TATA CARA/AEDAN PRAGINA
"NYOLAHANG TAPEL IDA BHATARA HYANG SINUHUN SIWA PUTRA PARAMA DAKSA MANUABA Pelopor Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana"
Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S, M.Pd
1. Bhatara Guru, bonkoling lidah.
2. Bhatari Bagawati, pucuking lidah
3. Kalika joti srana, bongkoling lidah
4. Sang Hyang Kedep, madyaning lidah
5. Sang Hyang Sidhi, pucuking lidah
6. Sang Hyang Mandi, Sang Hyang tri
mandi ring cipta
7. Sang Hyang mandi wisesa, bayunta
8. Sang Hyang sarpa mandi, ring sabda
9. Mandi saparaning wuwus….
Iki Pengater MantraMa : Ong ang ung, teka ater 3x, ang ah, teka mandi 3x, ang.
PAKULUN SANGHYANG TUTUR MANGET
SANGHYANG TUTUR JATI RING IDEPKU,
SANGHYANG SMARA RING BAYUNKU,
SANGHYANG RATIH RING SABDANKU,
SANGHYANG AJI SARASWATI RING TUNGTUNGIN LIDAH ING HULUN,
ENGSAP MATA INGET HATI
ENGSAP MATA INGET HATI
ENGSAP MATA INGET HATI
TEKA INGET, TEKA INGET, TEKA INGET
JENG POMA, POMA, POMA
ANG-AH
Untuk menambah daya tarik agar mempunyai kekuatan sekala-niskala maka dipergunakanlah sesajen/upakara, seperti halnya sebelum dan sesudah menarikan tapel Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba itu dilaksanakan atau banten Pasupati untuk pragina. Disamping berbentuk sesajen, juga berbentuk mantra-mantra, saa-saa tertentu, digunakan pula oleh pragina-pragina untuk menarik kekuatan gaib, misalnya sebelum seorang penari keluar, maka biasanya mereka mengucapkan mantra, sebagai berikut :
“OM idhepku Sanghyang Murtining Lewih, masarira ring aku, aku Sanghyang Smara Murti, sarwa jagat asih ring unyan-unyanku. OM siddhi mandi mantranku”.
Dalam pustaka Rare Angon :
“Nghulun angidepakna Sanghyang Tunggal, rumasuk ri sarirangku, tri nadi sami bhaktya, dewa mantara masiha, bhuta wigraha masiha, manusa sidhya masiha, apan nghulun Sanghyang Tunggal, amatuhana tri nadi, asing teka padha ingkup “.
Biasanya dilanjutkan dengan “marajah kalangan” (tempat pentas), mulai dari timur ke selatan (murwa daksina), seperti : Ha Na OM (4X)
Setiap pementasan khususnya Topeng Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba, ada beberapa upakara yang diberikan kepada pragina topeng, yakni :
Caruning maigel-igelan : lwiring caru, sega petang punjung, iwaknya olahan sata, malih sega mawadah selanggi, iwaknya sarin taluh mwang sesawur, malih bayuhan mawadah ngiu, saha pras, panyeneng, sajeng mwang toya, genep sopakaraning segehan. Malih sesantun, beras aceheng, majinah 777 keteng mwah ayam apotong. Tunasang tirtha ring pajenengan mwah tirthan Pandita, iki pamuktyannya, Mantra;
OM Sang Kala Edan, iki bhukti sajinira, yan sira huwus amukti, rwangan hulun manglila-lila angigel.
OM siddhi mandi mantranku.
Pras Daksina Alit, lengkap dengan tetabuhan, sebagai upakara Pangentab Topeng, dengan maksud agar taksu yang berada pada topeng, diperkenankan hadir, untuk dapat memberikan kekuatan (kharisma) bagi pelakunya.
Daksina Alit, dengan canang base, untuk pragina berpakaian (mahias), agar dewaning lulut, berada pada dirinya. Maka canang base itu atau lekesan, yang akan dimamah (dikunyah) oleh penari (pragina). Jika penari tiada biasa mengunyah lekesan, dapat digigit/dipotong 3 kali, dengan saa/puja sebagai berikut :
”OM suruh mara, jambe mara, tumiba pwa maring lidah, Sanghyang Bhumi Ratih ngaranira, tumiba pwa sira ring hati, Kunci Pepet ta ngaranira, katemu-temu dlaha, samangkana lawan lambe, metu pwa sira ring wewadonan, Sanghyang Sumarasa ngaranira, wastu kedhep siddhi mandi mantrangku"
Daksina Gede, tipat kelanan, mabe taluh maguling lan tipat dampulan, tebasan sidhakarya, peras, suci, prangkatan, japit, karangan. Dengan tujuan ngadegang Sanghyang Wisnu Murti dan sang Kala Edan, agar memberikan Taksu kepada penari.
Sekarura, beras kuning, uang kepeng sesuai dengan kemampuan sang adruwekarya. Sekarura, yakni sekar yang ditaburkan, sebagai lambang kebahagian. Beras kuning, uang kepeng, adalah lambang kesejahteraan.
Jun Pere, makalung uang kepeng. Uang kepeng itu diikatkan dengan benang tetebus yang dililitkan pada jun pere, dilengkapi dengan seet mingmang dengan daun lalang muda, serta 3 muncuk tangkai dapdap. Semuanya ini adalah sarana untuk mohon tirtha panglukatan. Dengan mantra/puja/saa, yang dikuasai oleh pragina topeng Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba. Salah satu Puja Panglukatan yang terdapat pada Lontar Capa Kala, adalah sebagai berikut :
“OM lukatira bhuta kala dengen, sumurup ring bhuta kalika, lukatira bhuta kalika, sumurupira ring bhatari durga, lukatira Bhatari Durga, sumurup maring Bhatari Uma, lukatira Bhatari Uma, sumurupira ring Bhatara Guru, lukatira Bhatara Guru, sumurup maring Sanghyang Tunggal, lukatira Sanghyang Tunggal, sumurup maring tan paharan, sira juga tan pasangkanya, sira juga parannya, sidha kalukat, mala papa pataka kabeh,
OM Ang ksama sampurnaya namah”
(Panglukatan iki uttama dahat, pangargha gung artha 180.000).
Segehan, manista madhya uttama. Lalu memasukkan tapel ke tempatnya :
OM Kaki Paduka Bhatara, Nini Paduka Bhatari, mulih ta sira haneng Dangka Hyanganira soang-soang, OM ya namah swaha.
#Nguncaran Mantra Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba :
Dadia punang ikang kalan nira,
Maring KAHYANGAN DHARMA SMRTI,
Kadi gelap dumereping randu raja menala,
Gumeter ikang pretiwi apah teja bayu akasa,
Lintang trangjana ketekeng surya senjana
Metu aku saking Mutering Jaghat
Sudha butha kala liak,
desti teluh trangiana pada nembah tanwani teken aku,
apan aku mawak pemari sudha jaghat. Sakuwehing mala, lara, roga, wigena pada geseng.
Ong, Sang, Bang, Tang, Ang, Ing, Nang, Mang, Sing, Wang, Yang.
Būrta-maheśvaram ujjvala-bhāskaram
Iṣṭam amara-nara-vandyam |
Vande veda-tanum ujjhita-garhita-
Vāñcana-kāminī-bandham || 1 ||
Koṭi-bhānukara-dīpta-siṁham aho
Kaṭi-taṭa-kaupina-vantam |
Abhīr-abhīr-huṅkāra-nādita-diṅmukha-
Pracaṇḍa-tāṇḍava-nṛtyam || 2 ||
Bhukti-mukti-kṛpā-kaṭākṣa-prekṣaṇam
Agha-dala-vidalana-dakṣam |
Bāla-candra-dharam indu-vandyam iha
Naumi guru-úiva putraý manuaba dakûam|| 3 ||
Ong Atma Tatwatma Sudha Nirmala Yenamah,
Ang Ah Mertha Sanjiwa Yenamah Swaha.
Ong Atma Paripurna Yenamah Swaha,
Ong Jiwita Paripurna Yenamah Swaha.
Ong Ksemung Siwa Mertha Yenamah Swaha,
Ong Ksemung Sadha Siwa Mertha Yenamah,
Ong Ksmung Parama Siwa Mertha Yenamah Swaha
Setelah nguncaran Mantra tersebut dilanjutkan dengan menebar (nyambehin) beras kuning. Artinya memberikan laba kepada para Bhuta Kala supaya tidak mengganggu ketentraman hidup manusia, Berta menebarkan kesejahteraan pada umat manusia sehingga ketemu rahayuning jagat. Serta dibarengi dengan penebaran sekar ura artinya adalah sebagai simbul medana-dana (bersedekah kepada semua unsur kekuatan butha demi kelancaran upacara.
LAMPIRAN
Bhisama Ida Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba
(Sang Pelopor Pura Catur Parhyangan Pundukdawa)
Yan kita manggeh ring Kawitanta, tinemu de nira, jananurageng jagat, wreddhi dhirgayusa, mwang kinasihaning dening Hyang, haja kita lupa mareng Parhyangan, makadinya : Catur Lawa Ratu Pasek, ing Basakih; Pura Catur Parhyangan Linggih Ida Mpu Gana ing Pundukdawa; mareng Silayukti Padhang, mareng Lempuyang Madhya, mwang Pura Kahyangan Dharma Smerti Ida Bhatara Sinuhun mareng Pundukdawa juga”, mangkana pawarahku lawan kita makabehan, lah samapta panugrahan Ida Bhatara Sinuhun. ” Ih kita Pasek sadaya, wenang tyaga mareng kawangsan, kaparan-paran genahnya, wenang angambel mwang anungsung piagem prasasti kawitan,……
Terjemahannya:
Jika mereka sudah berbakti dengan Kawitanmu, yang akan dijumpai, dicintai oleh masyarakat, berkembang, panjang umur, disayangi oleh Dewa, dan janganlah anakku semuanya lupa terhadap Parhyangan, yaitu : Catur Lawa Ratu Pasek, di Besakih, Pura Catur Parhyanga Ratu Pasek Linggih Ida Mpu Gana di Pundukdawa, di Padhang Silayukti, Lempuyang Madhya dan juga Pura Kahyangan Dharma Smrti linggih Ida Bhatara ring Pundukdawa; demikianlah pesanku kepada anak-anakku semuanya, demikian sempurna anugrah Ida Bhatara Sinuhun. Ai engkau para Pasek, hendaknya berpegang teguh pada keturunan, dimanapun berada, hendaknya selalu berpegang dan nyiwi Piagem Prasasti Kawitan ……..
Makadi tunggul, umangdenya santana, wruh kawekas dlaha ri kawonganira, kita tar wenang pegat akadang, mareng Ki Pasek makabehan, ndi genahnya, wenang wruha, kang pareng nungsung Kawitan, mangkana kita Pasek sadaya, haywa predo, haywa cawuh, haja lali mwang lipya, ri warahira Hyang Abra Sinuhun nguni, apan teki ila-ila dahat. Samangkana samapta tattwa iki.-
Terjemahannya:
Itulah dipakai pegangan, supaya keturunanmu, tahu nantinya tentang keturunan, engkau tidak boleh lupa satu warga dengan semua Pasek, di manapun berada, hendaknya mengetahuinya, yang ikut bersama-sama nyiwi Kawitan, demikianlah ai engkau Pasek semuanya, jangan tidak percaya, jangan gegabah, jangan lupa, demikianlah bhisama leluhur Hyang Abra Sinuhun, karena hal ini amat berbahaya. Demikianlah akhir dari hakekat adanya ini.
#BHISAMA IDA BHATARA HYANG SINUHUN SIWA PUTRA PARAMA DAKSA MANUABA Pelopor Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana"
Dalam Menggunakan Tirtha Ida Sulinggih Pinaka Warih Ida Bhatara Panca Rsi/Panca Tirtha/Panca Brahmana.
Bhisama ini sama sekali bukan didasari oleh niat merendahkan atau melecehkan sulinggih dari keturunan yang lain. Tetapi menyangkut beberapa hal prinsip yang harus dipahami oleh Pasemetonan Pretisentana Warih Panca Rsi/ Panca Tirtha/Panca Brahmana. Bhisama ini sangat menghormati dan memuliakan setiap sulinggih dari warga/soroh apapun beliau berasal.
Bhisama itu berbunyi:
"......yan kita anglaraken saraja karya, aywa kita weh aminta tirtha ring brahmana len tan satunggil panca brahmana. Ngong anugraha kita riwekas, samangda kita tan kanarakan.........".
"..........mwah yan kita mayadnya suka mwang duka, aywa nurunakna tirtha brahmana tan tuut tunggil kawitan pareng sang panca brahmana. Nguni kawitan ta kita ngaran brahmana jadi, minta nugraha ring paduka bhatara. Mangkana kengeta. Aja lali, weruhakna mwang sanak ira kabeh, kita kabeh aywa lupa ring aji dharma pamikukuh sesanan kawitan'ta, aywa kita lupa ring kajaten.........".
Terjemahan :
Kalau engkau mengupacarai segala bentuk upacara (panca yadnya), jangan meminta tirtha dari brahmana yang tidak mengakui tunggal kawitan dengan brahmana panca rsi, aku peringatkan engkau agar engkau tidak sengsara di kemudian hari.
Dan lagi kalau engkau menyelenggarakan upacara yadnya yang bersifat suka dan duka, jangan nuhur tritha brahmana yang tidak mau mengikuti satu kawitan dengan Ida Bhatara Panca Brahmana/Panca Tirtha/Panca Rsi. Mengapa? Karena, ingatlah sejak dulu leluhurmu adalah bramana jati, memohon panugrahan langsung kepada Ida Bhatara. Demikianlah, ingatlah selalu. Jangan lupa, beritahukanlah hal itu kepada seluruh keturunanmu kelak. Janganlah lupa pada Aji Dharma untuk tetap mengukuhkan etika/sesana kawitan. Janganlah lupa pada jati dirimu.
Melihat Bhisama di atas jelaslah bahwa penggunaan tirtha dikalangan pasemetonan panca rsi adalah untuk setiap upacara atau Panca Yadnya.
Pemakaian tirtha panca brahmama adalah penerusan tradisi leluhur yang telah berlangsung sejak lama. Tradisi itulah yang telah diwariskan dari genari ke genarasi, kendatipun pada saat jaya-jaya sistem kerajaan di Bali, banyak rintangan dan hambatan yang dialami oleh warga warih pasemetonan panca rsi, karena banyak warga desa yang melarang pemakain Sulinggih dengan abhiseka Mpu oleh oknum tertentu; Oleh sebab itulah Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba mewajibkan hendaknya tidak menggunakan Sulinggih lain, karena ada mantra-mantra khusus yang tidak dipakai oleh Sulinggih lainnya, khususnya yang berkaitan dengan Bhisama Kawitan. Mantra-mantra yang tidak boleh dilupakan oleh pasemetonan Panca Rsi yang berhubungan erat dengan profesi; Pasemetonan Panca Rsi seperti warga/soroh lainnya di Bali, memiliki aturan tersendiri dalam pembuatan kajang kawitan. Kajang kawitan hanya dipahami secara mendalam oleh Sang Sulinggih atau pemangku pura kawitan sehingga hanya merekalah yang berhak membuat kajang kawitan; Tata cara pediksaan di kalangan Pasek sangat berbeda dengan tata cara pediksaan dikalangan warga lain, khususnya keturunan Dang Hyang Nirartha. Perbedaan ini sangat prinsip bagi warga Pasek, di mana warga Pasek melakukan pediksaan dengan sistem Sedaraga, tapakan Lingga Ida Bhatara Kawitan dengan perantara Nabe Tapak, Nabe Saksi dan Nabe Waktra.
Kalau dianalogikan, anjuran/pelarangan penggunaan sulinggih lain, adalah seperti orang sakit mencari dokter. Kalau sakit gigi hendaknya dicari dokter gigi, jangan mencari dokter jantung atau lainnya.
Nb : terkait Bhisama ini, bagaimana kalau di tempat kita tidak ada sulinggih panca rsi (Ida Pandita Mpu)? Apakah kita tidak jadi melakukan upacara? Menurut kami sekiranya dapat disesuaikan dengan situasi kondisi terkait upacara yang akan dilakukan. Penggunaan Sulingih (Ida Pandita Mpu) ada baiknya tidak terlalu ngotot dijalankan apabila upacara dilakukan secara massal yang melibatkan banyak soroh atau wangsa lainnya, seperti di bale banjar, sekolah, kantor, pura yang disungsung masyarakat luas (khayangan tiga, khayangan jagat, sad khayangan, dll.) ataupun tempat umum lainnya. Jika itu tetap kita paksakan (dalam kondisi tersebut), mungkin ini akan menimbulkan banyak polemik dan masalah nantinya. Namun, dalam hal ini penggunaan tirtha kawitan lah yang harus tetap digunakan, karena tirtha ini yang menjadi point pokok menyelesaikan segala permasalahan terkait bhisama Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba.
#tubaba@griya agung bangkasa//ngelingan cakepan ida nguni#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar