Kamis, 09 April 2020

Tatwaning Angreka Banten

Tatwaning Angreka Banten
(Druwen Ki Dalang Tangsun, Griya Agung Bangkasa)
Om Awignamastu nama sidham. Nyan ngaran, tatwaning angreka banten, aywa kadropon tingkahnya, angarep aken banten apan tukang angarepin ala ayuning sang araja karya, ayua kurang priyatna ngagem parikramaning bantenya, apan sang nampi midanda, yan iwang, yan patut, wnang kakneng pastu ala mwang ayu, yan patut denta amarikrama bantenya, sang araja karya wnang kena pastu nemu rahayu, katekeng-tekeng, yan iwang wnang nemu ala satuwuk, apan tukang ananggung ala, nanggung ayu, apan sang anangun karya amrih ayu, mangkana wnange ayua hima, iki kawit anyambut karya banten pinunase ring pura-pura, mekadi utamaning pinunase ayua hima ne ring arep, ring kamulan, ring pura desa, ring kahyangan mekadi ring surya, ikang wnang pinuja de sang mawak tukang, ayua kipper denta nyipta, ngagem panunasnya, mangkana ayua hima, apan Betara maka saksi ala ayuning kabeh, mwang maka ayuning tirtha pinunasta, maka nirmalanine manusa mwang pitara kabeh, tirtha pinunase ka surya, maka lantaran mangguh kanirmalan, maka sajining kala kakabeyan, maka tan kesengkala marganya kabeh, apan katetepan olih sadenya saji gnep, ika wnange nemu rahayuning tukang mwang sang araja karya mangkana parikramanya. Nihan malih parikramaning daksina mwang sagi-sagi, ne nepatut karyane medaksina mwang sagi-sagi, ayua wang mangirangin apan sedana sang pejah, mapedana ring sanggarnya kabeh, ayua pakirang-kirang, kna temah de sang tinangun, apan tan wenang ngidih-idih, sang tinangun, apan ika marganya, rahayuning marga ngaran, mwang wnang ngucaping swargan, apan sira adruwe utang, sang dewa-atma, mangkana kajaring tata akarya upakara banten, ayua hima, ayua ngusak sahananing upakara, ayua amirodha,........
Memelihara Kebudayaan Bali dengan Sastra Tattwaning Angreka Banten

Kebudayaan Bali sudah dinyatakan sebagai kebudayaan yang benapaskan agama Hindu. Hal itu dinyatakan sejak tahun 1970 saat dimulainya Pembangunan Lima Tahun (Pelita) Tahap Pertama di Bali khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Sebagai kebudayaan yang bernapaskan agama  Hindu, tentunya dinamika kebudayaan Bali tolak ukurnya Sastra Hindu yang menjadi sumber acuan keberadaan dan dinamika kebudayaan Bali tersebut. Terutama budaya, idenya tentunya harus Sastra Hindulah yang menjadi sumber acuan kegiatan kebudayaan Bali tersebut.

Kalau kita jadikan pandangan Prof. Dr. Koentjaraningrat melihat sistem kebudayaan Bali, maka dapat dilacak tentang sistem religinya, sistem sosialnya, sistem ilmu pengetahuan, sistem bahasa, sistem seni, sistem mata pencaharian dan sistem teknologi. Semua sistem kebudayaan Bali itu hendaknya sumber acuanya adalah sastra atau ajaran Hindu. Misalnya, kebudayaan Bali itu kita amati dari sistem religinya atau sistem beragama Hindu yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Sudahkah sistem religi Hindu yang dilaksanakan sesuai dengan Sastra Hindu. Misalnya dalam melakukan upacara yadnya Hindu sudahkan dilakukan menurut sastra Hindu yang semestinya dijadikan acuan melangsungkan upacara yadnya tersebut.

Kata upacara dalam bahasa Sansekerta artinya mendekat. Upakara dalam bahasa sansekerta artinya melayani. Sudahkan dalam melakukan upacara yadnya tersebut berproses untuk mendekatkan diri pada alam lingkungan dengan asih, mendekatkan diri dengan sesama umat manusia dengan punia. Asih dan punia itulah  sesungguhnya bentuk bhakti umat Hindu pada Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Karena itu upacara yadnya di Bali diwujudkan dengan uacara yang menggunakan sarana yang disebut banten. Lontar Yadnya Prakerti adalah sastra Hindu yang menyatakan bahwa banten itu memiliki tiga makna. Yaitu, banten pinaka ragan ta tuwi. Artinya, banten lambang diri manusia itu sendiri. Banten, pinaka warna rupaning Ida Bh-atora. Artinya, banten itu lambang Kemahakuasaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan banten pinaka anda bhuwana. Artinya, banten itu lambang alam atau bhuwana agung.

Kalau sastra Hindu ini yang dijadikan acuan membangun sistem religi oleh umat Hindu di Bali akan ada aktivitas yang serius untuk membangun diri yang berkualitas, agar senantiasa melakukan yadnya atau korban suci dalam bentuk asih demi lestarinya alam itu sendiri. Demikian juga dengan yadnya melakukan pengabdian atau punia untuk meningkatkan nasib sesama manusia. Bentuk bhakti pada Tuhan beryadnya pada alam dan pada sesama manusia itu.


#tubaba//katedun 10042020#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar