Kamis, 12 Maret 2020

Filosofi Aksara Bali pinaka agni dharmaning koripan

Filosofi Aksara Bali pinaka agni dharmaning koripan magama Hindu ring Griya Agung Bangkasa di Bongkasa - Bali
Griya Agung Bangkasa di Bongkasa - Bali merupakan sebuah Griya yang memiliki peradaban yang tinggi, dari peradaban tinggi tersebut akan memiliki pengalaman yang luas tentang arti dan makna pemakaian Aksara Bali dalam kehidupan.

Salah satu peradaban yang paling menonjol dari pengalaman itu adalah adanya kemampuan dalam mengolah Aksara Bali. 

Griya Agung Bangkasa merupakan sebagian wilayah desa Bongkasa dengan ciri khasnya yaitu disetiap upacara yadnya yang dilakukan mengutamakan pemakaian aksara Bali sebagai unsur tetpentingnya, sehingga aksara Bali khasnya sendiri ini seringkali kurang dipahami oleh sebagian besar orang.

Menurut Ida Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba "aksara adalah sesuatu yang tidak termusnahkan/kekal/langgeng, selain disebut juga huruf. Dikatakan sebagai sesuatu yang kekal, karena peranan aksara dalam mendokumentasikan dan mengabadikan suatu peristiwa komunikasi dalam bentuk tulis".

“Urip Ika Uruping Aksara” (Hidup itu Nyala dari Aksara)

Maksunya Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar