IDA SANG HYANG PASUPATI (BHATARA GURU)
Katedun Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S, M.Pd
Om Swastyastu
Om Awignam Astu
Pangaksamaning ulun Ripada Batara Hyang Sinuhun, Sang gunelaring Sarining Ong Kara Mantra, Reda ya Nirmalayem, Muah ri Sang Sida Yogiswaranem, siraya Anugraha ring hana Wakya, ripurwa ira Sang wus lepas, luputing Mami ring tulah pamadi, Mwang sawigrahana mala petaka, tan kataman upadrawa,Denira Betara Hyang Mami, Wastu kita pari purna, lan anemu aken ayu, Dirgahayu-dirgayusa,ri purwa kala caritan
Ida Hyang Pasupati adalah seorang maha suci yang dahulu menurunkan sapta dewata-dewati yang berkaitan dengan silsilah bhagawanta/Sulinggih sebagai penuntun umat untuk dapat kembali meyakini dharma kebenaran atas agamanya.
IDA HYANG PASUPATI
Maputra Pepitu;
1. Ida Hyang Geni Jaya (Lempuyang Luhur)
2. Ida Hyang Putranjaya (Gunung Agung)
3. Ida Dewi Danuh (Ulun Danu Batur)
Make tetiga niki Tri Purusa sane nyentanayang semeton Bali sami.
Hyang Pasupati Berputra 3 berdasarkan Prasati Arya Wang Bang Pinatih dan Prasati Mahagotra Pasek Sanak Sapta Resi
4. Ida Hyang manik Gumawang (G Beratan/Mangu)
5. Ida Hyang Tumuwuh (G Watukaru)
6. Ida Hyang Tugu (G Andakasa)
7. Ida Hyang Manik Galang (Pejeng)
IDA HYANG PUTRANJAYA
maputra
1. Bhatara Ghana
2. Bhatari Manik Gni
IDA HYANG GNI JAYA
maputra
1. Mpu Withadarma/Sri Mahadewa
Sri Mahadewa meputra
1. Mpu Bhajrasatwa/Wiradharma
2. Mpu Dwijendra/Rajakertha
Mpu Dwijendra maputra
1. Gagaking
2. Bubuksah
3. Brahmawisesa
Brahmawisesa maputra
1. Mpu Gandring
2. Mpu Saguna
Mpu Saguna menurunkan
1. Warga Pande
Mpu Bajrasatwa menurunkan
1. Mpu Tunuhun (Mpu Lampita)
Mpu Tunuhan meputra Panca Tirta/Panca Resi/Panca Pandita:
1. Mpu Gnijaya,
2. Mpu Semeru,
3. Mpu Gana,
4. Mpu Kuturunan (yang membawa lontar-lontar ke Bali) dan
5. Mpu Baradah
MPU GNI JAYA
meparahyangan ring Lempuyang Madya, menurunkan Sapta Rsi yang sudah samasama kawin dan berumah tangga dijawa, kemudian masing-masing memiliki keturunan.
1. Mpu Ketek mempersunting putri Ki Arya Padang Subadra, berputra dua orang lakilaki yaitu Sanghyang Pemacekan dan Arya Kepasekan. Sanghyang Pemacekan juga berputra 2 orang, yang pertama Mpu Pemacekan kemudian pergi ke Pasuruhan, lalu pindah ke Majapahit. Putra yang kedua adalah seorang putri bernama Ni Dewi Girinatha. Sedangkan Arya Kepasekan juga mempunyai 2 orang putra yaitu : Kyayi Agung Pemacekan dan Ni Luh Pasek. Mpu Pemacekan di Majapahit mempunyai 3 orang putra yakni Ni Ayu Ler, Mpu Jiwanatha dan Arya Pemacekan. Kemudian Kyayi Agung Pemacekan berputra 2 orang yaitu Kyayi Pasek Gelgel dan Kyayi Pasek Denpasar. Mpu Jiwanatha mempunyai putra Kyayi Agung Padang Subadra, lebih lanjut Arya Pemacekan mempunyai putra Ni Luh Pasek dan Kyayi Agung Pemacekan. Kyayi Agung Pemacekan berputra Kyayi Agung Pasek Subadra dan Kyayi Pasek Tohjiwa. Kedua putra beliau ini berperan pada awal jaman Kerajaan Gelgel. Seterusnya Kyayi Agung Pasek Subadra berputra Pasek Subadra menjadi Pandhita dengan gelar Dukuh Suladri, ia berasrama di Taman BaliBangli. Dan yang terkecil adalah Pasek Kuru Badra. Kemudian Kyayi Pasek Tohjiwa berputra; Pasek Tohjiwa menjadi tabeng wijang Kerajaan Gelgel, adik-adiknya adalah Pasek Tanggun Titi, Pasek Penataan, Pasek Antasari, Pasek Alas Ukir, Pasek Langlang Linggah, Pasek Besang, Pasek Duda, Pasek Wanagiri, Pasek Medaan, Pasek Bantiran, Pasek Pupuan dan Pasek Sanda. Sedangkan Pasek Subrata menurunkan Pasek Subrata Bale Agung, De Pasek Sadra, De Pasek Tawing dan De Pasek Mubutin. Dukuh Suladri di pesraman Tamanbali menurunkan I Gde Pasek Sadri, Pasek Sadra yang menjadi Pandhita bergelar Dukuh Sakti Pahang, Ni Luh Sadri diperistri oleh Sri Angga Tirtha Ksatrya Tirtha Arum. Luh Sadra diambil oleh Dalem De Madya.
Sedangkan Pasek Kuru Badra menurunkan Pasek Padangrata di Padang. Pasek Subadra Bale Agung menurunkan De Pasek Subrata menjadi Pandhita dengan gelar Dukuh Sidawa menurunkan Gde Pasek Tulamben di Tulamben. Selanjutnya Dukuh Sidawa menurunkan Wayan Sibetan, Made Desa, Wayan Tubuh, De Pasek Subrata, Ia ikut pembrontakan I Gusti Agung Maruthi. Dukuh Sakti Pahang menurunkan Ni Luh Pasek Sadri dikawini oleh Kyayi Agung Anglurah Pinatih, yang kedua De Pasek Pahang, ia menjadi Pandhita dengan gelar Dukuh Titi Gantung, ia yang memperlihatkan kesaktiannya kepada Anglurah Pinatih Kasiman, sehingga akhirnya Anglurah Pinatih Kesiman mengungsi ke Desa Minggir daerahKarangasem, putra Dukuh Sakti Pahang yang ketiga adalah Pasek Sadri. Dukuh Titi Gantung menurunkan 3 anak yaitu Gurun De Pasek Sadra menjadi Pandhita bergelar Dukuh Sampaga, putra yang kedua Gurun Made Sadri, sedangkan yang ketiga Gurun Nyoman Sadriya dan yang paling kecil bernama Dukuh Bukit Salulung. Dukuh Sampaga menurunkan dua putra yaitu Made Pacung Mengwi, dan yang kedua Pasek Munggu yang bergelar Dukuh Sampagi.
Sekian banyaknya keturunan Mpu Ketek, mereka masing-masing mempergunakan pungkusan Pasek Tohjiwa, Pasek Tangguntiti, Pasek Padang Subadra, Pasek Wanagiri, Dukuh Sakti Pahang, Dukuh Sampaga, Dukuh Sampagi, Dukuh Bukit Salulung sebagai jati dirinya, sebagai pertanda keturunan Mpu Ketek.
2. Mpu Kananda menikah dengan putri Mpu Swethawijaya, berputra seorang laki-laki bernama Sang Kuldewa. Sesudah menempuh acara dwijati, sang Kuldewa bergelar Mpu Swethawijaya, sama namanya dengan kakek dari Pradhana (pihak perempuan). Mpu Sweta Wijaya berputra 3 orang yaitu : Sang Kulputih yang tertua bergelar Mpu Dwijaksara. Beliaulah yang menyusun pegangan “Seha” atau “Anteban” buat para pemangku di Bali. Pustaka suci ini bernama “Sang Kulputih”, putra yang kedua bernama Mpu Wira Sang Kulputih pergi ke Pasuruhan. Putranya yang ketiga bernama Ni Arya Swani. Mpu Wira Sang Kulputih berputra Ni Luh Sorga dan Ki Dukuh Sorga, ia pergi ke Bali. Inilah yang menurunkan para Pemangku Kulputih di Besakih. Demikianlah keturunan Mpu Kananda yang mempergunakan pungkusan Pasek Sorga.
3. Mpu Wiradnyana menikah dengan putri Mpu Panataran berputra seorang laki-laki bernama Mpu Wiranatha yang juga bergelar Mpu Purwanatha. Beliau berasrama di hutan Tumapel, beliau berputra Mpu Purwa dan Ken Dedes. Ken Dedes dipersunting oleh Tunggul Ametung sebelum akhirnya dikawini oleh Ken Arok setelah dapat mengalahkan Tunggul Ametung, inilah yang menurunkan Raja-raja Jawa selama 4 Abad. Mpu Purwa berputra Arya Tatar dan Ni Swaranika. Arya Tatar pindah ke Bali dan mempunyai putra yang diberi nama Ki Gusti Pasek Lurah Tatar dan Ni Rudani. Ki Gusti Pasek Lurah Tatar menurunkan De Pasek Tatar yang kemudian menurunkan Pasek Tatar di Bali. Pungkusan Pasek Tatar di Bali dengan keturunannya yaitu Pasek Penataran, Pasek Tenganan, De Pasek Mangku Bale Agung, Pasek Bale Agung Buleleng dan Pasek Pidpid. Sekian banyak keturunan Mpu Wiradnyana masing-masing mempergunakan pungkusan Pasek Penataran, Pasek Tatar, Pasek Telengan dan Pasek Pidpid.
4. Mpu Withadarma mengawini putri Mpu Dharmaja berputra seorang laki-laki bernama Mpu Wiradaharma, beliau menjabat sebagai Raja di Bali antara tahun 1343-1350 Masehi sebelum Adipati Kresna Kepakisan datang ke Bali, didampingi oleh patihnya yaitu Kyayi Padang Subadra.
Kyayi Bendesa Mas hanya mempunyai putri-putri saja, oleh karena itu beliau tidak mempunyai keturunan. Sedangkan yang banyak menurunkan adalah Kyayi Agung Pasek Gelgel dan Bendesa. Sekarang keturunan Kyayi Agung Pasek Gelgel yang berleluhur Mpu Withadharma tersebar di seluruh Bali, termasuk “Kaki Bongol dan Kaki Djelantik” dan sapratisentannya merupakan keturunan Kyayi Agung Pasek Gelgel. Demikianlah banyaknya keturunan Mpu Withadharma, masing-masing memakai nama Pasek Gelgel, Pasek Bandesa, Pasek Tangkas, Pasek Dukuh Bungaya dan Pasek Dukuh Subandi.
5. Mpu Ragarunting kawin dengan putri Mpu Wiranathakung berputra seorang lakilaki bernama Mpu Wirarunting alias Mpu Paramadhaksa. Mpu Paramadaksa pergi ke Pasuruhan, lalu kemudian ke Majapahit. Di sana beliau berputra Mpu Wira Ragarunting dan Ni Ayu Wira Ragarunting, Ni Ayu Wira Runting.
Mpu Wira Ragarunting menurunkan De Pasek Lurah Kabayan, De Pasek Lurah Tutuwan, De Pasek Lurah Salahin. Ketiga putra-putri ini pergi ke Bali. De Pasek Lurah Kabayan menurunkan De Pasek Lurah Kabayan Wangaya dan De Pasek Kabayan Penebel. De Pasek Lurah Tutuwan kawin dengan Gunaraksa, putri Arya Timbul. Ia diputusi keluarga oleh saudara-saudaranya karena menyembah Arya Timbul alias Arya Buru, putra Prabhu Airlangga dengan seorang gadis gunung. Pasek Lurah Tutuwan ini berputra I Made Bendesa Banjar Crutcut. De Pasek Lurah Salahin menurunkan De Pasek Salahin Tojan. De Pasek Salahin Tojan menurunkan Bandesa Simpar, selanjutnya De Bandesa Simpar menurunkan I Wayan Kabayan Tulamben.
Demikianlah keturunan Mpu Ragarunting tersebar di Bali dengan pungkusan masing-masing diantaranya Pasek Salahin, Pasek Kubayan dan Pasek Tutuwan.
6. Mpu Prateka mengambil putri Mpu Pasuruan, berputra seorang laki-laki bernama Mpu Pratekayajna.
Mpu Prateka berputra seorang yaitu Mpu Pratekajnana atau disebut pula Mpu Pratekayadnya, beliau juga pergi ke Pasuruhan. Disini Beliau berputra Sang Prateka, Ni Ayu Swaranika dan Ni Ayu Kamareka. Sang Prateka berputra De Pasek Kubakal, ia kembali ke Balidan menurunkan De Pasek Pasaban, De Pasek Rendang, De Pasek Nongan, De Pasek Prateka Akah, Ki Dukuh Gamongan dan Ki Dukuh Blatungan. Ki Dukuh Gamongan menurunkan Ki Dukuh Gamongan Sakti dan Ki Dukuh Prateka Batusesa. Sekianlah keturunan Mpu Preteka masing-masing dengan pungkusan Pasek Prateka,Pasek Kubakal dengan pusat di Kubakal – Rendang, Pasek Dukuh Gamongan, Pasek Dukuh Belatung dan Pasek Nongan.
7. Mpu Dangka menikah dengan putri Mpu Sumedang, berputra seorang laki-laki bernama Mpu Wiradangkya.
Sama halnya dengan Mpu Prateka, Mpu Dangka juga sedikit pratisentananya, beliau berputra seorang yaitu Mpu Wira Dangkya, beliaupun pergi ke Pasuruhan kawin dengan Dewi Sukerthi menurunkan tiga orang putra-putri yaitu : Sang Wira Dangka, Ni Ayu Dangki dan Ni Ayu Dangka. Sang Wira Dangka juga kembali ke Bali, lalu menurunkan Ni Rudani, De Pasek Lurah Kadangkan, De Pasek Lurah Ngukuhin dan De Pasek Lurah Gaduh. De Pasek Lurah Kadangkan berputra I Pasek Taro, I Pasek Penida, I Pasek Bangbang dan I Pasek Banjarangkan. Demikian juga De Pasek Lurah Ngukuhin berputra I Pasek Nyalian, I Pasek Ngukuhin, I Pasek Pucangan, I Pasek Gaduh Blahbatuh dan I Pasek Gaduh di Banjar Watugiling.
Demikianlah keturunan Mpu Dangka masing-masing membawa pungkusan Pasek Kedonganan, Pasek Kadangkan, Pasek Ngukuhin, Pasek Gaduh, Pasek Dangka, Pasek Penida dan Pasek Taro.
MPU SEMERU,
mengangkat Putra (Darma Putra) dari Bali Aga yg mediksa menjadi Mpu Driakah/Mpu Karmareka selanjutnya menurunkan Pasek Catur Sanak Pesramannya menjadi Pura Catur Lawa Ratu Pasek ring Besakih, yang kemudian menurunkan keluarga Pasek Kayuselem (Kayu Selem).
Dijelaskan dalam Mahagotra Pasek Kayuselem, Mpu Driakah/Mpu Karmareka, beliau di Tampurhyang (Batur) dan bertapa di Gwa Song (Songan) yang didatangi Bidadari Kuning. Dengan Bidadari Kuning Mpu Kamareka berputra :
1. Ki Kayu Ireng setelah dipodgala bergelar Mpu Gni Jaya Mahireng dengan Ni Kayu Ayu Cemeng menurunkan :
Sang Taruhulu menikah dengan Ni Ayu Ireng
Sang Kayu Selem / Wreksa Ireng
Ni Kayu Nelem
2. Sang Made Celagi bergelar Mpu Made Kayuan di Balingkang, Mpu Made Kayuan menurunkan :
Sang Panarajon
Ni Ayu Nguli
Ni Kayu Ireng
Ni Ayu Kinti
Ni Ayu Kaywan
3. Sang Nyoman Tarunan bergelar Mpu Tarunan di Belong Tulukbiyu, Mpu Tarunan menurunkan :
Sang Tarunan
Ni Ayu Dani
Ni Ayu Tarunan
Ni Ayu Taruni
4. Sang Ketut Selem bergelar Mpu Badengan,
4. Mpu Badengan berputra :
Ki Kayu Celagi
Ki Kayu Taruna
Dalam Babad Pasek Kayu Selem, diceritakan ketika telah selesai memberikan petüah kepada para sisya, Mpu Kamareka beryoga dan dengan tenang moksa menuju alam sunyata.
MPU GANA
Nyukla Brahmacari, Parhyangan Ida Mpu Gana sekarang ring Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana ring Madyaning Utama Mandala Pura Pundukdawa, Dawan Klungkung.
MPU KUTURAN
Sewala Brahmacari, sekali menikah berpisah dgn Walu Nateng Dirah, berputri Diah Ratna Manggali, Pesramannya di Padangbai menjadi Pura Silayukti
MPU BARADAH
menetap di Lemah Tulis Kediri menurunkan
1. Mpu Siwagandu,
2. Dyah Widawati dan
3. Mpu Bahula.
Mpu Siwa Gandu tercatat sebagai Brahmana Jaya Pangus yg menolak perkawinan Raja Jaya Pangus dgn Kang Cing Wie,berputra Maha Resi Segening/Mpu Keling tinggal di Keling Jawa Timur, moksah di G. Agung. Mpu Keling berputra Dalem Mangori, dari istri Ni Berit Kuning putri Raja Airlangga yg melarikan diri ke Hutan karena sesuatu sebab, menurunkan Sentana Satriya Wangsa saat di Jawa, dan di Bali oleh Dalem Blesung diabiseka Ki Mantri Tutuan, dengan memberikan seluruh hak seorang raja kepadanya dan ditempatkan di Bukit Buayang/Bukitbuluh dan hak berupa pembebasan dari danda pati dll, yg selayaknya seorang Raja.
Mpu Bahula menikah dgn Diah Ratna Manggali meputra 5;
1. Mpu Tantular/Mpu Wiranatha
2. Ni Dwi Dwarawati
3. Ni Dewi Adnyani
4. Ni Dewi Amarthajiwa
5. Ni Dewi Amertha Manggali
Prasasti Manik Angkeran menyebutkan Mpu Tantular Berputra 4 ;
1. Mpu Panawasikan menurunkan seorang Putri
2. Mpu Sidimantra menurunkan Manik Angkeran
3. Mpu Semaranatha menurunkan Dang Hyang Angsoka yg menurunkan Brahmana Buda dan Dang Hyang Nirarta yg menurunkan Brahmana Siwa Kemenuh, Manuaba, Keniten dan Petapan
4. Dang Hyang Soma Kepakisan menurunkan Raja di Jawa Bali dan Sumbawa bergelar Dalem.
Ida Sang Hyang Pasupati adalah penguasa di alam dewa, dan beliau yang memberi kehidupan
Beliau adalah dewata yang menghidupi
dan ialah Siwa dalam peran (Bhatara Guru)
Tentunya adanya kehidupan karena Sang Pasupati yang berkenan
Jadi penguasa kehidupan sebagai dasar dari hidup manusia dan ini sebagai yang utama di dunia
Pada dasarnya Ida Sang Hyang Pasupati adalah Siwa merupakan satu namun keadaan dan sifatnya berbeda,
Secara Vertikal sebagai jiwa - jiwa agung alam semesta ini yang disebut Sang Hyang Tri Purusa untuk seluruh tingkatan lapisan Tri Loka dimana mahluk hidup itu berada.Secara Horisontal Siwa bersifat :Personal God, Beliau yang dalam berbagai wujud-Nya dan hanya dapat dijangkau oleh rasa atau daya pikir manusia. Impersonal God bersifat immanent yang meresapi (Uta Prota) dan hadir pada segalanya termasuk meresapi pikiran dan indriya (sira wyapaka).Siwa Loka, alam Siwa yang hampa (sunia) dan tenang, sangat mulia tiada tara, maha sempurna.Ketika melakukan sembahyang, Siwa Dwara merupakan stana Beliau.
Sejatinya, Tuhan adalah "Bhatara Siwa", dan Bhatara Siwa adalah Sanghyang Widhi itu sendiri sebagaimana yang dijelaskan dalam Lontar Siwa Sasana yang merupakan salah satu ajaran ketuhanan.
Peran beliau adalah sebagai yang menghidupi apa yang umat mohonkan dan tentunya agar umat bisa merasakan kehidupan seperti umat mohonkan
( Keutamaan beliau adalah menghidupi kehidupan umat agar bisa merasakan hidup )
Kirang langkung nunas ampura
Om Santi Santi Santi Om
Tidak ada komentar:
Posting Komentar