TUGAS DAN KEWAJIBAN
"śreyān sva-dharmo viguṇaḥ
para-dharmāt sv-anuṣṭhitāt
sva-dharme nidhanaḿ śreyaḥ
para-dharmo bhayāvahaḥ"
śreyān—jauh lebih baik;
sva-dharmaḥ—tugas kewajiban yang ditetapkan untuk seseorang;
viguṇaḥ—walaupun ada kesalahan;
para-dharmāt—daripada tugas-tugas kewajiban yang disebut untuk orang lain;
su-anuṣṭhitāt—dilaksanakan secara sempurna;
sva-dharme—dalam tugas-tugas kewajiban yang telah ditetapkan untuk seseorang;
nidhanam—kemusnahan;
śreyaḥ—lebih baik;
para-dharmaḥ—tugas-tugas kewajiban yang ditetapkan untuk orang lain;
bhaya-āvahaḥ—berbahaya.
Terjemahan
Jauh lebih baik melaksanakan tugas-tugas kewajiban yang sudah ditetapkan untuk diri kita, walaupun kita berbuat kesalahan dalam tugas-tugas itu, daripada melakukan tugas kewajiban orang lain secara sempurna. Kemusnahan sambil melaksanakan tugas kewajiban sendiri lebih baik daripada menekuni tugas kewajiban orang lain, sebab mengikuti jalan orang lain berbahaya.
Penjelasan
Karena itu, sebaiknya orang melaksanakan tugas kewajiban yang ditetapkan untuk Diri-Nya dalam kesadaran Krishna sepenuhnya daripada tugas kewajiban yang ditetapkan untuk orang lain. Secara material, tugas-tugas kewajiban adalah tugas-tugas yang diperintahkan menurut keadaan jiwa dan raga seseorang di bawah pesona sifat-sifat alam material. Tugas-tugas rohani adalah menurut perintah sang guru kerohanian, demi pengabdian rohani kepada Krishna. Tetapi baik secara material maupun secara rohani, hendaknya orang berpegang teguh pada tugas-tugas kewajiban yang sudah ditetapkan untuk Diri-Nya bahkan sampai saat meninggal, daripada meniru tugas kewajiban orang lain. Tugas-tugas kewajiban pada tingkat rohani dan tugas-tugas kewajiban pada tingkat material barangkali berbeda, tetapi rinsip mengikuti bimbingan yang dibenarkan selalu baik bagi orang yang melakukannya. Kalau seseorang masih di bawah pesona sifat-sifat alam material, hendaknya mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan untuk kedudukannya yang khusus dan sebaiknya jangan meniru orang lain. Misalnya, seorang brahmaṇā, yang berada dalam sifat kebaikan, tidak melakukan kekerasan, sedangkan seorang ksatriya, yang berada di dalam sifat nafsu, diizinkan melakukan kekerasan. Karena itu, seorang ksatriya lebih baik musnah sambil mengikuti peraturan kekerasan daripada meniru seorang brahmaṇā yang mengikuti prinsip-prinsip tidak melakukan kekerasan. Semua orang harus menyucikan hatinya dengan proses tahap demi tahap, bukan secara serentak. Akan tetapi, apabila seseorang melampaui sifat-sifat alam material dan menjadi mantap sepenuhnya dalam kesadaran Krishna, ia dapat melakukan apapun dan segala sesuatu di bawah bimbingan seorang guru kerohanian yang dapat dipercaya. Pada tahap kesadaran Krishna yang sempurna tersebut, seorang ksatriya, boleh bertindak sebagai brahmaṇā, atau seorang brahmaṇā, boleh bertindak sebagai seorang ksatriya. Pada tingkat rohani, perbedaan dunia material tidak berlaku. Misalnya, Visvamitra semula menjadi ksatriya, tetapi kemudian dia bertindak sebagai brahmaṇā, sedangkan Parasurama adalah seorang brahmaṇā, tetapi kemudian ia bertindak sebagai ksatriya. Oleh karena mereka mantap pada kedudukan rohani, mereka dapat melakukan demikian, tetapi selama seseorang masih berada pada tingkat material, ia harus melaksanakan tugas-tugas kewajibannya menurut sifat-sifat alam material. Pada waktu yang sama, ia harus mengerti kesadaran Krishna sepenuhnya.
#tubaba@swasti warsa 2020//ngemargiang tugas miwah kewajiban//setata eling ring bhisama ida sinuhun#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar