Minggu, 05 April 2020

NYURYA SEWANA

Nyurya Sewana

Oleh : I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S, M.Pd
Nyurya atau Surya Sewana adalah upacara yang dilaksanakan untuk menghias Ida Sang Hyang Surya Raditya, upacara ini dilakukan oleh para sulinggih setiap pagi saat mulai matahari terbit dan atau sampai jam 9 pagi.

Dengan Bhatara Surya sebagai kekuatan dalam menjaga kestabilan dan keseimbangan matahari dengan pancaran sinarNya agar selalu dapat menyinari dan menjaga semua yang ada di alam ini.

Pemujaan Bhatara Siwa dalam manifesitasi Dewi Sawitri dengan Sawitri Mantram juga disebutkan sepenuhnya ditujukan untuk :

Menjaga kebenaran alam semesta dan merawat kebaikan manusia. Kebenaran, berupa prinsip-prinsip hukum alam (palemahan) dan kebaikan, berupa prinsip-prinsip moral (pawongan) memang menjadi landasan untuk mewujudkan : Keindahan dunia Kehidupan umat (parhayangan).

Begitulah sulinggih memenuhi kewajiban moral-religiusitasnya demi keselamatan semesta, menjaga ketenteraman alam dan melindungi kedamaian semua makhluk.

Sebagai tambahan juga disebutkan pula bahwa :
Ngastawa Sanghyang Tirtha 
melalui mantra weda Dewi Gangga disebutkan dengan kembang diiringi Genta yang awalnya berasal dari suaranya alam semesta. Dan dengan tetap dilaksanakannya upacara Nyurwa Sewana oleh para sulinggih sampai saat ini, diharapkan agar tetap terjaga keselamatan semesta, ketenteraman alam dan kedamaian semua makhluk dalam perputaran cakrawala semesta dan hidup ini.

Oleh sebab itu Ida Sinuhun Siwa Putri Parama Daksa, menghimbau kepada semua sulinggih yang ada di Bali, agar melakukan uoacara nyurya sewana penuh sampai tgl 26 April 2020, bertepatan abulan pitung dinanya Covid 19 merebak di Bali.

#tubaba@melalui puja suci surya sewana//nyomia covid 19//bhuta ya dewa ya//swaha#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar