Selasa, 23 Maret 2021

Dudonan Mepandes.

Dudonan Mepandes Natak Tiis Upacara Nyekah ring Sandakan
A. Ngekeb sang metatah
1. Ngastawang Upakara Pangekeban. 
2. Prosesi Ngerajah
a. Rajahan Lekesan / Sirih: Ya Sa Pa Wa
b. Rajahan Pinang: Ang Ung Mang
c. Rajahan Pedangal Tebu: Ong Ang
d. Rajahan Pedangal Dapdap: Ong Ah
Pimpinan upacara mengambil cicin mirah yang dipakai untuk ngarajah pada beberapa tempat yaitu:
a. Pada Dahi : Omkara Amertha Adu Muka
b. Pada gigi taring kanan : Ang
c. Pada gigi taring kiri : Ang
d. Pada gigi seri atas : Ah
e. Pada gigi seri bawah : Ang
f. Pada lidah : Omkara
Rerajahan bungkak gading
Rerajahan rurub
Rerajahan galeng
Rerajahan kasur
B. Nyengker bale petatahan
1. Mantra Pengaraksa Bale petatahan:
ong utejo sakham pandam suci gatri maha siddhi, sarva papa vinasanam, taskara mantra uttamam, ong hrang hring sah 

Atau 
ong hidepku sang hyang jati tunggal, mangrangsuk aku guna wisesa, bhuta, leak asih, sakwehing satru musuhku pada patuh ingkup, sama wedi, teka hap (3x), teka lupa (3x), asing teka tukul dungkul.

(MANTRA PENOLAK BHAYA). 
 ONG SANG HYANG CINTYA RAJA PINULAH, ANG ANG ANG, ANG ANG ANG, ANG ANG ANG. (MANTRA PENOLAK SEGALA PERBUATAN JAHAT, JIN, SETAN, BEBAHI, ORANG MARAH, IRI HATI DSB). 

#Mlaspas kasur dan sarana pepandesan.
a. Ngajum toyan pemlaspas,
Om ang, ung, mang, siwa, sada siwa, parama siwa, yoga sudha pretista ya namah, sah siwa parama sidyemsudha sudha ya namah.

b. Ngeedang banten pemelspas,
Pukulun batara guru manuduh ida batara brahma mangeseng, batara brahma makarya , batara wisnu mangurip, batara iswara mresihin wewangunanku, ang, ung, mang.

c. Raris prabot pepandesan,
# Mantra kikir:
Om Sang Parigi Manik, ajo sira geger lunga, antinen kakangnira sang Sri Kanaka, teka kekeh pageh, tan katekaning lara wighna, teka awet teka awet teka awet.

#Mantra Mirah:
Om Sri Bhatrimsa ya namah, Om Sri Bhatrimsa samyogi ya namah

#Pedangal,
Sana sara ya namah.

#Palu,
Kresna sara ya namah

#Paet
Surat srit guna wenang ya namah, 
Ong gana ya namah.
2. Sang mepandes munggah ring bale pepandesan

3. Muspa ring sanghyang kamajaya kamaratih
Om aditya sriratmakam, 
indra locanama ujwalem, 
surya candra netrem lokam, 
sarwa sidi ya namah swaha.
Om hrang hring sah prama siwa ditya
Candra Semara ratih ya namah swaha.

4. Ukup mua antuk asep
Om ang dipastra ya namah swaha, 
Ong kresna jiwa ya namah.
Ong purna jiwa ya namah, 
Ong pari purna jiwa ya namah.

5. Sang mepandes ngawit sirep
#Sambehang beras sakrure.
#Setelah orang yang bersangkutan tidur serta memakai rurub.
#Orang yang akan ditatah diberi pedangal tebu dan carang dapdap.
#Untuk laki-laki pedangal tebu di sebelah kanan dan carang dapdap di sebelah kiri.
#Untuk perempuan pedangal tebu di sebelah kiri dan carang dapdap di sebelah kanan.
#Sangging mengambil paet lalu diberi mantra.
#Sangging maet untu/ngendag, setelah itu baru diperciki Tirtha Pesangihan (dari Ida Sulinggih). 

6. Mantra memulai Nyagih: 
Om Sanghyang tunggal angentas papa klesan kita ring bapa ibu, 
Om lunga hayu teka hayu (3x).

Ong untu inganan watu, 
waja inganan was penep, 
insun anugel untu teke tas mes,  
tas mes,  tasmes, sidhi japa mantranku.

8. Kikir,
Ong sanghyang citrasmin dewaning tatah, ingsun anetas ikang waja, asalin warnanira, wastu samangko satembe.

9. Ngangge serawad,
Ong aditya sriratmakem.

10. Puputang antuk kali bonto,
Ong indra ujwalem.

11. Pangurip meserana  kunyit lan pamor.
Om urip uriping bhayu sabda idhep, teka urip, Ang Ah, Om taya urip, bhayu urip, manusa urip, pada urip (3x) , Om Sang Bang Tang Ang Ing Nang Mang Sing Wang Yang Ang Ung Mang, Om Brahma urip Wisnu urip Siva sampurna ya namah svaha.

12. Sang mepandes metangi ngarepin pinandita sangging kawehin lekesan
Ang, ung, mang ong, ong, om, Ong tiga rasa alekna, purusa wisesa ya namah.

13. Ngukup asep sekadi ring ajeng.

14 Tedun saking bale pepandesan tatabang peras enjekan
Ong sraphat-sraphat byuh ya namah, 
kacarik pape byuh amerta tangde byuh bhur, bwah rang ya namah.

Catatan:
- Ludah dan pedangal dibuang ke dalam kelapa gading.
- Setiap selesai disangih sebelum diganti pedangal orang yang bersangkutan disuruh bercermin.
- Bila sudah dianggap cukup, lalu diberi pengurip-urip (kunir dan kapur), kemudian berkumur dengan air cendana, selanjutnya makan sirih (sirih ditelan), dan sisanya dibuang ke dalam kelapa gading.
- Selanjutnya natab banten peras, dan waktu turun menginjakkan kakinya pada banten tetingkeb sebanyak tiga kali.
- Setelah peserta selesai ditatah dilarang memakan makanan padas dan dingin. Dan kemudian akan dilanjutkan dengan upacara sungkem pada orang tua (dibale daja). 
- Sembahyang dan natab banten petatahan yang ada di lapaan.


Makna Dari Sungkeman

1. Sebagai ritual penyadaran diri
Makna dari sungkeman yang pertama yaitu sebagai ritual penyadaran diri. 
Melalui sungkeman, setiap orang diwajibkan untuk memperlakukan kedua orang tuannya dengan hormat. Karena seorang anak bukanlah apa-apa tanpa kehadiran kedua orang tua. 

2. Sebagai sarana untuk melatih merendahkan hati
Makna dari sungkeman yang kedua yaitu sebagai sarana untuk melatih merendahkan hati. Selain sebagai ritual penyadaran diri adat sungkeman juga memiliki makna sebagai sarana untuk melatih merendahkan hati.

Sungkeman mengajak seseorang untuk berbuat kebaikan, sadar dan disiplin serta menghilangkan sikap ego di dalam diri. Terlihat dari bagaikan caranya seseorang melakukan sungkeman, yaitu merendahkan tubuhnya dan dengan tulus “menyembah” orang yang telah berjasa dalam hidupnya

3. Sebagai wujud ucapan terima kasih
Makna dari sungkeman yang ketiga yaitu sebagai wujud ucapan terima kasih. 

Dalam prosesi sungkeman sebagai wujud rasa terima kasih dari anak kepada orang tuanya yang telah berjasa melahirkan dan membesarkannya. Serta sebagai awal bagi anak untuk meminta izin dan doa restu kedua orang tua sebelum memasuki kehidupan berumah tangga.

4. Sebagai wujud rasa sesal dan permintaan maaf
Makna dari sungkeman yang keempat yaitu sebagai wujud rasa sesal dan permintaan maaf. Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, bahkan dalam hubungan terdekat sekalipun seperti anak dan orang tua, hal masih tersebut sering terjadi.

Hubungan yang telah rusak akan terobati sakit hatinya serta rasa percaya pun akan pulih kembali lewat ritual sungkeman ini. Karena sungkeman juga memiliki makna sebagai rasa sesal dan perwujudan permintaan maaf.

#tubaba@griyangbang//ngawitin nyangging//sandakan 24032021#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar