#Pinandita Tubaba//Griya Agung Bangkasa#
#Upakaranya ( dalam kwantitas utama)
Munggah di Kemulan
- Pejati lengkap asoroh
- Banten suci alit asoroh
- Banten danan, penyeneng,pesucian.
Upakara Ayaban
- Banten ayaban tumpeng 21 bungkul
- Rayunan meulam guling babi
- Rayuna meulam guling itik putih
- Rayuna meulam guling ayam putih
- Prayascita, bayekawonan
Upakara Pengerebuan
- Peras tulung sayut dengan nasi untek 5 bungkul di alas dengan sebuah ceper, lengkap dengan raka-raka, porosan, mempergunakan sampian pusung, diatas tetandingan tadi di tumpuk dengan olahan ayam brumbun rateng (mateng) lengkap tetandingan ulam ini di isi sebuah canang sari, kemudian diikat menjadi satu ( pesel dadiang besik). Mengenai banyaknya membuat tergantung dari banyaknya bangunan suci dan bangunan rumah, sampai kepintu gerbang.
#Upakara dalam Kwantitas Madya
- Pejati asoroh
- Suci alit asoroh
- Canang pesucian
Upakara Ayabannya
- Banten ayaban tumpeng 7 bungkul
- Rayunan meulam guling itik putih
- Rayunan ulam guling ayam putih
· Upakara sama seperti diatas.
· Banten prayascita banyekawonan
#Upakara dalam Kwantitas Kanista.
Munggah di Kemulan
- Pejati lengkap asoroh, penyeneng
- Canang pesucian
Upakara ayabannya
- Banten ayaban tumpeng 5 bungkul
- Rayunan guling itik/ayam putih.
- Banten prayacista, bayekkawonan
Upacara pengerebuan
- Banten sama seperti diatas.
#Tata Cara Pelaksanaannya
Mengenai tata cara pelaksanaanya sama seperti pelaksanaan hari Suci yang lain hanya Dewa yang diastawa saja yang berbeda. Pada pelaksanaan upacara ini yang diastawa adalah sebagai berikut:
#Tatalungguh Jangkep
#Pengastawa kehadapan Sang Hyang Siwa Raditya
#Pengastawa Kehadapan Hyang guru
#Pengastawa kehadapan sang Hyang Tri murti
#Sesonteng :
Nastuti pukulun Bethara sang Hyang Siwa Raditya, Sang Hyang Wulanl Lintang Tranggana, mekadi Sang Hyang Trio Dasa Saksi, Bethara Hyang Guru, Mua Bethara Sang Hyang Tri Purusa, Saksinin pangubhaktin pinakemulun, anga turaken tada saji pawitra saprekaranin daksina, aruntutana saji pererebuan, asung kerta anungeraha paduka bethara, menugeraha tirtha pengnglukatan pebersihan, amelukat sarwa mala papa petaka. Sebel kandel maring bhuwana muah parihyangan kabeh metemahan sudha nirmala yenamah suaha. Ong Sriyambawantu, Purnam Bhawantu, Sukham a bhawantu, Ong Hrang Hring Syah Parama Siwa Ditya yenama suaha.
#Setelah selesai mengucapkan mantra pengastawa, selanjutnya menghaturkan kesucian, dengan memercikan tirtha bayekawonan, tirtha prayasita dan ayabayan penyeneng kepelinggi kemulan, setelah itu ketempat bangunan suci lainya, kebangunan rumah, dan kepintu gerbang (lebuh).
#Setelah pelaksanaan penyucian selesai, dilanjutkan dengan menghaturkan ayaban, dengan mengucapkan mantra yang sama seperti didepan.
#Kemudian sang pengantep, menghaturkan upakara pererebuana dengan mengucapkan mantra sebagai berikut.
Mang, Ung, Ang, Wem Ong, Padma Sana Yenamah Sa, Ba, Ta, A, I, Sarwa Bhuta YenamahSwadha Ndah T Kita sang Bhuta bucari, Sang Kala bucari, Muah Sang Durga Bhucari, Mari Sira Mona, Ajakan Kala Wadwan Sira Kabeh, ingsun Paweh Sira Tadah Saji sanggraha, sega Untek, Maiwak Ayam Brumbun Ingolah Rikan Cana, Iki Tadah Sajinira, Sama Suka Sama Lolia Sira Pilih Kabelanira Suang-suang, Wus Sira Anadah Saji Ingsung Aminta Kesidhin Ta, Aja Sira kari Angadakaken Drewala-drewali, Lara Loga Kegeringan, Sebel Kandel Ring Bhuwana Agung Muah Bhuawana Alit, Angadakaken Sira Urip Waras Dirga Yusa Jagate, NgerarisSira Amukti Sari, Sumurup Sira Menadi Dewa-Dewi, Pemantuk Sira Ring Dangkahyangan Suang-suang, Pasang Sarga Sira Ring Bethara Siwa, Ong Ing Namah.
#Setelah itu dilanjutkan mengucapkan mantra pabuktyan bhuta yaitu:
Ong, Bhuktyantu Durga katara Bhuktiantu Kala Mewaca Bhukyantu Sarwa Bhutanam Ang, Ah, Amertha Bhuta Yenamah Swada. Ang, Ung, Mang, Siwa Mertha yenamah Swaha.
#Sesudah selesai mengucapkan mantra pabuktyannya dilanjutkan dengan mengucapkan mantra penyomia, atau pemerelina bhuta, yaitu:
A, Ta, Sa, Ba, I, sarwa Bhuta, Kala Durga Murswah Wesat, Ah......Ang.
#Sesudah itu melaksanakan bersembahyangan, dilanjutkan metirha dan memakai biji (sebelumnya memercikkan tirtha bayekawonan dan prayascita pada diri sendiri).
#Setelah semuah kegiatan nganteb selesai, maka dilanjutkan dengan meletakkan banten pererebuan tadih dihadapan bangunanp-baangunan, baik rumah, sampai ke lebuh (pintu gerbang), diletakkan ibawah serta metetabuhan aarak berem. Karena pelaksanaan ini bersifat pralina (nyomia), makaa tetabuhannya memiliki ethika, dengan menyiratkan araknya dahulu kemudian baru beremnya (karena arak sebagai simbul biji mantra Ah dan beremnya sebagai simbul biji mantra Ang).
#Sugian JaBa//Jawa-Bali#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar