Minggu, 28 Maret 2021

Panca Datu dan Penuwed
Sebagai Sad Kertha Pangraksa Karang

SINOM

1.    RATU HYANG KAWI SWARA
LEDANG NUNTUN TITIANG NGURIT
PANCA DATU MURDAN GITA
KAWIT WASTAN JAGAT BALI
ANGGEN DASAR NABDAB GUMI
MANGDA JAGAT BALI KUKUH
SADURUNG LANTUR  MATEMBANG
SWASTI ASTU KATUR RIIN
MOGI WASTU
RATU HYANG KAWI SUECA

2.    KACRITA DAWEGE LAWAS
RING JAWI WENTEN RSI LUIH
MARKANDIA PARAB IDA
PASRAMAN IDANE ASRI
RING PUNCAK RAUNG LINUIH
SISIAN IDA AKEH TUHU
ULENG MLAJAH KANDA SASTRA
SOLAH IPUN SADU BUDI
GILIK GULUK
SALUNGLUNG SABAYANTAKA


3.    MAHARSI MARKANDIA
ULENG NGASTAWA HYANG KAWI
NGRASTITIANG KERTAN JAGAT
KALANING  DEWASA BECIK
PURNAMA KAPAT LINUH
HYANG PASUPATI RAUH
RSI MARKANDIA MANYEMBAH
“SWASTI ASTU NAMOSTUTI
SINGGIH RATU
DURUS AKSI SEMBAH TITIANG”


GINADA

4.    HYANG PASUPATI MASABDA
“SEMBAH RESI NIRA NAMPI”
PUPUT IDA MAWECANA
TELENG LELATANE MURUB
RARIS METU TEJA PETAK
MLECAT GELIS
NGAWANG-AWANG RING AMBARA

5.    TEJA MALECAT RING PURWA
NUSA DEWA NE KAUNGSI
HYANG PASUPATI MASABDA
“NAH, JANI LAUTANG WIKU
NGUNGSI GUMI TIBEN TEJA
DITU RESI
NABDAB GUMI APANG KERTA”

GINANTI

6.    SAPUPUT IDA MAWUWUS
MLECAT RING SUNYA ENING
RARIS SANG RSI NGANDIKA
“BAPA POLIH  WISIK KAWI
APANG NABDAB NUSA DAWA
KENKEN IDEP PAMAN JANI ?”
 
7.    SISIAN IDA GELIS MATUR
“YAN RESI MAGINGSIR LINGGIH
JAGI NGUNGSI NUSA DAWA
TITIANG SAMI JAGI NGIRING
REH TITIANG TEN SIDA PASAH
NUNAS AJAH RING SANG RESI”
 
8.    RSI MARKANDIA  MAWUWUS
“PAMAN SAJA SATYA BAKTI
EDA ONYA NUTUG BAPA
NUSA DAWA SRIPIT GATI
KANGGOANG MALU AJAK DOMAS
NGIRING BAPA NABDAB GUMI”


PANGKUR

9.    RARIS RESI MARKANDIA
NGUNGSI NUSA DAWA SISIANE MANGIRING
MAMARGI RAHINA DALU
RAUH MARING NUSA DAWA
RARIS IDA RING SISIA SAMI MAWUWUS
“NAH LAUTANG NGALGAL ALAS
ANGGON PADUKUHAN DINI”

10.  SISIAN IDA NGIRING TITAH
NGALGAL ALAS
MONGGOL TARU AGUNG ALIT
KIDANG LUTUNG SAMI RARUD
DEWATA RING NUSA DAWA
KAGIAT NGAKSI SISIA MONGGOL TARU
RARIS NGATAG RECANG IDA
BHUTA-BHUTI KALA-KALI

11.  BHUTA KALANE MANGUCAP
“RATU NAPI WENTEN KARYA SANE MANGKIN”
HYANG BETARA MAWUWUS
“ENE ADA JLEMA PANGKAH
IA NGALGAL ALAS SING NGANUTIN UNDUK
TUSING MADULURAN YADNYA
LAUTANG TADAH NE JANI”
              
GINADA

12.  BHUTA-BHUTI RARIS NGUCAP
“MULA GAEN INGONG IKI
NADAH JLEMA TAN PAYADNYA”
PUPUT MATUR SAPUNIKU
AJI WEGIGE KUNCARANG
SISIAN RESI
NGUTAH MISING RARIS PADEM

13.  WENTEN TEPEN TARU AGENG
RUNTUH MARING PANGKUNG ABING
SARAP MACAN KABINAWA
WENTEN KAANYUDANG BLABUR
WENTEN PADEM SANDER KILAP
AKEH GATI
SISIANE NGEMASIN PADEM

MASKUMAMBANG

14.  SANG PANDITA
MAWECANA SADA SEDIH
“PAMAN SISIAN BAPA
YENING KUKUH NGOYONG DINI
SINAH MATI JAK MAKEJANG

15.  PALING MELAH
JALAN MALIPETANG MULIH”
MATUR SISIAN IDA
“MADAGING WECANAN RESI
NGIRING NE MANGKIN MATULAK”

16.  SISIAN IDA
KANTUN NYENENG SAMAS  DIRI
GEGESON MATULAK
SAMPUN RAUH MARING JAWI
NGUON ATI SEMU UCEM

SEMARANDANA

17.  IDA MARKANDIA RESI
 NGUNGSI GENAH JATI MULA
 PUCAK GUNUNG RAUNG KAOT
 DRIKA IDA MANGASTAWA
 “INGGIH RATU HYANG BETARA
 NGAWIWENANG BUANA AGUNG
 AKSI SEMBAH BAKTIN TITIANG

18.  RATU SESUNAN LUIH
RIIN RATU NITAH TITIANG
NABDAB NUSA DAWA REKO
TITIANG SAMPUN NGIRING TITAH
DADOS RATU NENTEN SUECA
SISIAN TITIANG AKEH LAMPUS
NAPI WENTEN IWANG TITIANG”

SINOM

19.  HYANG PASUPATI NYLANTARA
“PANG IDEWA TATAS UNING
NIRA NE JANI NARTAYANG
TIGA DASAR HINDU JATI
YADNYANE MAKA PANGAWIT
KATUR SAKING MANAH NULUS
PING KALIH SOLAH SUSILA
TATWANE MAKA KATRINI
KRAMA HINDU
PATUT NYALANANG MEKEJANG

20.  SINUNGGIL DASAR AGAMA
NE MARUPA YADNYA SUCI
TUSING JALANANG IDEWA
NGAWINANG DEWATA BRANGTI
KEMA JANI RESI BUIN
NABDAB JAGAT YADNYA KATUR
NE DISOR RING BHUTA KALA
NE DI LUUR KEN DEWATI
SINAH WIKU
SIDA NABDAB NUSA DAWA”


GINANTI

21.  MAHARESI SUKSMA TUHU
POLIH WISIK PASUPATI
RARIS IDA MATUR SEMBAH
MALECAT HYANG PASUPATI
RARIS IDA MABAOSAN
MARING SISIAN IDA SAMI

 22.  “UDUH PAMAN SISIAN INGSUN
BAPA BUIN KAL MAWALI
NABDAB JAGAT NUSA DAWA
ADA KE PAMAN KAL NGIRING ?
LAUTANG MATUR KEN  BAPA
KENEH PAMANE SUJATI”

23.  PANJAKE MABRIUK MATUR
“MANAH TITIANG SAMPUN NUNGGIL
NGIRING PAMARGI PANDITA
IDUP PADEM NGIRING RESI”
SAMPUNIKA ATUR SISIA
SAKENG TUAS NEKENG ATI


DURMA

24.  SANG RESI
LEDANG MIRENG ATUR I SISIA
SANE KANTUN SAMAS DIRI
NIKA NGIRING IDA
TUR GEGANCANGAN MAMARGA
RARIS RAUH RING TOH LANGKIR
GENAH NIRMALA
NAGING PINGETE TAN SIPI

25.    RARIS IDA
NYUKAT GENAH NANGUN YADNYA
CARUNE KATURANG RIIN
BHUTA KALA DENGEN
SAMI RAUH NADAH YADNYA
RARIS IDA MAHARESI
MENDEM P’DAGINGAN
PANCA DATU WASTAN WALI

26.  SASAMPUNE PUPUT MANGATURANG YADNYA
RARIS NGALGAL WANA SRIPIT
SISIANE RAHAJENG
LANTUR NANGUN SAWAH TEGAL
ASING TANDUR MUPU SAMI
KERTA RAHARJA
GEMAH RIPAH LOH JINAWI

SINOM

27.  RSI MARKANDIA GARGITA
RING SISIA MABAOS ARIS
“ENE DINI TONGOS PAMAN
NAH SUBA SEKEN MABUKTI
PAMAN MANGUH KERTAN URIP
ENTO ANGGON DASAR INGSUN
ANGGON PINGET RING KAWEKAS
DINI ADANIN BESAKIH
SUKSMAN IPUN
TEGES BESAKIH RAHAJENG

28.  ENEN BUIN BESIK PAMAN
TONGOS  BAPA NANGUN WALI
PANCA DATUNE KAPENDEM
DITU GAENANG PALINGGIH
BASUKIHAN ADAN P’LINGGIH
NAH ENTO ANGGON PAMUCUK
TONGOS NGASTAWA BETARA
APANG IDA ASUH ASIH
NUNTUN DAMUH
NYIRATANG KAKERTAN JAGAT

GINANTI

29.  APANG ADA PINGET TUHU
OLIH KRAMANE RING GUMI
BAPA DINI NABDAB JAGAT
KADULURANG BAAN WALI
JANI BAPA MAANG ADAN
DINI KUCAP JAGAT BALI
 
30.  BALI WALI TEGES IKU
WALI DASAR GUMI BALI
WALI TALER KUCAP YADNYA
YADNYANE NGAJEGANG BALI
TEGES BALI KUKUH SITENG
BALI KUKUH SANGKAN WALI
   
PUCUNG

31.  SISIA MATUR
“INDIK YANDNYA SANE KATUR
WENTEN PANJAK NGRENGGENG
NELASANG BEA KEH GATI
KUCAP KEWUH
AGAMA HINDU PUNIKA”

32.  KENYEM ASRU
RSI MARKANDIA MAWUWUS
“PAMAN MAAN MERTA
SAKENG SUECAN HYANG WIDHI
PAMAN PATUT
MATUR SUKSMA BAAN YADNYA
  
33.  YADNYA KATUR
METU SAKENG MANAH NULUS
SIKUTANG RING RAGA
NISTA MADIA LAN UTAMI
BENJANG PUNGKUR
APANG SING NYESEL AGAMA”

DURMA

34.  SISIA SAMI
MATUR ”WAWU TITIANG TATAS
PARI INDIK JAGAT BALI
YADNYA DASAR JAGAT
TITIANG SAMI MUNDUT TEKEK
NYARWAKANG SENTANA SAMI
PAGEH MAYADNYA
MANGAJEGANG JAGAT BALI”
 

35.  GITA PANCA DATU SAMPUN KATEMBANGANG
KAWIT WASTAN JAGAT BALI
NGIRING PUNDUT  TEKEK
MANGDA JAGAT BALI AJEG
KIRANG LANGKUNG SINAMPURI
NGIRING PUPUTANG
SINEB ANTUK PRAMA SANTI


OM SANTHI, SANTHI, SANTHI OM


Bila kita membaca kisah perjalanan Maharsi Markandeya tampak jelas dimana keberhasilannya untuk merabas Pulau Bali adalah dengan membawa Panca Datu dan menanamnya di Pura Basukian atau Besakih sekarang. Kok bisa hanya membawa lima jenis logam dapat selamat merabas Pulau Bali yang dulunya terkenal angker dengan roh-roh jahatnya ?

Ini merupakan petunjuk/wahyu yang didapat oleh beliau di lereng Gunung Raung (Jatim) atas petunjuk Dewa Brahma dalam manifestasi beliau sebagai Sang Hyang Pasupati. 
Ada apa dengan Panca Datu? 
Seperti yang anda ketahui panca Datu adalah lima jenis logam mulia yang dipakai biasanya ditanam di tanam sebelum membangun suatu pura. Upacaranya dinamakan "mendem pedagingan (mengisi inti). 
Logam-logam itu antara lain adalah Emas, Perak, Besi,Perunggu dan timah atau beberapa sumber menjelaskan logam-logam tersebut adalah: mirah permata, emas, perak, perunggu dan baja. Dalam postingan ini kami coba mengupas arti panca datu yang dikomparasi dari kajian kitab Weda, Lontar, ilmiah (sebagai sumber tertulis) dan wedangga (sumber lisan wahyu/tutur). Tujuannya bukan mencari kelemahan atau mengkritik satu sama yang lain, melainkan belajar untuk mengupas nilai-nilai Agama yang dapat digunakan dasar/isnspirasi untuk mengarungi samudera kehidupan yang luas ini.


Panca datu (lima jenis logam) sekarang telah menjadi suatu ritual resmi di Bali dalam rangka pemelaspasan/proses inisiasi energi ketuhanan ketika akan mentransformasi suatu pura yang baru selesai dibangun agar dapat dipakai untuk sembahyang (mentransfer energi/sinar suci ketuhanan). Begitu pula bagi pura yang telah lama berdiri, perlu di recharge energinya dengan upacara mupuk pedagingan, pedudusan dll. 
Kita tidak membahas fungsi panca datu sebagai bagian dari upacara melainkan kenapa Maharesi Markandeya hanya berbekal lima jenis logam dapat merabas pulau Bali? 
dan kenapa Maharesi diperintahkan menanamnya di pulau ini? 
ada apa dengan logam dalam konteks energi spiritual.

Sifat dan Energi Logam

Logam dan dunia spiritual/supranatural memang tidak bisa dipisahkan. kami berikan contoh "Keris" keris adalah salah satu jenis tradisional yang diposisikan paling tinggi statusnya, karena keris selain berfungsi untuk senjata penjaga diri juga berfungsi sosial sebagai lambang suatu jabatan, media supranatural dan prestise (kebanggaan pribadi/golongan). 
Banyak mitos yang lahir dari sosok "keris" ini keris ada yang diyakini mempunyai "roh", keris dianggap dapat memberikan kekuatan tertentu pada pemiliknya dll. 
Kebudayaan keris di Bali diperkirakan munculnya pada jaman Bali Arya dimana Bali mulai ada interaksi dengan Kerajaan di Pulau Jawa. Olahan logam yang juga diyakini memiliki nilai spiritual/supranatural adalah gamelan/gong. Gamelan di Jawa dan Bali diyakini meiliki "roh" tertuma di instrumen "Gong"-nya. Di Jawa bahkan instrumen gong ini bersifat "laki perempuan" dan diberikan nama tertentu sedangkan di Bali bahkan ada upacara khusus terhadap instrumen "gong" yang dilakukan sebelum memulai memainkan gamelan.

Dari contoh di atas tampak jelas unsur logam merupakan media yang bagus untuk menyimpan energi-energi spiritual dibandingkan zat yang lain. Jika ditilik dari sifatnya menurut ilmuwan, bahwa logam sebagai suatu kristal terdiri dari ion positif logam dalam bentuk bola-bola keras dan sejumlah elektron yang bergerak bebas dalm ruang antara. Elektron-elektron valensi logam tidak terikat erat (karena energi ionisasinya rendah), sehingga relatif bebas bergerak. Hal ini dapat dimengerti mengapa logam bersifat penghantar listrik yang baik dan juga mengkilap.

Dalam kepercayaan di Bali logam tidak dicantumkan kedalam unsur pembentuk alam. Unsur pembentuk alam di Hindu dikenal sebagai Panca Maha Bhuta yaitu:
  1. Pertiwi (tanah/padat), apah (air/cair), teja (api/cahaya), bayu (udara), akasa (ether/zat kosong).
Panca Maha Bhuta ini diciptakan dari unsur tenaga Tuhan yaitu:
  1. Ganda tan matra adalah benih unsur pertiwi, 
  2. Rasa tan matra benih unsur apah/air, 
  3. Rupa tan matra benih unsur teja/api, 
  4. Sparsa tan matra benih unsur bayu/udara dan 
  5. Sabda tan matra benih unsur akasa.

Jika kita komparasikan dengan ilmu alchemy/alkimia. Alkimia (alchemy) adalah suatu seni abad pertengahan untuk menciptakan emas dari logam apa saja. Walau alkimia seolah-olah hanya menghasilkan ilusi akan tetapi tetap berperan besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan modern terutama ilmu kimia.

Menurut catatan, alkimia lahir di tanah mesir tepatnya Alexandria. Pada periode yang bersamaan, ilmu ini dikembangkan di daratan Cina. Alkimia dipengaruhi oleh teori yang disusun oleh Empedocles sekitar 5 abad sebelum masehi, yang mengatakan bahwa seluruh benda disusun dari udara, tanah, api dan air. Dari teori dasar pembentukan benda tersebut di atas, maka para filsuf terus mengembangkan Alkimia, seperti Zosimus (tahun 250-300), Aristoteles, Geber, Roger Bacon dari Inggris, Albertus Magnus dari Jerman, St. Thomas Aquinas dari Itali dan lain-lain.

Yang paling menarik adalah Philippus Paracelsus, ahli kimia dari Swiss yang menyatakan secara tegas bahwa segala hal dibentuk dari tanah, udara, air, api dan sebuah elemen yang “belum” diketahui. 
Jika elemen tersebut diketahui, maka diyakini bahwa manusia bisa “menciptakan apa saja” dari keempat elemen tersebut di atas. Setelah Paracelcus tiada, para ahli kimia di Eropa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok yang berkonsentrasi pada usaha-usaha scientific untuk menemukan unsur dan reaksi yang baru sedangkan kelompok lain berkonsentrasi pada sisi metafisik dari alkimia kuno (kijeromartani.blogspot.com)

Sangat canggih ya, semua unusr ini kalo disatukan akan menjadikan emas, masalahnya unsur kelima akasa (ether) masih belum diketemukan/dimengerti sampai sekarang, tugas anda untuk mencarinya. Emas dalam alkimia yang dianggap tujuan akhirnya merupakan logam yang sangat indah warna kuning yang mengkilap sempurna menjadi idaman manusia dari jaman dulu. Terbukti di lukisan-lukisan Dewa atau yang tercantum dalam Weda (digambarkan para dewa berpakaian emas).

Jika dilihat dari kaca mata spiritual warna emas merupakan assosiasi dari sinar suci Tuhan, jadi pengolahan keempat unsur tadi plus unsur kelima akan membuat bumi/badan kita akan bersinar. Caranya bagaimana tentu membutuhkan pendalaman ajaran spiritual sesuai yang diinginkan.

kembali ke kelima unsur logam, jadi panca datu tersebut adalah pengolahan sinar suci tuhan yang ditanam di pulau Bali sehingga menghubungkan kepada Sinar yang tertinggin yatu Tuhan Yang Maha Esa. maka dengan menanam panca datu di pura yang baru berarti tanah pura tersebut telah diubah menjadi "emas" yang penuh dengan sinar-sinar kesucian Tuhan.

Panca Datu dalam Kajian Filsafat Agama

Seperti yang telah kami kemukakan di atas bahwa Panca Datu ditanam di tanah ketika akan "mensahkan" satu pura menjadi tempat suci yang dapat digunakan untuk sembahyang. Kenapa harus ditanam di tanah. Kita kembali lagi ke konsep Bhuwana Agung = Bhuwana Alit dan unsur pembentuknya sama yaitu Panca Maha Bhuta.

Nah kelima jenis panca datu ini merupakan penetralisir dari panca Maha Butha tersebut, jadi panca datu ini adalah "jangkar" atau sofware yang "diinstall ke dalam tanah" sehingga unsur tanah tersebut dalam memancarkan sinar kesucian. Tentu pada waktu-waktu tertentu "software tersebut wajib diupdate biar tidak terjakit "virus" yang merusak sistem.

Menurut pesraman Batu Ngadeg Narayana Panca Datu yang dibawa oleh Maharsi Markandeya secara filsafat berarti Panca(Lima) Datu=Dasar Tutur(dasar Filsafat/pondasi keimanan).

Apakah Dasar Tutur menurut pesraman? 
itu tidak lain dan tidak bukan adalah Lima pokok /tuntunan dasar beragama Hindu yaitu Panca Sradha. Yaitu: 
  1. Percaya terhadap Brahman, 
  2. Percaya terhadap atman, 
  3. Percaya terhadap karma Phala, 
  4. Percaya terhadap Punarbawa/reinkarnasi/samsara, 
  5. Percaya terhadap moksa.
Jadi sesuai dengan wahyu/sabda yang didapat dengan membawa "panca Datu" ini dan kemantapan dalam menjalaninya membuat Maharsi markandeya sukses "merabas" Hutan sampai akhirnya sampai ke Tujuannya (Besakih).

Hutan disini tentu yang dimaksud adalah dinamika kehidupan di dunia fana ini dan tujuannya adalah kelepasan/kebahagiaan Abadi/ Moksa. itu yang didapat berdasarkan tutur/sabda/wahyu yang didapat.

Jadi logam-logam tadi perlambang itu semua:
  1. Emas = percaya terhadap Brahman (unsur yang dianggap tertinggi/murni)
  2. perunggu = percaya terhadap Atman (mirip kayak emas namun belum murni)
  3. Besi = percaya dengan karmaphala (unsur yang paling gampang ditempa)
  4. baja = percaya terhadap reinkarnasi (unusr terkuat/perlambang kita tidak bisa terlepas darinya)
  5. mirah permata = percaya terhadap moksa (unusr mengikat sekaligus merupakan tujuan akhir)

Memang hal ini perlu didiskusikan tidak bisa didoktrin sebagai yang paling benar. Namun kami harapkan dengan membaca pemaparan kami anda dapat menyimpulkan sendiri atau bahkan mempunyai inspirasi untuk mengungkapkan apa arti panca datu tersebut menurut logika dan "rasa". 

#tubaba@griyangbang pancadatu dan panuwed//sad kertha//pangraksa karang#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar