kaputusan Hyang Sinuhun, pamarisudhan ing karang rat bawana kabeh, wenang angelaraken caru nawa gempang, ngaran, Yan hana mati salah pati, kalebon hamuk, sinamber ing glap, makrane sang adrewe humah kabhaya-bhaya kojarnia, caru iki glarakna ring pomahan ring sanggar ring parhyangan mwang ring tegal, sawah, sagenah ing karang panes aheng mwang hangker, yadyan kapanjingan Bhuta Kala Dengen, umah ing dete, caru iki glarakna, lwirnia :

    Nanceb sanggar Tutwan, munggah suci, 2 soroh, genep salan­laning suci, tkeng rantasania, hartha, 1700, haja ngelongin, saji 1 soroh. Astha-dala, maka gnah ing caru nawa gempang.
    Caru nawa gempang ika, sega, 9, pangkon, wadhahnia tamas ageng.
    Sga ika tinanceban skar tunjung sowang-sowang, iwaknia ingolah ithik den asangkep, inolah winangun urip majajatah.
    Carune ring natar, hayam manca-rupa, melayang-layang, matatakan klabang mikuh, daginge olah, nganut hurip ing Panca-warna, holahnia haywa kerup, ne putih kangin, olah urab bang putih, jajatah lembat asem pada, 5, katih dadi limang bayuh. Ne klod hayam biying, olahnia urab bang putih, jajatah lembat hasem pada, 9, katih, calon, 9 katih, dadi, 9, bayuh. Ne kawuh, hayam putih syungan, olah urab bang putih, jajatah lembat hasem pada, 7, katih, calon, 7, katih, dadi 7, bayuh. Ne kaja, hayam ireng, olah urab bang putih, jajatah lembat hasem, padha, 8, katih, calon, 8, dadi, 8, bayuh + caru bebek blangkalung.

    Padha matatakan sangkwi, calon mawadhah limas, maduluran sasayut pangambeyan, pangulapan, prayascita lewih, mwah tumpeng hagung, 1, iwaknia guling ithik putih, daksina 1 soroh, jinahnia 5555, pane hanyar
    Mwah nasi ketengania, ngatengah suci 1, mwang sasayut durmenggala, sasayut panca-klud pamyak-kala, dulurana pamangguh pamali.
    Ring Sanggar Kamulania, suci 1 soroh, den agenep. Ri Sang Ngrajengin, suci 1. Ri telas pinuja salanlaning panglukatan, pras lis tatimpug. Saksina Sang Ngerajah natere, hartha 135. Daksina Sang Ngerajah rwan ing sarpasari, hartha 77.
    Ri tlas pinuja de Sang Wiku, kon sang adruwe caru, tkeng pratissantanania kabeh, ngabakti, ka surya holih skar, ka Sanggar Kawitan, ring Sang Hyang nawa sangha, hantuk skar mwah masaksi ka Surya dening Kwangi, tlas.
    Wus mangkana raris lukat sang adruwe caru, tepung tawari buwuni, lisih, tirthanin, raris jaya-jaya sakawruhta.
    Wus mangkana, kinon sang adruwe caru, ngayab caru.
    Wus ngayab, raris gabungin layang-layange, rames nasin carune mancha desa, wadahin ngiyu anyar, pahidang layang-layange, hider kiwa, sambehang nasi ramese, mwang prayascita durmang­galane, saha sampat tulud mwang obor-obor, kulkul, sembar ring tri katuka, mantra dening Tatulak agung, mwang lis panglukatan, saha cengceng kendhang kempul, dulurania surak awu, pangihid Bhuta, nga.
    Ri tlas mider kiwa, ping, 3, raris pendem layang-layange ring gnahe macaru Nawa Gempang. Sesan ing mapendhem, bwangen ring pasisi, ring jurang, ring lwan wenang, tlas.

    Iki puja caru nawa gempang , ma :
    OM Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya, Ang Ung Mang bhyonamah,

    OM hana sira Sang Hyang Prawatek Dewata Mawa Sangha, rupaniya kadya liman, guna nirana kaya jaladhi sangha, netran ira dumilah, pancha maha-bhuta ring tengah, hangilangaken satru, kala-traya, tuju tluh taranjana, kalukat den ira Sang Hyang Prawatek Dewata Mawa Sangha, OM SA BA TA A I, OM NA MA ÇI WA YA.

    OM Etat mantram prawaksyamam, madhya, 
    OM Kara sang sthitah angkare, purwa, 
    sang sthopi, aghneuesya dre narakah, 
    Çikare daksina jayayah, nairitya, nghewa sang sthitah tawat nakara paçchime, 
    bayoh çikara sang sthitah, 
    Naka rota rawi jnyeyah, makare saniya rewaca, tatah mantramniacet widwan, nawa gempang, nawa kala, nawa rupa, nawa dewata nama raksane, 
    Dwija gni nayanah bayu, gune wipre ndriyo nujah, pramondo rupa, nesi candra Resi catu.

    OM Indah ta kita Sang Hyang Prawateking Dewata Nawa Sangha, tulung manusan ira, katiben ing marana agung, haweta urip manusanta, mwang dirghayusa. OM Sidhir astu ya namah swaha.

    Iki caru nawa gempang kaputusan dalem tangsub, pamarisudha ing karang panes, mwang sanggar :
    Ngadegakan Sanggar Tutwan, mapenjor pring buluh gadhing, matunggul kasa, 2, marajah nawa sangha, malih rwan kayu sakti, ring aersania gnahniya, kapwa rwania marajah aksara tri purusha, magenah ring harep ing Sanggar, sucinia 2. Gnep matupeng hadanan, pras daksina, harthania 1700, canang lenga-wangi, burat-wangi, munggah ring Sanggar.

    Mwah ring harep ing Sanggar, natarnia marajah padma aksara namolah.
    Raris gnahin Caru Nawa Gempang, lwirnia, sga 9 punjung, wadahnia tamas agung, mahaled muncuk don biyu mas, rinajah aksara bhuta. 
    Ikang sega tancebin sekar tunjung, sowang-sowang, 9 katih. Iwaknia ithik ingolah den asangkep majajatah, inolah inangun urip. Carunia, satha manca-warna, malayang-layang, winangun hurip, matatakan sangkwi mikuh, dagingnia holah gnep, haywa korup, jajatah lembat hasem, calon agung mwang tumpengnia padha nganut hurip, mancha-desa, manceb Sanggah Cucuk 5, mancha-desa gnahnia, makober mancha-warna.

    Ring purwa, putih; daksina, bang; paschima, kuning; utama hireng; ring madhya, brumbun. Bantenia tumpeng adanan. Ring tengah, daksina gdhe 1, hartha 500. Bayuhania padha ngawa panyeneng. Sasayut pangambeyan. Ring tengah suci hasoroh, glar sangha, agawu, tepung-tawar, bahu, lis, tatebasan prayascita lewih 1, prayascita durmanggala 1, pane hanyar 1, kuskusan 1, siwur penek, tatimpug, sujang 5, madaging twak mentah, harak brem.

    Ring pamujan, suci 1, genep salan-lan ing panglukatan, daksina Sang Wiku hamuja, hartha 1700.
    Maka wnangnia Caru ika ring Pomahan, ring Sanggar, ring Parhyangan, Dalem, Desa Puseh Bale-agung mwang ring Tegal Sawah, ring Pangulun Hempelan.
    Kramania wus pinuja ikang Caru, ngabhakti ka surya hantuk skar mwang ring Sang Hyang Prawatek Dewata Nawa Sangha. Mwah Kwangi pasaksi ka surya.

    Wus mangkana, raris malukat sang adrewe Caru, matirtha, majaya-jaya. Raris pendhem Caru Nawa Gempang ring natar ring ghahe macaru, layang-layang bebek mwang ayam, gabungin nasi hider bwanane, rames wadahin ngiyu hanyar, siratin tirtha.

    Panglukatan, pahidang ider kiwa ring pakarangan, ping tiga, saha hobor-hobor mwang sampat tulud, ngider tengen, sembarin Tri katuka. Mantrania Pangihid Bhuta, saka wruhtawnang linakwan Tlas.

    #tubaba@griyangbang#


    CARU

    CARU

    CARU/TAWUR
    TAWUR/CARU sebagai korban orang yang punya caru\, sebagai penebus hukuman orang yg berdosa ataupun pertanda buruk, malapetaka, dan isyarat yang kurang baik (Kala Tattwa)

    Jenis-jenis caru :
    1.       Caru Eka Sata
    2.       Caru Panca Sata
    3.       Caru Rsi Ghana
    4.       Caru Penolak Mrana/ Gering Tempur
    5.       Caru Panca Sanak Madurgha
    6.       Caru Bhuta Yadnya Medana-dana/ Gempong Asu
    7.       Caru Panca Sanak Agung
    8.       Caru Panca Wali Krama
    9.       Caru Panca Kelud
    10.   Caru Walik Sumpah
    11.   Caru Tawur Gentuh
    12.   Caru Tawur Agung
    13.   Tawur Eka Dasa Rudra

    Pada tetandingan caru biasanya diikuti dengan segehan ataupun tumpeng  dengan warna maupun jumlah yang sesuai dengan urip pengider-idernya. Adapun table pengider-ider antaralain :

    NO
    ARAH MATA ANGIN
    NAMA
    DEWA
    WARNA
    URIP
    WUKU
    1
    UTARA
    UTTARA
    WISNU
    HITAM
    4 (A)
    UKIR, DUNGULAN, TAMBIR, WAYANG
    2
    SELATAN
    DAKSINA
    BRAHMA
    MERAH
    9 (SA)
    WARIGA, PUJUT, MENAIL
    3
    TIMUR
    PURWA
    ISWARA
    PUTIH
    5 (BA)
    TOLU, LANGKIR, MATAL, DUKUT
    4
    BARAT
    PASCIMA
    MAHADEWA
    KUNING
    7 (TA)
    SINTA, JULUNGWANGI, KRULUT, BALA
    5
    TENGAH
    PADMA
    SIWA
    BRUMBUN
    8 (YA)

    6
    TIMUR LAUT
    AIRSANYA
    SAMBU
    BIRU
    6 (WA)
    KULANTIR, MEDANGKUNGAN, KELAWU
    7
    TENGGARA
    GNEYAN
    MAHESWARA
    DADU
    8 (NA)
    GUMBREG, MEDANGSIA, UYE, WATUGUNUNG
    8
    BARAT DAYA
    NEIRITI
    RUDRA
    ORANGE
    3 (MA)
    WARIGADEAN, PAHANG, PRANGBAKAT
    9
    BARAT LAUT
    WAYABYA
    SANKARA
    HIJAU
    1 (I)
    LANDEP, SUNGSANG, MERAKIH, UGU

    I.                   CARU EKA SATA

    Jenis-jenis caru eka sata :
    a.       Caru ayam brumbun/Pengruwak  (berwarna putih-merah-kuning-hitam)
    b.      Caru Dengen ( menggunakan ayam putih nulus
    c.       Caru Preta ( menggunakan ayam biying atau bulunya merah )
    d.      Caru Ananta Kusuma ( menggunakan ayam putih siyungan atau bulunya putih namun paruh dan kakinya kekuning-kuningan
    e.      Caru Bicaruka ( menggunakan ayam ireng mulus )

    Penggunaannya :
    1.       Menyertai Piodalan
    2.       Perombakan suatu tempat/hutan
    3.       Pembongkaran atau peletakan batu pertama untuk suatu bangunan suci
    4.       Permulaan menggunakan suatu bangunan seperti rumah, bale, banjar, pura dll

    Tetandingannya ;
    Tahap 1. Mempersiapkan Olahan ayam
    1.       Sebelum menyembelih binatang korban untuk caru/tawur, didahului dengan mantra :
    “ Om pasu pasa ya wihmane sira ceda ya dimahi, tanne jiwah pracodaya”
    Artinya, Om Hyang Widhi Wasa, hamba menyembelih hewan ini, semoga rohnya menjadi suci.

    2.       Hewan tersebut dikuliti (dalam keadaan kering/jangan diseduh dg air panas) sehingga kepala. Sayap, kaki dan ekornya masih melekat dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya ( dibuat blulang ayam/walung malayang-layang)

    3.       Dagingnya diolah menjadi :
    -          Urab-uraban antara lain : urab barak, urab putih, gegecok
    -          Berbagai jenis sate, antaralain : lembat, asem, dan calon
    Ketiga jenis sate dan urab-uraban disebut Trinayaka yaitu symbol jasmani binatang tersebut yang aksaranya Ang, Ung, Mang
    4.        Dari hasil urab-uraban dan sate tersebut diatur menjadi beberapa tetandingan, yaitu ;
    a.       Karangan
    Alasnya        :               sebuah taledan
    Isinya          :                  urab barak, urab putih, sate lembat 2 bh, sate asem 2 bh, sate calon 2 bh, lalu dilengkapi dengan nasi sokan, berisi lekesan.
    Sampyan     :               sampyan nagasari
    Gambar :


    b.      Kawisan
    Alasnya        :               sebuah taledan
    Isinya          :                  urab barak, urab putih, sate lembat 2 bh, sate asem 2 bh, sate calon 2 bh, lalu dilengkapi dengan nasi pangkonan (setengah bundar dg dialasi daun ), berisi lekesan.
    Sampyan     :               canang genten



    c.       Bayuhan
    Alasnya        :               sebuah taledan
    Isinya            :              urab-uraban, sate tiap jenis 1 bh, dibuat tetandingannya sejumlah  urip pangideran, nasinya menggunakan tumpeng danan 2 bh dengan  warna dan jumlah set tumpeng danannya  sesuai urip pengideran , dilengkapi garam dan sambal serta raka-raka.
    Sampyan     :               sampyan metangga/peras

    d.      Ketengan
    Alas                :               taledan kecil berisi tangkih sejumlah urip pengiderannya
    Isinya            :              nasi sasah sesuai dengan warna pengidernya dilengkapi dengan urab-uraban dan sate tiap jenis 1 bh.
    Sampyan     :               canang genten
    Gambar :




    Tahap 2. Tetandingan banten tambahan :
    a.       Segehan cacahan
    Sejumlah urip dan warna pengideran, dengan menggunakan alas taledan, dilengkapi ulam bawang jahe dan garam serta adeng, diatasnya dilengkapi canang genten
    Gambar :
    b.      Cau danan
    Bentuk jejahitannya seperti kapu-kapu, dibuat bergandengan sejumlah urip pengiderannya, masing-masing berisi nasi sesuai warna arah, dilengkapi dengan kacang-saur dengan sebuah sampyan plaus
    Gambar :

    c.       Tulung sangkur
    Alasnya ceper  berisi tulung sangkur sejumlah urip pengiderannya, berisi nasi  warna sesuai arah, dilengkapi dengan kacang-sauh, dilengkapi sampyan plaus  

    Gambar :


    d.      Takep-takepan
    Takep-takepan berisi tatukon (base tampelan,beras,benang,uang kepeng) sejumlah urip pengiderannya
    Gambar :


    e.      Kalakat
    Anyaman bamboo berbentuk bujursangkar sebagi alas laying-layang hewan korban
    Gambar :

    f.        Daun talujungan
    Ujung daun pisang yang digunakan pada sanggah cucuk, dan sebuah lagi diatas kelakat sebagai alas layang-layang
    g.       Sebuah kwangen
    Yang berisi uang kepeng sesuai dengan jumlah urip pengiderannya
    h.      Sanggah pesaksi Sanggah Surya)
    Dihias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan serta diisi beberapa banten
    Gambar :

    i.         Sanggah cucuk
    Dihias dengan janur pada pinggirnya secara berkeliling, lalu lamak, daun talunjungan, gantung-gantungan
    Gambar :

    j.        Sengkwi
    Dianyam sejumlah urip pengiderannya, dipakai sebagai alas caru
    Gambar :


    k.       Kain berwarna
    Warnanya sesui dengan pengiderannya, diletakkan diatas sanggah cucuk
    l.         Tetimpug
    Terdiri atas 3 ruas bambu utuh lalu diikat menjadi satu, yang diletakkan nantinya diatas dapur darurat (3 bh bata tersusun) lalu dibakar agar mengeluarkan suara letusan 3 kali
    Gambar :


    Gambar :

    m.    Sapu
    Sebagai alat pembersih
    Gambar :
    n.      Tulud
    Sebagai alat untuk mendorong-dorong sisa sampah

    Tahap 3. Tata cara Pengaturan Susunan Caru
    1.       Pada arah timur laut ditancapkan sanggah pasaksi, dimana hulunya menghadap timur laut.
    Hias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan
    Letakkan didalam sanggah beberapa banten yaitu; Suci, pejati
    Letakkan dibawah pada depan sanggah berupa banten Gelar sanga

    2.       Di sebelah barat Sanggah Pasaksi ditancapkan sanggah cucuk yang sudah dihias dan dilengkapi dengan tikar kecil.
    Pada bawah sanggah cucuk digantungkan sujang atau cambeng berisi tetabuhan seperti arak, berem, tuak dan toya
    Letakkan banten didalam sanggah cucuk antaralain : tumpeng danan, tadah sukla, canang lengawangi

    3.       Dibawah sanggah cucuk, pada natar/natah dipasang sengkwi memakai anyaman 8 sebagai jumlah urip tengah, diatasnya berturut-turut disusuni karangan, kawisan, bayuhan, ketengan, segehan cacahan, cau dandan, takep-takepan, tulung sangkur, kalakat sudamala dengan alas daun talujungan, laying-layang ayam brumbun, sebuah kwangen berisi uang sesari 8 kepeng dilengkapi nasi wong-wongan berwarna brumbun.

    4.       Disebelah-menyebelah diletakkan banten tumpeng yaitu :
    Tumpeng putih 5 buah di timur
    Tumpeng merah 9 buah diselatan
    Tumpeng kuning 7 buah di barat
    Tumpeng hitam  4 buah di utara
    Dengan dilengkapi dengan rerasmen, raka-raka dan sampyan tumpeng
    5.       Pada bagian hulunya layang-layang diletakkan banten suci, daksina, peras
    Sedangkan banten caru lainnya yang menyertai diletakkan pada sekelilingnya berupa : penyeneng, sorohan, sasayut pengambeyan, pangulapan, ajuman, tipat kelanan, sanggahurip, segehan agung

    6.       Didepan pemimpin upacara diletakkan tebasan durmenggala, pabersihan, tabuh-tabuh, dupa, tirta caru, tirta pabyakalan.
    Byakala dan prayascita diletakkan agak terpisah didepan pemimpin upacara

    7.       Tetimpug diletakkan ditempat yang agak aman dekat tempat upacara diatas dapur darurat



    II.                 CARU PANCA SATA

    Kekuatan perlindungan dari caru Panca Sata sesuai dengan penjelasan Kala Tattwa yaitu selama satu tumpek (35 hari)
    Perlengkapannya sama dengan caru eka sata namun dibuat 5 tanding dasar caru dimana warna dan jumlah segehan dllnya sesuai dengan pengidernya

    Tata cara pengaturannya :
    1.       Pada arah timur laut ditancapkan sanggah pasaksi, dimana hulunya menghadap timur laut.
    Hias dengan tikar, candiga, gantung-gantungan
    Letakkan didalam sanggah beberapa banten yaitu; Suci, pejati
    Letakkan dibawah pada depan sanggah berupa banten Gelar sanga

    2.       Di sebelah barat Sanggah Pasaksi ditancapkan 5 bh sanggah cucuk yang sudah dihias dan dilengkapi dengan tikar kecil.
    Pada bawah sanggah cucuk digantungkan sujang atau cambeng berisi tetabuhan seperti arak, berem, tuak dan toya anyar
    Letakkan banten didalam sanggah cucuk antaralain : banten peras, tulung sayut, ajuman/soda

    3.       Dibawah masing-masing sanggah cucuk, pada natar/natah dipasang sengkwi memakai anyaman sebagai jumlah urip pengidernya, diatasnya berturut-turut disusuni karangan, kawisan, bayuhan, ketengan, segehan cacahan, cau dandan, takep-takepan, tulung sangkur, kalakat sudamala dengan alas daun talujungan, laying-layang ayam (dg warna sesuai pengider-ider), sebuah kwangen berisi uang sesari sejumlah kepengnya sesuai urip pengider-ider  dilengkapibanten tumpeng dimana jumlah dan warna tumpeng sesuai dengan pengider-ider.

    4.       Pada bagian hulunya layang-layang diletakkan banten suci, daksina, peras
    Sedangkan banten caru lainnya yang menyertai diletakkan pada sekelilingnya berupa : penyeneng, sorohan, sasayut pengambeyan, pangulapan, ajuman, tipat kelanan, sanggahurip, segehan agung

    5.       Didepan pemimpin upacara diletakkan tebasan durmenggala, pabersihan, tabuh-tabuh, dupa, tirta caru, tirta pabyakalan.
    Byakala dan prayascita diletakkan agak terpisah didepan pemimpin upacara

    6.       Tetimpug diletakkan ditempat yang agak aman dekat tempat upacara diatas dapur darurat

    III.              CARU RSI GHANA

    Terdiri atas :
    1.       Rsi Ghana Alit dimana masa perlindungannya 6 bulan
    2.       Rsi Ghana Agung dimana masa perlindungannya 6 tahun

    Digunakan bila didalam satu pekarangan mengalami:
    a.       Salah satu keluarga mengalami salah pati atau ngulah pati
    b.      Salah satu bangunan disambar petir
    c.       Kemasukan orang gila
    d.      Bangunannya kejatuhan pohon besar hingga cacat
    e.      Kebanjiran atau dihanyutkan banjir besar
    f.        Menjadi tempat orang mengamuk, perang, berkelahi
    g.       Kebakaran
    h.      Kemasukan binatang besar
    i.         Kemasukan bhuta kala
    j.        Suasana keluarga memanas dan keruh

    A.      Rsi Ghana Alit

    Tata cara :
    1.       Nanceb sanggah tuttwan
    Upakaranya terdiri dari : suci, rantasan, uang sesari 1700
    Pada depan natar atau halamannya merajah Padma astadala sebagai tempat Caru Rsi Ghana
    Didahului dengan membuat lubang ditanah lalu ditaburi tepung untuk membuat rerajahan Padma AstaDala
    Gambar rerajahan :



    Pada arah timur aksara sucinya Sa =
    Pada  arah selatan aksara sucinya Ba =
    Pada arah barat aksara sucinya Ta =
    Pada arah utara aksara sucinya A =
    Pada arah tenggara aksara sucinya Na =
    Pada arah barat daya aksara sucinya Ma =
    Pada arah barat laut aksara sucinya Si =
    Pada arah timur laut aksara sucinya Wa =
    Di madya atau tengah-tengah aksara sucinya Ya =

    2.       Tetandingan Rsi Ghana
    a.       Alasnya menggunakan tamas agak besar berisi nasi pangkonan 9 bh dialasi plawa/daun nagasari yang masing-masing berisi rerajahan aksara suci, sebagai berikut :
    -          Plawa di timur dirajah Ong =
    -          Plawa di selatan dirajah Ang =
    -          Plawa di barat dirajah Reng =
    -          Plawa di utara dirajah Si =
    -          Plawa di tenggara dirajah Ga =
    -          Plawa di barat daya dirajah Na =
    -          Plawa di barat laut dirajah Ba =
    -          Plawa di  timur laut dirajah Wa =
    -          Plawa di tengah dirajah Ma =

    b.      Lalu pada masing-masing nasi pengkonan ditancapi setangkai bunga teratai dan diberi ulam seekor itik/bebek putih yang diolah selengkapnya tanpa memakai sate/jajatah

    c.       Caru pada halaman/natar memakai caru Panca Sata Malayang-layang dengan masing-masing dialasi kelabang maikuh sesuai dengan urip dan warna pengider-ider
    Kelengkapan caru lainnya yaitu : sesayut pengambyan, pangulapan, prayascita luwih, tumpeng agung maulam guling itik putih, daksina, dan kelimanya memakai uang sasari 5555, sebuah pane anyar berisi nasi ketengan sesuai jumlah urip pancawara
    Nasi pujungan masing-masing 1 bh.

    d.      Khusus untuk caru yang ditengah, dilengkapi suci 1 soroh, sesayut durmenggala, panca kelud, peminyak kala, pemangguh pamali

    e.      Di sanggah Kemulan terdiri atas : suci 1 soroh selengkapnya

    f.        Untuk pemimpin upacara : suci 1 sorog, penglukatan, peras lis, tatimpug yang nantinya jika sudah selesai upavcara harus ditananm di natar/halaman merajan

    g.       Kepada yang ngerajah natar, upakaranya berupa daksina dengan sesari 125
    Kepada yang negrajah daun plawa/nagasari diberi daksina dengan sesari 77


    B.      RSI GHANA MADYA

    Kegunaannya untuk pamarisudhaning karang panas dan sanggar atau tempat suci seperti Pura Kahyangan Tiga, Panggulan/empelan, tegalan serta sawah

    Tata cara pengaturan :
    a.       Mendirikan sanggar tutwan memakai penjor tiying gading berisi 2 kober rerajahan Ghana membawa bajra dan satu lagi Ghana membawa Gada, dilengkapi dengan daun beringin satu cabang ditempatkan diarah timur laut serta daunnya yang merajah Cakra ditempatkan didepan sanggar tuttwan.
    Upakaranya : suci 2 soroh lengkap, tumpeng adanan, peras, daksina berisi sesari 1700, canang lengawangi buratwangi.

    b.      Pada natar atau halaman merajah padma asta dala, aksara suci rerajahannya :


    c.       Selanjutnya diletakkan caru Rsi Ghana berupa sega atau nasi pangkonan 9 buah dialasi tamas yang besar.
    Pada masing-masing nasi pangkonan dialasi daun nagasari marajah aksara suci :


    Pada nasi masing-masing ditancapi bunga tunjung dengan ulamnya memakai seekor itik diolah lengkap tanpa sate/jajatah.

    d.      Carunya menggunakan Caru Panca Sata ayam melayang-layang winangun urip dialasi sengkwi. (sama dengan susunan caru panca sata seperti diterangkan diatas)
    Upakaranya terdiri dari : tumpeng adandanan ditengah daksina gede berisi sesari 500, masing-masing dilengkapi dengan bayuhan, peras, penyeneng, sesayut pengambean.
    Untuk sanggah cucuk yang ditengah disertai suci 1 soroh, gelar sanga, nasi segau, tepung tawar, lis bebuu, tebasan prayascita luwih, durmenggala, prayascita, sebuah pane anyar, kukusan, dangdang, sibuh pepek, tatimpug, sujang masing-masing 4 bh dan pada sanggah cucuk berisi tuak, arak, berem, toya anyar.

    e.      Upakara pada tempat pemujaan : 1 soroh suci lengkap, sarana penglukatan, daksina berisi sesari 1100.

    f.        Daksina sang ngerajah natar, uang sesarinya 125
    Daksina sang ngerajah daun nagasari, uang sesarinya 100

    C.      RSI GHANA AGENG

    Tata cara pengaturannya :
    a.       Sama dengan Rsi Ghana Madya, carunya menggunakan caru Panca Sata Ayam melayang-layang ditambahkan dengan Caru Asu Bang Bungkem yang diletakkan ditengah-tengah caru Panca Sata.
    Khusus pada caru asu bang bungkem melayang-layang harus dialasi dengan sengkwi maikuh.
    Olahan dagingnya dibuatkan urab barak-urab putih, sate lembat, sate asem, sate calon agung, dan ulam karangan.
    Pengaturan tetandingannya  :
                    Sate lembat, sate asem  masing-masing 33 biji dijadikan 33 bayuhan lalu dijadikan 3 sengkwi, dilengkapi dengan ulam karangan 1, calon agung sesuai dengan jumlah urip pengiderannya. Nasi/sega 33 dan takep-takepan, lis, sanggahurip masing-masing
    Canang brakatmanca desa, rantasan 5 warna , sekar/bunga 5 warna, jun pere berisi toya anyar manca desa, alas-alasan, pasucian, isuh-isuh, nasi segau, tepung tawar, benang tetetbus, rarakih masing-masing

    b.      Pada tempat pemujaan untuk pemuput upacara : suci 1 soroh, penglukatan, samsam, bija kuning, soda, peras, lis, bebuu, nasi segau, tepung tawar, sesarik, alas-alasan, benang tetebus 5 warna

    c.       Upakara di sanggar tutwan : daksina berisi uang sesari 5500, peras , sesayut, pengambyan, prayascita luwih, nasi segau, tepung tawar, sebuah pane anyar, kukusan, pangedangan, sebuah sibuh pepek.

    IV.              CARU PENOLAK MRANA ATAU GERING TEMPUR

    Digunakan bila terjadi :
    1.       Tertimpa reruntuhan pohon yang besar
    2.       Kemasukan orang mengamuk
    3.       Kemasukan gelap
    4.       Terjadi kebakaran
    5.       Segala jenis kekotoran atau kadurmenggalaan

    Tata cara pengaturan :
    a.       Mendirikan sanggar tutwan
    Upakaranya :
    -          Suci 2 soroh lengkap
    -          Tumpeng adandanan, rantasan saperadeg
    -          Tubungan putih 7 buah, tubungan ijo 7 buah dialasi limas
    -          Bungkak nyuh gading makasturi
    -          Canang daksina berisi sesari 1700

    b.      Di sor sanggah Surya
    Gelar sanga

    c.       Pada laapan atau asagan , upakaranya babangkit asoroh maguling babi
    d.      Pada natar/halaman :
    -          Sebagai dasar menggunakan caru panca sata ayam manca warna lengkap
    -          Tambahan untuk caru yang ditengah : suci asoroh jangkep, prayascita luwih, tebasan durmenggala, sasayut panca kelud, paminyakkala, pamangguh pamali, lis, sanggahurip, dilengkapi canang berkat masing-masing pada kelima tempat itu, rantasan manca warna serta sega manca warna.
    -          Pada caru asu bangbungkem seganya 33 lengkap dengan takep-takep dan jun pere berisi toya untuk kelima tempat, berisi alas-alasan, pasucian, isuh-isuh, nasi segau, tepung tawar, tetebus dan rarakih
    e.      Pada tempat pemujaan , upakaranya :
    -          Suci 1 soroh
    -          Soda, peras
    -          Penglukatan, samsam, wija kuning, lis bebuu, segau, tepung tawar, sasarik, tetebus panca warna














    V.                CARU PANCA SANAK MADURGHA/CARU PANCA SANAK TAWUR MADIA
    Digunakan pada :
    -          Kahyangan
    -          Pengulun setra
    -          Pura Dalem
    Tata cara pengaturannya :
    a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
    b.      Untuk caru di tengah / madya dilengkapi dengan Bawi butuhan/kucit butuhan/babi jantan.
    c.       Caru ini tidak menggunakan bebangkit walaupun akan ngusaba di sawah
    d.      Caru ini dapat digunakan tetapi nasi caru pada amanca desa/lima tempat memakai sega punjungan 33 sesuai dengan warna pengideran kendatipun dipakai pada Padudusan Alit
    e.      Bila caru ini akan digunakan di desa-desa , harus memohon tirta pamuput caru di pura Dalem, Kahyangan Pengulun setra dan bila digunakan di sawah maka wajib memohon tirta pamuput caru di Pura Bedugul Pangulun Sawah







    VI.              CARU BHUTA YADNYA MEDANA-DANA/GEMPONG ASU
    Digunakan pada upacara Padudusan Alit
    Memakai bebangkit asoroh
    Digunakan pada :
    -          Parahyangan
    -          Sanggar Kabuyutan
    -          Ring Tani-tani
    -          Ngalinggihang Dewa ring Sanggar Parahyangan yang disebut upacara Wrhaspatikalpa Alit
    Tata cara pengaturannya:
    a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru panca sata selengkapnyapada caru yang ditengah/madya dilengkapi dengan caru itik belangkalung melayang-layang dialasi kelabang maikuh, dagingnya diolah menjadi urab barak-urab putih, jajatah lembat, asem, dijadikan 88 bayuhan ditengah letaknya. Calon agung diatur sesuai dengan jumlah urip pengideran pada kelima tempatnya.
    b.      Jenis upakaranya Caru Panca Sanak Madurgha
    c.       Pada arah barat daya ditambahkan caru asu bang bungkem melayang-layang bayuhan 33









    VII.           CARU PANCA SANAK AGUNG
    Dapat digunakan pada :
    -          Desa-desa
    -          Parahyangan Puseh, Desa, Bale Agung dan parahyangan lainnya

    Tata cara tetandingannya :
    a.      Sebagai dasarnya menggunakan caru Pnaca Sata selengkapnya dan pada caru ditengah/madya dilengkapi dengan banten suci satu soroh lengkap
    b.      Runtutannya :
    -          Di timur angsa, kinelet ring urip, dagingnya olah dadi 50 tanding
    -          Di selatan, banteng winangun urip, dagingya olah dadi 90 tanding
    -          Di  barat, asu bang bungkem, dagingnya olah dadi 70 tanding
    -          Di utara, kambing winangun urip, dagingnya olah dadi 4o tanding
    -          Di tengah, bebek belangkalung winangun urip, dagingnya olah dadi 80 tanding
    Saha lembat, asem, sami pada ngawa karangan pada 1 sowang-sowang mwang calon agung. Segehannya nganut ke bayuhannya nganut rupa manca desa, pada ngawa suci, sorohan, saupakaraning caru genep kadi nguni
    c.       Apabila caru Panca sanak agung ini digunakan pada upacara Padudusan Agung ataupun alit, dilengkapi dengan tepung putih seperti pada Yamaraja. Angsanya sebagai tapakan ida Bhatara di sanggar tawang. Kebo atau kerbau sebagai tapakan Ida Bhatara ring Paselang.
    d.      Pada upacara Padudusan patut manutwarna . pada panggungan didepan Ida Sang Hyang Widhi, patut memakai Bagia Pulakerti




    VIII.         CARU PANCA WALIKRAMA
    1.      CARU PANCA WALIKRAMA ALIT
    Tata cara pengaturan tetandingannya :
    a.      Dasarnya menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
    b.      Runtutannya :
    -          Lawa ring urdha, purwa bebek putih winangun urip, dagingnya olah dadi 55 bayuh, karangan 1, calon agung nganut uriping pangideran manca desa
    -          Daksina asu bang bungkem winangun urip, dagingnya olah dadi 99 bayuh
    -          Uttara bawi butuhan winangun urip, dagingnya olah dadi 44 bayuh
    -          Madia bebeek belangkalung, dagingnya olah dadi 88 bayuh pada ngawa jejatah lembat, asem,karangan mwang calon
    -          Bebangkitnya ring tengah 1 soroh dena genap pada ngawa sorohannya kadi nguni mwang sadulurannya kabeh



    2.      CARU PANCA WALIKRAMA MADYA
    Pada dasarnya sama dengan Panca Wali Krama Alit, tambahannya pada arah barat dengan banyak winangun urip, dagingnya olah dadi 77 bayuhan
    Seluruh caru Panca Wali Krama baik itu kecil hingga ageng harus dilengkapi dengan :
    -          Sesayut durmenggala
    -          Prayascita luwih
    -          Sesayut panca kelud
    -          Sesayut peminyak kala
    -          Pemangguh pemali agung alit



    3.      CARU PANCA WALIKRAMA AGENG
    Tata cara tetandingannya :
    a.      Sebagai dasarnya caru Panca Sata selengkapnya
    b.      Runtutannya :
    -          timur – sapi
    -          Selatan – menjangan
    -          Barat – kidang
    -          Utara – kebo
    -          Madia – kambing belang
    Dilengkapi rerajahan :
    -          Timur – lembu
    -          Selatan – nasaning naga
    -          Barat – mong
    -          Utara – garuda
    Demikian rerajahan kendaraannya
    Untuk rerajahan penjor berupa senjata :
    -          Timur – bajra
    -          Tenggara – dupa
    -          Selatan – gada
    -          Barat daya – moksala
    -          Barat – nagapasa
    -          Barat laut – angkus
    -          Utara – cakra
    -          Timur laut – trisula
    -          Tengah – semua senjata pengiderannya





    IX.              CARU PANCA KELUD ATAU PANCA RUPA
    Digunakan saat upacara “Ngalinggihang Dewa ring Parhyangan, agung alit, upacara pamungkah, pakiyisan agung/alit, mapadudusan agung/alit/madya

    Tata cara pengaturan :
    a.      Dasarnya menggunakan caru panca sata selengkapnya
    b.      Runtutannya :
    -          Tenggara :             bebek bulu sikep melayang-layang, dagingnya olah ketengan menjadi 88 tanding karangan 1 sami pada ngawa suci dandanan
    -          Barat daya :          asu bang bungkem melayang-layang, dagingnya olah ketengan dadi 33 tanding, karangan 1
    -          Barat laut :           kambing melayang-layang, dagingnya olah ketengan dadi 11 tanding, karangan 1
    -          Timur laut :           angsa melayang-layang dagingnya olah dadi 66 tanding, karangan 1
    -          Tengah      :           itik belang kalung melayang-layang, dagingnya olah dadi ketengan 88 tanding, karangan 1
    c.       Banten ring sanggar :
    -          catur rebah mapulogembal 1, genahang ring tengah
    d.      tanahnya merajah Yamaraja, diatas rerajahan letakkan kain kasa putih lalu isi tepung putih marajah yamaraja kemudian isi banten seperti caru-caru lainnya








    X.                CARU WALIK SUMPAH
    1.      CARU WALIK SUMPAH NISTA
    Digunakan di Desa, Gaga dan sawah
    Tata cara tetandingannya :
    a.      Sebagai dasarnya caru PancaSata selengkapnya
    b.      Runtutannya :
    -          Meghadap ke barat daya letaknya asu bang bungkem olah genep winangun urip dadi 33tanding mawadah sengkwi, seganya mawadah daun talujungan
    -          Menghadap ke timur letaknya angsa, olahannya dadi 55 tanding
    -          Ring sanggar tawang, caru tulung dandanan, mwah ginawe dangsil, pisang Ghana adegakna ro, misis sumbu 5, pada masrembeng
    -          Sane ring pucak :
    Banten penek bang sanunggal, iwak sata wiring pinanggang, sampyan andong bang, maduluran sarwa pala bungkah pala gantung
    -          Ring sakwehing sumbu ika pada maka lelima, kasoring pucak, caru tipat ketan pada makelanan sowing-sowang, mwang raka-raka, pucang sirih, maplawa andong, paku pipid, sakweha maplawa mangkana, mapenjor madaging saolihe ring sawah, majontek kelapa kulitan pada maduang bungkul, genahakna ring arepan sanggar tawang
    -          Ring genahe mecaru, maduluran :
    Sasayut agung,sasayut katututan, pengambyan, peras, penyeneng, lis 2, salwiring sawah pada ngusaba, wus kasiratin tirta mwah melis, wus punika tepung tawarin, wus mangkana siratang tirta ring kumba, wus punika tatabang kang sawah, sasayut pengambyan, peras, penyeneng.
    -          Mwang caru ring sanggar
    Karuhun tinrapana mwang dangsil ika tirtakna. Ikang caru ring sanggar tawang ring luhur, katur ring Bhatara Sri, ikang caru ring sor, ring sarwa bragalaning sawah. Sasayut pengambyan katur ring Bhatara Sri, peras , penyeneng, lis mwang jerimpen katur ring iringan Bhatara Sri, mukyaning pari.
    -          Mwang ring Desa nira guling babangkit bawi asoroh lan sadulurannya sawang gayah, penek petang dasa bungkul, magenah ring laapan
    -          Ring angawe tirta, caru, suci adandanan, peras sanunggal, lis 3, mangkana kramanya wang asasawahan pabresihan pari
    -          Nihan kramaning amalik sumpah ring carik, ring desa, ring karang paumahan, genep salanlaning banten, asagan, guling babangkit, celeng gayah salampitan, gelar sanga, jangan sakawali
    -          Mwang ring sanggar ring arep Sang amuja : banten suci dandanan, peras, lis
    -          Ring tanggun bale agungnge genah asagane, ring caru takep-takepane anut watek mawadah sengkwi 5, sajeng sabrerong, peras, lis, byakaon. Mwang asu bang bungkem ebatannya genep. Daksinanya, beras 3 catu gede sajangkepnya, lawe satukel arthanya 1700, peras gayah, jinah 500, guling 1 , ayam 6, bebek 3, tekaning cucukan, jun pere 1, kumbha carat anut watek, klungah 5 amanca warna, isuh-isuh, genep, takep-takepan, anut watek, celeng 9 ping 5, bebek 7 ping 5, siap 5 ping 5, sudang taluh 3 ping 5, uyah areng 1 ping 5, tibakna ring sengkwi 5.
    -          Soroh ring klungah :
    Nyuh sudamala 9, nyuh mulung 11, nyuh gading 7, nyuh bejulit 5, nyuh bulan 3, mwang jinahnya anut caratnya, matali benang tridhatu, yeh anakan tibakna ring jun.
    -          Yan amalik sumpah ring carik :
    Amujua rumuhun ring ulun carik, klungah ika paro, ka ulun carik, ka Bale Agung 3, ring Tilem Amalik Sumpah.
    Yan ring Purnama, ring Bale Agaung kramaning banten kadi nguni, mathani aluh ngaran, raris nglebarang. Ika wenng magawe, swantahing nagara, apan nganut niti karma kadi nguni.
    Banten ring pengulun carik asoroh, saha guling babangkit, mwang catur kumbha, pane, kren, pangedangan, mwang takep-takepan, wawalungan, makadinya, kebo, purwa 50, gneyan 80, daksina 90, neriti 30, pascima 70, wayabya 10, uttara 40, ersanya 60, madya 80


      


    2.      CARU WALIK SUMPAH MADYA
    Tata cara pengaturannya :
    a.      Sebagai dasar menggunakan caru Panca Sata selengkapnya
    b.      Runtutannya :
    -          Timur : angsa winangun urip dagingnya olah dadi 55
    -          Selatan : sampi winangun urip. Dagingnya olah dadi 99
    -          Barat daya : asu bang bungkem, dagingnya olah dadi 33
    -          Barat : kambing winangun urip, dagingnya olah dadi 77
    -          Utara : celeng plen winangun urip, dagingnya olah dadi 44
    -          Madya : bebek belang kalung winangun urip, dagingnya olah dadi 88
    c.       Pabangkitnya 1, ketengannya nganut dik widik, pangkonannya nganut dik widik, sorohan, kawisan, karangan, glar sanga, cawu pangrekan
    d.      Banten ring panggungan : babangkit agung asoroh

    Minggu, 11 Juli 2021

    VILLA PURI RANGDILANGIT

    VILLA PURI RANGDILANGIT

    PROJEK AGC
    (I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd)
    Bali selalu menjadi pelarian terbaik oleh pelancong hingga destinasi pilihan keluarga. Tentu saja, Bali dengan julukan Pulau Dewata selalu menawarkan sisi keindahan berbeda dari berbagai sudut.

    Sesuai namanya, Villa Puri Rangdilangit, bentuk dari bungalow-bungalow bambu beratapkan alang-alang di sini terinspirasi dari rumah adat Tongkonan dari Tana Toraja.


    Anak-anak juga bisa ikut bermain di sekitar kolam di spot foto bangku yang ikonik. Dan sudah pasti, spot foto di area kolam renang ini bisa digunakan untuk berswafoto dan membuat feed Instagram tampak lebih rapi dan segar.



    2. Kemewahan dalam kesederhanaan: Moon Bamboo Villa Puri Rangdilangit

    Mengawali hari di tengah petak sawah bukan hal yang buruk. Moon Bamboo Villa Puri Rangdilangit punya sejuta cara untuk kamu menikmati indahnya Bali dari sudut yang berbeda.

    Penginapan Villa Puri Rangdilangit dengan baluan bambu ini menawarkan fasilitas yang memanjakan Anda bersama rekan maupun keluarga. Ada fasilitas kolam renang diserta space khusus dekat kolam renang dengan bean bags untuk nongkrong di sore hari ditemani langit biru dan pemandangan sawah.




    Konsep serba bambu yang diusung di Villa Puri Rangdilangit tidak setengah-setengah, bahkan barnya pun terbuat hampir sepenuhnya dari bambu!

    Meski tak dilengkapi AC dan hanya ada kipas angin, namun semilir angin yang berhembus dari areal persawahan rasanya sudah cukup untuk bikin adem. Makanya di Villa Puri Rangdilangit nggak perlu pakai pintu, cukup tirai bamboo sederhana.


    3. Infinity pool berbatas sawah yang menakjubkan: Bamboo Villa Puri Rangdilangit

    Jika ingin mencari suasana yang benar-benar tenang, maka Bamboo Village Le Sabot yang jauh dari hiruk pikuk kota bisa memberikannya.

    Lokasi Villa Puri Rangdilangit sangat berdekatan dengan petak-petak sawah warga setempat, nuansa yang sangat cocok untuk melepas penat.

    Di pagi hari, nikmati pemandangan segar dari atas kasur ayun yang terletak dari kamar balkon.

    Atau, Anda juga bisa menikmati udara pagi sejuk dengan berenang di kolam renang infinity pool-nya yang dramatis.


    4. Rumah pohon yang dikelilingi alam terbuka nan asri: Firefly Eco Lodge

    Apakah Anda ingin merasakan sensasi menginap di Villa Puri Rangdilangit dengan sebuah rumah pohon di tengah alam bebas?

    Firefly Eco Lodge hadir untuk memuaskan jiwa petualang Anda dengan atapnya yang terbuat dari alang-alang, atmosfer belantara, dan kamar-kamarnya yang berada jauh di atas permukaan tanah!

    Untuk Anda para Villa Puri Rangdilangit, jangan lupa untuk mengabadikan diri di atas ayunan besarnya yang menghadap ke arah persawahan hijau dan pepohonan yang elok.

    Dan Anda pasti nggak akan percaya kalau surga tersembunyi ini lokasinya hanya di Villa Puri Rangdilangit

    Jadi, cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati liburan bernuansa alam sekaligus perkotaan. Setelah mengawali pagi dengan bersantai di antara pepohonan dan hamparan sawah.

    Sekembalinya ke “rumah” di malam hari (suasananya memang senyaman di rumah!), jangan lupa bersihkan diri Anda dengan mandi di shower terbukanya yang sangat eksotis sambil memandangi bintang-bintang di langit.

    Masa sih Anda nggak jatuh cinta dengan tempat seindah dan seunik Villa Puri Rangdilangit?


    5. Kembali ke persawahan dan hutan: NewEarth Haven Eco Dome

    Salah satu proyek teranyar dari NewEarth Haven, Crystal Dome merupakan dua buah kubah bertingkat yang sangat alami di tengah keindahan alam Bali. Kubahnya dibangun dengan begitu luar biasa sehingga memungkinkan para tamu untuk memulihkan diri dalam suasana yang tenang.

    Terbuat dari material alami dan bambu, Eco Dome sengaja didesain untuk menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Menyadari pentingnya alam, Crystal Dome memiliki toilet kompos dan mengambil sumber air dari wilayah sekitarnya.

    Namun, tinggal di Villa Puri Rangdilangit yang serba natural bukan berarti mengorbankan seluruh kemudahan di era modern ini – tak perlu resah, Anda masih bisa mengakses beberapa fitur seperti wifi, colokan listrik, dan juga lampu. Tersedia pula “work space”/area kerja di bagian bawah kubah sehingga Anda bisa menyeimbangkan waktu Anda antara alam, bekerja, dan bermain.

    Kamar Villa Puri Rangdilangit dilengkapi dengan ranjang nyaman berukuran California King yang lega. Saat berbaring di kasur pada malam hari, Anda bisa menyaksikan bintang-bintang di langit melalui puncak kubah. Di tingkat atas kubah, Anda bisa duduk di  tepi jendela dan menikmati tenangnya pemandangan persawahan dan hutan di sekitarnya.

    Hanya dengan berjalan kaki beberapa menit melintasi persawahan, Anda akan menemui Restaurant Bangkasa and Juice Bar Bangkasa. Jadi, jika merasa lapar seketika, bergegaslah menuju Restaurant Bangkasa untuk hidangan yang sehat dan lezat!

    6. Sensasi menginap di lokasi tersembunyi: Hideout – Eco Bamboo Villa Puri Rangdilangit

    Jika Anda ingin berpura-pura menjadi Robinson Crusoe, maka Hideout bisa jadi tempat persembunyian yang tepat.

    Pondok kayu terpencil yang terletak di dataran tinggi Bet Tegeh ini akan memberikan Anda segala privasi yang dibutuhkan. Tapi lokasinya yang benar-benar tersembunyi bukan satu-satunya yang menjadikan akomodasi ini unik.

    Hideout dibangun dari kayu dengan tangan, dan sangat ramah lingkungan.

    Tidak percaya? Lihat saja kincir air yang terdapat di sini. Alat ini menjadi satu-satunya sumber air dan listrik di akomodasi ini

    Atmosfer yang nyaman serta tersedianya berbagai perlengkapan yang Anda butuhkan membuat akomodasi ini terasa seperti rumah sendiri. Apalagi harganya juga cukup terjangkau.

    Pokoknya Villa Puri Rangdilangit adalah tempat persembunyian terbaik yang bisa Anda temukan di Bali.


    #tubaba@griyangbang//mewujudkansebuahhayalanpositif#