Senin, 30 Maret 2020

MUSIBAH ITU BERAWAL DARI DIRI SENDIRI

MUSIBAH ITU BERAWAL DARI DIRI SENDIRI

Oleh : I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S, M.Pd
Belakangan ini musibah marak terjadi dalam kehidupan kita. Mulai dari musibah yang terjadi pada diri sendiri, orang lain maupun musibah bagi bangsa. Terkadang kita bertanya-tanya, mengapa Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan musibah ini kepada kita?

Kita seringkali merasa menjadi orang yang baik sehingga kita lupa dengan dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Karena musibah tidak akan datang jika kita telah mentaati perintah Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan semestinya.

Telah di jelaskan dalam pustaka suci "Apa saja nikmat/anugrah yang kita peroleh adalah anugrah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dan apa saja bencana yang menimpa kita maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.

Tentunya sangat jelas bagi kita bahwa segala kenikmatan/anugrah yang kita dapatkan di dunia ini adalah atas karunia Ida Sang Hyang Widhi Wasa. dan segala bencana yang menimpa diri kita sesungguhnya atas perbuatan kita sendiri. Nampaknya kita harus mulai intropeksi diri dan berbenah dari segala kesalahan yang akhirnya mengundang musibah dalam diri kita.

Namun tidaklah yang Ida Sang Hyang Widhi Wasa berikan segala musibah ini melainkan pasti ada hikmahnya. Tidak serta merta beliau berikan musibah kepada makhluk-Nya tanpa tujuan yang baik. Selalu ada hikmah di setiap musibah yang Ida Sang Hyang Widhi Wasa berikan. Beliau telah jelaskan bahwa musibah yang datang adalah karena perbuatan kita sendiri dan sebagian besar telah  
Ida Sang Hyang Widhi Wasa maafkan/mengampuni kesalahan-kesalahan kita.

Apa saja musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan kalian sendiri dan  Ida Sang Hyang Widhi Wasa memaafkan sebagian besar perbuatan kita.

Sudah saatnya kita kembali. Kembali kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang telah menciptakan kita. Sesungguhnya kita berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya. Semoga setiap musibah yang kita hadapi akan mengantarkan kita kepada cintanya  
Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan lebih dekat dengan-Nya. 

Begitulah Ida Sang Hyang Widhi Wasa mengaturnya. Pandemi Corona ini adalah ujian dari-Nya untuk menguji siapa yang lebih baik derma-bhaktinya. Di balik sebuah musibah pasti ada hikmah. Kelak badai yang diakibatkan oleh wabah virus Corona ini akan melahirkan sosok-sosok yang lebih tangguh dan cerdas.

#tubaba@musibah menunjukan adanya perubahan, perpindahan, dan pergantian keadaan#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar