Rabu, 22 Desember 2021

TWAMEWA

Om Swastiastu


Tvameva Mata Cha Pita Tvameva

Mantram ini Bersumber dari kitab Pandava Gita. 28. Yang diambil sebagian dari Mahanarayana Upanisad dan Visnu Purana. Di dalam Mahabharata: Diucapkan pertama oleh Gandhari kepada Shri Krshna saat mendapati Duryodhana telah meninggal.Kemudian mantram ini di kompilasi dan dipopulerkan dalam kitab: Stotramala (Kumpulan dari doa-doa uttama).

Mantram Uttama yang digunakan untuk Menghormati dan Memuliakan CATUR GURU: Guru Rupaka (Orang Tua dan Roh-Roh Suci Leluhur), Guru Pengajian (Guru Pendidikan), Guru Wisesa (Pemerintah), dan Guru Svadhyaya (Hyang Widhi)

Mantram:

Om Brutah Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba, 

Candra Mandalem Sampurna, 

Hyang Sinuhun Prenamiakem, 

Hyang Sinuhun Param Jyotir, 

Om Hyang Sinuhun Paduka Guru Byoh namah,

Om Hyang Sinuhun Siwa Pitara Byoh namah, 

Om Hyang Sinuhun Paduka Bhatara Byoh namah, 

Om Hyang Sinuhun Saraswati Byoh namah, 

Om Hyang Sinuhun Pratistha Nyanalilaya namah swaha. 

Om Twameva mata cha pita twameva,
Om Twameva bandhus cha sakha, twameva,
Om Twameva vidya dravinam twameva,
Om Twameva sarvam mama deva deva.

Om Ksama Sampuraya Namah Swaha. 

Artinya:
Engkau sendiri adalah ibuku, Engkaulah ayahku;
Engkaulah kerabatku yang sejati, Engkaulah sahabat yang sejati;
Engkau sendiri adalah pengetahuanku, Engkaulah kekayaanku;
Engkau adalah segalanya bagiku Oh Tuhan segala Tuhan adalah Engkau sendiri.

ULASAN SINGKAT:
1. Tvameva Mata: Engkau adalah Ibu saya Yang Maha Agung, Satu Tanpa Kedua , Engkaulah yang memelihara saya dengan Cinta Kasih Ilahi dan memberkati hidup saya dengan Kesejatian (persepsi diri saya sebagai Jiwa Sejati, dan bukan hanya sebagai tubuh, pikiran, kecerdasan, atau ego).

2. Cha Pita Tvameva: Dan Engkau adalah Bapak-ku , yang Maha Tinggi, Engkau yang melindungi saya dengan menaikkan kesadaran saya dan mengubah pikiran saya menjadi wadah ilahi. Dan yang menanamkan pada diri saya kualitas Kesadaran Yang Maha Tinggi.

3. Tvameva Bandu cha Sakha Tvameva: Engkau adalah Kerabat sejati saya yang selalu terhubung denganMu selamanya sebagai Atman (Jiwa – diri) dengan Paramatman (Diri Agung) , dan Engkau adalah Temanku yang terbaik, Pendamping Abadiku dan tersayang, Siapa yang tidak akan pernah meninggalkanku.

4. Tvameva Vidya: Engkau adalah Kebijaksanaan Ilahi, sumber Zat dari semuanya yang telah hamba ketahui , semua yang sedang hamba pelajari, dan segala sesuatu yang hamba tidak ketahui, tapi berusaha untuk memahami dan menyadari (mengaktualisasikannya).

5. Dravinam Tvameva: Engkau adalah Kekayaan tertinggi (Laksmi ) dan Penyangga Uttama dari semua hal terbaik dalam kehidupan saat ini dan berikutnya. Engkau adalah Sumber dari segala sesuatu yang baik dan Penyangga dari semua sumber daya alam yang hamba butuhkan untuk bertahan hidup baik fisik dan pencerahan spiritual. Engkau adalah Kekayaan Kebijaksanaan dan Karunia Pembebasan (Moksha).

6. Tvameva Sarvam Mama Deva Deva: Engkau adalah Maha Segala-galanya, meresap pada semua hal, Engkau adalah segalanya bagi hamba, Engkau adalah inti dari keberadaan saya, Hati dari hati saya, Sumber dari Diri hamba, Jiwa dari jiwa saya, Realitas yang tanpa batas, tanpa dualitas dan keberpihakan, tanpa terpisahkan, kekal, tak bernoda, Maha Mengetahui, Maha Sempurna dan Maha Tinggi bagi setiap mahluk.

Om Santih Santih Santih Om


#tubaba@griyangbang//selamathariibu#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar