Kamis, 02 Januari 2020

USADA BUDUH

USADA BUDUH
Pengobatan Alternatif
Sakit Gila


Di dalam lontar Usada Buduh sering ditulis terganggunya kondisi pikiran seseorang disebut dengan buduh, dan banyak jenis buduh yang dinuraikan oleh lontar tersebut di antaranya adalah, buduh wangke, buduh guna, buduh raung dan jika gangguan pikiran setengah gila ditulis dengan nama penyakit "Ila" [ setengah gila ] misalnya "ila dewa" seseorang seolah berbicara dengan roh atau dewa, sehingga sering murung dan suka sembahyang kemana² dan tak jelas tujuan dan maksdnya. Jikapun dia mengatakan sesuatu datangnya dari petunjuk dewa maka tetap tidak ada bukti secara kongkrit.
Namun secara ilmu kedokteran jiwa ada pandangan yang mirip sekali Ila dewa dengan "skizofrenia"

Gangguan psikotik

Gangguan psikotik merupakan gangguan jiwa parah yang menyebabkan munculnya pemikiran dan persepsi yang tidak normal, misalnya penyakit skizofrenia. Ciri-ciri dari gangguan psikotik adalah mendengar, melihat, atau merasakan sesuatu yang tidak ada (halusinasi) serta memercayai hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi (delusi).

Beda tipis orang sakti dan orang gila.
Dalam lontar tersebut di tulis seperti ini, "hendaknya jangan terlalu mempercayai kata orang ila, sebab orang ila sangat mirip dengan orang sakti namun yang mempunyai ila tidak mampu membuktikan secara benar dan nalar "
Ketika orang sakti mengatakan bahwa dalam 1 jam lagi akan terjadi gempa hebat, dan hujan sangat lebat maka hal itu pasti terjadi, namun orang ila jika dia mengatakan demikian pasti sampai seminggu juga ga akan terjadi apa² [ skizofrenia efect].

BELAJAR SPIRITUAL RENTAN TERKENA ILA.


Jika seseorang spiritual [ ngelmu] menekuni ilmu yang salah artinya antara tujuan dan prakteknya tidak sejalan maka cepat atau lambat akan mengalami delusi, kenapa demikian, ambil contoh sederhana?

"Jika dalam meditasi anda di suruh membayangkan salah satu dewa atau apapun maka hal ini harus anda kaji dengan tepat, sebab tidak ada manusia yang mampu membayangkan objek secara konsisten atau menetap tanpa berubah selama 1 menit. Bahkan pikiran akan sangat mudah sekali liar dalam beberapa detik, lalu bagaimana lantas bisa membayangkan objek 1 menit. [ what do you think?.
Jika hal itu di paksakan maka lambat laun pikiran akan stress dan bisa membuat ilusi buatan.

Ada satu kalimat yang selalu membuat saya tergelitik yaitu, Bahkan di jalan Tuhanpun berpeluang gila jika tidak belajar dengan tepat dan terperinci dengan baik, berapa banyak yang anda temui seperti itu?....

#tubaba@lontarusadabuduh#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar