Minggu, 15 Maret 2020

ASTUNGKARA=SALAM CAKUPAN TANGAN

MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS DENGAN SALAM  ASTUNGKARA/CAKUPAN TANGAN (NAMASTE)πŸ™πŸ™πŸ™

Salah satu penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) adalah melalui kontak dekat atau close contact dengan pasien yang sudah terinfeksi. Bersentuhan tangan dengan pasien yang terinfeksi COVID-19 merupakan salah satu jenis penyebaran yang sangat mungkin.

Lantaran sangat mudahnya penularan melalui bersentuhan dengan tangan, Indian Medical Association (IMA) mengajak orang-orang untuk melakukan Namaste. Langkah ini merupakan gerakan mengatupkan kedua tangan yang terkenal dari India dan Bali ketika sedang memberi salam atau bersalaman dengan kerabat, teman, dan kolega.

Penularan COVID-19 dari manusia ke manusia biasanya melalui droplet (tetesan kecil) di udara. Ini berarti, virus tersebut bisa tersebar ketika seseorang yang terinfeksi COVID-19 batuk atau bersin dan melepaskan percikannya ke udara.

Cara berjabat tangan tradisional dapat mentransmisikan jumlah bakteri yang cukup banyak. Sedangkan berjabat tangan dengan mengepalkan tangan seperti mau meninju tanpa bersentuhan tangan merupakan yang paling sedikit mentransmisikan bakteri.

“Ketika ingin menyapa orang lain, bisa melakukan seperti pose/sikap tangan Namaste/astungkara=cakupan tangan (astu=selamat; kara=tangan)πŸ™πŸ™πŸ™. Dengan melakukan hal tersebut, tangan akan tetap higienis dan dapat mencegah penularan kuman dari satu orang ke orang lainnya.

#tubaba@πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar