Jumat, 24 Januari 2020

mengendalikan kesabaran

Sabar Sampai Sadar, dan Menjadi Tidak Perlu Sabar Lagi.....
Bisa bertahan dalam kesabaran sambil merenungi makna dari peristiwa yang dialami, maka akan mendatangkan kesadaran ! Sabar.........?

Betapa sulitnya untuk sabar didalam hidup yang penuh pesan terakhir dari beliau. Betapa sulitnya menjadi orang sabar saat emosi lebih menguasai. Betapa terpaksanya kita harus menahan sabar dengan dada yang bergetar. 

Mau tidak mau harus sabar menahan diri sambil geleng-geleng kepala. Menghadapi orang-orang yang bandel, terpaksa harus sabar juga menahan nafas. 

Menulis di medsos juga harus sabar, karena walau sudah menulis dengan benar tapi karena beda pemahaman, pasti ada yang tidak senang dan disalah pahami. Harus sabar dikritik, diledek, dan bahkan dihujat. Kalau tidak sabar, bisa-bisa makan hati dan jadi emosi sendiri. Akhirnya kehilangan motivasi untuk menulis lagi. Kalau direnungkan, kesabaran yang kita miliki selama ini, apakah sebuah kesabaran yang terpaksa atau memang kesabaran yang ikhlas?

Saya pribadi merasa ternyata kesabaran yang ada selama ini sebenarnya adalah hanya sebuah kesabaran yang terpaksa dan belum sepenuhnya ikhlas. Ada baiknya memang, karena walau terpaksa tetap membutuhkan sebuah perjuangan yang berat. Jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak sabar disekitar kita. 

Namun walau sudah bisa sabar, tetap tidak baik juga , apabila sesuatu hal itu dipaksakan. Sewaktu - waktu masih bisa lepas kesabaran. Alangkah indahnya ketika kita bisa bersabar sampai timbul kesadaran. Menerima semua keadaan dengan hati ikhlas tanpa perlawanan sedikit pun diiringi dengan hati yang mengasihi. 

Bisa sabar dalam setiap peristiwa yang dialami, dan mau mengambil pembelajaran dari peristiwa tersebut, niscaya dapat menimbulkan kesadaran bagi kita semua. Ketika sampai ke tahap demikian, maka kita tak perlu bersabar lagi , karena kita tidak perlu lagi menuntut diri sendiri untuk bersabar. Semua peristiwa akan dijalani dengan apa adanya sebagaimana mesti. Semoga dengan banyak peristiwa yang menuntut kita untuk bersabar, bisa menjadikan kita sadar!

#tubaba.yoga olah hati#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar