Selasa, 25 Februari 2020

Keragaman merupakan sebuah kekuatan penting

Keragaman merupakan sebuah kekuatan penting untuk menjaga keutuhan PASEMETONAN WARIH PANCA RSI - SAPTA RSI di tengah berbagai tantangan yang saat ini sedang dihadapi.
PASEMETONAN WARIH PANCA RSI - SAPTA RSI harus menyadarai bahwa keragaman merupakan kekuatan dan potensi utama untuk dapat menjaga persatuan dan keutuhan KITA DI PUNDUKDAWA dan harus terus dipelihara agar PASEMETONAN KITA tetap utuh dan kuat menghadapi berbagai tantangan, tegas IDA SINUHUN SIWA PUTRI PARAMA DAKSA MANUABA.

Menurut beliau, keragaman yang termaktub dalam MOTO BHAKTI RING KAWITAN, ELING RING BHISAMA MIWAH GUYUB RING PASEMETONAN juga memiliki nilai penting lainnya yang harus terus dipupuk dan dipelihara. Keragaman yang ADA DI PUNDUKDAWA harus diikuti juga dengan semangat bertoleransi antar PASEMETONAN. “Keragaman merupakan sebuah harmoni yang dimiliki oleh WARIH PANCA RSI - SAPTA RSI dan harus diikat kuat dengan semangat toleransi dari seluruh PRETISENTANA MAKABEHAN” pungkas IDA SINUHUN SIWA PUTRI PARAMA DAKSA MANUABA.
Beliau juga menyoroti peran revolusi mental yang dapat bersinergi dan menjadi solusi di tengah-tengah krisis karakter yang mendera PASEMETONAN DI PUNDUKDAWA.

PUNDUKDAWA saat ini mengalami permasalahan mental yang mendorong munculnya berbagai masalah baru diantaranya krisis karakter, intoleransi dan lainnya. Oleh sebab itu revolusi mental penting untuk diterapkan DISTRUKTUR KELEMBAGAAN YANG ADA UNTUK MENYOKONG PUNDUKDAWA RI PUNGKUR WEKAS.

Keragaman juga merupakan keniscayaan yang harus selalu disyukuri oleh seluruh UMAT. Melalui keragaman inilah, kehidupan dapat menjadi lebih indah dan bermakna. PUNDUKDAWA memiliki berbagai macam paiketan tunggal sumbah, keyakinan, dan kepercayaan serta berbagai kelompok-kelompok lintas pasemetonan yang patut kita hormati, yang masih tetap bhakti kepada Ida Bhatara Kawitan. Kita harus bersyukur kepada Ida Bhatara Kawitab dengan keragaman di PUNDUKDAWA ini kehidpan dapat menjadi lebih berarti dan juga lebih indah.  

Ida Pandita Mpu Siwa Agnijaya Daksa Manuaba Griya Agung Telagawaja, menekankan pentingnya pengelolaan keragaman ini sehingga potensi konflik dapat dicegah. Dengan demikian, keragaman di PUNDUKDAWA ini dapat dikembangkan secara positif sebagai kekuatan utama yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan WARIH PANCA RSI - SAPTA RSI kedepannya.
Keragaman ini tentu saja harus dikelola agar tidak menjadi sumber konflik dalam PASEMETONAN. Perlu ada upaya persuasif yang terus-menerus agar potensi konflik dan prasangka antar PASEMETONAN semakin berkurang.

#tubaba@menyaksikan//polah mereka#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar