Senin, 13 Juli 2020

TAPA BRATA YOGA SEMADHI

TAPA BRATA YOGA SEMADHI

TAPA
Regweda IX.83.1
Orang tidak bisa menyadari Tuhan yang Maha Esa, Yang Maha Agung, tanpa melaksanakan tapa

Regweda XIX.83.1
Orang yang tanpa menjalankan tapa (pengekangan diri) yang keras, tidak dapat menyadari Tuhan Yang Maha Esa.

Atharwaweda XI.8.2
Tapa dan keteguhan hati adalah satu-satunya juru selamat di dunia yang mengerikan

Atharwaweda VII.61.2
Ya Tuhan Yang Maha Esa, kami melaksanakan tapa (pengekangan diri) yang bersifat bhatiniah (mental) dan jasmaniah (fisik). Semoga kami mencapai usia panjang dan menjadi cerdas dengan mempelajari Weda


Atharwaweda III.24.5
Wahai umat manusia, perolehlah kekayaan dengan seratus tangan dan dermakanlah itu dalam kemurah-hati dengan seribu tanganmu.

Yayurweda XXIII.62
Pengorbanan (yadnya) ini adalah pusatnya alam semesta
Yadnya artinya korban suci, yakni korban yang dilandasi oleh kesucian hati, ketulusan dan tanpa pamerih. Yadnya mengandung pengertian yg sangat luas, jauh lebih luas dibandingkan dengan pengertian upacara atau upakara. Yadnya merupakan pusat alam semesta karena Tuhan Yang Maha Esa menyatakan bahwa alam semesta ini diciptakan atas dasar Yadnya, keikhlasanNya selanjutnya Beliau bersabda supaya setiap manusia mengikuti jejakNya. Orang yang tekun melakukan yadnya memperoleh penverahan bhatin.

BRATA
Yayurweda XIX.30
Dengan menjalankan brata, seseorang mencapaik diksa (penyucian diri). Dengan diksa seseorang mencapai daksina (penghormatan). Dengan daksina seseorang mencapai sradhha (kepercayaan/keyakinan) dan melalui sraddha seseorang menyadari kebenaran sejati / Tuhan Yang Maha Agung

Brata adalah janji luhur melaksanakan disiplin seperti berpuasa, dan lain-lain. Brata dapat diartikan disiplin tertentu. Seorang yang melaksanakan Brata akan memperoleh penyucian diri (diksa). Brata harus dilandasi dengan sradhha (keimanan) yang mantap. Keberadaan TYME dapat dirasakan melalui brata.

Yayurweda IX.21
Pengorbanan hidup (mengikuti hukumNya) adalah patut (dilakukan), pengorbanan jiwa adalah patut (dilakukan), pengorbanan mata adalah patut (dilakukan), pengorbanan telinga adalah patut (dilakukan), pengorbanan mulut adalah patut (dilakukan), dengan pengorbanan yang dikorbankan itu, seseorang akan menjadi putra putri Tuhan Maha Pencipta (Prajapati), medapatkan kebahagiaan yang sempurna, semangat tinggi dan memperoleh kehidupan yg abadi.

YOGA (Olah nafas)
Atharwaweda X.2.26
Seorang suci membuat keserasiannya kepala dan hati. Kemudian, dia menaikan udara-udara vital kearah atas dan memeras udara-udara itu di dalam kepala untuk mencapai tujuannya

SEMADHI
Regweda VIII.44.19
Ya Tuhan Yang Maha Esa, orang-orang yang bijaksana menyadari Dikau melalui sarana Samadhi

Yajurweda XXVI.15
Orang yang bermeditasi/bersemadhi pada lereng pegunungan atau di pertemuan suangai-sungai, menjadi tercerahkan

Melalui TBYS (Tapa Brata Yoga Semadhi) ini telah digambarkan oleh Maharesi Wyasa melalui karya sastra Mahabharata mengajarkan kepada kita, agar dapat mematikan semua nafsu yang menjadi musuh utama manusia sehingga menjadi orang suci menurut kaca mata Tuhan, bukan menurut kacamata manusia. Makna dari duabelas tahun di buang ke hutan adalah, bahwa manusia baru dapat mematikan hawa nafsunya yang berupa lima nafsu buruk yaitu panca ripu setelah melaksanakan tapa, brata, yoga, semadhi selama kurun waktu 12 tahun. Hal ini disimbolkan dalam cerita ketika Bima, Arjuna, nakula dan Sahadewa, semuanya meninggal ketika minum air di sebuah kolam. Kejadian ini sebagai pelajaran kepada kita, bahwa Yudistira (sebagai symbol manusia) setelah 12 tahun lamanya mencari jati dirinya, barulah dia bias mematikan sifat marah (Bima), birahi (Arjuna), loba (Nakula), irihati (Sahadewa).
Hal ini juga dicontohkan ketika Bima disuruh oleh Gurunya Drona untuk mencari tirta amerta ke tengah samudera. Setelah Bima mampu mengalahkan naga (yang merupakan symbol nafsu dalam diri) barulah dia dapat bertemu dengan diri sejatinya yang disimbolkan sebagai Dewa Ruci. Cerita ini digambarkan dalam patung Dewa Ruci di Simpang Siur.
Diceritakan juga tentang Arjuna sebagai symbol manusia yang sanggup mematikan ego dalam dirinya, maka dialah yang disebut YOGI, dialah sosok manusia yang sudah memahami dan menjalankan Iswara Prani Dhana, penyerahan diri secara ikhlas total atas hidupnya hanya semata-mata menjalankan apa yang menjadi kehendak-Nya, bukan karena ego nya atau karena pahalanya.
Arjuna adalah symbol manusia yang kaula sudah sejajar dengan Gustinya, maka dia hanya bekerja atas apa yang diperintahkan oleh Gustinya, sehingga dialah manusia yang ditunjukan wujud Tuhan (versi bhagawadgita).


P U A S A dalam agama H I N D U

Akibat kurang gaung, maka pelaksanaan puasa itu jadi kelihatan seolah-olah menjadi milik agama tertentu. Padahal kalau dilihat dari asal katanya, puasa itu sebenarnya lebih merujuk kepada Agama Hindu, karena Puasa berasal dari bahasa SANSEKERTA yang terdiri dari kata UPA dan WASA, di mana UPA artinya dekat atau mendekat , dan WASA artinya Tuhan atau Yang Maha Kuasa.  Sehingga UPAWASA atau puasa itu dapat diartikan sebagai usaha mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa. 

Tidak  seperti agama lainnya, puasa menurut Hindu tidaklah bertujuan hanya sekedar untuk menahan haus dan lapar. Tidak untuk merasakan bagaimana menjadi orang miskin yang serba kekurangan. Dan tidak pula untuk menghapus dosa dengan janji-janji surga.

Puasa menurut Hindu adalah untuk mengendalikan nafsu Indria dan atau untuk mengendalikan keinginan, agar menumbuhkan perasaan dekat dengan Hyang Widhi.

Mengndalikan nafsu indria erat kaitannya dengan pelaksanaan Raja Marga , yakni salah satu bagian dari Catur Marga yang biasanya dilakukan dengan melaksanakan Tapa-Brata-Yoga-Semadi
Jadi menurut Hindu, puasa tidaklah bisa dilepaskan dari Tapa-Brata-Yoga-Semadi, dimana pelaksanaan Puasa akan dianggap batal jika melanggar, atau dalam melaksanakannya tidak dibarengi dengan Tapa-Brata-Yoga-Semadi.

Berikut ini adalah jenis-jenis puasa menurut Hindu :

  1. Upawasa yang dilaksanakan dalam jangka panjang lebih dari sehari, di mana pada waktu siang tidak makan atau minum apa pun. (Yang dinamakan siang adalah sejak hilangnya bintang timur di langit timur sampai timbulnya bintang-bintang di sore hari).
  2. Upawasa jangka panjang antara 3-7 hari dengan hanya memakan nasi putih tiga kepel setiap enam jam dan air klungah nyuh gading.
  3. Upawasa jangka pendek selama 24 jam tidak makan/minum apa pun disertai dengan mona(tidak berbicara), dilaksanakan ketika Siwaratri dan sipeng (Nyepi)
  4. Upawasa total jangka pendek selama 24 jam dilaksanakan oleh para wiku setahun sekali untuk menebus dosa-dosa karena memakan sesuatu yang dilarang tanpa sengaja; puasa dinamakan santapana atau kricchara
  5. Upawasa total jangka pendek selama 24 jam dilaksanakan oleh para wiku setiap bulan untuk meningkatkan kesuciannya, dinamakan candrayana. Ketika akan mulai berpuasa sucikan dahulu badan dan rohani dengan upacara majaya-jaya (jika dipimpin pandita) atau maprayascita jika dilakukan sendiri. Setelah itu haturkan banten tegteg daksina peras ajuman untuk menstanakan Hyang Widhi yang dimohon menyaksikan puasa kita.

Demikianlah sekilas tentang Puasa menurut Hindu. Semoga dengan demikian, kita tidak lagi memiliki perasaan ragu untuk melaksanakan Upawasa.

Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru.

Om Shanti Shanti Shanti Om.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar