Selasa, 14 April 2020

SESAYUT DUMA PANCA DEWATA

SESAYUT DUMA PANCA DEWATA

Tuhan Mahakuasa, Hyang Sadasiwa, bening tiada ubahnya kristal (natah pinaka sarira Bhatara, bhaswaspatikawarna).
Termasuk Tuhan sebagai Hyang Sadasiwa di tengah-tengah sebagai pusat, maka aspek kemahaan-Nya itu dinamakan Panca Dewata atau Panca Brahma. Masing-masing menempati penjuru arah utama mata angin alam semesta (padma bhuwana atau padma mandala) dengan aksara suci, warna, maupun kapasitas pangurip-urip-Nya sendiri-sendiri. Rincian-Nya masing-masing adalah sebagai berikut. 
1. Di penjuru timur (purwa) adalah Sadyojata yang juga bergelar Iswara, dengan aksara suci SANG, berwarna putih, dengan pengurip-urip 5 (lima).

2. Di penjuru selatan (aksina) adalah Bamadewa yang juga bergelar Brahma, dengan aksara suci BANG, berwarna merah dengan pangurip-urip 9 (sembilan). 3. Di penjuru barat (pascima) adalah Tatpurusa yang juga bergelar Mahadewa, dengan aksara suci TANG, berwarna kuning, dengan pangurip-urip 7 (tujuh).

4. Di penjuru utara (uttara) adalah Aghora, yang juga bergelar Wisnu, dengan aksara suci ANG, berwarna hitam, dengan pangurip-urip 4 (empat).

5. Di tengah-tengah, pusat (madya) adalah Isana yang juga bergelar Siwa (Sadasiwa), dengan aksara suci ING, berwarna pancawarna (campuran keempat warna), dengan pangurip-urip 8 (delapan).

SESAYUT DUMA PANCA DEWATA : Medasar kulit sesayut, tumpeng agung 1, kaiter antuk tumpeng 5 warna, penek agunge luwurniya misi cawan, misi nasi pulungan 1, kwangen 1; 
sega kadi nyitak, kewangen 4, ring sisin segane tancebin sekar mider, ditengah segane dagingin tulung metangga 2, ulam sakasidan, sanganan sarwa galahan, sodan woh raka-raka sejangkep nyane, beras manca warna akulak, dadosang tumpeng mearu antuk yeh cendana, tumpeng ika iter antuk tunjung warna 4 anut urip, suang-uang tunjunge dagingin raka-raka sarwa lelima, ketipat sari 5, tulung 5, ketipat bagia 5, kwangen 5, sekar tunjung 5, sekar cempaka 5, kedapan naga sari 5, sami metanceb ring tunjunge punika dagingin canang panyusun, ulam itik meguling, disisin dulange dagingin sekar manca warna, ring muncuk tumpenge tancebin sekar kusuma dewata. Yan nyatur megenah madya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar