Selasa, 03 Maret 2020

LOGO DULANG MANGAP HENDAKNYA SATU TIADA YANG KEDUA

LOGO DULANG MANGAP HENDAKNYA SATU TIADA YANG KEDUA
Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S, M.Pd
Dulang mangap, itulah sebutan bagi Pasukan khusus yang sudah kesohor sampai keluar Bali. Begitu mendengar Nama besar satuan khusus ini, musuh sudah ketakutan.
Amat sulit mencari catatan atau referensi yang khusus membahas tentang sejarah pasukan khusus ini.

Cikal bakal pasukan pasemetonan ini sedikit terkuak yang bernama Jagabaya Dulang Mangap disingkat JDM.

JDM yang umurnya masih sangat muda  sudah mengabdikan dirinya menjadi ujung tombak pasemetonan pada masa pembangunan singghasana Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa bersama Sang Pelopor dan para Ida Sulinggih sami serta srmeton-semeton lainnya. Meskipun usianya masih sangat belia untuk ukuran prajurit, kekuatan batin dan fisiknya tidak kalah dengan prajurit yang jauh lebih tua. JDM sangat solid dalam satu komandonya. Kekuatan batin atau spiritual didapat dari warih pretisentana Panca Rsi-Sapta Rsi. Dan sifat ksatria didapat dari Sang Pelopor yang selalu getol memberi cemeti/penyemangat. 

Maka, jadilah JDM sebagai prajurit pasemetonan yang sangat satya dan penuh loyal terhadap pretisentana Panca Rsi-Sapta Rsi yang dijunjungnya. Kepribadian ini akan seslalu menurun pada generasi berikutnya.

Dalam catatan sejarah butir-butir pembangunan Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa yang memuat sepak terjang Sang Pelopor (Ida Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba, Griya Agung Bangkasa) Ida Sulinggih warih Sapta Rsi, Jagabaya Dulang Mangap, dan Semeton Pasek yang sangan militan, sangat guyub dan bhakti.

Diyakini banyak Semeton Pasek bergabung dengan Pasukan khusus ini. 

Apa arti kata Dulang Mangap ?

Dulang adalah Dulang/wadah/tempat, Mangap adalah tajam/Panas, apakah artinya Satu Dulang Hawa Panas/tempat menajamkan pikiran/tujuan atau ada arti yang lain.

Yang jelas titiang sangat salut dengan semangat Sang Pelopor, Ida Para Sulinggih, Panitia Pujawali Pura Panataran Agung Catur Parayangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana ring Punduk Dawa yang sudah mengerahkan Jaga Baya Dulang Mangap untuk mengatur semeton pangubhakti dari mengarahkan jalan menuju Pura sampai mengatur ketertiban Pujawali dan nyanggra Ida Sulinggih

Suatu ide yang bagus dan mudah mudahan bisa terbentuk di seluruh Bali dan tentunya bisa bersinergi dengan MGPSSR dan Pecalang Desa Adat Setempat

Oleh sebab itu hendaknya logo Dulang Mangap satu tidak boleh ada yang kedua. 

#tubaba@kirang langkung nunas sinempura#
#dumogi makasami ngemanggihan kerahayuan#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar