Sabtu, 28 Maret 2020

Agem-ageman magagentan dan Petanganan Pinandita Wiwa Griya Agung Bangkasa

Agem-ageman  magagentan dan Petanganan Pinandita Wiwa Griya Agung Bangkasa
Dalam hal menggunakan Genta dan mapetanganan pada saat nganteb seperti yang tersurat dalam Lontar Kaputusan Lingganing Gagelaran Pinandita Wiwa :

“Punika ilen-ilen yang mangastiti Dewa yan mapiodalan, wenang maka gagelaran Ki Pemangku Gede, sane sampun puput mawinten Wiwa, nunas panugrahan ring Ida Pandhita linuwih Guru Iswara, mangda tan sisip Ki Pemangku manguncarang puja Kaputusan Lingganing Gagelaran Pinandita Wiwa. Ki Pemangku wenang abhusana mamutih utawi sawarna mamolos mwang tatkala amuja yogya ngagem Gantha, lawan sangkepi petanganan, lamakane siddha amangguh swasti sira.”

Terjemahannya :

Itulah tatacara memuja para Dewa pada waktu Piodalan, patutlah sebagai pegangan Ki Pemangku Gde/Pinandita, yang telah diwinten Wiwa, mohon anugrah sang Pandhita sebagai Guru Utama, supaya tidak kualat Ki Pemangku memanjatkan Puja yang terdapat dalam Kaputusan Lingganing Gagelaran Pinandita Wiwa. Ki Pemangku patutnya memakai pakaian serba putih atau satu warna, serta pada waktu memuja patutlah mempergunakan Genta yang dilekapi petanganan dengan harapan berhasil dan mendapatkan keselamatan.
“Nihan Pawekasing batara, ring pemangkun ida, yan rawuh patatoyan ida ring madia pada, kena pamangkun ida angasrening betara, angagem bajra, sangkepi petetanganan ring patatoyan, maka weruh ikang mangku, kawit kertaning betara, yanora ngagem bajra, nora weruh ring kepamangkuan, angora-ora, angiya-ngiya sira, angasa-asa, nora kayun ida turun, apan sira tan meling ring kawit-kawitan kandaning pamangku”. 

Dari penggalan lontar tersebut diatas dapat dikatakan Genta dan petetanganan dapat menghantarkan persembahan kepada yang disembah. Sulinggih/Pemangku berperan sebagai penanda atau yang memberikan tanda dalam bentuk suara genta yang lengkapi dengan petetanganan kemudian di dengar oleh manusia di alam bwah loka, bhuta kala di alam bhur loka dan dewa-dewa di alam swah loka. Masing-masing kelompok yang ada pada tri loka mengasosiasikan tanda atau těngěran (bahasa Jawa Kuno) sebagai pertanda adanya upacara.
NB:
Elingan pawintenan mangku gde matiosan dengan pawintenan wiwa, memang pamangku wiwa sebutannya sama dengan mangku gde akan tetapi wewenang pinandita wiwa dengan mangku gde jauh berbeda. Level pawintenan wiwa merupakan pawintenan putusing kepemangkuan apalagi sapamargin ida bhatara awor ring acintya ida sinuhun mapica tel pawacana sane anggen titiang bhisama/keputusan griya agung bangkasa bahwa pinandita wiwa hanya di selenggarakan oleh griya agung bangkasa dengan kata kuncinya harus di tapak langsung oleh ida bhatara hyang sinuhun. Inggian pamargi diklat yang diikuti adalah diklat pinandita wiwa, jadi jika tidak nyarengin pawintenan wiwa, maka pelajaran yg diperoleh selama diklat khususnya agem-ageman mapatanganan jangkep nenten dados kamargiang. 
Nihan Bhisama Ida Sinuhun Siwa Putri Parama Daksa Manuaba. 

#tubaba@Sulinggih/Pemangku berperan sebagai penanda dalam upacara#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar