Rabu, 15 September 2021

Dudokan Pemelaspas dan Memakuh

Pemelaspas

#Melaspas bangunan baru terdiri dari
a. Memakuh 
b. Melaspas

a. Memakuh 
Pemakuhan (memakuh) adalah upacara yadnya yang dilakukan setelah selesai mendirikan suatu bangunan rumah yaitu sebagai ungkapan terima kasih kepada Bhagawan Wisma Karma  sebagai arsitek seni bangunan para Dewa, yang diwujudkan dengan memohon tirta pemakuhan. 
Banten Pemakuhan
  • Pejati, lis, soroan,  pesucian. caru ayam putih asoroh eteh-eteh pemakuhan asoroh: bagia, orti, sapsap, ulap-ulap, paso anyar berisi air, daun lalang 11 katih, pengurip-urip getih siap putih, susur pekeramas, toya cendana, kumkuman, rantasan, seperadeg, semeti, pahat, uang, andel-andel berisi benang. 
  • Toya pemakuhan dari undagi yang membuat sikut.
  •  pejati, sodan putih kuning dagingnya ayam betutu, me-ukem-ukem (di sembeleh dari punggung), daksina yang berisi uang 225,  nyahnyah gula kelapa . Banten ini ditaruh di sebuah sanggar di hulu bangunan.
Urutan upacara:
  1. Ngetok sunduk, mantra: ngadegang Bhatara Semara Ratih  metemuang ageni mastu astu Ang Ah.
  2. Ngetok lait, mantra: Ingsun anangun sawen anging I Dewa Gunung Agung magelung aningkahang anangun sawen, ana ring maca pada rambat rangkung panjang umur, jeng, jeng, jeng.
  3. Pangurip getih ayam putih, mantra: Mangke sira patini sepisan ngurip kita satuwuk bebataran pinaka bungkah nda. Sendi pinaka pancer nda. Adegan pinaka punyan nda. Abah-abah pinaka pangpang nda. Raab pinaka ron nda. Kelasa pinaka kembang nda. Daging nda, pinaka woh nda, urip kita jati. Paripurna urip-urip
  4. Penyapsap gidat sesaka, mantra: Pakulun manusan nira anggada kaken sapuha, menyapuha ganda keringetning wewangunan sidhi rastu.
  5. Semeti, mantra: Om Upi Sangagawenku teka pada urip, teka pada urip, teka pada urip.
  6. Baas Daksina, mantra: Om Siwa sampurna yang namah.
  7. Tatebus, mantra: Jaya Ang Ang Ang Ah
b. Melaspas
#Pemelaspas:
- tebasan pemelaspas
- sapu laken 
- tebasan pasupati 
- nasin pemelaspas 

# 5 tebasan:
- tebasan pegeni 
- tebasan beras kuning
- tebasan sidapurna 
- tebasan tirta

- banten guling 
- pejati dasar 
- pejati pemakuhan 

- ayaban

# cara nanding :
Tebasan pemelaspas : 
tamas, kain kuning, aled, raka, tumpeng putih kuning, kojong rasmen, peras tulung payasan, sampyang nagasari 


#Sapu laken : 
tamas, pejati (aled, beras benang porosan, kulit peras, nasin peras 2 nasin sodan 2, raka, kojong rasmen, daksina, tipat kelanan, sampyan sodan n peras penyeneng) , tebasan (kulit sayut, tumpeng meplekir, 2 tulung sangkur misi nasi, kojong rasmen, raka, orti pucuk kembang tancapkan di daksinanya, sampyan nagasari)

#Tebasan pasupati :
alas kain merah, aled, raka, tumpeng merah meplekir gulung endong + kuangen, kojong umah,  2 tulung sangkur endong misi nasi barak, peras tulung, payasan,   ulam ayam biing panggang ... , sampyang tebasan dari endong

#Nasi pemelaspas 
pejati ......
9 ceper berisi nasi n takir misi paya, kelongkang, toge, paku,  .....



#Tebasan pegeni :kulit sayut, raka, tumpeng guru meplekir, taluh bebek lebeng, coblong misi kapas sigi n minyak goreng untuk menyalakan sigi, 

#tebasan beras kuning : kulit sayut, raka, tumpeng meplekir, 2 tulung sangkur, 1 takir beras kuning,
nasin pemelaspas: 9 ceper nasi 


tebasan pegeni 
tebasan beras kuning
nasin pemelaspas 
sapu laken 
banten guling 

pejati dasar 
pejati cenik, 11 pengideng-ideng (ceper, don dadap, untek 1, raka, plausan), peras tulung, segehan barak 9

pejati pemakuhan 
pejati cenik, tamas pemakuhan (4 takir  don biu seger misi adeng, pamor, menyan, kunyit), palu, segehan barak 9


#melaspas mobil :
pejati
tebasan pasupati 
prayascita 
durmangala 
peras pengambean 



1). SANGGAR SURYA: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati, Penastan, Ring Sor: Segehan Agung, petabuh arak-berem-tuak.

2). PADMASANA: Daksina Pralingga, Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati, Ayaban Tumpeng pitu , Penastan, Rantasan, Cane, Sesayut Amertha Dewa, Orti, Ulap-ulap, Sapsap, Lamak, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Agung.

3). PANUNGGUN KARANG: Daksina Pralingga, Suci Alit, Pejati, Ketipat Dampulan, Ayaban Tumpeng lima, Rantasan, Orti, Ulap-ulap, Sapsap, Lamak, gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan Hitam.

4). LAPAAN / PANGGUNGAN: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati , Ayaban Tumpeng 11 (Peras, Pengulapan, Pengambyan, Dapetan, Penyeneng, Kurenan, Panyegjeg, Pancoran, soda, pangkonan), Jerimpen Sumbu 1 pasang, pajegan buah 1, Pajegan bunga, Sesayut lembaran: Sesayut Tulus Ayu, Sesayut Siddha Karya, Sesayut Siddha Lungguh, Sesayut Siddha Sampurna, Sesayut Dewa Rame Rawuh. Penastan, Lamak, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan.

5). BANTEN PEMELASPAS PELINGGIH: Suci Alit, Pejati, Sesayut Pemelaspas, Urip-urip, Perabot Tukang (siku, palu, pahat).

6). BANTEN PEMELASPAS RUMAH: Suci Alit, Pejati, Ayaban Tumpeng Lima, Sesayut Pemelaspas, Urip-urip, Ulap-ulap, Orti, Ceniga, Gantung-gantungan, Segehan Cacahan.

7). BANTEN PELANGKIRAN (kalau ada): Pejati, ceniga, gantung-gantungan, segehan cacahan.
BANTEN DAPUR, SUMUR: @ peras, daksina, segehan cacahan.

8). BANTEN PEMESU: Soda 2 set, ceniga, gantung-gantungan @ 2 set, segehan panca warna.

9). CARU PANCA SATA DI NATAH:
A. Arah Timur: Caru ayam putih tulus, dengan urip 5, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna putih.
B. Arah Selatan: Caru ayam biying (merah), dengan urip 9, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng,Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, koberwarna .
C. Arah Barat: Caru ayam Putih Kuning, dengan urip 7, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna kuning.
D. Arah Utara: Caru ayam Hitam, dengan urip 4, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna Hitam.
E. Di Tengah: Caru ayam brumbun, dengan urip 8, lengkap dengan banten ayaban caru, Suci Laksana, Daksina Gede, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober lima warna. Sesayut Byakala, Prayscita, Durmenggala
F. Perlengkapan Caru yang lainnya:
Masing-masih Caru berisi nasi bulan dengan lauk kuning telor ayam, nasi matan ai dengan lauk putih telor ayam, nasi segara muncar dengan lauk darah mentah. Masing-masing caru berisi: nasi selasahan, tulung urip dengan lauk kacang sawur, cau petik dengan lauk kacang sawur, cau tampak dengan lauk kacang sawur, tri kona dengan lauk ikan laut, dan nasi takep-takep dengan lauk ikan tawar, masing-masing ditanding sesuai dengan arah, warna dan urip. Sapu, tulud, kulkul, tetimpug, arak-berem-tuak-toya anyar.

10). AREPAN SANG MAMUJA: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati,sesayut Dharma Wiku, Prayascita, Byakala, Durmenggala, Pengulapan, Eteh-eteh Padudusan alit, Payuk Pelukatan, Sibuh Pepek, Kuskusan Sudamala, Lis Gede 1 buah. Ceniga, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan.


* Catatan: kalau mau diturunkan tinggal merubah suci laksana menjadi suci alit, dari suci alit menjadi suci sibakan. Caru dari panca sata menjadi eka sata.

Om Santih Santih Santih Om

Sumber:
* Lontar Mpu Lutuk-Koleksi pribadi
* Lontar Kala Tatwa-Kolekasi pribadi
* Lontar Indik Nguangun Parahyangan-Koleksi pribadi
* Lontar Wiswakarma Tatwa-Koleksi pribadi



Setiap sanggah, Pemerajan, Pura dan Kahyangan yang telah selesai dibangun akan dibuatkan suatu upacara pengurip-urip dan kemudian dilanjutkan dengan upacara Melaspas. Ketentuan ini dapat kita jumpai dalam lontar Dewa Tattwa, yang bunyinya sebagai berikut:

“Nihan tingkahing angwangun Kahyangan Dewa, ring wus puput, salwiring pakadanya wenang maplaspas alit, sesayut pengambyan, pras penyeneng, suci 2 soroh, ring banten genahnya, mwang ring sanggar ngawilang kwehning sanggar, iwak itik ginuling, aywa sasigar, teka wenang Brahmana Pandita anglukat wangunan ika”.
Terjemahana bebas: “Demikianlah tata cara membangun tempat memuja Hyang Widhi Wasa, pada saat selesai dibangun, segala peralatan/bahan (Bangunan) wajib dibuatkan upacara melaspas kecil, dengan sesayut pengambyan, pras penyeneng, suci 2 soroh dibebanten tempatnya, juga disanggar (tempat memuja) menurut banyaknya tempat(linggih)memuga, daging itik yang diguling, jangan dipecah, dan seyogyanya Brahmana Panditalah yang patut membersihkan/mensucikan bangunan itu.



Rumah ideal 
Konsep rumah tinggal yang idial normatif itu ada dinyatakan dalam berbagai susastra Hindu.
Dalam Sloka dibawah dinyatakan:

Trnaani bhuurmirudakam
Wak caturti ca suunartaa
Etaanyapi sataan gehesu
Nocchidyante kadaacana. (Manawa Dharmasastra. III.101)
Artinya: Di rumah tinggal orang yang baik akan senantiasa ada empat hal yaitu pepohonan, air yang jernih yang mengalir, ruang istirahat dan kata-kata yang sopan santun dan kesetiaan.


Puncak upacara melaspas umumnya disertai dengan menancapkan tiga jenis bentuk banten yang disebut ”Orti”. Tiga jenis banten Orti itu adalah Orti Temu, Orti Ancak dan Orti Bingin. Tiga Orti ini menggambarkan makna dari rumah tinggal tersebut. Orti Temu sebagai simbol yang melukiskan rumah tinggal itu setelah dipelaspas bukan merupakan rangkaian bahan-bahan bangunan yang bersifat sekala semata yang tak bernyawa, tetapi sudah ditemukan dengan kekuatan spiritual yang niskala dengan upacara yadnya yang sakral. Ini artinya rumah tinggal itu sudah hidup atau ”maurip” secara keagamaan.

Orti Ancak adalah lambang bahwa rumah tinggal itu sebagai tempat untuk mengembangkan kehidupan yang baik dan benar atau lambang ”kawerdian”. Kata werdhi artinya berkembang kearah yang semakin baik.

  Sebelum upacara Melaspas dilakukan terlebih dahulu adalah mecaru yang maknanya :
  • Nedunang Bhutakala /Mengundang sang Bhutakala
  • Menghaturkan Labaan
  • Mengembalikan ketempatnya masing-masing atau mengembalikan berbagai roh-roh yang tadinya tinggal atau mendiami bangunan tersebut ke tempat asalnya. Dan kemudian menghadirkan Dewa Ghana yang diyakini sebagai Dewa Rintangan artinya untuk menghalangi hadirnya roh-roh pengganggu.


  Upacara melaspas, yaitu:
  1. Mengucapkan orti pada mudra bangunan sebagai permohonan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Orti adalah simbol komunikasi yang sebagai permohonan dalam perlengkapan upacara dalam pemakuhan atau pemlaspasan.
  2. Memasang ulap ulap pada bangunan, ulap ulap dipasang tergantung jenis bangunan ( ulap ulap kertas yang ditulis dengan hurup rajahan )
  3. Bila bangunan tersebut tempat suci maka dasar banguan digali lubang untuk tempatkan pedagingan, kalau bangunan utama di isi pedagingan pada puncak dan madya juga, pada bagian puncak diisi padma dari emas
  4. Pangurip urip,arang bunga digoreskan pada tiap tiap bangunan (melambangkan tri murti, Brahmana, Visnu, Iswara), jadi umat Hindu Bali percaya bahwa bangunan yang didirikan tersebut menpunyai daya hidup.
  5. Ngayaban banten ayaban dan ngayaban pras pamlaspas yang didahului memberikan sesajen pada sanggah surya ( Batang bambu yang menjulang tinggi.
  6. Ngayaban caru prabot
  7. Ngeteg-Linggih. Bila yang di Melaspas adalah tempat suci (palinggih)


 Melaspas alit sanggah kemulan yaitu bertujuan untuk dapat menyucikan/sakralisasi bangunan yang baru selesai dibuat yang dilaksanakan setelah upacara memakuh dengan pelaksanaannya berkaitan dengan hari baik pedewasan yaitu :
  • Menurut Tri Wara: Beteng
  • Menurut Saptawara: Soma,Budha,Wrespati,dan Sukra.
  • Menurut Sangawara: Tulus dan Dadi
  • Menurut Sasih: Kapat, Kalima,dan Kadasa.
  • Menurut penggabungan hari dan tanggal panglong: Mertadewa,Dewa ngelayang,Ayu nulus,Dewa mentas, dan bila Purnama sangat baik.
Dengan urutan pelaksanaan yang paling sederhana dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Dipuput oleh Pemangku/Pinandita yang sepenuhnya mengikhlaskan hidupnya dengan mengabdikan dirinya kepada Tuhan, Ida Sanghyang Widhi Wasa.
  • Dengan Tetandingan banten yang digunakan :
    • Di Sanggah Pasaksi atau sanggah SuryaPerasAjumanSuci satu soroh beserta runtutannya.
    • Didepan bangunan yang baru selesai disediakan dua kelompok upakara:
      • Banten pemelaspas beserta runtutannya.
      • Banten Ayaban tumpeng 7 beserta runtutannya.
    • Pada dasar bangunan yang baru selesai diisi Pedagingan/Panca datu, dan canang pendeman.
    • Pada Janggawari dalam gedong bantennya sama dengan dipesaksi dengan dilengkapi tikar, kasur ,bantal/suci kecil an pesuciannya dilengkapi dengan cermin dan sisir.
    • Pada atap puncak bangunan/Murdha itancapi beberapa buah orti dari rontal.
    • Nasi undagi, jenis banten ini diperuntukkan bagi perabot/alat-alat para undagi, misalnya: serut,timpas,siku-siku,an sebagainya.
    • Pada halaman/natar,upakaranya terdiri dari: Byakala,Prayascita,durmangala,segehan agung, dan caru ayam brunbun beserta runtutannya.
    • Sedangkan di depan Sang muput: Upakaranya untuk menyucikan dan untuk menghaturkan sesajen: prayascita, pengresikan, dilengkapi pras lis, cecepan, penastaan, tigasan, tetabuhan yaitu tuak,arak,berem,serta pasepan/padupan. Banten Arepan terdiri dari: peras,ajuman,daksina,rayunan,tipat kelanan,punia,dan sesari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar