Selasa, 29 Desember 2020

PURA KAHYANGAN DHARMA SMERTI

Pura Kahyangan Dharma Smerti

Merupakan Pura Kahyangan Jagat yang terletak di Desa Pundukdawa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Kelungkung. Berdasarkan sumber sumber yang ada diantaranya “Prasasti di Griya  Agung Bangkasa di Bongkasa, disebutkan bahwa Pura Kahyangan Dharma Smrti merupakan Stana dari Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba dengan gelar Ida Bhatara Hyang Murtining Jagat. Ini dibuktikan dengan adanya situs memorial seperti Patung/Archa Ida Bhatara Hyang Sinuhun dan dilengkapi Pelinggih Padmasana Lingga/Padma Stupa serta Pelinggih Gedong Dalem.

Pura Kahyangan Dharma Smerti merupakan Prahyangan yang dibangun oleh Ida Sinuhun Siwa Putri Parama Daksa Manuaba dari Griya Agung Bangkasa, Banjar Pengembungan Desa Bongkasa k
Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung, sebagai tempat penghormatan pelopor Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Mpu Gana ring Pundukdawa. 


Berdasarkan sumber buku Butir-butir Pendirian Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Mpu Gana ring Pundukdawa dan Purana Pura Kahyangan Dharma Smrti pada waktu adanya kekisruhan pelecehan simbol-simbol Ka-PASEK-aN (PAmikukuh SEsananing Kawitan dan atau PAmikukuh Sesananing Kawikon) di Bali lebih-lebih di Pura Dadar Bhuwana Gelgel sehingga Bali menjadi tidak stabil keberadaannya, Ida Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba didukung penuh oleh sulinggih Kapurusan Griya Agung Bangkasa bersama-sama mepunia Rp. 5.000.000,- per orang untuk pertama kalinya melakukan pengerukan/pemerataan lokasi pura dan diikuti oleh segenap warga atau semeton pangubakti Ida Bhatara Kawitan. 


Sebagian dari kutipan Raja Purana Pura Kahyangan Dharma Smrti adalah sebagai berikut :
Murwaning ana Kahyangan Dharma Smrti, pinaka pralinggan Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba ring Jagat Bali, duk Ida Hyang Sinuhun........... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar